Minggu, 08 Januari 2017

Imam Ibnu Abdil Bar Al-Andalusi

Sesungguhnya para ulama memiliki kedudukan yang tinggi dan martabat yang luhur di dalam agama ini. Mereka adalah pewaris para nabi dan mereka pulalah yang memiliki amanah untuk menjaga warisan yang ditinggalkan oleh para nabi tersebut. Keberadaan mereka ditengah kaum muslimin laksana bulan yang menerangi kegelapan pada malam hari. Dan merekalah yang sebenarnya pahlawan yang harus kita hargai setiap jerih payahnya, kita jaga dan lindungi kehormatannya,serta kita jadikan idola dalam kehidupan kita. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, begitu pula umat yang besar ialah umat yang selalu mengingat dan menghargai jasa ulamanya.

Pada tulisan kali ini, akan dijelaskan secara singkat biografi seorang ulama besar yang hidup pada abad ke-4 Hijriah. Seorang ulama yang dijuluki sebagai Hafiz Al-Maghrib. Beliau adalah Imam Ibnu Abdil Bar rahimahullah.

Nama dan nasabnya

Ibnu Abdul Barr (bahasa Arab: ابن عبدالبر) adalah ulama Ahlussunnah terkenal, ahli hadits, ahli fikih, ahli genealogi dan sejarah dari mazhab Maliki yang berasal dari Spanyol Islam. Ia menjabat sebagai hakim kota Lisbon dan Santarém (sekarang di Portugal). Ibnu Abdul Barr yang secara lengkap bernama Abu Umar Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul-Barr al-Namari al-Andalusi al-Qurthubi al-Maliki dilahirkan pada tahun 978 M di Cordoba d‎an wafat pada 2 Desember 1071(umur 93) di Xàtiva, Al-Andalus. Meskipun pada awalnya ia merupakan pengikut mazhab fikih Zahiri, Ibnu Abdul Barr kemudian beralih ke mazhab Maliki, yang merupakan mazhab yang dipakai secara resmi oleh dinasti Umayyah, tempat dimana dia tinggal.

Kelahirannya
Beliau dilahirkan pada hari Jumat tanggal lima bulan Rabiulakhir tahun 368 H ketika imam jumat sedang berkhutbah. Beliau tumbuh dan berkembang di kota Cordova yang merupakan ibu kota negara Spanyol pada waktu itu. Kota yang dikenal sebagai kota ilmu pada zaman tersebut. Kota yang juga dikenal sebagai tempat tinggal muslim Ahlussunnah waljamaah. Di kota ini pulalah beliau belajar ilmu agama, belajar ilmu fikih dari para ulama ternama pada waktu itu, dan meriwayatkan hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam sehingga beliau menjadi seorang ulama besar sampai-sampai beliau diberi julukan Hafiz Al-Maghrib. Beliau juga berasal dari keluarga yang dikenal sebagai keluarga yang memiliki banyak keutamaan. Keluarga yang terkenal akan keilmuan dan kezuhudannya. Kakek dan ayah beliau adalah ulama yang sangat rajin beribadah dan sangat terkenal dengan kezuhudan mereka terhadap dunia. Maka dari keluarga yang penuh berkah inilah Ibnu Abdil Bar belajar ilmu agama dan menjadi seorang ulama besar kaum muslimin. Yang mana karya-karyanya turut menghiasi khazanah perpustakaan Islam.

Guru-gurunya
Beliau tidaklah melakukan perjalanan yang sangat jauh dalam menuntut ilmu. Beliau mencukupkan diri untuk menuntut ilmu di negara asalnya Spanyol. Akan tetapi beliau berpindah-pindah dari satu kota ke kota yang lain yang berada di negeri Spanyol, baik kota yang ada di barat negeri tersebut hingga yang berada di timurnya. Guru-guru beliau sangatlah banyak, hingga mencapai seratus orang lebih. Dan semuanya merupakan ulama yang pakar dalam bidangnya, diantara mereka ada yang ahli hadis dan ahli fikih. Dan diantara para ulama yang menjadi guru-guru beliau adalah:

Abdul Waris bin Sufyan.
Abdullah bin Muhammad bin Abdul Mukmin, beliau adalah seorang pakar hadis yang besar pada zamannya.
Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Asad Al-Juhani.
Muhammad bin Abdul Malik Ar-Rosofi.‎
Al-Hafiz Abu Ustman Said bin Nashr bin Khalaf Al-Andalusi.
Abul Fadhl Ahmad bin Qosim bin Abdurrahman Al-Bazzar.
Ulama-ulama diatas termasuk guru-guru beliau yang beliau banyak meriwayatkan hadis dari mereka. Adapun guru-guru beliau yang lain adalah Ahmad bin Abdil Malik bin Hasyim, Ahmad bin Muhammad Al-Muqri’, Ismail bin Abdurrahman, Abul Qurasyi Al-‘Amiri, Abdul Aziz bin Ahmad An-Nahwi, Abul Asbagh Al-Akhfasy, Abul Walid Al-Qurtubi Al-Qodhi, Muhammad bin Khalifah Al-Imam dan masih banyak lagi guru-guru beliau yang tidak bisa disebutkan satu persatu dalam tulisan ini karena akan menjadi sangat panjang.

Murid-muridnya
Murid-murid beliau sangatlah banyak untuk disebutkan satu persatu, akan tetapi akan disebutkan sebagian saja dari murid-murid beliau yang terkenal banyak meriwayatkan dari beliau.

Abu Ali Al-Ghossani.
Abdurrahman bin Muhammad Al-Qurtubi.
Al-Hafiz Abul Hasan Tohir bin Mufawwiz As-Syatibi.
Abu Bahr Sufyan bin Al-Ash.
Al-Imam Abu Muhammad Ali bin Ahmad bin Hazm yang terkenal dengan kunyah beliau Ibnu Hazm Azh-Zhahiri. Beliau merupakan imam yang sangat terkenal. Karya tulis beliau pun sangat banyak dan bermanfaat. Beliau juga pembesar mazhab Zhahiri.
Al-Hafiz Abu Abdillah Al-Humaidi, dan masih banyak lagi selain mereka.
Pujian para ulama terhadap beliau
Imam Ibnu Abdil Bar telah banyak memperoleh pujian dari para ulama, baik dari teman-teman yang semasa dengan beliau, murid-murid beliau, hingga ulama-ulama yang datang setelah beliau. Hal tersebut beliau dapatkan karena tingginya kedudukan beliau dimata kaum muslimin, kekuatan hafalannya, banyaknya disiplin ilmu yang beliau kuasai, dan karya-karya tulis beliau yang menjadi bukti akan luasnya ilmu yang beliau miliki.

Al-Humaidi berkata, “Abu Umar adalah seorang fakih, hafiz, dan banyak meriwayatkan hadis. Beliau adalah seorang pakar dalam ilmu qiraah dan sangat mengetahui perbedaan yang terjadi dikalangan para ulama. Beliau juga seorang yang pakar dalam ilmu hadis dan ilmu rijal (ilmu tentang keadaan para perawi hadis).”

Abul Qosim bin Basykuwal berkata, “Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdil Bar bin Ashim An-Namari adalah seorang imam pada masanya dan alim yang unggul pada zamannya.” (As-Shilah hal. 973)

Abul Walid Al-Baji berkata, “Tidak ada di negeri Spanyol yang menyamai Abu Umar Ibnu Abdil Bar dalam ilmu hadis.” (As-Shilah hal. 973)

Imam Ibnu Hazm berkata, “Aku tidak mengetahui ada orang yang semisal dengan Ibnu Abdil Bar dalam fikih hadis, apalagi orang yang lebih baik dari beliau.” (As-Shilah hal. 974)

Imam Adz-Dzahabi berkata, “Beliau adalah seorang imam yang baik agamanya, seorang yang terpercaya dan profesional, pandai lagi luas ilmunya, dan sangat berpegang teguh dengan sunnah. Dahulu beliau bermazhab Zhahiri, kemudian beliau menjadi seorang yang bermazhab Maliki, meskipun banyak pendapat beliau yang cenderung kepada mazhab Syafi’i. Dan hal tersebut tidak boleh diingkari, karena beliau termasuk orang yang telah mencapai derajat imam mujtahid. Barang siapa yang membaca karya-karya tulis beliau, maka akan tampaklah baginya keutamaan beliau. Mulai dari luasnya ilmu beliau, kekuatan pemahaman beliau, hingga kecerdasan otak beliau.” (Siyar a’lamin nubala juz.18 hal.157)

Akidah dan mazhab fikihnya
Akidah Imam Ibnu Abdil Bar adalah akidah yang bersih. Akidah yang tidak ternodai oleh ilmu kalam atau pun filsafat yunani. Akidah beliau adalah akidah yang sama dengan yang diyakini oleh para salaf.

Imam Adz-Dzahabi berkata, “Dan beliau dalam permasalahan usuluddin mengikuti mazhab salaf, tidak pernah beliau masuk dalam ilmu kalam, bahkan beliau hanya mengikuti atsar dari guru-guru beliau rahimahumullah.”

Adapun mazhab beliau di dalam ilmu fikih, maka beliau dikenal sebagai penganut mazhab Maliki, yaitu mazhab Imam Malik bin Anas. Meskipun begitu, banyak pendapat-pendapat beliau yang justru cenderung kepada mazhab Imam Syafi’i.

Abu Abdillah bin Abi Al-Fath berkata, “Dahulu beliau pernah bermazhab Zhahiri (mazhab fikih yang mengingkari kias) dalam waktu yang cukup lama, kemudian beliau kembali kepada pendapat yang menggunakan kias dan tidak bertaklid kepada seorang pun. Akan tetapi beliau banyak cenderung kepada pendapat Syafi’i.”

Imam Adz-Dzahabi menambahkan perkataan Abu Abdillah diatas dengan mengatakan, “Itulah yang beliau katakan, akan tetapi yang masyhur adalah bahwasanya beliau bermazhab Maliki.”

Karya tulis beliau
Beliau termasuk ulama yang sangat produktif dalam menghasilkan karya tulis. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya buku-buku yang beliau karang. Dan karangan beliau tidak hanya terbatas pada satu disiplin ilmu saja, akan tetapi hampir di setiap disiplin ilmu beliau memiliki karangan dalam ilmu tersebut.

Imam Ibnu Hazm berkata, “Dan sahabat kami Ibnu Abdil Bar memiliki buku-buku karangan yang tidak ada tandingannya.”

Berikut akan disebutkan karya-karya beliau yang jumlahnya sangatlah banyak, karena sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa beliau mengarang hampir di setiap disiplin ilmu, mulai dari ilmu qiraah, fikih, hadis, akidah, sejarah, hingga syair-syair.

Karangan beliau dalam ilmu qiraat
Al-Madkhol fil qiraat.
Al-Iktifa’ fi qiraat Nafi’ wa Abi Amr bin Al-‘Ala.
At-Tajwid wal madkhol ila ilmil quran bit-tahdid.
Al-Bayan fi tilawatil quran.
Karangan beliau dalam ilmu hadis
At-Tamhid fil muwatto’ minal ma’ani wal asanid.
At-Taqoshi lihadisil muwatto’ wa syuyukhi Malik.
Al-Istidzkar.
Ketiga kitab di atas telah dicetak dan diterbitkan, adapun karangan beliau yang masih berbentuk manuskrip, maka sangatlah banyak. Di antaranya:

Ikhtishar kitab at-tahrir.
Ikhtishar kitab at-tamyiz.
Hadis Malik kharij al-muwatto’.
As-Syawahid fi itsbati khobari al-wahid.
‘Awaliy Ibnu Abdil Bar fi al-hadis.
Manzhumatun fi as-sunnah.
Musnad Ibnu Abdil Bar.
Karangan beliau dalam ilmu fikih
Al-Kafi fi furu’ al-Malikiyyah.
Al-Inshof fiima baina al-mukhtalifin fi fatihatil kitab.
Karangan beliau dalam ilmu tarikh
Al-Isti’ab fi ma’rifatil ashab.
Al-Intifa’ fi fadho’il ats-tsalatsatil fuqoha’.
Ad-Duror fi ikhtishar al-maghozi wa as-siyar.
Al-Qosdu wa al-umam fi makrifati ansabi al-Arab wa al-‘ajam.
Karangan beliau dalam ilmu akidah
A’lam an-nubuwwah.
Al-Inshof fi asma’ Allah.
Karangan beliau dalam ilmu adab dan akhlak
Jami’ bayani al-ilmi wa fadhlihi.
Al-Jami’.
Adabul mujalasah wa hamdu al-lisan.
Al-Bustan fil ikhwan.
Ar-Roqo’iq.
Itulah sebagian karya tulis beliau yang tentunya memiliki faedah dan manfaat yang sangat besar bagi kaum muslimin. Dan masih banyak lagi karangan beliau yang diperkirakan hilang dan belum ditemukan hingga sekarang.

Wafat beliau
Beliau wafat di kota Syatibah pada malam Jumat, tepatnya pada bulan Rabiulakhir tahun 463 H di usia beliau yang ke-95, dan dimakamkan di kota yang sama. Akhir kata semoga Allah Ta’ala m‎erahmati beliau dengan rahmat-Nya yang luas dan memasukkan beliau ke dalam surga-Nya. Amiin.‎‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar