Jumat, 07 Juli 2017

Hukum Puasa Di Hari Syakk

Hari syakk menurut sebagian ulama adalah hari ketigapuluh bulan Sya’baan dimana ketika malamnya gelap atau langit diliputi mendung sehingga hilal tidak tampak. Sebagian ulama lain berpendapat : hari ketigapuluh bulan Sya’baan dimana ketika malamnya langit dalam keadaan cerah atau berawan, kemudian diberitahukan adanya ru’yah hilal dari orang yang tidak diterima persaksiannya seperti budak, wanita, atau orang fasik. Sebagian lagi berpendapat ia adalah hari ketigapuluh bulan Sya’baan dimana ketika malamnya hilal tidak nampak dalam keadaan langit
 tanpa ada faktor yang menghalangi tampaknya hilal seperti mendung, gelap, atau yang lainnya. Yang kesemuanya itu menimbulkan keraguan : apakah hari tersebut masih bulan Sya’baan ataukah telah masuk bulan Ramadlaan.

Para ulama berbeda pendapat tentang puasa di hari syakk bersamaan dengan adanya kesepakatan kebolehan berpuasa di hari itu jika memang bertepatan dengan kebiasaannya melakukan puasa (sunnah), seperti hari Senin, Kamis, atau kebiasaan puasa Daawud. Beberapa pendapat tersebut antara lain :

Hanafiyyah berpendapat berpuasa di hari itu makruh apabila diniatkan untuk berpuasa Ramadlaan atau puasa wajib lainnya. Namun jika diniatkan puasa sunnah/tathawwu’, maka tidak makruh.

Imam Al Kasaani (587 H) dari kalangan Hanafiah menyebutkan dalam Kitabnya Bada’i As-Shana’i Fi Tartib As-Syarai’ menuliskan sebagai berikut:

وأما صوم يوم الشك بنية التطوع: فلا يكره عندنا ويكره عند الشافعي، واحتج بما روي عن النبي - صلى الله عليه وسلم - أنه قال: «من صام يوم الشك فقد عصى أبا القاسم» ولنا ما روينا عن النبي - صلى الله عليه وسلم - أنه قال: «لا يصام اليوم الذي يشك فيه من رمضان إلا تطوعا» ، استثنى التطوع، والمستثنى يخالف حكمه حكم المستثنى منه.

Adapun berpuasa pada hari Syak dengan niat puasa sunnah: maka hal itu tidak makruh dalam mazhab kami, dan makruh dalam mazhab Syafi’i sebagaimana hadist dari Nabi Muhammad saw bahwasanya beliau berkata: barang siapa yang berpuasa pada hari syak maka telah menyalahi/bermaksiat terhadap Abu Al-Qasim. Adapun dalil yang kami gunakan ialah bahwa nabi bersabda: tidaklah seseorang berpuasa pada hari syak kecuali puasa sunah .

Az-Zayla’i (743 H) dari kalangan Hanafiah menyebutkan dalam kitabnya Tabyin Al-Haqoiq Syarh Kanzu Ad-Daqoiq bahwasanya:

قال - رحمه الله - (ولا يصام يوم الشك إلا تطوعا)

Tidaklah seseorang berpuasa pada hari syak kecuali puasa sunah.

Ibnul Humam (w. 861 H) dari kalangan Al-Hanafiyah di dalam kitabnya Fathul Qadir menuliskan sebagai berikut :

ولا يصومون يوم الشك إلا تطوعا وهذه المسألة على وجوه: أحدها: أن ينوي صوم رمضان وهو مكروه لما روينا، والثاني: أن ينوي عن واجب آخر وهو مكروه أيضا والثالث: أن ينوي التطوع وهو غير مكروه

Dan jangan puasa di hari syak kecuali puasa sunnah. Ada tiga bentuk dalam hal ini. Pertama, puasa dengan niat puasa Ramadhan maka hukumnya makruh sebagai kami riwayatkan. Kedua, puasa dengan niat puasa wajib yang lain dan hukumnya makruh. Ketiga, puasa dengan niat puasa sunnah dan hukumnya tidak makruh.

Maalikiyyah berpendapat makruh dalam satu perkataan – dan haram di perkataan yang lain – jika diniatkan puasa dalam rangka kehati-hatian (ihtiyaath). Namun jika diniatkan berpuasa sunnah, qadlaa’, nadzar, atau kaffarah; maka boleh dan tidak makruh.

Ibnu Abdil Barr (463 H) dari kalangan Malikiyah menyebutkan dalam kitabnya Al-Kaafi Fi Fiqhi Ahli Al-Madinah bahwasanya:

ولا يجوز لأحد صوم يوم الشك خوفا من أن يكون من رمضان فإن تيقن أنه من شعبان جاز صيامه تطوعا فأما مع الشك فلا

Dan tidak boleh seseorang berpuasa pada hari syak karena ditakutkan masuknya bulan ramadhan, adapun jika ia yakin bahwa hari tersebut masih di bulan Sya’ban maka diperbolehkan berpuasa sunah, adapun puasa hari syak maka tidak sama sekali .

Al-Qarafi (684 H) dari kalangan Malikiyah menyebutkan dalam kitabnya Adz-Zakhiroh bahwasanya:

الخامس في الكتاب النهي عن صوم يوم الشك أول رمضان

Dilarang untuk berpuasa di hari syak pada awal ramadhan.

Syaafi’iyyah berpendapat haram dan tidak sah, baik puasanya itu diniatkan sebagai puasa Ramadlan (dalam rangka kehati-hatian) atau puasa sunnah. Namun jika diniatkan puasa qadla’, nadzar, kaffaarah, ataupun bertepatan dengan kebiasaan puasa sunnahnya; maka boleh dan tidak makruh.

Imam An-Nawawi (676 H) dari kalangan Syafi’iyah menyebutkan dalam kitabnya Al-Majmu’ Syarh Al-Muhazzab menyebutkan sebagaimana berikut:

ولا يجوز صوم يوم الشك لما روى عن عمار رضي الله عنه انه قال " من صام اليوم الذي يشك فيه فقد عصى أبا القاسم صلى الله عليه وسلم " فان صام يوم الشك عن رمضان لم يصح لقوله صلي الله عليه وسلم " ولا تستقبلوا الشهر استقبالا " ولانه يدخل في العبادة وهو في شك من وقتها فلم يصح كما كما لو دخل في الظهر وهو يشك في وقتها وإن صام فيه عن فرض عليه كره وأجزأه كما لو صلي في دار مغصوبة وإن صام عن تطوع نظرت فان لم يصله بما قبله ولا وافق عادة له لم يصح لان الصوم قربة فلا يصح بقصد معصية وإن وافق عادة له جاز لما روى أبو هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال " لا تقدموا الشهر بيوم ولا بيومين إلا أن يوافق صوما كان يصومه أحدكم " إن وصله بما قبل النصف جاز وإن وصله بما بعده لم يجز لما روى أبو هريرة رضي الله عنه إن النبي صلى الله عليه وسلم قال " إذا انتصف شعبان فلا صيام حتى يكون رمضان "}

Tidak boleh untuk berpuasa pada hari syak sebagaiaman hadits: barang siapa yang berpuasa pada hari syak maka ia menyelesihi Abu Al-Qasim . Jika ia berpuasa pada hari syak pada ramadhan maka itu tidak diperbolehkan sebagaimana dalil: tidaklah bulan ramadhan didahului beberapa hari . Mengapa demikian? Karena hal itu termasuk ibadah, sedangkan ibadah dalam keadaan ragu tidak sah amalannya , sebagaimana jika shalat zhuhur sedang ia ragu dalam penetapan waktu zhuhur . Adapun jika ia bermaksud untuk berpuasa sunah maka perlu dilihat juga, bahwa apabila ia tidak menyambungkannya dengan hari sebelumnya atau tidak sesuai kebiasaan yang ia kerjakan maka tidak sah puasanya, karena puasa itu merupakan pendekatan kepada Allah swt. Tetapi apabila puasanya tersebut sesuai denga kebiasaan yang ia kerjakana maka hal itu tidak mengapa, sebagaiaman dalil: ramadhan tidak didahului sehari atau dua hari kecuali puasa yang biasa dikerjakan salah seorang antara kalian.

Zakaria Al-Anshari (926 H) dari kalangan Syafi’iyah menyebutkan dalam kitabnya Asna Al-Matahlib fi Syarhi Raudah At-Thalib sebagaiamana berikut:

(وكذا يوم الشك) صومه حرام فلا يصح

Demikian juga berpuasa pada hari syak, hal tersebut haram dan tidak sah.

Hanaabilah dalam pendapat masyhurnya mengatakan wajib dalam rangka kehati-hatian jika hilal di malam tigapuluh tidak nampak padahal langit tidak berawan atau tidak gelap (cerah).

Ibnu Qudamah (620 H) dari kalangan Hanabilah menyebutkan dalam kitabnya Al-Mughni bahwasanya:

وكره أهل العلم صوم يوم الشك، واستقبال رمضان باليوم واليومين؛ لنهي النبي - صلى الله عليه وسلم - عنه

Para ahli ilmu memakruhkan puasa para hari syak, juga menyambut Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari sebelumnya, lantaran larangan dari Nabi SAW atas hal itu.

Al-Mardawi (885 H) juga dari kalangan Hanabilah mengatakan dalam kitabnya Al-Inshaf Fi Ma’rifati Ar-Rajih Minal Khilaf sebagaimana pendapat Ibnu Qudamah bahwa puasa pada hari syak itu makruh .

قوله (ويوم الشك) . يعني أنه يكره صومه

Mazhab Dzahiri

Ibnu Hazm Al-Andalusi (456 H) yang merupakan pembaharu mazhab menyebutkan dalam kitabnya Al-Muhalla Bi Al-Atsar bahwasanya:

مسألة: ولا يجوز صوم يوم الشك الذي من آخر شعبان، ولا صيام اليوم الذي قبل يوم الشك المذكور إلا من صادف يوما كان يصومه فيصومهما حينئذ للوجه الذي كان يصومهما له لا لأنه يوم شك ولا خوفا من أن يكون من رمضان

Tidak diperbolehkan berpuasa pada hari syak diakhir bulan sya’ban, begitupula sehari sebelumnya kecuali jika ia berpuasa pada dua hari sekaligus saat itu, bukan karena hari syak dan bukan pula takut akan tibanya bulan ramadhan.

Dalil-dalil yang menjadi dasar masyru’-nya puasa di hari syakk antara lain :

حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ الْوَلِيدِ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ حُمَيْدٍ حَدَّثَنَا الْعَلَاءُ بْنُ الْحَارِثِ عَنْ الْقَاسِمِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَمِعَ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ عَلَى الْمِنْبَرِ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ عَلَى الْمِنْبَرِ قَبْلَ شَهْرِ رَمَضَانَ الصِّيَامُ يَوْمَ كَذَا وَكَذَا وَنَحْنُ مُتَقَدِّمُونَ فَمَنْ شَاءَ فَلْيَتَقَدَّمْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَتَأَخَّرْ

Telah menceritakan kepada kami Al-‘Abbaas bin Al-Walid Ad-Dimasyqiy : Telah menceritakan kepada kami Marwaan bin Muhammad : Telah menceritakan kepada kami Al-Haitsam bin Humaid   Telah menceritakan kepada kami Al-‘Alaa’ bin Al-Haarits, dari Al-Qaasim Abu ‘Abdirrahmaan, bahwasannya ia mendengar Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan berkata di atas mimbar : Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda di atas mimbar sebelum tiba bulan Ramadlaan : "Puasa itu hari seperti ini dan seperti ini, dan kami mendahulukannya. Barangsiapa berkehendak, ia boleh mendahulukannya. Dan barangsiapa berkehendak, ia pun boleh mengakhirkannya” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 1647].

Hadits ini lemah (syaadz) karena matannya bertentangan dengan hadits Abu Hurairah (dan yang lainnya) yang lebih shahih dari ini. Al-‘Alaa’ bin Al-Haarits meskipun seorang yang tsiqah, namun hapalannya berubah di akhir umurnya. Ada kekhawatiran kekeliruan ini berasal darinya. Wallaahu a’lam.

Al-Qaasim mempunyai mutaba’ah dari Al-Mughiirah bin Farwah sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daawud dengan sanad dan lafadh sebagai berikut :

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْعَلَاءِ الزُّبَيْدِيُّ مِنْ كِتَابِهِ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِي الْأَزْهَرِ الْمُغِيرَةِ بْنِ فَرْوَةَ قَالَ قَامَ مُعَاوِيَةُ فِي النَّاسِ بِدَيْرِ مِسْحَلٍ الَّذِي عَلَى بَابِ حِمْصَ فَقَالَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا قَدْ رَأَيْنَا الْهِلَالَ يَوْمَ كَذَا وَكَذَا وَأَنَا مُتَقَدِّمٌ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَفْعَلَهُ فَلْيَفْعَلْهُ قَالَ فَقَامَ إِلَيْهِ مَالِكُ بْنُ هُبَيْرَةَ السَّبَئِيُّ فَقَالَ يَا مُعَاوِيَةُ أَشَيْءٌ سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ شَيْءٌ مِنْ رَأْيِكَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ صُومُوا الشَّهْرَ وَسِرَّهُ

Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Al-‘Alaa’ Az-Zubaidiy dari kitabnya : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Al-‘Alaa’, dari Abul-Azhar Al-Mughiirah bin Farwah, ia berkata : Mu'aawiyah pernah berdiri di antara orang-orang di Dair Mis-hal yang berada di depan pintu Himsh. Ia berkata : “Wahai manusia, sesungguhnya kami telah melihat hilaal pada hari ini dan ini, dan aku akan mendahului (berpuasa). Barangsiapa yang ingin melakukannya, maka hendaklah ia melakukannya”. Al-Mughiirah berkata : Kemudian Maalik bin Hubairah As Sabaiy berdiri di sampingnya dan berkata : “Wahai Mu'aawiyah, apakah itu sesuatu yang engkau dengar dari Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam atau sesuatu yang berasal dari pendapatmu ?”. Ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda : “Berpuasalah pada bulan tersebut dan sirr-nya” [As-Sunan no. 2329].

Sanad hadits ini pun lemah karena Al-Mughiirah bin Farwah; ia seorang yang maqbuul, yaitu dalam mutaba’ah.

عن مكحول : أن عمر بن الخطاب - رضي الله عنه - كان يصوم إذا كانت السماء في تلك الليلة مغيمة، ويقول : ليس هذا بالتقدُّم، ولكنه التحري.

Dari Mak-huul : Bahwasannya ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu biasa berpuasa (di hari tigapuluh bulan Sya’baan) apabila langit pada malam itu mendung/berawan. Ia berkata : “Ini bukanlah mendahului berpuasa (Ramadlan), akan tetapi sebagai taharriy (berhati-hati memilih yang benar/kuat untuk menghilangkan keraguan)” [Dibawakan oleh Ibnul-Qayyim dengan sanadnya dalam Zaadul-Ma’aad, 2/42-43].

Sanad riwayat ini lemah, karena inqithaa’. Mak-huul tidak pernah bertemu dengan ‘Umar [lihat : Al-Maraasiil oleh Ibnu Abi Haatim, hal. 213 no. 799; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 2/1418].

عن فاطمة بنت حسين، أن علىَّ بن أبى طالب قال: أصومَ يوماً من شعبان، أحبُّ إلىَّ من أن أُفْطِرَ يوماً من رمضان.

Dari Faathimah bin Husain : Bahwasannya ‘Aliy bin Abi Thaalib berkata : “(Seandainya) aku berpuasa sehari di bulan Sya’baan, maka itu lebih aku senangi daripada aku berbuka sehari di bulan Ramadlaan” [Diriwayatkan oleh Asy-Syaafi’iy dalam Al-Musnad no. 612; dan dibawakan oleh Ibnul-Qayyim dengan sanadnya dalam Zaadul-Ma’aad, 2/43].

Sanad riwayat ini lemah karena kelemahan Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru. Juga, ada keterputusan (inqitha’) antara Faathimah binti Al-Husain bin ‘Aliy bin Abi Thaalib dengan kakeknya ‘Aliy bin Abi Thalib radliyallaahu anhu.

عَنْ نَافِعٍ قَالَ : فَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ إِذَا مَضَى مِنْ شَعْبَانَ تِسْعٌ وَعِشْرُونَ يَبْعَثُ مَنْ يَنْظُرُ فَإِنْ رُئِيَ فَذَاكَ وَإِنْ لَمْ يُرَ وَلَمْ يَحُلْ دُونَ مَنْظَرِهِ سَحَابٌ وَلَا قَتَرٌ أَصْبَحَ مُفْطِرًا وَإِنْ حَالَ دُونَ مَنْظَرِهِ سَحَابٌ أَوْ قَتَرٌ أَصْبَحَ صَائِمًا

Dari Naafi’, ia berkata : "Jika telah berlalu dua puluh sembilan hari di bulan Sya'baan, Abdullah bin Umar mengutus seseorang untuk melihat hilal. Jika hilal terlihat maka besok adalah bulan Ramadlaan. Jika tidak terlihat dan tidak ada mendung ataupun kegelapan yang menyelimuti pandangannya, maka keesokan harinya ia berbuka (tidak berpuasa). Namun bila terhalang mendung atau kegelapan yang menutupi pandangannya maka pada keesokan harinya ia berpuasa” [Diriwayatkan oleh Ahmad 2/5; shahih].

عن أبى هُريرة يقول: لأن أتعجَّل فى صَوْمِ رَمَضَانَ بيوم، أحبُّ إلىَّ من أن أتأخر، لأنى إذا تَعَجَّلْتُ لم يَفُتْنى، وإذا تأخَّرت فاتَنى.

Dari Abu Hurairah, ia berkata : “Aku mempercepat puasa Ramadlaan sehari, lebih aku senangi daripada mengakhirkannya. Hal itu dikarenakan, apabila aku mempercepatnya, maka tidaklah hilang/berlalu bagiku puasa Ramadlaan (walau sehari pun). Namun jika aku mengakhirkannya, maka hilang/berlalu bagiku (sehari dari puasa Ramadlaan)” [Dibawakan oleh Ibnul-Qayyim dengan sanadnya dalam Zaadul-Ma’aad, 2/44].
Sanad riwayat ini shahih.

عن عائشة رضى اللَّه عنها، قالت : لأن أَصُوم يَوْماً مِن شَعْبَانَ، أحبُّ إلىَّ مِن أَنْ أُفْطِرَ يوماً مِنْ رَمَضَانَ.

Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ai berkata : “Aku berpuasa sehari di bulan Sya’baan lebih aku senangi daripada berbuka sehari di bulan Ramadlaan” [Dibawakan oleh Ibnul-Qayyim dengan sanadnya dalam Zaadul-Ma’aad, 2/44].

Sanad riwayat ini lemah karena jahalah dari utusan yang mendatangi ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.

عن فاطمة بنت المنذر قالت: ما غُمَّ هلالُ رمضان إلا كانت أسماءُ متقدِّمةً بيوم، وتأمُرُ بتقدُّمه.

Dari Faathimah binti Al-Mundzir, ia berkata : “Tidaklah hilaal bulan Ramdlaan tertutupi (awan), kecuali Asmaa’ (binti Abi Bakr) mendahului (berpuasa) sehari. Dan ia pun memerintahkan untuk mendahuluinya” [Dibawakan oleh Ibnul-Qayyim dengan sanadnya dalam Zaadul-Ma’aad, 2/45].
Sanad riwayat ini shahih.

عن فاطمة، عن أسماء، أنها كانت تصومُ اليوم الذى يُشك فيه من رمضان.

Dari Faathimah, dari Asmaa’ (binti Abu Bakr) : Bahwasannya ia biasa berpuasa di hari syakk dari bulan Ramdlaan” [Dibawakan oleh Ibnul-Qayyim dengan sanadnya dalam Zaadul-Ma’aad, 2/45].
Sanad riwayat ini shahih.

Dan yang lainnya.

Dalil-dalil yang menjadi dasar tidak masyru’-nya berpuasa di hari syakk antara lain :

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمْ رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ أَوْ يَوْمَيْنِ إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمَهُ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ الْيَوْمَ

Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibraahiim : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Abi Katsiir, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :“Janganlah salah seorang di antara kalian mendahului Ramadlan dengan berpuasa sehari atau dua hari, kecuali seseorang yang biasa berpuasa, maka tidaklah mengapa ia berpuasa di hari itu” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1914].

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ الْبَزَّازُ حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ الضَّبِّيُّ عَنْ مَنْصُورِ بْنِ الْمُعْتَمِرِ عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُقَدِّمُوا الشَّهْرَ حَتَّى تَرَوْا الْهِلَالَ أَوْ تُكْمِلُوا الْعِدَّةَ ثُمَّ صُومُوا حَتَّى تَرَوْا الْهِلَالَ أَوْ تُكْمِلُوا الْعِدَّةَ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ash-Shabbaah Al-Bazzaaz: Telah menceritakan kepada kami Jariir bin ‘Abdil-Hamiid, dari Manshuur bin Al-Mu’tamir, dari Rib’iy bin Hiraasy, dari Hudzaifah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Janganlah kalian mendahului bulan hingga melihat Hilal, atau kalian menyempurnakan bilangan, kemudian berpuasalah hingga kalian melihat Hilal atau menyempurnakan bilangan” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 2326].
Sanad hadits ini shahih.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ عَنْ عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ صِلَةَ قَالَ كُنَّا عِنْدَ عَمَّارٍ فِي الْيَوْمِ الَّذِي يُشَكُّ فِيهِ فَأَتَى بِشَاةٍ فَتَنَحَّى بَعْضُ الْقَوْمِ فَقَالَ عَمَّارٌ مَنْ صَامَ هَذَا الْيَوْمَ فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah bin Numair : Telah menceritakan kepada kami Abu Khaalid Al-Ahmar, dari ‘Amru bin Qais, dari Abu Ishaaq, dari Shillah, ia berkata : Kami pernah berada bersama 'Ammar di pada hari yang diragukan, kemudian ia membawa daging kambing. Lalu sebagian orang menyingkir. Kemudian 'Ammar berkata : “Barangsiapa yang berpuasa pada hari ini, sungguh ia telah durhaka kepada Abul-Qaasim shallallaahu 'alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 2336].

Sanad hadits ini lemah karena Abu Ishaaq As-Sabi’iy. Ia seorang mudallis yang membawakan riwayat dengan ‘an’anah. Akan tetapi ia mempunyai mutaba’ah dari Rib’iy sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf (3/73) : ‘Abdul-‘Aziiz bin ‘Abdish-Shamad Al-‘Ammiy, dari Manshur, dari Rib’iy : Bahwasannya ‘Ammaar bin Yaasir….dst. Sanad hadits ini shahih.

عن حفص وعلي بن مسهر، عن الشيباني، عن الشعبي قال : قال الضحاك بن قيس : لو صمت السنة كلها، ما صمتُ اليوم الذي يشك فيه من رمضان.

Dari Hafsh dan ‘Aliy bin Mushir, dari Asy-Syaibaaniy, dari Asy-Sya’biy, ia berkata : Telah berkata Adl-Dlahhaak bin Qais: “Seandainya saja aku berpuasa setahun penuh, niscaya aku tidak akan berpuasa di hari yang diragukan padanya dari bulan Ramadlaan” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 3/71].
Sanad riwayat ini shahih.

عن وكيع، عن سفيان، عن عبد العزيز بن حكيم قال : سمعت ابن عمر يقول : لو صمت السنة كلها لأفطرتُ اليوم الذي يشك فيه.

Dari Wakii’, dari Sufyaan, dari ‘Abdul-‘Aziiz bin Hakiim, ia berkata : Aku mendengar Ibnu ‘Umar berkata : “Seandainya aku berpuasa setahun penuh, aku tetap akan berbuka pada hari yang diragukan padanya” [idem].
Sanad riwayat ini hasan.

عن ابن فضيل، عن بيان، عن عامر قال : ما من يوم أبغض إليَّ أن أصومه من اليوم الذي يشك فيه من رمضان.

Dari Ibnu Fudlail, dari Bayaan, dari ‘Aamir, ia berkata : “Tidak ada hari yang lebih aku benci untuk berpuasa padanya dibandingkan hari yang diperselisihkan padanya dari bulan Ramadlaan” [idem, 3/72].

Sanad riwayat ini shahih.

Tarjih

Tarjih terhadap dalil-dalil yang dipaparkan di atas nampak bahwa pendapat yang menyatakan tidak masyru’-nya puasa di hari syakk lebih kuat/raajih.Dhaahir-nya, hukum yang terambil menunjukkan keharamannya walau dilakukan dalam rangka kehati-hatian (ihtiyaath), kecuali jika bertepatan dengan hari yang seseorang biasa berpuasa padanya.

Setelah menyebutkan hadits ‘Ammaar bin Yaasir radliyallaahu ‘anhu, At Tirmidziy  rahimahullah berkata :

وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَكْثَرِ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَنْ بَعْدَهُمْ مِنْ التَّابِعِينَ وَبِهِ يَقُولُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَمَالِكُ بْنُ أَنَسٍ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ وَالشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ وَإِسْحَقُ كَرِهُوا أَنْ يَصُومَ الرَّجُلُ الْيَوْمَ الَّذِي يُشَكُّ فِيهِ وَرَأَى أَكْثَرُهُمْ إِنْ صَامَهُ فَكَانَ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ أَنْ يَقْضِيَ يَوْمًا مَكَانَهُ

“Hadits ini diamalkan oleh kebanyakan ulama dari kalangan shahabat Nabi shalallaahu 'alaihi wa sallam dan orang-orang sepeninggal mereka dari kalangan tabi'in. Ini juga merupakan pendapat Sufyaan Ats-Tsauriy, Maalik bin Anas, ‘Abdullah bin Al-Mubaarak, Asy-Syaafi'iy, Ahmad, dan Ishaaq. Mereka membenci orang yang berpuasa di hari syakk. Jika ternyata hari itu adalah awal Ramadlan, maka dia wajib meng-qadla' satu hari sebagai gantinya” [Jaami’ At-Tirmidziy, 2/65-66].

Ibnu Hajar rahimahullah berkata :

قوله: "فقد عصى أبا القاسم صلى الله عليه وسلم" استدل به على تحريم صوم يوم الشك لأن الصحابي لا يقول ذلك من قبل رأيه فيكون من قبيل المرفوع. قال ابن عبد البر: هو مسند عندهم لا يختلفون في ذلك.

“Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘sungguh ia telah durhaka kepada Abul-Qaasim shallallaahu 'alaihi wa sallam’ dijadikan dalil haramnya berpuasa di hari syakk, karena shahabat tidaklah mengatakan hal itu berdasarkan pendapatnya. Oleh karena itu, riwayat itu termasuk riwayat yang dihukumi marfuu’. Ibnu ‘Abdil-Barr berkata : ‘Riwayat itu tergolong musnad menurut mereka tanpa ada perselisihan” [Fathul-Baariy, 4/120].

قوله: "لا يتقدم رمضان بصوم يوم أو يومين" أي لا يتقدم رمضان بصوم يوم يعد منه بقصد الاحتياط له

“Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘janganlah kalian mendahului Ramadlaan dengan berpuasa sehari atau dua hari’ ; yaitu jangan kalian mendahului Ramadlaan dengan berpuasa yang bertujuan untuk berhati-hati terhadapnya (Ramadlaan)” [idem, 4/128].

Adapun perbuatan sebagian shahabat yang berpuasa di hari syakk, maka ada kemungkinan mereka belum mengetahui dalil-dalil yang menyatakan larangan berpuasa di hari syakk. Apapun itu, sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tetap lebih didahulukan daripada yang lainnya sebagai bentuk pengamalan dari firman Allah ta’ala :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الأمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلا

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” [QS. An-Nisaa’ : 59].

فَلا وَرَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya” [QS. An-Nisaa’ : 65].

Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar