Translate

Sabtu, 03 Juni 2023

Sholawat Busyro

 Sholawat Busyro adalah sholawat yang diijazahkan oleh Rasulullah SAW sebagai Al Busyro.


Shalawat Busyro belakangan ini telah menjadi salah satu shalawat yang banyak dilantunkan oleh masyarakat Muslim di Indonesia karena menjadi amat viral di media sosial khususnya di platform Youtube. Namun apakah sebetulnya kisah dan faedah yang ada dibalik shalawat tersebut?


Menurut penjelasan Dr. Habib Segaf bin Hasan Baharun M.HI, Rektor UII Dalwa Pasuruan, ketika disowani oleh salah satu tim JATMAN, shalawat ini diijazahkan langsung oleh Rasulullah Saw. melalui mimpi yang dialami salah satu Habib (Habib Segaf tidak menyebutkan secara jelas siapa nama yang dimaksud).


Pada suatu malam, Habib tersebut bermimpi didatangi oleh Rasulullah Saw. yang membacakan Shalawat Busyro kepadanya berikut pula iramanya sebagai bentuk kasih sayang Nabi Muhammad kepada umatnya bertepatan dengan malam Asyura’ pada tanggal 10 Muharram.


Dalam mimpinya itu, Rasulullah Saw. menjelaskan bahwa shalawat ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 41 kali setiap selesai shalat subuh setiap harinya. Faedahnya, dengan membacanya secara istiqamah, atas izin Allah dapat melancarkan rizkinya, membawa kegembiraan dan kesenangan, melancarkan urusan, mengabulkan segala hajat dan niat-niat lain yang ingin dituju.


Setelah terbangun dari tidur, habib tersebut telah hafal semua kalimatnya dan merasakan aroma gaharu di ruangannya selama tiga hari berturut-turut. Padahal, tidak ada yang membakar wewangian di ruangannya. Setelah ditirakati, Shalawat tersebut kemudian disebarluaskan sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah Saw. melalui mimipinya hingga viral sampai saat ini.



Bacaan Sholawat Busyro Lengkap


اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَاحِبِ الْبُشْرى صَلَاةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وجَمِيْعَ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَامِنْ يَوْمِنَاهذَااِلى يَوْمِ الْأَخِرَةِ


Arab Latin: Allaahumma shalli wa sallim 'alaa Sayyidinaa Muhammadin shaahibil busyraa shalaatan tubasysyiruna bihaa wa ahlanaa wa awlaadanaa wa jamii'a masyaayikhinaa wa mu'alliminaa wa thalabatanaa wa thaalibaatinaa min yawminaa haadzaa ilaa yawmil aakhirah


Artinya: "Ya Allah, semoga rahmat dan keselamatan senantiasa tercurahlimpahkan kepada junjungan kami Baginda Nabi Muhammad pemilik kabar gembira yang memberi kabar gembira kepada keluarga kami, anak-anak kami, guru-guru kami, para pengajar kami, dan siswa-siswi kami sejak hari ini hingga sampai hari akhirat."

Semoga kita semua bisa mengamalkan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar