Translate

Sabtu, 30 Maret 2019

Manfaat Garam Bagi Kesehatan Tubuh

Islam memberikan perhatian khusus terhadap masalah makanan. Al-Quran dan hadis menyebutkan sejumlah nama makanan yang bernilai tinggi. Salah satunya adalah madu yang memiliki khasiat pengobatan. Selain itu al-Quran juga menyinggung sejumlah nama buah di antaranya buah tin dan kurma serta buah lainnya yang mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan manusia. Sebaliknya, Islam melarang manusia mengkonsumsi minuman keras serta makanan haram dan menjelaskan dampak buruknya bagi kesehatan fisik dan mental.

Saking pentingnya masalah kesehatan, ajaran Islam menjelaskan ketentuan mengenai kebersihan bahan makanan. Membersihkan buah dan sayuran sebelum dikonsumsi, demikian juga mencuci daging sebelum dimasak sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Anjuran itu banyak bisa ditemukan dalam berbagai hadis Rasulullah Saw dan Ahlul
baitnya. Islam juga menekankan untuk bersikap seimbang dalam konsumsi dan melarang berlebihan dalam makan karena lambung yang terlalu penuh diisi makanan dan minuman menjadi sumber bersarangnya berbagai macam penyakit.

Selain berbagai ketentuan mengenai makan dan minum, Islam juga mengajarkan etika makan dan minum. Ajaran Islam begitu memperhatikan etika makan dan minum. Memperhatikan etika makan,
selain berperan besar bagi kesehatan manusia, juga mengandung pelajaran-pelajaran moral dan pendidikan yang sangat bernilai.

Islam mengkategorikan pembahasan etika makan dan minum menjadi tiga bagian yaitu etika sebelum makan dan minum, pada saat makan dan minum dan setelahnya. Salah satu yang sangat ditekankan dalam Islam adalah mencuci tangan sebelum makan dan membuka sepatu.

Garam itu sudah hal yang lumrah dipakai untuk memasak, tidak lengkap rasanya jika memasak tanpa diberikan campuran garam, masakan akan terasa hambar dan tidak enak. Bahkan garam sudah menjadi bahan utama dalam memasak, hampir semua masakan memerlukan keberadaan garam.

Untuk soal cicip garam memang telah warid di beberapa riwayat,,namun biasanya sumber pengambilannya tidak dijelaskan rinci, namun sekedar membagi apa yang saya ketahui terhadap fadhilah mencicip garam ini,,saya akan berikan sumber pengambilannya sbb :

Dalam syu’bul iman pada nomor 1150

أخبرنا أبو طاهر الفقيه أنا أبو بكر القطان ثنا أحمد بن يوسف ثنا محمد بن يوسف قال : ذكر سفيان عن عمرو بن ميمون عن طاوس قال يكفي الصدق من الدعاء كما يكفي الطعام من الملح

Telah mengkhabarkan Abu Thahir Al-Faqhih mengkhabarkan Abu Bakr Al-Qatthan mengkhabarkan Ahmad bin Yusuf mengkhabarkan Muhammad bin Yusuf berkata ia : mengucapkan akan Sufyan daripada Amru bin Maimun daripada Thawus berkata ia : "adalah kebaikan dalam berdoa begitu juga adalah kebaikan dalam makan (makanan) terletak pada garam"
Hadit ini juga dikeluarkan oleh .... Ibn Abi Syaibah dalam Musnadnya pada 7/40 daripada Shabat Abu Dzar dan juga dalam Syu'bul Iman 2/53-54 daripada Sahabat Muhammad bin Wasi'

Dan juga seperti apa yang termaktub dalam Sunan Ibn Majah, hadit Marfu' pada bab khusus Garam nomor 3315

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ ، حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ ، حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ أَبِي عِيسَى ، عَنْ رَجُلٍ ، أُرَاهُ مُوسَى ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ : سَيِّدُ إِدَامِكُمُ الْمِلْحُ.

Telah mengkhabarkan Hisyam bin Ammar telah mengkhabarkan Marwan bin Mu'awiyyah telah mengkhabarkan 'Isa bin abi 'isa daripada seorang lelaki (Musa) daripada Anas bin Malik berkata ia telah berkata Rasulullah SWA : "Penghulu dari segala kuah adalah Garam"

Hadits ini juga termaktub dalam Musnad Abi Ya'la 3714, Mu'jam Ibnl 'Arabi 2254, Mu'jam Al-Awsath lil Baihaqy 8854, Musnad Syihab 1327 dan lain lagi,,

Untuk derajat nya ialah Dhaif, namun Dhaif yang maqbul, dalam artian boleh ianya diamalkan sebagai FaDhailul A'mal

Sedangkan amalan Sahabat 'Ali Radiallahu 'anhu terhadap cicip garam ini, termaktub dalam kitab Syu'bul Imam lil Imam Baihaqiy pada nomor  5952 sbb :

أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ثنا أبو العباس محمد بن يعقوب ثنا الحسن بن علي بن عفان ثنا زيد بن الحباب ثنا عيسى بن الأشعث عن جويبر عن الضحاك عن النزال بن سبرة عن علي أنه قال من ابتدأ غداءه بالملح أذهب عنه سبعين نوعا من البلاء

Telah mengkhabarkan Abu Abdillah al-Hafidz telah menceritakan Abul Abbas Muhammad bin Ya'qub telah menceritakan Hasan bin Ali bin Affan telah mengkhabarkan Zaid bin Habab telah mengkhabarkan Isa bin As'at daripada Zuibar daripada Dhahhak dari An-nuzul bin Syirah dari Imam Ali sesungguhnya ia menyatakan :
"Barangsiapa makan dimulai dengan garam, Allah akan menghilangkan tujuh puluh jenis penyakit dari dirinya"

Derajat hadit juga Dha'if, namun ianya juga maqbul bisa diamalkan untuk penggerak dalam beramal,,

أخبرنا هبت الله بن أحمد الحريرى أنبأنا ابراهيم بن عمر البرمكي حدثنا أبو بكر بن نخيب حدثنا القاسم  عبدالله بن أحمد بن عامر حدثني أبي حدثني علي بن موسى الرضا حجثني أبي موسى حدثني أبي جعفر حدثني أبي محمد بن علي حدثني أبي علي بن الحيين حدثني أبي الحسين بن علي حدثني أبي علي بن أبي طالب رضي الله عنه قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ياعلي عليك بالملح فإنه شفاء من سبعين داء الجذام واالبرص والجنون. 

Telah mengabarkan pada kami hibatullah  bin ahmad al hariry memberitakan pada  kami ibrahim bin umar al barmaky  menceritakan pada kami abu bakar bin  najiib menceritakan pada kami al qasim
abdullah bin ahmad bin Aamr menceritakan padaku ayahku mencritakn padaku ali bin musa ar ridha mencritakan padaku ayahku muusa menceritakn pdku ayahku ja'far mencritakan pdku ayahku muhamad bin ali mencritakan padaku ayahku ali bin al husain menceritakan  pdku ayahku al husain bin ali mencritakn padaku
ayahku ali bin abi thalib radhiallhuanhu bersabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam: wahai ali makanlah engkau dengan garam karna sungguh didalam garam itu terdapat obat dari 70 penyakit diantaranya kusta  lepradan penyakit (sejenis) gila.

Hadis ini disebutkan oleh al-Harits bin Abi Usamah dalam al-Musnad, dari Abdurrahim bin Waqid, dari Hammad bin Amr, dari As-Suri bin Khalid bin Syadad. Hadisnya cukup panjang, yang disebutkan di atas adalah salah satu cuplikannya.

Tapi, hadits ini tidak autentik dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Imam Al Bushiri mengatakan: “Isnad hadits ini rantaiannya adalah oarang-orang dha’if, seperti As Surri, Hammad, dan Abdurrahman.” (Al Ittihaf, 3/413)

Syaikh Abu Ishaq Al Huwaini berkata:

وهذا إسنادٌ ساقطٌ، مسلسلٌ بالمجروحين، فشيخ الحارث بن أبي أسامة، قال الخطيب في «تاريخه» (11/85): «في حديثه مناكير، لأنها عن ضعفاء ومجاهيل»،

“Isnad hadits ini gugur, rantaiannya berisi orang-orang yang dijarh (dinilai cacat). Seperti guru dari Harits bin Abi Usamah, dalam Tarikh-nya Al Khathib (11/85) berkata: “Pada haditsnya banyak kemungkaran, karena dia mengambil dari orang-orang dha’if dan majhul (tdk dikenal).”

Lalu Beliau melanjutkan:

وحماد بن عمرو النصيبي كذبه الجوزجاني، وقال ابن حبان: «كان يضع الحديث وضعًا». ووهاه أبو زرعة. وتركه النسائي. وقال البخاريُّ: «منكرُ الحديث». والسُّري بنُ خالد قال الأزدي: «لا يحتج به». وقال الذهبي في «الميزان» (2/117): «لا يعرفُ»، وترجمه ابنُ أبي حاتم (2/1/284) ولم يذكر فيه جرحًا ولا تعديلاً

Hamad bin Amru An Nashibiy sebut sebagai pendusta oleh Al Jauzajaaniy. Ibnu Hibban mengatakan: dia pemalsu hadits. Abu Zur’ah menyenut lemah. An Nasa’i meninggalkan haditsnya. Al Bukhari berkata: haditsnya munkar. Al Azdiy berkata tentang As Surri, “tidak bisa dijadikan hujjah.”

Adz Dzahabi berkata dalam Al Mizaan (2/117): “Tidak dikenal.”
Ibnu Abi Hatim tidak mengkritik dan tidak memujinya.

Lalu Beliau juga mengatakan:

وقد أورد ابن الجوزي في «الموضوعات» (2/289) من وجهٍ آخر بعض هذا الحديث ثم قال: «هذا حديث لا يصح عن رسول اللَّه صلى الله عليه وسلم، والمتهمُ به عبد الله بن أحمد بن عامر أو أبوه، فإنهما يرويان نسخةً عن أهل البيت كلُّها موضوعة»

Ibnul Jauzi menyebutkan hadits ini dari jalan lain dan berkata (Al Maudhu’at, 2/289): “Hadits ini tidak shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Abdullah bin Ahmad bin Amir dan ayahnya dituduh sebagai pemalsu, mereka berdua meriwayatkan manuskrip dari Ahli Bait yang semuanya adalah palsu.” (Al Fatawa Al Haditsiyah, 1/496)

Kemudian, as-Suyuthi (w. 911 H) juga membawakan hadis di atas, dari jalur lain, yaitu dari jalur Abdullah bin Ahmad, dari ayahnya Ahmad bin Amir, dari Ali bin Musa ar-Ridha. Selanjutnya, as-Suyuthi menegaskan,

لا يصح والمتهم به عبد الله بن أحمد بن عامر أو أبوه فإنهما يرويان نسخة عن أهل البيت كلها باطلة

”Tidak shahih. Yang tertuduh di sini adalah Abdullah bin Ahmad bin Amir dan ayahnya. Kedua orang ini mengumpulkan tulisan hadis dari ahlul bait, namun semuanya dusta (atas nama ahlul bait).” (al-Lali’ al-Mashnu’ah, 2/179).

Namun, walau hadits ini dha’if, tentang manfaat garam memang diakui dunia kesehatan, selama tidak berlebihan, seperyi garam beryodium misalnya.

Manfaat air garam untuk kesehatan

Membersihkan kuman dan juga bakteri di seluruh tubuh

Secara umum, air garam memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. salah satu manfaat penting dari air garam bagi kesehatan tubuh adalah mampu untuk membersihkan bakteri dan juga kuman di seluruh tubuh. seperti kita ketaui, bakter dan juga kuman adalah salah satu biota alam yang mampu menumbangkan tubuh kita dengan infeksi berbagai macam penyait, mulai dari penyakit ringan hingga penyekit kronis dan juga berat sekalipun.

Dengan menggunakan air garam, maka anda bisa lebih efektif dalam membersihkan seluruh tubuh anda dari kuman dan juga bakter yang dapat mengganggu dan menyebabkan kesehatan anda menjadi menurun melalui infeksinya. Caranya sangatlah mudah. Cukup tambahkan satu sndok makan garam ke dalam bak mandi anda, lalu mandilah dengan menggunakan air garam tersebut secara rutin dan teratur.

Mengobati tenggorokan gatal atau sakit tenggorokan

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa air garam ternyata juga efektif dalam mengoati dan juga menghilangkan gejala sakit tenggorokan dan juga gatal pada tenggorokan. Cara kerja dari air garam sama seperti pada umumnya, dimana air garam akan membantu membersihkan bagian tenggorokan yang mengalami sakit an juga luka, sehingga bakteri dan juga kuman tidak dapat memperparah gejala sakit tenggorokan dan juga tenggorokan gatal yang anda alami.

Caranya, cukup dengan meminum segelas larutan air garam, ketika anda mengalami gejala sakit tenggorokan. Minum paling tidak dua hingga 3 kali sehari sebanyak kurang lebih 100 hingga 200 ml air garam.

Sebagai obat kumur

Masih dari kehebatan air garam dalam membunuh kuman dan jug abakteri, anda juga dapat memanfaatkan air garam untuk menjaga kesehatan rongga mulut anda. gunakanlah air garam sebagai obat kumur, terutama setelah anda makan, menyikat gigi, baik sebelum tidur malam, maupun ketika bangun pagi.

Air garam akan menggantikan mouthwash, dan akan membantu anda dalam membunuh kuman dan juga bakteri di dalam ongga mulut, yang dapat menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, dan berbagai macam gangguan kesehatan mulut lainna. Caranya adalah dengan cara mencampurkan 1 hingga 2 sendok garam ke dalam segelas air (kurang lebih 200 ml(. aduk rata, lalu kemudian berkumur dengan menggunakan larutan air garam tersebut, selama kurang lebih 30 detik hingga 1 menit.

Dapat mencegah terjadinya dehidrasi, dan mampu mengembalkan cairan tubuh yang hilang

Dehidrasi adlaah sebuah kondisi dimana tubuh manusia mengalami kekurangan cairan, yang disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan seharian. Tubuh kita yang terdiri dari banyak kandungan air, membutuhkan banyak asupan cairan untuk mendukung aktivitas sehari – hari. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapant menyebabkan banyak sekali masalah, seperti tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga, hilangnya konsentrasi dan juga focus, serta pekerjaan yang kita lakukan akan menjadi sia – sia, karena tidak bertenaga.

Salah satu cara untuk menggantikan cairan di dalam tubuh dengan cepat adalah dengan memanfaatkan larutan air garam. Air garam mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah aktivitas seharian. Minumlah segelas air (kurang lebih 200 ml) yang dicampur dengan satu sendok teh garam untuk membantu rehidrasi dan mengembalikan cairan tubuh anda yang hilang setelah seharian beraktivitas.

Membersihkan saluran pencernaan

Manfaat lainnya dari air garam bagi kesehatan tubuh kita adalah mampu membersihkan saluran pencernaan. Ya, terkadang saluran pencernaan juga membutuhkan pembersihan. Saluran pencernaan yang kurang bersih dapat menyebabkan muculnya berbagai macam gangguan pencernaan, seperti sembelit, susah buang air besar, wasir, dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

Dengan menggunakan air garam, maka saluran pencenaan anda akan menjadi bersih dan efeknya, sistem pencernaan anda akan bekerja dengan baik, dan berbagai gangguan serta masalah pencernaan akan hilang dari tubuh anda.

Detoksifikasi pada organ – organ tubuh

Detoksifikasi alias pembuangan racun – racun dan juga bakteri di dalam organ tubuh pun juga bisa dilakukan secara efektif dengna menggunakan air garam ini. dengan menggunakan air garam, maka berbagai macam racun dan juga bakteri berbahaya di dalam organ tubuh anda bisa terdetoksifikasi secara lebih efektif. Hal ini akan membantu organ tubuh anda bekerja lebih optimal, dan juga lebih baik, sehingga hal ini akan berefek pada kesehatan tubuh anda yang tentu saja akan menjadi lebih baik lagi.

Memurnikan darah di dalam tubuh

Ternyata, meskipun garam disinyalir merupakan salah satu mineral yang dapat menyebabkan darah tinggi, namun garam dapat jug amemurnikan kandungan darah di dalam tubuh. air garam memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik untuk membantu membersihkan darah di dalam tubuh. hal ini berhubungan juga dengan kemampuan dari air garam dalam membunbuh bakteri dan jug amelakukan detoksifikasi terhadap racun – racun berbahaya yang ada di dalam organ – organ tubuh. karena itu, air garam juga bisa anda minum secara rutin untuk membantu memurnikan kondisi darah di dalam tubuh anda, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan anda sendiriMenjaga tekanan darah

Garam = darah tinggi. memang hal ini ada benarnya juga. Namun demikian, penggunaan garam dalam skala yang tidak berlebihan, malah akan membuat tekanan darah anda menjadi terjaga, apalagi bagi anda yang memiliki bakat tekanan darah rendah. Air garam dapat membantu meningkatkan tekanan darah anda ke dalam level normal dan stabil, sehingga anda tidak mengalami gejala – gejala lemas akibat tekanan darah rendah.

Namun, memang perlu diperhatikan bagi anda yang memiliki bakat tekanan darah tinggi, karena menggunakan atau mengkonsumsi garam secara berlebihan akan menyebabkan tekanan darah anda menjadi sangat tinggi. namun demikian, asalkan air garam dapat dikonsumsi dalam jumlah dan juga takaran yang seimbang, maka hal ini akan membantu menjaga kesehatan tekanan darah anda.

Memperbaiki sistem saraf

Apakah anda sudah pernah mencoba merendam diri anda dengan air hangat yang bercampur garam? Kalau belum, maka anda harus mencobanya. Merendam kaki anda dengan menggunakan air garam akan memberikan efek yang mirip seperti pijat refleksi atau akupuntur. Seprti kita ketahui, banyak sekali titk – titik syaraf yang terhubung dengan telapak kaki. Air garam mampu untuk memperbaik sistem syaraf, hanya dengan merendam kaki anda dengan menggunakan air garam saja.

Caranya sangatlah mudah. Anda dapat merendam kaki anda dengan seember air, kemudian campurkan dengan beberapa sendok makan garam. Hal ini, selain dapat membersihkan kuman dan juga bakteri di bagian kaki anda, juga dapat memperbaiki sistem syaraf yang melemah, sehingga dapat membantu anda pula agar bisa tidur nyenyak dan mencegah insomnia.

Memberikan relaksasi

Hal ini berhubungan erat dengan manfaat air garam sebelumnya, yaitu untuk memperbaiki sistem syarah tubuh. Selain dapat membantu memperbaiki sistem syaraf tubuh, merendam kaki dengan menggunakan air garam juga akan membuat tubuh anda menjadi terasa rileks dan juga tenang. Hal ini membuat segala pikiran dan juga perasaan anda menjadi lebih tenang, damai dan juga rileks, yang tentu saja memiliki banyak sekali dampak positif bagi kesehatan anda, baik kesehatan secara fisik maupun kesehatan secara psikologis anda.

Dapat meminimalisir dan menghilankgan rasa pegal dan juga nyeri di dalam tubuh

Pegal dan juga lelah setelah beraktivitas seharian? Atau anda merasa sakit dan juga nyeri setelah mengangkat beban berat? tidak perlu ke dokter ataupun membeli salep anti nyeri badan kok. Anda bisa meminimalisir dan jug amenghilangkan rasa pegal dan juga nyeri pada tubuh anda tersebut dengan mudah, yaitu berendam dengan air garam.

Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. Pertama – tama anda hanya perlu menyiapkan bak mandi dengan air hangat. Kemudian taburkan garam, paling tidak 1 hingga 3 sendok makan ke dalam bak mandi anda. kemudian, berendamlah pada bak mandi tersebut. Anda pun akan merasa sangat rileks dan juga tenang, serta rasa pegal dan juga nyeri yang menyelimuti anda akibat aktivitas seharian yang anda lakukan akan hilang dan bergantu dengan rasa segar dan nyaman pada tubuh anda.
Dan masih banyak lagi yang lainnya

Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar