Translate

Minggu, 30 November 2014

keris sebagai salah satu tonggak sejarah

Empu Djoko Supo mengabdi di Pajang sebagai empu yang unggul dan peranan sang empu tdk byk di riwayat kan.. karna kesultanan Pajang tdk lama
Dan ketika Kyai Ageng Pemanahan babad alas mentaok sang empu menghadap Wong Agung Manak dan memohon saran... Sunan Kalijogo dgn bijak bersabda "Supo.. Ono becike Jeneng Siro oncato soko Pajang lan netepo ono ing brang wetan Kanggo sakwetoro wektu, lan ing sak mengko Yen Pemanahan wus yoso padukuhan ing mentaok age2 Jeneng Siro ngabdi menyang Mataram.. amargo ing wektu kang bakal teko kamulyan ing Pajang surut lan Mataram bakal dadi prodjo kang gede"
Empu Djoko Supo segera berangkat menuju tempat yang di isarohkan oleh Wong agung menak...
Dan setelah padukuhan Mataram berdiri sebagai tanah perdikan... sang empu menghadap ke Mataram sowan kepada Kyai Ageng Pemanahan untuk mengadi.... semua priyagung Mataram sangat senang krn sudah tau keahlian empu Djoko supo.
Sang Panembahan Senopati putra Kyai Ageng Pemanahan meminta empu supo agar membuat pusaka keris dan tombak sebagai simbol berdirinya Mataram.
Dgn keahlian yang di miliki empu supo tercipta lah Sebilah keris berdapur sengkelat yang diberi nama Kanjeng Kyai Guling Mataram dan tombak yang di beri nama Kanjeng Kyai wijoyo kusumo.
Empu Supo byk membabar pusaka di Mataram yang lebih baik dr sebelumnya..
Dan ketika Sultan Agung Naik tahta... empu Supo mendapatkan anugerah gelar Empu Kyai Enom krn beliau awet muda dan panjang umur serta di kasih wilayah di sendang warih...dgn itu di sebut Kanjeng empu pangeran sendang warih ato empu warih anom.
Dan empu supo memimpin semua empu Mataram dlm membuat pusaka yang dipersiapkan untuk penyerangan ke batavia.
Dr tangan empu anom sendiri tercipta lah beberapa pusaka yang di serasah emas..
 Diantaranya Kyai Manglar Mongo.kyai Nogo welang. Kyai Nogo sosro. Kyai Nogo sari dll.
Bgtlh sejarah tntg keris yang dlm pembuatan nya berkaitan dgn sebuah negara dan perjuangan.

Tunggu sejarah lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar