Translate

Sabtu, 14 November 2015

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih dalam tradisi budaya Indonesia sudah tak asing lagi. Daun sirih sebagai bahan utama dari kebiasaan yang disebut “nyirih”, sudah terjadi sejak berabad-abad lalu. Yang jelas, orang yang memiliki kebiasaan nyirih ternyata memiliki gigi dan gusi yang tetap sehat walaupun mereka sudah tua. Kenapa bisa demikian?, hal ini karena khasiat daun sirih yang ditemukan belakangan ini adalah berkhasiat sebagai zat antiseptik. Dengan efeknya yang demikian, maka bakteri perusak gigi tak akan betah dimulut orang yang gemar nyirih. 

Di daerah NTB (Nusa Tenggara Barat), penduduk Suku Bayan yang dulu dipimpin oleh Raden Wira Anom (dipanggil Mamiq) adalah salah satu suku yang masyarakatnya kental dengan budaya nyirih. Menurut riwayat, tradisi tersebut merupakan sebuah filosofi kehidupan. Kapur digambarkan seperti tulang, dan pinang adalah dagingnya, sementara daun sirih merupakan bagian tubuh yang menutupi keduanya, sehingga tercipta air liur berwarna merah yang juga dikatakan sebagai darah.

Selain itu, sejak dulu para wanita menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan, mengesatkan dan mengencangkan organ intim, serta menghilangkan bau tak sedap kewanitaan. Hal ini juga tak lepas dari sifat antiseptik atau anti mikroba pada daun sirih.

Khasiat daun sirih yang berhubungan dengan sifat antiseptiknya lainnya adalah, memperkuat gigi, mengatasi bau badan dan mulut, gatal, mimisan, korengan, keputihan dan sebagai afrodisiak.

Dalam dunia medis, mengunyah sirih dikaitkan dengan penyakit kanker mulut serta pembentukan squamous cell carcinoma yang memiliki sifat malignan. Disamping itu para leluhur juga sering menggunakan daun sirih sebagai tanaman obat (fitofarmaka) yang berkhasiat menyembuhkan banyak penyakit. Kegiatan pengobatan dari daun sirih tersebut menjadi warisan yang tak ternilai harganya.

Sekilas tentang sirih

Daun sirih yang dikenal ada 3 jenis, yaitu sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau. Namun yang paling banyak dikenal dan digunakan dimasyarakat adalah daun sirih merah dan hijau, yang bisa dibedakan hanya dengan melihat warna daunnya. Daun sirih pada umumnya banyak ditemui ditanam dipekarangan orang yang hidup dipedesaan, dimana mereka masih banyak menggunakan obat dari bahan alami termasuk sirih serta untuk keperluan nyirih. Namun setelah khasiat sirih diketahui secara ilmiah, kini daun sirih sudah banyak dijadikan sebagai bahan untuk sabun kesehatan, obat kebersihan kewanitaan, minyak sirih dll.

Sirih‎ merupakan tanaman asli Asia Tenggara  yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.

Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.

Kandungan dan manfaat

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap

Ciri-ciri batang, daun, dan bunga/buah

Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Pemanfaatan Daun Sirih:

1. Mengurangi produk ASI yang berlebihan 

Bahan: 4 lembar daun sirih dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuat: daun sirih diolesi dengan minyak kelapa, Kemudian dipanggang dengan api. Cara menggunakan: dalam keadaan masih hangat ditempelkan di seputar buah dada.

2. Keputihan 

Bahan: 7 – 10 lembar daun sirih. Cara membuat: direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Cara menggunakan: air rebusan daun sirih tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk membasuh/membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.

3. Sakit Jantung 

Bahan: 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, 1 sendok jintan putih. Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

4. Sifilis 

Bahan : 25 – 30 lembar daun sirih bersama tangkainya; 0,25 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.

5. Alergi/biduren 

Bahan : 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih. Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Cara menggunakan : Dioleskan/digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.

6. Diare 

Bahan: 4 – 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Cara menggunakan: digosokkan pada bagian perut.

7. Menghentikan pendarahan gusi 

Bahan: 4 lembar daun sirih. Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih Cara menggunakan : setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.

8. Menghentikan pendarahan hidung (mimisen = Jawa) 

Bahan: 1 lembar daun sirih. Cara membuat: daun sirih digulung sambil ditekan-tekan sedikit supaya keluar minyaknya. Cara menggunakan: dipakai untuk menyumbat hidung yang berdarah/mimisen.

9. Sakit gigi berlubang. 

Bahan: 1 lembar daun sirih. Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih Cara menggunakan: setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh. b. Bahan: 2 lembar daun sirih diremas, Garam 0,5 sendok Cara membuat: diseduh dengan air panas 1 gelas, aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin Cara pemakaian: dipakai untuk berkumur-kumur.

10. Bronkhitis 

Bahan: 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Cara membuat: daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, dan disaring Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari 3 sendok makan

11. Sakit Mata 

Bahan: 2 – 3 lembar daun sirih dengan ½ gelas air. Rebus sampai mendidih lalu diamkan sampai airnya hangat-hangat kuku, setelah itu teteskan pada mata yang sakit.

12. Dapat menghilangkan bau mulut

Bahan: daun sirih hijau  2-3 lembar. Kemudian air rebusan itu digunakan untuk berkumur-kumur, lakukan metode ini di malam sebelum tidur secara rutin maka bau mulut pun akan hilang.

13. Dapat mengobati sariawan

Cara untuk mengatasi sariawan yaitu dengan menguyah satu lembar daun sirih lalu diamkan beberapa saat, setelah itu kumur-kumur dengan air hangat. Jika anda tidak kuat dengan baunya, anda dapat merebus 3 lembar daun sirih dengan 2 gelas air lalu rebus sampai airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian kumur-kumur dengan air rebusan daun sirih dalam keadaan hangat. Minum secara teratur 1 gelas sehari ini sampai sariawannya sembuh.

14. Dapat dijadikan obat untuk mengobati demam berdarah

Caranya yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan ditambah 2 gelas air lalu rebus sampai tersisa 1 gelas. Kemudian air rebusan daun sirih tersebut diminum secara teratur 2 kali sehari. Untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah caranya yaitu dengan menumbuk daun sirih sampai halus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang tidak terlindungi. Maka nyamuk penyebab demam berdarah pun dijamin tidak akan berani menggigit.

15. Dapat mengobati luka bakar

Caranya yaitu dengan memanaskan daun sirih sampai layu lalu tempelkan diatas kulit yang terkena luka bakar. Dalam beberapa hari luka bakarnya pun akan berangsur-angsur membaik.

16. Dapat menghilangkan gatal-gatal pada kulit

Caranya yaitu dengan menumbuk daun sirih hijau sampai halus kemudian oleskan pada bagian kulit yang mengalami gatal-gatal. Dalam beberapa saat gatal-gatal pun akan berangsur-angsur menghilang.

Komposisi :

Daun sirih mengandung ragam senyawa kimia yang diperlukan untuk membuat ramuan tradisional.
Semoga bermanfaat 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar