Translate

Selasa, 10 November 2015

Manfaat Habbatussauda' (Jinten Hitam)

حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ يَحْيَى بْنُ خَلَفٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَبْدِ الْمَلِكِ قَالَ سَمِعْتُ سَالِمَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عَلَيْكُمْ بِهَذِهِ الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ فَإِنَّ فِيهَا شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا السَّامَ
Artinya: “Bercerita kepada kami Abu Salmah Yahya bin Half, bercerita kepada kami Abu ‘Ashim dari Utsman bin ‘Abdil Malik ia berkata: Aku mendengar Salim bin ‘Abdillah bercerita tentang bapaknya bahwa Rasulullah saw bersabda: “Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus sauda’ (Jintan Hitam) ini, karena di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan dari segala penyakit, kecuali As-sam (Maut)”. (H.R. Ibnu Majah, Sunan Ibnu Majah No:3439)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ خَالِدِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ خَرَجْنَا وَمَعَنَا غَالِبُ بْنُ أَبْجَرَ فَمَرِضَ فِي الطَّرِيقِ فَقَدِمْنَا الْمَدِينَةَ وَهُوَ مَرِيضٌ فَعَادَهُ ابْنُ أَبِي عَتِيقٍ فَقَالَ
لَنَا عَلَيْكُمْ بِهَذِهِ الْحُبَيْبَةِ السَّوْدَاءِ فَخُذُوا مِنْهَا خَمْسًا أَوْ سَبْعًا فَاسْحَقُوهَا ثُمَّ اقْطُرُوهَا فِي أَنْفِهِ بِقَطَرَاتِ زَيْتٍ فِي هَذَا الْجَانِبِ وَفِي هَذَا الْجَانِبِ فَإِنَّ عَائِشَةَ حَدَّثَتْنِي
أَنَّهَا سَمِعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ هَذِهِ الْحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا مِنْ السَّامِ قُلْتُ وَمَا السَّامُ قَالَ الْمَوْتُ

(BUKHARI - 5255) : Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah telah menceritakan kepada kami Isra`il dari Manshur dari Khalid bin Sa'd dia berkata; Kami pernah bepergian yang di antaranya terdapat Ghalib bin Abjar, di tengah jalan ia jatuh sakit, ketika sampai di Madinah ia masih menderita sakit, lalu Ibnu Abu 'Atiq menjenguknya dan berkata kepada kami; "Hendaknya kalian memberinya habbatus sauda' (jintan hitam), ambillah lima atau tujuh biji, lalu tumbuklah hingga halus, setelah itu teteskanlah di hidungnya di sertai dengan tetesan minyak sebelah sini dan sebelah sini, karena sesungguhnya Aisyah pernah menceritakan kepadaku bahwa dia mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya habbatus sauda' ini adalah obat dari segala macam penyakit kecuali saam." Aku bertanya; "Apakah saam itu?" beliau menjawab: "Kematian."

Biji Jinten hitam (Nigella Sativa), adalah salah satu rempah yang memiliki sifat penyembuhan alami yang kuat. Seperti namanya, jinten berwarna hitam dan berbentuk tipis mirip bulan sabit. Pada awalnya Ramuan jinten hitam ini berasal dari Mesir, negara-negara di Timur Tengah, dan  juga banyak digunakan oleh masyarakat India. Jinten hitam pada umumnya digunakan sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan di berbagai belahan dunia. Ia memiliki rasa sedikit pahit, yang cocok untuk menggantikan lada. Di Mesir dinamakan Habbah Barokah, kadang juga disebut Kamun Aswad. Di Yaman dinamai Qohthon, sedangkan di Iran disebut Suwainiz, Naqna’ Al Gholan, dan kadang disebut Basmah.

KARAKTERISTIK

Habbatus sauda’ adalah sejenis tanaman yang dikenal sebagai tanaman obat, dapat tumbuh di berbagai macam tempat namun paling baik ditanam di daerah yang beriklim panas dan kering karena akan berpengaruh pada kandungan nutrisinya. Biji-biji Habbatus sauda’ ukurannya kecil dan pendek (panjang antara 1-2 mm), hitam, berbentuk trigonal dan jika dilihat dengan menggunakan mikroskop tampak seperti batu api (geretan), memiliki rasa yang kuat dan pedas seperti lada.

Bunga Habbatus sauda’ berwarna ungu kebiru-biruan atau putih. Pusat pertumbuhan bunga tersebut pada bagian cabang di semua tangkainya saat daunnya saling tumbuh berseberangan secara berpasangan. Daun di bagian bawah bentuknya kecil dan pendek, sedangkan bagian atas lebih panjang (6-10 cm). Batang bunga tersebut bisa mencapai ketinggian 12 sampai 18 inchi.

Habbatus sauda’ adalah tumbuhan biseksual artinya dapat mengembangbiakkan dirinya sendiri dan membentuk sebuah kapsul buah yang mengandung banyak biji trigonal putih. Saat kapsul buah tersebut matang, ia akan membuka dan biji yang ada di dalamnya akan mengudara dan warnanya akan berubah menjadi hitam sehingga sering disebut biji hitam (Black Seed).

Apakah Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) itu?

Habatussauda merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab.

Nama ilmiahnya adalah Nigella sativa. Berbatang pendek, tingginya 50 cm. Tanaman ini masih satu famili dengan Adas (Foeniculum capillaceum) dan Anise (Pimpinella anisum), sehingga terkadang dikira salah satu jenis tumbuhan adas. Buahnya berbentuk mirip kapsul, yang di dalamnya terdapat benih berwarna putih dengan bentuk segi empat. Warnanya cepat sekali berubah menjadi hitam jika terkena udara.

Belakangan ini tidak kurang dari 150 penelitian yang dimuat di berbagai jurnal ilmiah semakin memperkuat bukti tentang berbagai khasiat yang pernah disebutkan oleh orang-orang terdahulu tentang tumbuhan ini. Penelitian ini kebanyakkan berasal dari Eropa, khususnya Austria dan Jerman yang berada di barisan terdepan dari negara-negara yang mempromosikan dihidupkannya kembali pengobatan herbal sebagai pengobatan alternatif.

Cara Kerja Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam)

Habatussauda mengandung aneka vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh. Habbatussauda juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh, dll.

Selain kandungan bahan-bahan alami tersebut, habatussausa juga mengandung nigellon, yang termasuk dalam kategori zat anti-oksidan alami, seperti vitamin C dan A. Habatussauda juga mengandung glutathion yang memeilki peran fundamental dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Sejumlah hasil penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini menyatakan bahwa fungsi protektif Nigellon mampu melindungi tubuh dari berbagai bahaya zat-zat asing.

Unsur-unsur kimiawi dalam Habbatus Sauda’

100 gr Habbatus Sauda’ mengandung zat-zat sebagai berikut:

1. 13,19 gr air 6. 6, 2 mg niasin
2. 9,17 gr protein 7. 3,6 gr fiber
3. 9, 12 gr lemak 8. 8,7 gr abu
4. 80,10 mg kalsium 9. 463 kalori
5. 20 mg vitamin A

Penggunaan Habbatus Sauda (Jinten Hitam)’

Sebagai Sumber Energi. Habbatus Sauda diketahui membantu pemeliharaan temperatur alamiah tubuh.

Melancarkan ASI. Habbatus Sauda’ membantu melancarkan ASI, termasuk sumber gizi yang penting buat ibu dan anak.

Kekebalan (imunitas). Beberapa penelitian baru-baru ini membuktikan efek Habbatus Sauda dalam meningkatkan sistem kekebalan. Satu hal yang bisa memperjelas makna sabda Nabi, “menyembuhkan setiap penyakit”.

Untuk anak. Habbatus Sauda’ juga mengandung asam arginin, yaitu salah satu zat asam yang penting dan sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak.

Untuk Orang Tua. Habbatus Sauda’ merupakan makanan kesehatan yang penting dan bermanfaat bagi orang-orang tua, karena mengandung berbagai macam zat gizi.
Habbatus Sauda (Jinten Hitam) Potensial untuk Obat ARV HIV/AIDS

Ekstrak heksan biji jinten hitam (Nigella sativa Lor) potensial dikembangkan sebagai imunomodulator pada penderita imunodefisiensi seperti pasien terinfeksi HIV-AIDS yang mengalami penurunan jumlah sel CD4, kata Akrom M.Kes, dosen Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

“Ekstrak heksan biji jinten hitam (EHBJH) dapat dikembangkan sebagai agen kemopreventif antikarsinogenesis melalui mekanisme antioksidan sitoprotektif dan imunomodulator,” katanya dalam ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (4/2/2013).

Menurut dia, efek EHBJH dapat meningkatkan limfosit CD4, CD8, kadar IFNgamma, dan hematoprotektor. Keberhasilan biji jinten hitam meningkatkan jumlah sel CD4 dan CD8 serta berdampak pada populasi sel CD4CD25Treg memberikan harapan pada pasien-pasien HIV-AIDS yang menjalani terapi antiretroviral (ARV) sebagai terapi ajuvan.

“Meskipun baru skala penelitian laboratorium melalui pemberian ekstrak heksan biji jinten hitam pada tikus, diketahui timokuinon memiliki efek kemopreventif antikarsinogenesis pada tikus bahkan mampu menurunkan 81-97 persen tingkat kematian, menghambat kerusakan hepar dan ginjal serta meningkatkan jumlah lekosit dan hemoglobin,” katanya.

Ia mengatakan, ekstrak heksan biji jinten juga mampu menurunkan 45-50 persen insidensi pembentukan nodul dan menurunkan 70-90 persen pembentukan adenokarsinoma mamae tikus yang diinduksi dimetilbenz(a)antracene.

Selain itu, aktivitas dan mekanisme imunomodulator antihematoksik ekstrak heksan biji jinten hitam diketahui mampu meningkatkan jumlah limfosit darah tepi, meningkatkan jumlah limfosit CD4Th, CD8 dan CD4CD25treg, meningkatkan berat limpa dan jumlah limfosit serta aktivitas limfosit dalam mensekresi IFNgamma.

Menurut dia biji jinten hitam secara empirik sudah dipakai sebagai bahan jamu untuk pengobatan herbal yang mampu mengobati berbagai kelainan di antaranya sebagai imunomodulator, antivirus, antidiabetes mellitus, antikanker, antiasma, dan antiepilepsi.

“Kandungan timokuinon, nigelon, dan asam lemak tak jenuh dalam biji jinten hitam merupakan kandungan yang diduga bersifat antioksidatif, kemopreventif, dan imunomodulator,” kata Akrom.

Prof. Wadi’ah Shalih Bakr meraih Doktor di bidang Biokimia dari Universitas di Inggris melalui disertasinya yang berjudul “Klasifikasi dan efek Obat terhadap Enzim-enzim Idionukleotida Kerongkongan pada Jaringan Payudara.

Di dalam disertasinya, ia mengupas pengaruh ekstrak habbatus sauda’ terhadap enzim-enzim nukleotida dalam jaringan.

Dalam disertasinya, dipaparkan terlebih dahulu beberapa riset yang telah dilakukan sebelumnya mengenai habbatus sauda’. Ia menyebutkan bahwa ada sejumlah laporan laboratorium yang menyebutkan efek nyata ekstrak habbatus sauda’ terhadap pengobatan. Sebagai contoh adalah ketika ekstrak habbatus sauda diberikan kepada tikus secara oral, maka hal itu berperan melindungi organ hati dari keracunan yang ditimbulkan oleh enzim D-Glukosa Amyn (El Dakhakhny and Madi, 1995).

Beberapa riset lain menguatkan bahwa minyak habbatus sauda’ memiliki peran yang sangat efektif dan baik dalam pengobatan sesak nafas (Gomaa et al, Chakravarty, 1993). Peneliti, Toppozada dkk, menemukan bahwa minyak habbatussauda sangat berkhasiat sebagai anti bakteri dan mikro organisme lain. Zat-zat aktif pada Habbatus Sauda’ juga sukses digunakan untuk mengobati infeksi telinga dan nyeri-nyeri pada rahang atas.

El-Kadi et al, 1990, membuktikan bahwa salah satu khasiat habbatus sauda’ adalah pengaruhnya dalam memperbaiki perbandingan sel-sel T pembantu terhadap sel-sel T penekan pada para penderita kelemahan sistem kekebalan, dimana kondisi mereka membaik, jumlah sel-sel T pembantu meningkat sedangkan jumlah sel-sel T penekan berkurang.

Berdasarkan uji kimiawi, terbukti bahwa minyak habbatussauda mencegah terjadinya kanker kulit pada tikus.

Kreober 1993, menyatakan bahwa biji dan minyak habbatus sauda mengandung efek diuretik (melancarkan pembuangan urin). Tahir 1993, menemukan bahwa minyak atsiri Habbatus Sauda’ mengurangi kontraksi pembuluh darah jantung, serta berperan mencegah terjadinya ketegangan.

Memperkuat Sistem kekebalan tubuh

Penelitian yang lebih dari satu dekade lalu menyimpulkan bahwa jika Habbatus sauda’ digunakan sebagai bahan dasar, maka dapat memberikan pengaruh penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama bagi pasien yang mengalami gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya. Efek antibiotic dan antivirus yang terkandung dalam Habbatus sauda’ telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati demam akibat infeksi virus. Habbatussauda’ mampu melawan penyakit secara alami sehingga efek samping apabila menggunakan obat-obatan sintetis dapat dihindari.

Pada tahun 1986, Drs. El-Kadi dan Kandil memimpin sebuah studi dengan beberapa relawan untuk menguji efektifitas Habbatussauda’ sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh alamiah. Kelompok relawan pertama mengkonsumsi kapsul Habbatussauda’ (2x sehari 1 gram) selama empat minggu dan kelompok kedua tidak mengonsumsi kapsul Habbatussauda’ (mengkonsumsi placebo) dan berfungsi sebagai kelompok pengontrol.

Sebelum dan sesudah pemakaian selama empat minggu, para relawan itu dihitung jumlah limpositnya. Setelah empat minggu, relawan yang mengkonsumsi Habbatussauda’ mengalami peningkatan 72% dalam menekan rasio T-cell, yang berfungsi sebagai pembunuh sel secara alamiah. Kelompok yang mengkonsumsi placebo hanya meningkat 7%. Mereka melaporkan “Mungkin penemuan ini termasuk salah satu penemuan besar karena Habbatussauda’ ternyata mempunyai peranan penting dalam penyembuhan kanker, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.” Hasil ini diperkuat dengan studi yang dipublikasikan dalam Saudi Pharmaceutical Journal Tahun 1993 oleh Dr. Basil Ali dan rekan-rekannya dari College of Medicine, King Faisal University.

Pada bidang penelitian AIDS, tes dilakukan oleh Dr. Haq pada relawan di Departemen Biologi dan Pusat Penelitian Medisa di Riyadh, Saudi Arabia (1997) menunjukkan bahwa Habbatussauda’ meningkatkan rasio antara T-cell positif dan negative menjadi 55% dengan 30% aktivitas pembunuh sel alamiah.

Habbatussauda’ adalah cara pengobatan yang sudah teruji untuk berbagai macam penyakit, tanpa efek samping. Seperti kita ketahui sistem kekebalan melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur dan organisme-organisme berbahaya lainnya. Bakteri, virus, jamur dan organisme-organisme tersebut masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir.

Racun pada makanan, lingkungan dan sistem dapat menyebabkan penurunan aktivitas kekebalan tubuh. Jika fungsi kekebalan melemah, maka tubuh tidak bisa menghindari infeksi dan serangan penyakit. Habbatussauda’ membantu dalam poses penyembuhan karena memiliki peranan yang penting dalam menguatkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kemampuan Habbatussauda’ dalam mengobati penyakit adalah sungguh nyata. Tanaman Habbatussauda’ mampu menstabilkan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Setiap hari tubuh kita diserang oleh berbagai macam mikroorganisme dan bibit penyakit (pathogen), terutama dari jenis bakteri, virus, dan jamur.

Secara normal, kita tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena kita memiliki mekanisme pertahanan tubuh yang berfungsi secara efisien. Sistem kekebalan tubuh yang sehat bereaksi untuk melawan serangan dari luar. Tetapi jika pertahanan tubuh kita tidak berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat bibit penyakit memiliki kesempatan untuk menyerang tubuh kita. Bibit-bibit penyakit yang menemukan basis pertahanan yang cocok, dapat menimbulkan resiko infeksi dan penyakit lainnya.

Melemahnya sistem kekebalan dapat timbul akibat tekanan psikologi yang keras atau stress yang berkelanjutan. Sedikitnya frekuensi olah raga, diet yang tidak seimbang, obat-obatan, alkohol, rokok, radiasi, dan polusi, juga menjadi salah satu bagian yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan. Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat mengakibatkan:

* Mudah terjangkit infeksi
* Kudis dan iritasi berat pada kulit seperti neurodermatitis
* Timbulnya masalah pada pencernaan, diare, berkurangnya berat badan secara signifikan
* Penyembuhan secara berulang-ulang dan rasa sakit yang tidak terdeteksi

Hal yang harus diperhatikan bahwa Habbatussauda’ ini harus dijadikan sebagai bagian dari pendekatan menyeluruh untuk kesehatan dan idealnya harus dijadikan sebagai gaya hidup setiap hari. Dengan cara ini, banyak nutrisi dan kepentingan penyembuhan yang terkandung pada biji Habbatussauda’ dapat membantu sistem kekebalan tubuh, menyuplainya dengan sumber daya yang optimum yang dibutuhkan untuk mencegah untuk melawan penyakit.

Aktivitas Anti-Histamin

Histamin adalah substansi yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang kadang menimbulkan reaksi alergi dan berhubungan dengan asma bronchitis.

Pada tahun 1960, ilmuwan Badr-El-Din dan Mahfouz menemukan bahwa dimmer dithymoquinone diisolasi dari minyak volatile Habbatussauda’, dengan nama “Nigellone” dan dipakai melalui mulut untuk beberapa pasien yang menderita asma bronchitis, yang ternyata mengurangi gejala pada sebagian besar pasien. Hasil penelitian selanjutnya, crystalline nigellone diberikan pada anak-anak dan orang dewasa dalam penyembuhan asma bronchitis dengan hasil yang efektif dan tanpa efek samping, seperti keracunan. Setelah diteliti, bagaimanapun juga, meskipun efektif, crystalline nigellone menunjukkan reaksi penghambatan.

Pada tahun 1993, Nirmal Chakravarty,M.D., memimpin sebuah studi untuk mengetahui apakah penghambatan ini merupakan pengaruh dari penemuan bahwa mekanisme sistem dibalik efek supresi dari crystalline nigellone pada histamine adalah bahwa crystalline nigellone memiliki protein kinase C, substansi yang dikenal dengan pemicu untuk melepaskan histamine.

Sebagai tambahan, studinya menunjukkan crystalline nigellone sebagai penghambat pada histamine. Hipotesanya ternyata benar. Studi Dr Chakravarty’s bahwa crystalline nigellone menurunkan pelepasan kalsium pada sel-sel penyangga yang juga melepas histamine. Manfaat hasil tersebut adalah bagi mereka yang menderita asma bronchitis dan penyakit alergi lainnya dapat memanfaatkan crystalline nigellone.

Anti-tumor (Pengobatan Kanker)

Studi tentang potensi Habbatussauda’ terhadap anti tumor dilakukan oleh pusat penelitian Amala Research Center di Amala Nagar, Karala (India) pada Tahun 1991 mengacu pada pendapat Dr. Chakravarty untuk memanfaatkan Habbatussauda’ dalam pengobatan kanker.

Hasil dari suatu penelitian mengungkapkan bahwa Habbatussauda’ menstimulasi sumsum tulang dan kekebalan sel serta produksi interferon, melindungi tubuh dari serangan virus, menghancurkan sel tumor, dan menghalangi adanya infeksi. Penelitian ini juga menyatakan bahwa minyak yang terkandung dalam Habbatussauda’ mempunyai sifat antibiotic, dan dari tes laboraturium mengindikasikan bahwa Habbatussauda’ dapat dipercaya sanggup melawan sel kanker.

Minyak dalam Habbatussauda’ mengandung zat yang tepat untuk pengobatan kanker serta pencegahannya. Peneliti menemukan bahwa sistem kekebalan yang sehat dapat mengenali sel tumor sebelum membahayakan sel lain dan merusaknya. Habbatussauda’ membantu mengontrol tumor dengan banyak cara, yaitu :

* Menstimulasi produksi sel sumsum tulang
* Meningkatkan produksi sel imun/kekebalan
* Meningkatkan produksi interferon
* Sel tubuh mempunyai perlindungan yang lebih baik dalam melawan pengaruh hal-hal yang membahayakan

Sel tumor dihancurkan menggunakan asam lemak derivan Habbatussauda’, studi dengan menggunakan tikus Swiss albino menunjukkan bahwa sistem aktif ini menghambat perkembangan jumlah sel kanker yang disebut dengan Ahrlich ascites carcinoma (EAC). Tipe sel kanker umum yang kedua, yang juga dipakai adalah Dalton’s lymphoma ascites (DLA).
Tikus yang mendapatkan sel EAC dan Habbatussauda’ menunjukkan keadaan yang normal tanpa adanya tumor, menunjukkan bahwa secara aktif 100% mencegah perkembangan tumor EAC.

Hasil pada tikus yang menerima sel DLA dan Habbatussauda’ menunjukkan bahwa sistem aktifnya telah menghambat perkembangan tumor hingga 50% lebih baik daripada tikus yang tidak mendapat sistem aktif tersebut.
Studi tersebut menyimpulkan, “Itu adalah bukti sistem aktif tersebut mengisolasi dari Habbatussauda’ sebagai penghambat anti-tumor, dan rantai panjang konstituen asam lemak mungkin sebagai komponen aktifnya.

Anti-bakteri
Pada Tahun 1989, dibuat laporan dalam Pakistan Journal of Pharmacy tentang manfaat anti-jamur dari minyak volatile dari Habbatussauda’. Pada Tahun 1992, para peneliti di Departemen Farmasi University of Dhaka, Bangladesh, memimpin sebuah studi aktivitas anti bakteri minyak volatile Habbatussauda’ dengan lima macam histamine : ampicillin, tetracycline, cotrimoxazole, gentamicin, dan Asam Nalidixic.

Minyak Habbatussauda’ terbukti paling efektif melawan bakteri, termasuk bakteri yang dikenal sangat kuat daya tahannya terhadap obat-obatan, seperti V.cholera, E.coli (bakteri yang biasa ditemukan pada daging yang tidak terlalu matang), dan Shigella spp, kecuali Shigella dysentriae. Kebanyakan keluarga Shigella menunjukkan pertumbuhan daya tahan yang cepat terhadap histamin yang biasa dipakai bahkan dengan menggunakan kemoterapi.

Secara singkat hasil penelitian-penelitian tersebut menyatakan, ada hal yang menarik bahwa Habbatussauda’ juga sering dipakai untuk mengobati gangguan sistem pencernaan. Secara tradisional, Habbatussauda’ masih digunakan untuk mengobati diare dan muntah-muntah, juga perut mulas, dan juga mengatasi keluhan dalam pemakaian obat pencahar (seperti:beberapa obat pencahar, buah-buahan, seperti Aprikot terlalu banyak)

Obat Luka radang

Diawal tahun 1960, Professor El-Dakhakny melaporkan bahwa minyak Habbatussauda’ memiliki kemampuan meredakan radang dan sangat berguna untuk mengobati radang sendi.
Pada tahun 1995, sekelompok ilmuwan di Pharmacology Research laboratories, Department of Pharmacy, Kings College, lond, memutuskan untuk melakukan sebuah tes efektivitas minyak Habbatussauda’ dan derivannya thymoquinone. Studi mereka menyarankan bahwa sistem dalam minyak turut serta dalam meningkatkan reaksi meredakan radang dalam sel.

Para ilmuwan berspekulasi bahwa asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam Habbatussauda’lah yang mungkin meningkatkan efektivitas minyak tersebut. Pada Tahun 1997, banyak studi dilakukan di Microbiological unit of the Research Center, College of Pharmacy, King saud University, Riyadh, Saudi Arabia, dan menemukan bahwa dalam bentuk salep, efektivitas Habbatussauda’ tidak menimbulkan alergi.

Meningkatkan produksi susu pada ibu menyusui

Sebuah studi yang dilakukan oleh Agarwhal (1979) menunjukkan bahwa Minyak Habbatussauda’ meningkatkan kadar susu bagi ibu menyusui. Sumber literature dari University of Protchefstroom (1989), termasuk abstraksi biologi, yang berhubungan dengan kemampuan Habbatussauda’ dalam meningkatkan air susu bagi ibu yang menyusui dapat ditunjukkan dengan kombinasi lipid portion dan struktur histamin dalam Habbatussauda’.

KANDUNGAN NUTRISI
Habbatussauda’ kaya akan kandungan nutrisi di antaranya mengandung Monosaccharides (molekul gula tunggal) dalam bentuk glucose, rhamnose, xylose, dan arabinose. Habbatussauda’ mengandung komponen non starch polysaccharide yang merupakan sumber yang berguna untuk serat diet. Kaya akan kandungan asam lemak, terutama asam lemak jenuh dan tak jenuh (Asam Linoleic dan Linoleic). Asam lemak esensial atau EFAs tidak dapat dibuat oleh tubuh, oleh karena itu harus didapatkan dari suplemen makanan. EFAs sangat vital bagi perawatan sel dan stabilisasi membran sel juga diperlukan dalam mempercepat penyembuhan luka, melembutkan kulit, membantu metabolisme kolestrol dan lemak dalam darah, mengatur fungsi kerja otak dan syaraf. Tubuh menggunakan asam linoleic EFAs dan asam linoleic gamma untuk menghasilkan prostaglandin (hormone vital suatu substansi yang banyak meregulasi proses dalam tubuh). Lima belas asam amino membentuk protein yang terkandung dalam Habbatussauda’, termasuk di dalamnya delapan dari sembilan asam amino penting. Asam amino penting, tidak dapat disintesis di dalam tubuh kita dalam jumlah yang cukup oleh karena itu perlu tambahan dari luar yang berfungsi untuk menjaga berat badan (diet).

Habbatussauda’ mengandung Arginine yang penting pada masa pertumbuhan balita. Analisis kimia lanjutan menemukan bahwa Habbatussauda’ mengandung karotin, yang diubah oleh liver menjadi Vitamin A. Habbatussauda’ juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, sodium, dan potassium. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit oleh tubuh, elemen-elemen ini berfungsi sebagai cofactor untuk fungsi bermacam enzim. Informasi dari hasil penelitian menyebutkan bahwa Habbatussauda’ adalah satu-satunya tanaman alam yang mengandung lebih dari 100 nilai nutrisi biokimia, beberapa di antaranya sudah dapat diidentifikasi dan merupakan nutrisi yang sangat penting sebagai sumber dari asam lemak esensial dimana kegunaannya antara lain dapat membangun sel, memperbaiki jaringan, membentuk antibodi untuk melawan serangan dari bakteri dan virus, juga merupakan bagian dari sistem enzim dan hormone untuk membangun nucleoprotein (RNA/DNA), juga membawa oksigen ke seluruh tubuh dan turut berpartisipasi dalam aktivitas otot.

Selain itu, Habbatussauda’ juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, vitamin alami terkandung dalam makanan organik yang ditemukan hanya pada makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuhan, dengan sedikit pengecualian, bahwa tubuh tidak dapat mengolah atau mensintesis vitamin. Meskipun beberapa dari nutrisi yang terkandung dalam Habbatussauda’ jumlahnya kecil namun keberadaannya sangat penting. Tabel di bawah ini menjelaskan sebagian komponen yang terkandung dalam Habbatussauda’ dan fungsinya terhadap tubuh.

Selain itu, minyak Habbatussauda’ pun mengandung beberapa substansi penting dalam jumlah yang signifikan.


Berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi Jintan Hitam:
1. Rambut Rontok. Aduk tepung jintan hitam dalam perasan seledri air, satu sendok cuka kadar rendah dan secangkir minyak zaitun. Gosokkan ke kepala setiap sore. Kemudian cuci dengan air hangat dan sabun. Lakukan setiap hari.‎

2. Sakit Kepala. Ambil tepung jintan hitam, cengkeh yang dihaluskan separuh darinya, adas manis juga separuhnya, diaduk bersama-sama. Jika anda merasa sakit kepala, ambil satu sendok campurkan dalam yoghurt. Makanlah, semoga berhasil. Bersamaan denga itu urut tempat yang terasa nyeri dengan minyak jintan hitam.‎

3. Susah Tidur. Satu sendok jintan hitam, campurkan dengan segelas susu panas dengan sedikit madu. Minum sebelum tidur dan sebut asma Allah. Baca ayat kursi. Ketahuilah, pada hakikatnya manusia sedang tidur dan baru menemukan kesadarannya ketika mengalami kematian.‎

4. Kutu dab Telurnya. Haluskan jintan hitam dengan baik. Campurkan dalam cuka hingga seperti salep. Oleskan ke kepala setelah cukur, atau oleskan ke pangkal rambut jika belum dicukur. Kemudian jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih seperempat jam. Rambut jangan dicuci kecuali setelah lima jam. Ulangi setiap hari selama satu minggu.‎

5. Vertigo dan Sakit Telinga. Setetes minyak jintan hitam dapat mencuci dan membersihkan telinga. Juga dapat digunakan sebagai minuman. Bersamaan dengan itu, oleskan ke pelipis dan tengkuk atas izin Allah rasa pening akan sirna.
6. Alopesia (Botak). Ambil satu sendok jintan hitam yang telah dihaluskan secara baik, secangkir cuka kadar rendah dan satu sendok kecil perasan bawang merah. Aduklah semuanya sehingga menyerupai salep. Oleskan ke daerah yang botak setelah mencukur rambut-rambut halus di sana dan mengeriknya hingga sedikit berdarah. Kemudian balurkan di atasnya. Biarkan dari pagi hingga sore. Setelah itu oleskan minyak jintan hitam. Ulangi selama seminggu.
7. Herpes. Olesi herpes tersebut dengan minyak jintan hitam tiga kali dalam sehari. Dalam waktu beberapa hari Insya Allah akan sirna.‎

8. Menghadapi persalinan. Salah satu yang paling memudahkan wanita melahirkan adalah jintan hitam yang direbus dengan sedikit madu dan rebusan camomile. Jintan hitan merupakan pencuci rahim yang sangat bermanfaat bagi wanita. Dengan menggunakan beberapa tetes minyak jintan hitam setiap kali minum panas dapat mengobati segala jenis penyakit wanita. Hal itu sebagai rahmat bagi wanita agar tidak memperlihatkan auratnya kepada para dokter pria, karena hal demikian haram.
9. Sakit Gigi, Amandel, dan Pangkal Tenggorokan. Jintan hitam direbus. Lalu gunakan air rebusannya untuk berkumur (usahakan air sampai menyentuh pangkal tenggorokan). Ini sangat bermanfaat untuk mengobati segala jenis penyakit mulut dan pangkal tenggorokan. Selain itu, minumlah satu sendok bubuk jintan hitam dicampur air hangat. Untuk penyakit pangkal tenggorokan, oleskan pula minyaknya dari luar. Untuk sakit gusi, bisa dioleskan dari dalam.
10. Gondok. Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan madu dan beberapa tetes royal jelly, minumlah tiap hari selama satu bulan. Anda akan lihat gondok mengempis secara wajar, karena segala sesuatu ditentukan dengan ukuran. Subhanallah, Dzat Yang Maha Pencipta Lagi Menguasai.‎

11. Jerawat. Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan minyak wijen dan satu sendok tepung gandum. Oleskan ke seluruh wajah pada sore hari. Pada pagi harinya, basuh dengan air hangat dan sabun. Ulangi selama seminggu. Alangkah baiknya jikadibarengi dengan minum minuman panas yang dicampuri bubuk jintan hitam.‎

12. Segala Jenis Penyakit Kulit. Ambil minyak jintan hitam, minyak mawar dan tepung gandum. Kedua minyak tersebut ukurannya sama, untuk gandum dua kali lipat. Kemudian campur dengan baik sehingga menjadi adonan. Sebelum diobati, bersihkan dulu bagian yang sakit dengan kapas yang dibasahi alkohol kadar rendah dan jemurlah di bawah sinar matahari, kemudian olesi dengan adonan itu setiap hari. Hindari hal-hal yang menyebabkan alergi, seperti ikan, telor, mangga dan sejenisnya.

13. Kutil. Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan alkohol, kemudian gosokkan pada tempat tumbuhnya kutil dengan menggunakan kain wol atau katun setiap pagi dan sore selama seminggu. Jangan bosan sampai hilang, atas pertolongan Allah. Atau, gosoklah kutil dengan daun jarak. Setelah kering, minyaki dengan minyak jintan hitam. Sungguh mujarab.
14. Vitiligo dan Kusta. Yang dibutuhkan pacar, jintan hitam dan bubuk kulit tokek (biasa dijual di toko obat). Ambil tiap bagian dengan ukuran satu sendok. Aduki dalam sebuah bejana bersama cuka secukupnya, lalu dibuat salep dari bahan-bahan di atas yang berfungsi untuk mengembalikan melanin kulit. Lakukan hal itu setiap hari selama satu bulan. Keringkan dari air setiap pagi, pada siang hari jemur di bawah matahari.
15. Agar Wajah Tampak Bersinar dan Tampan. Aduk bubuk jintan hitam dengan minyak zaitun. Oleskan ke muka dan sedikit panaskan sinar matahari di sembarang siang dan sembarang hari.
16. Mempercepat Bersatunya yang Patah. Makanlah sup ads yang dicampur dengan bawang putih, telur rebus dan satu sendok besar tepung jintan hitam. Selain itu, pijit dan urut setiap hari daerah tulang yang patah yang telah dibungkus dengan gips dengan minyak jintan hitam. Setelah bungkusan gips dibuka, oleskan minyak jintan hitam hangat setiap hari.‎

17. Luka Memar. Rebus dengan baik dua genggam jintan hitam dalam bejana berisi air. Gunakan sebagai penghangat pada bagian yang memar selama seperempat jam atau lebih sambil menggerak-gerakkannya. Setelah itu olesi dengan minyak jintan hitam, biarkan tidak terbalut.Jangan membawa beban yang berat atau membebani bagian yang sakit. Lakukan hal itu setiap hari sebelum tidur.‎

18. Rematik. Panaskan minyak jintan hitam. Urutkan pada tempat rematik kuat-kuat, seakan anda mengurut tulang, bukan kulit. Minumlah pula minyak jintan hitan yang telah dipanaskan itu dicampur sedikit madu sebelum tidur. Lakukan hal itu terus menerus. Yakinlah bahwa kau akan sembuh atas izin dan karamah Allah.‎

19. Kencing Manis. Ambil sekitar satu gelas jintan hitam kemudian tumbuk, satu sendok besar empedu yang dihaluskan, setengah gelas biji seledri, satu gelas delima yang telah dihaluskan, satu gelas biji kubis yang telah dikeringkan dan ditumbuk. Lalu, tambahkan satu sendok kecil asafetida (damar karet), semuanya diaduk. Konsumsilah ramuan ini satu sendok setiap bangun tidur sebelum mengkonsumsi makanan lain. Bisa dicampur dengan yoghurt guna memudahkan larut.
20. Tekanan Darah Tinggi. Beri beberapa tetes minyak jintan hitam setiap kali anda minum air panas. Alngkah baiknya jika anda meminyaki badan dengan minyak jintan dan berjemur di bawah sinar matahari meskipun hanya seminggu sekali. Atas kemuliaan Allah, anda akan sehat wal ‘afiat. Bergembiralah, jangan sekali-kali putus asa. Allah Maha Penyayang, Pemurah dan Maha Pengampun.
21. Melarutkan Kolesterol dalam Darah. Ambil satu sendok tepung jintan hitam, satu sendok achiliya (rumput seribu daun), tumbuhan ini dikenal dengan baik oleh penduduk Syam. Aduk keduanya dalam secangkir madu. Minumlah setiap pagi habis bangun tidur sebelum mengkonsumsi makanan lain.
22. Nephritis (Radang Ginjal). Buatlah tapal bubuk jintan hitam yang dicampur dengan minyak zaitun. Lumaskan pada bagian perut pada arah ginjal yang terasa sakit. Barengi dengan minum satu sendok bubuk jintan hitam setiap hari sehabis bangun tidur sebelum mengkonsumsi makanan lain, selama satu minggu saja. Atas pertolongan Allah, radang ginjal akan sirna.‎

23. Menghancurkan dan Melarutkan Batu. Ambil satu cangkir jintan hitam, haluskan kemudian campur dengan satu gelas madu. Tambahkan tiga siung bawang merah yang telah dicincang-cincang. Minumlah sepertiganya sebelum makan setiap hari. Ulangi tiap hari. Alangkah baiknya jika setelah makan anda makan limau beserta kulitnya, karena hal itu akan membersihkan dan membasminya.
24. Susah Buang Air Kecil. Oleskan minyak jintan hitam pada area antara pangkal zakar hingga pusar sebelum tidur. Barengi dengan minum satu gelas jintan hitam yang direbus dan dicampur madu, setiap hari sebelum tidur.‎

25. Ngompol. Yang diperlukan adalah jintan hitam serta kulit telur yang telah dibersihkan dan dipanggang. Kemudian ditumbuk bersama jintan hitam tersebut. Minumkan kepada anak anda satu sendok kecil bersama satu gelas susu selama satu minggu, kapan saja ia mau.
26. Edema. Bungkuslah adonan jintan hitam dan cuka, kemudian letakkan sebagai tapal pada tempat yang sakit. Sebelumnya letakkan kain kasa sebagai lambaran. Selain itu, makan satu sendok jintan hitam pagi dan sore selama satu minggu. Bagi penderita penyakit ini, silahkan mencoba, anda akan lihat hasilnya.‎

27. Hepatitis. Hal ini memerlukan kesabaran, tapi yakinlah bahwa setelah bersabar dan mengkonsumsi jintam hanya ada kesembuhan. Ambil satu sendok bubuk jintan hitam dan seperempat sendok bubuk kayu gaharu. Keduanya diaduk dengan madu dan diminum setiap hari sehabis bangun tidur, sebelum mengkonsumsi makanan apa pun. Lakukan selama dua bulan berturut-turut.
28. Demam Ketulangan. Kulit landak kering yang sudah lama dipanaskan bersama dengan jintan hitam hingga mengeluarkan uap. Hirup uapnya. Barengi dengan minum minyak jintan hitam yang dicampu dengan jus limau setiap pagi dan sore. Atas kodrat dan irodat Allah, pada hari yang pertama demam akan sirna.‎

29. Batu Empedu. Ambil satu sendok jintan hitam, seperempat sendok empedu yang dihaluskan dan satu gelas madu. Campurkan hingga seperti selai dan makanlah setiap hari sampai wajah tampak kemerah-merahan dan hilang semua pengerutan pada kandung empedu. Bersyukurlah pada Allah atas segala nikmat yang tak terhingga.‎

30. Limpa. Balurkan adonan jintan hitam dan minyak zaitun setelah dipanasi pada bagian kiri bawah tulang rusuk pada sore hari. Pada saat yang sama, minumlah susu campur madu yang ditetesi empat tetes minyak jintan hitam. Setelah dua minggu berturut-turut limpa anda akan sehat dan aktif kembali. Alhamdulillah.‎

31. Segala Jenis Penyakit Dada dan Flu. Masukkan satu sendok besar minyak jintan hitam dalam bejana berisi air. Didihkan sehingga timbulk uap. Hirup uap itu, dan untuk memudahkan, letakkan penutup di atas kepala. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur. Sertai dengan minuman rebusan thymus vulgaris yang dicampur dengan bubuk jintan hitam setiap pagi dan sore.‎

32. Mengatasi Sakit Jantung dan Melancarkan Peredaran Darah. Yakinlah akan sabda Rasulullah saw, karena itu merupakan konsekuensi iman. Ketika Rasul memberitakan kepada kita bahwa jintan hitam adalah obat bagi segala penyakit, maka jangan ragu sedikit pun bahwa ia merupakan obat bagi segala penyakit yang menimpa manusia. Penderita sakit jantung jangan sampai putus asa dari rahmat Allah SWT. Yang harus dilakukannya adalah banyak mengkonsumsi jintan hitam, baik sebagai makanan atau minuman kapan saja.

33. Kolik Usus. Rebuslah adas manis, jintan putin dan mentol dengan takaran yang sama hingga mendidih. Bubuhkan sedikti gula pasir atau madu, danteteska minyak jintan hitam. Minumlah ketika masih panas. Balurlah tempat yang terasa nyeri dengan minyak jintan hitam. Atas izin Allah dan ‘afiatNya, selang beberapa menit nyeri akan hilang.
34. Diare (mencret). Ambil perasan seledri air yang dicampur dengan satu sendok besar biji jintan hitam yang telah ditumbuk. Minum tiga kali sehari sehingga mampet (diare berhenti). Pada hari kedua hentikan mengkonsumsinya hingga tidak terjadi sembelit (sulit buang air).‎

35. Mual. Rebus jintan hitam dan cengkih dengan baik. Minumlah tanpa pemanis tiga kali sehari. Kadang pada hari ketiga ketulian dan perasaan mual sudah hilang atas izin Allah SWT.
36. Masuk Angin dan Kontraksi. Minum satu sendok bubuk jintan hitam setiap pagi sehabis bangun tidur sebelum mengkonsumsi makanan apa pun. Setelah itu, minum air hangat yang dicampur madu kira-kira tiga sendok. Ulangi setiap hari selama satu minggu.‎

37. Keasaman. Teteskan beberapa tetes minyak jintan hitam ke dalam air panas yang dicampuri madu atau gula. Minumlah, niscaya penyakit tersebut akan sirna tak berbekas.‎

38. Radang Usus Besar. Ambil kurang lebih satu sendok jintan hitam, satu sendok akar licorice, masukka ke dalam jus buah beserta bijinya. Minumlah. Sungguh sangat bermanfaat untuk menghilangkan sakit radang usus besar, menambah gairah, dan melemaskna otot-otot. Sehingga penderita dapat istirahat dengan baik.
39. Sakit Mata. Oleskan minyak jintan hitam pada kedua kening, sekitar mata dan kelopak mata. lakukan sebelum tidur. Barengi dengan meminum beberapa tetes minyak jintan hitam yang dicampurkan dalam sembarang minuman panas atau jus wortel.
40. Amebiasis. Ambil satu sendok bubuk jintan hitam dan satu sendok bawang putih yang telah diiris. Campurkan ke dalam satu gelas hangat jus tomat yang dibubuhi sedikit garam. Minum setiap hari sehabis bangun tidur sebelum Menkonsumsi makanan apa pun. Lakukan selama dua minggu berturut-turut. Anda akan sehat wal ‘afiat dan merasa bahagia, tentunya atas izin Allah SWT.
41. Schistosomiasis (Bilharziasis). Makanlah satu sendok jintan hitam setiap pagi dan sore, boleh juga dengan sepotong roti dan keju. Barengi dengan membalur rusuk bagian kanan dengan krim jintan hitam sebelum tidur. Lakukan selama tiga bulan. Bersamaan dengan hilangnya penyakit itu akan timbul stamina dan vitalitas baru.‎

42. Cacingan. Makanlah di pagi hari sandwich panas, yang diisi satu sendok bubuk jintan hitam, tiga siung bawang putih, satu sendok minyak zaitun, merica dan tiga butir biji labu. Minumlah minyak adas atau minyak pohon jarak sekali saja.‎

43. Mandul. Tiga bahan sudah mencukupi, yaitu bubuk jintan hitam, susu bubuk, dan benih lobak dengan takaran yang sama. Ambil satu sendok setiap pagi dan sore, campurkan pada setengah gelas madu, kemudian makanlah. Barengi dengan minum satu gelas besar susu unta. Jika Allah berkehendak, keinginan anda akan terkabul. Jika Allah berkehendak, maka masalahnya lain.‎

44. Prostat. Oleskan minyak jintan hitam pada bagian bawah punggung. Oleskan pula pada bagian bawah pelir sambil mengurutnya dengan gerakan memutar. Campurkan satu sendok bubuk jintan hitam dan seperempat sendok kecil empedu ke dalam setengah gelas madu yang dituangkan ke dalam air hangat. Minum setiap hari, kapan saja anda mau.‎

45. Asma. Hiruplah uap minyak jintan hitam yang dipanaskan, setiap pagi dan sore. Minumlah satu sendok bubuk jintan hitam sebelum makan pagi dan sore setiap hari. Barengi dengan mengolesi dada dan pangkal tenggorokan dengan minyak jintan hitam setiap hari sebelum tidur.

46. Luka Bernanah. Sepuluh tetes minyak jintan hitam dan satu sendok bubu kulit delima kering dicampurkan ke dalam satu cangkir madu. Dengan barokah Allah, makanlah setiap hari sehabis bangun tidur, sebelum mengkonsumsi makanan apa pun. Barengi dengan minum satu gelas susu tawar. Lakukan selama dua bulan terus menerus.
47. Kanker. Olesi dengan minyak jintan hitam tiga kali sehari. Ambil satu sendok bubuk jintan hitam, campurkanlah ke dalam satu gelas jus wortel. Minumlah sehabis makan. Lakukan secara teratur selama tiga bulan seraya berdoa dan membaca Al Quran secara kontinyu. Akan anda saksikan keajaiban atas kuasa Allah SWT.
48. Kelemahan seksual. Ambil satu sendok bubuk jintan hitam, kemudian campurkan dengan tujuh telur ayam kampung. Konsumsilah ini terus menerus selama kurang lebih satu bulan. Walaupun anda kakek berumur seratus dua puluh tahun serasa seperti pemuda berumur dua puluh tahun saja, atas kodrat dan irodahNya. Insya Allah.
49. Kelemahan Umum. Haluskan satu gelas jintan hitam kering, campur dengan susu bubuk dan satu sendok kecil ambergris yang dicairkan. Semuanya diaduk dalam bejana berisi madu seperti selai. Makanlah seperti selai setiap hari di sembarang waktu, tapi harus dengan roti gandum lokal.‎

50. Menambah Nafsu Makan. Beberapa menit sebelum menyantap makanan, ambil satu sendok jintan hitam, haluskan dengan gigi gerahammu. Setelah itu minumlah satu cangkir air dingin yang dicampur beberapa tetes cuka. Anda akan melihat hasilnya. Tapi hati-hati, jengan sampai kekenyangan.
51. Lesu dan Malas. Minum sepuluh tetes minyak jintan hitam yang dicampur dalam jus jeruk setiap pagi sehabis bangun tidur sebelum mengkonsumsi makanan apa pun. Lakukan secara rutin selama sepuluh hari. Setelah itu, anda akan terlihat enerjik dan dada terasa lapang. Dengan catatan, jangan tidur pagi setelah sholat shubuh. Biasakan tidur selepas isya dan banyak berdzikir.
52. Menyegarkan dan Mencerdaskan Pikiran. Campurkan madu dan tujuh tetes minyak jintan hitam dalam rebusan na’na. Minumlah ketika masih hangat kapan saja. biasakan sebagai pengganti minum teh dan kopi. Dalam waktu singkat, pikiran anda terbuka dan otak menjadi cerdas. Anda akan dapat menghafal apa saja yang anda inginkan. Sebaiknya, hafalkan ayat-ayat Al Quran karena itulah setinggi-tinggi apa yang ingin kita hafalkan.

Wallohu A'lam‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar