Translate

Selasa, 19 Mei 2015

Sejarah Mirit masa lalu dan masa kini

MENDENGAR nama Mirit, banyak orang yang keder. Maklumlah, bertahun-tahun daerah di Kebumen selatan itu identik dengan kekerasan, kriminalitas, dan pencoleng sehingga kerap dijuluki daerah hitam.

Masyarakat di kawasan pantai selatan Kebumen itu memang memiliki karakter spesifik. Kemiskinan, kekumuhan, dan kriminalitas seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian mereka.

Karena itu, jangan menaruh binatang piaraan seperti sapi dan kambing serta benda berharga sembarangan. Lengah sedikit saja, barang-barang itu akan cepat berpindah tangan. Hasil tanaman semacam cabai pun menjadi sasaran pencurian.

Salah satu desa di Kecamatan Mirit yang pada masa lalu dikenal menjadi sarang penjahat dan tempat pelarian pencoleng adalah Desa Rawa. Jika masih ingin bukti, bertanyalah pada para petugas reserse di Polres Kebumen.

Desa seluas kurang lebih 20 hektare dan berpenduduk sekitar 1.900 jiwa itu memang unik. Desa itu berada di ujung timur Kebumen, di tepi Sungai Wawar yang lazim disebut Kali Rawa. Desa itu berimpitan dengan muara Kali Rawa dan menjadi pembatas wilayah Kebumen serta Purworejo. Malahan di Desa Rawa ada satu lokasi seluas sekitar 3 ha yang masuk Kabupaten Purworejo. Tak mengherankan jika secara tradisional, dua desa, Rawa di Kebumen dan Nambangan Grabak Purworejo, memiliki keterkaitan.

Dulu, hubungan itu saling ''menguntungkan'' untuk kepentingan kriminalitas. Seingat Sowikarto (74), asal Dusun Jompong Rawa, para pencoleng dari desanya dan Nambangan sangat ditakuti warga desa lain.

Dia menyebut tokoh-tokoh bandit seperti Mbah Mangku atau Pak Hudo sangat disegani. Sekarang mereka sudah meninggal. Sowikarto mengibaratkan dua desa yang dibatasi sungai itu salingguwang jupuk (membuang dan mengambil). Maksudnya, jika pencoleng di wilayah kulon kali atau Desa Rawa menjarah atau merampok, orang Nambangan di wetan kali atau di Purworejo akan mengambil barang untuk menghilangkan jejak.

Begitulah sebaliknya, jika orang Nambangan beraksi di Purworejo, hasilnya akan dilarikan ke Rawa, menyeberangi sungai sehingga aparat keamanan kehilangan jejak. Mengingat kondisi alam dan sarana terbatas, kala itu polisi sangat kesulitan melacak para pelaku.

Pengalaman menarik diungkapkan Ny Kustinah (75), janda asal Desa Roworejo, Kecamatan Grabag, Purworejo. Beberapa tahun silam rumahnya kecurian. Barang-barang berharga nyaris habis.

Wanita itu dengan suaminya, Abdullah, diajak melacak ke kulon kali oleh seorang pamong, menyeberangi Kali Rawa. Namun barang yang dicara tak pernah bisa ditemukan. ''Sebab yang mengajak saya ternyata teman pencoleng itu,'' kenang Ny Kustinah.

Warisan Sejarah

Orang Mirit tak hanya ditakuti warga Kebumen dan sekitarnya. Setidaknya, menurut pengakuan peneliti dari Fisipol UGM Drs Agus Heruanto Hadna MSi, orang-orang Yogyakarta pun kecut mendengar nama Mirit.

Berdasarkan catatan sejarah, daerah Kebumen dan sekitarnya subur dan pernah menjadi pemasok logistik atau lumbung pangan bagi Mataram. Dulu lalu lintas Kebumen-Yogyakarta sering melewati sungai di pesisir selatan.

Tahun 1870-an ada tokol lokal yang dianggap berjasa memberantas para pencoleng. Merujuk pada Babad Ambal, saat Perang Diponegoro (1825-1830) ada berandal yang ditakuti. Puja atau Gamawijaya namanya. Tokoh ini sangat terkenal di daerahurut sewu (pantai selatan), mulai dari Karangbolong, Rawa, sampai Kasultanan Yogyakarta.

Salah satunya adalah makam mbah Lancing

Cungkup Makam Mbah Lancing bergaya joglo dengan dinding kayu di kiri kanan berbentuk sepasang daun pintu berukir, mengapit pintu masuk makam yang sebenarnya. Tengara Cagar Budaya di sebelah kiri cungkup berbunyi “Makam Mbah Lancing Mirit”.

Bagian dalam cungkup dengan pilar-pilar kayu berukir, yang ternyata tidak ada makam di dalamnya. Di ujung ruangan ada tulisan “Makam Eyang Agung Lancing”, dengan kain beludru digelar di atas lantai di kiri kanan ruangan sebagai tempat duduk peziarah.

Rupanya Makam Mbah Lancing justru ada di belakang cungkup, di tempat terbuka tanpa atap. Entah karena permintaannya sendiri atau ada kisah lain yang saya tidak tahu tentang pengaturan yang cukup unik ini. Mbah Lancing adalah seorang wali. Ia dianggap berperan penting dalam penyebaran Islam di pesisir selatan tanah jawa, dan bersama Mbah Kyai Marwi merintis permukiman di Desa Mirit. Pada Jumat Kliwon para peziarah biasanya berdiam di makam sampai subuh, untuk membaca tahlilan dan Surat Yasin.

Makam Mbah Lancing yang sangat unik, dengan tumpukan kain batik menggunung di atas pusaranya. Di sebelah Makam Mbah Lancing adalah makam ayahnya yang bernama Kyai Ketijoyo. Satu makam lagi terpisah di sebelah kanan ditutupi kain hijau adalah makam Kyai Dipodrono, putera Wonoyuda Halus. Mbah Lancing terhitung paman dari Wonoyudo Halus (Wongsojoyo V).

Tumpukan kain batik yang disebut sinjang itu berasal dari para peziarah yang terkabul doanya, sebagai ungkap syukur. Orang harus datang ke juru kunci jika hendak meletakkan sinjang di atas Makam Mbah Lancing, dan sinjangnya tidak boleh dibeli di pasar. Juru kunci akan meminta seorang wanita, dengan syarat-syarat tertentu, untuk membatik sinjangnya.

Konon semasa hidupnya Mbah Lancing senang memakai kain batik untuk bebedan (lancingan), sehingga kemana pun pergi ia selalu memakai lancing, dan karena itu ia disebut Mbah Lancing. Karena itu pula tampaknya persembahan untuk Mbah Lancing dilakukan dengan menumpuk kain batik di atas pusaranya.

Pada silsilah disebutkan bahwa Brawijaya V dengan Dewi Penges (Reksolani) berputra Ario Damar (Adipati Palembang). Ario Damar dengan Putri Cempo (Campa) berputra Ario Timbal (Raden Kusen, Adipati Terung). Raden Kusen inilah yang membunuh Sunan Ngudung (Ayah Sunan Kudus), setelah sebelumnya Sunan Ngudung membunuh Ki Ageng Pengging Sepuh (Prabu Handayaningrat/ Kakek Djoko Tingkir) dalam perang antara Majapahit melawan Demak. Putri Campa sebelumnya adalah istri Brawijaya V dan berputra Raden Patah.

Raden Kusen berputra

1- Ki Ageng Yudotaligrantung dan

2- Raden Carangnolo. 

Raden Carangnolo berputra 

1- Wonoyudo Inggil (Wongsojoyo I, Kyai Wirotanu). 

Wonoyudo Inggil berputra 

1-Kyai Ketijoyo (ayah Mbah Lancing), ‎

2- Wonoyudo Lante (Wongsojoyo II), dan 

3- Wonoyudo Pamecut (Wongsojoyo III). 

Adapun nama asli Mbah Lancing adalah Abdulloh iman yang di sebut  Kyai Baji.

Di sekitar Makam Mbah Lancing juga ada makam lain yang sering dikunjungi peziarah, yaitu Makam Eyang Wongsojoyo, Makam Eyang Wonoyudo Inggil, dan Makam Eyang Wonoyudo Kantong. Namun saya hanya sempat berkunjung ke Makam Eyang Wongsojoyo dan Makam Eyang Wonoyudo Inggil.

10 komentar:

  1. Alhamdulilah menambah pengetahuan dan wawasan

    BalasHapus
  2. Wongsojoyo ini yg terakhir sampai tahun bila ya....bole kasi gak jawapan aku...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. maaf itu bukanya dewi renges bukan dewi penges?

    BalasHapus
  5. MOHON IJIN UNTUK MELURUSKAN PEMBERITAAN YANG SAYA ANGGAP SEBAGAI PENCEMARAN NAMA BAIK : ..

    PERKENALKAN NAMA SAYA ADING ,
    USIA 40 TAHUN,
    ASAL DESA PAGUNDAN,
    PEKRJAAN WIRASWASTA DAN BERSTATUS PEKERJAAN SAMPINGAN JIKA DIPERBANTUKAN SEBAGAI PEMANDU DI MAKAM GUNUNG SIMPAI DESA PAGUNDAN....

    PERLU SAYA SAMPAIKAN BAHWA PEMBERITAAN YANG SAUDARA SAMPAIKAN PERIHAL PRAKTEK JURU KUNCI PALSU DAN DIKATAKAN SEBAGAI ORANG YANG TELAH MELAKUKAN PENIPUAN YANG BERAKIBAT MERUGIKAN FIHAK LAIN..

    HAL ITU SAYA TEGASKAN BAHWA PEMBERITAAN TERSEBUT HANYALAH FITNAH SEMATA,.. SAYA PRIBADI YANG SAUDARA KATAKAN BAHWA SAYA ADING DIKATAKAN SEBAGAI JURU KUNCI YANG DIANGGAP TELAH MELAKUKAN PRAKTEK PENIPUAN SAYA MERASA TIDAK MENERIMA , DAN SAYA ANGGAP BAHWA SAUDARA PENULIS TELAH MELAKUKAN TINDAK KEJAHATAN YANG BERUPA PENCEMARAN NAMA BAIK TERHADAP PRIBADI DAN KELUARGA SAYA..

    SAYA TEGASKAN DAN SAYA BERITAHUKAN KEPADA SAUDARA PENULIS, APABILA SAUDARA TIDAK MENGHAPUS POSTINGAN SAUDARA , MAKA SAYA AKAN MELAPORKAN PERBUATAN SAUDARA KE FIHAK YANG BERWAJIB POLRES SETEMPAT ... info fakta kebenaran 081214694248

    BalasHapus
  6. Ada yg tauu ga tentang silsilah wonoyudo
    Da dzurriyat dari wonoyudo???

    BalasHapus
  7. Ada yg tauu ga tentang silsilah wonoyudo
    Da dzurriyat dari wonoyudo???

    BalasHapus
  8. Saya keturunan dri wongsojoyo. Ttrah Majapahit.
    Yg saya tahu kuburan nya ada di botoputih. Mungkin ini wongsojoyo yg lain.

    BalasHapus
  9. Saya punya Canggah yg bernama Kasan Saripin/Arifin dari Bonorowo...tp kehilangan jejak untuk generasi di atasnya. Munhkin beliau hidup di awal tahun 1800 an. Apakah ada yg tahu nama beliau? Terima kasih

    BalasHapus
  10. Baca sejarah Mbah lancing asik juga.

    BalasHapus