Translate

Sabtu, 21 September 2019

Manfaat Dan Kegunaan Batu Topaz

Batu topaz termasuk dalam golongan batu mulia yang pertama kali ditemukan pada tahun 1768 di Portugis. Batu ini merupakan mineral pegmatite yang terbentuk dari fluorine dan silikat aluminium. Topaz yang asli biasanya berwarna bening dan dingin namun dalam pembentukkan biasanya dipengaruhi oleh berbagai macam zat sehingga menghasilkan berbagai macam warna seperti biru, imperial dan orange yang sangat jarang sekali ditemukan.
Ciri-ciri
a.    Bentuk : Kristal, tergantung pemolesan.
b.    Warna : Kuning, oranye, cokelat, merah muda sampai merah sampai ungu merah, biru, hijau muda, dan tidak berwarna.
c.    Kandungan : Topaz dengan komposisi kimia Al2(F,OH)2SiO4.
d.    Indeks Bias : 1,619 – 1,627.
e.    Pembiasan Ganda : 0,008 – 0,010.
f.    Berat Jenis : 3,53.
g.    Skala Kekerasan (Mohs) : 8.
Penilaian Topaz
a.    Color (Warna) : Topaz paling berharga adalah yang berwarna oranye merah sampai merah. Topaz berwarna biru banyak tersedia di pasaran batu mulia.
b.    Clarity (Kejelasan) : Topaz dipergunakan dalam keadaan bersih tanpa adanya inklusi.
c.    Cut (Pemotongan) : Umumnya Kristal Topaz kolumnar, sehingga pemotongan dengan bentuk oval atau pir dapat meningkatkan nilainya.
d.    Carat Weight (Karat) : Topaz biasanya berupa kristal besar, maka dapat membentuk permata yang berkarat tinggi pula.
Jenis-jenis Topaz
a.    Topaz Oranye : Topaz ini dikenal sangat berharga sebab kelangkaannya.
b.    Topaz Imperial : Berwarna kuning, merah muda (jarang ada yang alami), atau merah muda-oranye. Topaz Brazil umumnya berwarna kuning cerah sampai cokelat keemasan kuat, bahkan terkadang violet. Untuk mengubah warna Topaz cokelat, maka dilakukan treatment lanjutan agar menjadi batu Topaz lebih terang. Dalam jangka waktu lama, Topaz Imperial yang terpapar sinar matahari akan memudar warnanya.
c.    Topaz Biru : Merupakan batu permata negara bagian Texas Amerika Serikat, namun dihasilkan pula di Negara lain seperti Sri Lanka. Batu ini sangat jarang terjadi secara alami. Banyaknya Topaz biru, sebab Topaz berwarna terang dilakukan treatment dengan penyinaran dan iradiasi untuk menghasilkan warna biru gelap.
d.    Topaz Mistik : Topaz tanpa warna yang kemudian dilapisi secara buatan untuk memberikan efek pelangi sesuai keinginan.
e.    Topaz Sintetis : Topaz sintetis telah dibuat sejak tahun 1976 dengan proses iradiasi. Topaz yang ditirukan umumnya Topaz biru. Tidak hanya menghasilkan Topaz baru, namun juga melakukan treatment atas Topaz alami kualitas rendah.
f.    Topaz Terkenal
–    American Golden : Merupakan batu permata faset terbesar dengan berat 22.982 karat. Merupakan koleksi Smithsonian Institution.
–    Blaze Imperial Topaz : Memiliki berat 97,45 karat, adalah koleksi Museum of Natural History, Washington DC.
–    Topaz Adiel : Pemotongan Topaz 20.769 karat ini membutuhkan waktu satu tahun, dikerjakan oleh Richard Homer. Topaz ini juga merupakan koleksi Museum of Natural History.
–    12.555 karat Sphere : Topaz berbentuk faset, yang merupakan koleksi Smithsonian Institution.
–    Topaz Chalmers : Topaz ini beratnya 5.899,50 karat, yang ada di Museum of Natural History.
Manfaat Batu Topaz
Seperti yang sudah diketahui banyak orang, ternyata manfaat batu topaz lebih dari sekedar batu mulia yang berfungsi sebagai batu perhiasan tapi ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan ataupun kehidupan si pemakainya.
Dipercaya Dapat Meningkatkan Energi Positif dalam Tubuh
Salah satu manfaat batu topaz yang paling utama adalah dipercaya dapat meningkatkan energi positif dalam tubuh. Energi sendiri sifatnya kekal hanya kadang bisa berubah bentuk. Logikanya jika kita selalu memancarkan energi positif maka efeknya tak hanya baik untuk diri kita sendiri tapi juga untuk orang lain di sekitar kita.
Memberikan Ketajaman Pemikiran kepada Pemakainya
Batu topaz juga dipercaya dapat memberikan ketajaman pemikiran kepada pemakainya. Artinya, orang yang memiliki pemikiran yang tajam akan lebih mampu dalam berfikir secara logis dan jernih sehingga segala keputusan yang diambil akan menjadi keputusan yang baik.
Dianggap Dapat Memberikan Kebahagiaan
Selain dapat meningkatkan energy positif ternyata banyak orang juga meyakini bahwa manfaat batu topaz adalah dapat memberikan kebahagiaan. Mungkin ini memang ada hubungannya dengan energi positif yang meningkat sehingga mengurangi segala sesuatu hal yang sifatnya negatif.
Mampu Menolak Bahaya
Banyak orang memilih menggunakan batu topaz sebagai perhiasan karena secara turun temurun batu ini memang dianggap mampu menolah bahaya bagi si pemakainya. Tentu saja secara logika orang yang selalu berfikiran positif dan selalu memiliki perhitungan yang lebih baik akan mampu meminimalisir hal-hal negatif.
Dipercaya Mencegah Penyakit Jiwa pada Pemakaiannya
Walaupun belum ada penelitian secara ilmiah namun banyak orang percaya bahwa menggunakan batu topaz sebagai perhiasan dapat membantu mencegah penyakit kejiwaan bagi si pemakainya karena tentu saja seperti yang disebutkan di poin nomer satu, batu topaz mampu meningkatkan fikiran positif.
Membantu Meningkatkan Ketegasan
Dalam memimpin dibutuhkan ketegasan jadi tidak heran kebanyakan orang memilih menggunakan batu topaz untuk membantu mereka meningkatkan ketegasan dalam hal memimpin.
Dapat Memberikan Kesabaran
Tak hanya mampu meningkatkan ketegasan seseorang tapi juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan tingkat kesabaran. Dalam memimpin tak hanya ketegasan yang dibutuhkan, kemampuan berfikir positif dan jernih serta kemampuan dalam membuat keputusan yang baik serta mampu menjaga kesabaran adalah yang terpenting.
Dianggap Memiliki Tenaga Penyembuhan
Sejak jaman Yunani kuno ternyata terdapat beberapa catatan sejarah yang menyatakan bahwa bebatuan sejenis batu topaz digunakan sebagai salah satu alat penyembuhan. Oleh karena itu sampai saat ini batu topaz sering kali dianggap memiliki tenaga penyembuhan. Hal ini mungkin erat kaitannya dengan kemampuan batu ini dalam meningkatkan energi positif seseorang.
Bisa Menjadi Batu Perhiasan

Salah satu manfaat batu topaz yang tak kalah penting adalah manfaatnya sebagai batu perhiasan. Ada banyak sekali pilihan batu topaz dan yang paling banyak ditemui adalah batu topaz biru. Dari segi harga, batu topaz berwarna orange-lah yang paling mahal karena memang sangat jarang sehingga lebih berharga. 

2 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus
  2. bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya
    jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

    BalasHapus