Translate

Kamis, 27 Agustus 2020

Do'a 'Asyuro

Doa merupakan wujud penghambaan kita kepada Allah Swt. Dengan doa kita berarti membutuhkan pertolongan Dzat yang Maha Menolong. Namun sebaliknya kalau kita enggan berdoa maka kita termasuk orang yang menyombongkan diri.

Dan doa merupakan saif (pedang) bagi orang yang beriman. Termasuk tradisi yang sudah dihidupkan oleh ulama ulama salaf yaitu menghidupkan malam asyura’ dengan dzikir dan doa.

Barang siapa yang mengerjakan ibadah pada malam asyura’, maka dia seakan-akan beribadah kepada Allah seperti beribadahnya semua mahluk yang berada di tujuh langit.

Hal ini sebagai mana yang disebutkan dalam kitab I’anatu al-Tholibin. al-Allamah al-Dairobi dan Sayid Muhammad al-Amir menukil keterangan Imam al-Ajhuri yang mengatakan bahwa “Barang siapa yang pada malam atau hari asyura’ membaca wirid حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ اْلمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ  tujuh puluh kali Insya Allah sepanjang tahun akan dilindungi oleh Allah dari musibah dan hal yang buruk.

Adapun doa pada malam Asyura’ seperti berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ. وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ خَلْقِهِ وَ عَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهْ وَسَلَّم. 

سُبْحَانَ الله الْمِلَأَ الْمِيْزَان  وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَي وَزِنَةَ الْعَرْشِ. 

وَالْحَمْدُ ِللهِ مِلَأَ الْمِيْزَانِ  وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَي وَزِنَةَ الْعَرْشِ. 

والله أكبر  مِلَأَ الْمِيْزَانِ  وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَي وَزِنَةَ الْعَرْشِ. 

لاَ مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَي مِنَ اللهِ اِلاّ إِلَيْهِ.  

سُبْحَانَ الله عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ  وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا . 

وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَدَدَ الشَّفْعِ  وَالْوَتْرِ  وَعَدَدَ كَلِمَاتَ اللهِ التَامَّاتِ كُلِّهآ .

وَالله أَكْبَر عَدَدَ الشَّفْعِ  وَالْوَتْرِ  وَعَدَدَ كَلِمَاتَ اللهِ التَامَّاتِ كُلِّهآ

نَسْأَلُكَ السَّلَامَةَ بِرَحْمَتِكَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَلاَ حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْم,

إِقْضِ حَوَا ئِجَنَا  وَحَوَا ئِجِ جَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ. وَيَا قَا ضِيَ الحَاجَات  وَيَا دَفِعَ السَيِّئَات ياَ حَيُّ يَا قَيُّوْم  ياَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَام, مَا لِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ ِإِهْدِ نَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمِ  صِرَاطَ الًّذِيْنَ  أَنْعَمْتَ عَلَيْهَمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ  وَلاَ الضَّالِّيْن . تَوَفَّنَا  مُسْلِمِيْن  وَأَلْحِقْنَا بِالصَّالِحِيْن. 

اَللّٰهُمَّ يَامُفَرِّجَ كُلِّ كَرْبٍ وَيَامُخْرِجَ ذِى النُّوْنِ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاجَامِعَ شَمْلِ يَعْقُوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاغَافِرَذَنْبِ دَاوُدَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَا كَاشِفَ ضُرِّ اَيُّوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاسَامِعَ دَعْوَةِ مُوْسٰى وَهَارُوْنَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاخَالِقَ رُوْحِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ

وَيَارَحْمٰنَ الدُّنْيَاوَاْلاٰخِرَةِ وَاَطِلْ عُمْرِيْ فِيْ طَاعِتِكَ وَمُحَبَّتِكَ وَرِضَاكَ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ وَاَحْيِنِيْ حَيَاةً طَيِّبَةً وَّتَوَفَّنِيْ عَلَى اْلاِسْلَامِ وَاْلاِيْمَانِ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

وَصَلَى اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَألِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ. وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Bismillahirrahmanirrahim 

Alhamdulillahi robbil 'aalamiin wabini nasta'ina 'ala umuriddunya waddin wa shollallahu ala sayyidina Muhammad khoiri kholqihi wa ala alihi washohbihi wasallim

Subhanallahi mil-al miizaani wa muntahal ‘ilmi wa mablaghar ridhaa wazinatal ‘arsyi Laa malja-a walaa manja-a minallahi illa ilaihi subhaanallahi ‘adadasy syaf’ir wal witri Wa ‘adada kalimaatillahittaammaati kulliha nas-alukas salaamata birahmatika yaa arhamar raahimina Walaa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiimi 

Iqdhii hawaijanaa wa hawaiji jami'il muslimin. Wa yaa qodhiyal haajaat wa yaa daafi'assayyi aat ya hayyu ya qoyyum ya dzal jalali wal ikrom 

Allaaamumma yaa mufarrija kulli karbin, wa yaa mukhrija zhi-nuuni yauma 'asyuuraa', wa yaa jaami'a syamsil Ya'quuba yauma 'asyuuraa', wa yaa gafiira zhambi Daawuuda yauma 'asyuuraa', wa yaa kaasyifa dzhurri Ayyuuba yauma 'asyuuraa', wa yaa saami'a da'wati Muusaa wa Haaruuna yauma 'asyuuraa', wa yaa khaaliqa ruuhi Muhammadin shallallaahu 'alaihi wa sallama yauma 'asyuuraa'.

Yaa rahmaanad -dun-yaa wal-aakhirah, wa atil 'umrii fii taa'atika wa mahabbatika wa ridhaka ya arhamar-raahimiin, wa ahyinii hayaatan tayyibataw wa tawaffanii ‘alal-islaami wal-iimaani yaa arhamar-raahimiin.

Wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa aalihii wa sahbihii wa sallam, wal-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin.

Artinya: 

Maha suci Allah dengan sepenuh timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya ‘arasy.

Dan Segala puji bagi Alloh dengan sepenuh timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya ‘arasy.

Dan Maha besar Alloh dengan sepenuh timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya ‘arasy.

Tidak ada perlindungan dan tidak ada keselamatan dari Alloh kecuali kepadanya.

Maha suci Alloh dengan (sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Alloh yang semuanya sempurna.

Dan Segala puji bagi Alloh dengan (sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Alloh yang semuanya sempurna.

Dan Maha besar Alloh dengan (sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Alloh yang semuanya sempurna.

Aku memohon keselamatan kepadamu dengan rohmatmu, wahai dzat yang pengasih diantara para pengasih!, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali oleh Alloh yang maha tinggi dan agung.

"Ya Allah, wahai Yang memberikan jalan keluar dari segala kesusahan, wahai Yang mengeluarkan Zun Nun pada hari Asyura, wahai Yang menghimpun semua keturunan Ya’qub pada hari Asyura, wahai Yang mengampuni dosa Daud pada hari Asyura, wahai Yang melengkapkan penyakit Ayyub pada hari Asyura, wahai Yang mendengar seruan Musa dan Harun pada hari Asyura, wahai Yang menciptakan ruh Muhammad saw pada hari Asyura.

Wahai Yang Maha Pemurah di dunia dan di akhirat, panjangkanlah usiaku dalam taat kepada-Mu, mencintai-Mu dan mendapat ridha-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Hidupkanlah pula aku dalam kehidupan yang baik dan wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan iman. Wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar