Translate

Kamis, 31 Desember 2015

Penjelasan Tentang Kerjasama Bisnis

Manusia pada hakekatnya makhluk sosial, saling membutuhkan untuk memenuhi keperluannya dan meningkatkan taraf hidupnya. Fitrah inilah yang ditegaskan oleh Islam. Islam memerintah kan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan manfaat.
Lebih lagi terhadap sesama umat muslim. Bahkan Islam mengibaratkan persaudaraan dan pertalian sesama muslim itu seperti satu bangunan, di mana struktur dan unsur bangunan itu saling membutuhkan dan melengkapi, sehingga menjadi sebuah bangunan yang kokoh, kuat dan bermanfaat lebih.

Rasulullah saw. bersabda:

عن أبي موسى الأشعري ـ رضي الله عنه ـ عن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ قال : ” المؤمن للمؤمن كالبنيان ، يشد بعضه بعضاً ، ثم شبك بين أصابعه ، وكان النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ جالساً ، إذ جاء رجل يسأل ، أو طالب حاجة أقبل علينا بوجهه ، فقال : اشفعوا تؤجروا ، ويقضي الله على لسان نبيه ما شاء ” . رواه البخاري ، ومسلم ، والنسائي

Dari Abu Musa Al Asy’ari ra. dari Nabi Muhammad saw bersabda:

“Orang mukmin itu bagi mukmin lainnya seperti bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain. Kemudian Nabi Muhammad menggabungkan jari-jari tangannya. Ketika itu Nabi Muhammad duduk, tiba-tiba datang seorang lelaki meminta bantuan. Nabi hadapkan wajahnya kepada kami dan bersabda: Tolonglah dia, maka kamu akan mendapatkan pahala. Dan Allah menetapkan lewat lisan Nabi-Nya apa yang dikehendaki.” Imam Bukhari, Muslim, dan An Nasa’i.

Akad kerja sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana masing-masing pihak memberikan konstribusi dana (atau amal/expertise) dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan. Al Musyarakah termasuk kedalam akad tijarah (for profit transaction).

Pengertian‎

•       Musyarakah secara bahasa diambil dari bahasa arab yang berarti mencampur.
•      Musyarakah secara etimologi berasal dari bahasa Arab yang diambil dari kata “syaraka”  yang bermakna bersekutu, meyetujui atau perkongsian berarti: “Percampuran, yakni bercampurnya salah satu dari dua harta dengan harta lainnya, tanpa dapat dibedakan antara keduanya.
•       Sedangkan menurut istilah, musyarakahadalah akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana (amal/expertise) dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan.

Menurut Fuqaha Mazhab Empat

•        Menurut fuqaha Malikiyah

إذن فى التصرف لهما مع انفسهما أي أن يأذنكل واحد من شركين لصاحبه فى ان يتصرففى مال لهمامع إبقاء حق التصرف لكل منهما

syirkah adalah keizinan untuk berbuat hukum bagi kedua belah pihak, yakni masing-masing mengizinkan pihak lainya berbuat hukum terhadap harta milik bersama antara kedua belah pihak,disertai dengan tetapnya hak berbuat hukum (terhadap harta tersebut) bagi masing-masing.

•       Menurut fuqaha Hanabilah

الإجتماع فى استحاق أوتصرف هي

adalah berkumpul dalam berhak dan berbuat hukum.

•       Menurut fuqaha Syafi’iyah

ثبوت الحق فى شىء ثنين فأكثر على جهة هي الشيوع

adalah berlakunya hak tetapnya hak tentang sesuatu terhadap dua pihak atau lebih secara merata.

•        Menurut fuqaha Hanafiyah

عَقدُ بَينَ المُتَشارِكَينِ فى رَأسِ المَالِ وَالرابح هي

ialah akad antara pihak-pihak yang berserikat pokok harta dan keuntunganya.”

Landasan Syari’ah

a. Al-Qur’an

 Dalam firman Allah pada Surat An-Nisa’ ayat 12 yang berbunyi ;

فان كانوا اكثر من ذلك فهم شركاء في الثلث .(النساء : 12)

“Dan jika saudara-saudara seibu itu lebih dariseorang, maka mereka bersekutu pada yang sepertiga itu”.

Ayat ini, menurut mereka berbicara tentang perserikatan harta dalam.

وان كثيرا من الخلطاء ليبغي بعضهم على بعض الاالذين ءامنوا وعملواالصلحت وقليل ماهم.... (ص:24)

“ Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebagian dari mereka berbuat dzalim kepada sebagian lain,kecuali orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, dan amat sedikitlah mereka ini... “ ( Qs.Shad (38):24 ).
Ayat ini merujuk pada dibolehkannya praktik akad musyarakah. Lafadz “ al- khulata “ dalam ayat ini bisa diartikan saling bersekutu/partnership, berekutu dalam konteks ini adalah kerjasama dua atau lebih pihak untuk melakukan sebuah usaha perniagaan. 
Bardasarkan pemahaman ini jelas sekali bahwa pembiayaan musyarakah mendapatkan legalitas dari syari’ah.

b. Al-Hadits‎

ﻣﻦ نفس ﻋﻦ ﻣﺴﻠﻢ آﺮﺑﺔ ﻣﻦ آﺮب اﻟﺪﻥﻴﺎ ﻥﻔﺲ اﷲ ﻋﻨﻪ آﺮﺑﺔ ﻣﻦ آﺮب ﻱﻮم اﻟﻘﻴﺎﻣﺔ وﻣﻦ ﻱﺴﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺴﺮ ﻱﺴﺮ اﷲ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻲ اﻟﺪﻥﻴﺎ واﻻﺧﺮة . واﷲ ﻓﻲ ﻋﻮن اﻟﻌﺒﺪ ﻣﺎدام اﻟﻌﺒﺪ ﻓﻲ ﻋﻮن أﺧﻴﻪ.)واﻟﺘﺮﻣﺬى رواﻩ ﻣﺴﻠﻢ وأﺑﻮداود (

Artinya: “Siapa yang memberikan keluangan terhadap orang miskin dari duka dan kabut dunia. Allah akan meluangkannya dari duka dan kabut hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan kesibukan seseorang, Allah akan memberikan kemudahan dunia dan akhirat. Dan Allah selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya.”(Riwayat Muslim, Abu Daud dan At Tirmidzi)‎

كَانَ سَيِّدِنَا الْعَبَّاسُ بْنِ عَبْدِاْلمُطَلِّبِ اِذَا دَفَعَ الْمَالَ مُضَارَبَةً اِشْتَرَطَ عَلَى صَاحِبِهِ اَنْ لَا يَسْلُكَ بِهِ بَحْرًا, وَلَا يَنْزِلَ بِهِ وَادِيًا وَلَا يَشْتَرِيَ بِهِ دَابَّةً ذَاتَ كَبِدٍ رَطْبَةٍ فَإِ نْ فَعَلَ ذَلِكَ ضَمِنَ فَبَلَغَ شَرْتُهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَا‘لِهِ وَ سَلَّم فَأَ جَازُهُ

Artinya:“Abbas bin Abdul Muthallib jika menyerahkan harta sebagai Mudharabah, ia mensyaratkan kepada mudharib-nya agar tidak mengarungi lautan dan tidak menuruni lembah, serta tidak membeli hewan ternak. Jika persyaratan itu dilanggar, ia (mudharib) harus menanggung resikonya. Ketika persyaratan yang ditetapkan Abbas itu didengar Rasulullah, beliau membenarkannya”(HR. Thabrani dari Ibnu Abbas)‎

عن أبي هريرة, رفعه قال : ان الله يقول : أ نا ثالث الشركين, مالم يخن أحدهما صاحبه, فاذا خانه خرجت من بينهما (رواه أبوا داود والحاكم عن أبي هريرة)

“Dari Abu Hurairah yang dirafa’kan kepada Nabi SAW, bahwa Nabi SAW bersabda, sesungguhnya Allah SWT berfirman : “ aku adalah pihak ketiga antara dua orang  yng bersrikat selama salah satu pihak tidak menghianati pihak yang lain. jika salah satu pihak telah berkhianat, aku keluar dari mereka “. ( HR. Abu Daud dari Abu Hurairah ).

‎Merupakan dalil lain dibolehkannya praktik musyarakah.Hadits ini merupakan hadits qudsi dan kedudukannya shahih menurut hakim. Dalam hadits ini Allah memberikan pernyataan bahwa Dia akan bersama dua orang yang saling bersekutu dalam suatu usaha perniagaan, dalam arti, Allah akan menjaga, memberikan pertolongan dan berkah-Nya atas usaha perniagaan yang dilakukan, usaha yang dijalankan akan semakin berkembang sepanjang tidak ada pihak yang berkhianat.

c. Ijma’

Berdasarkan sumber hukum di atas maka secara ‘Ijma para ulama sepakat bahwa hukum musyarakah yaitu boleh. Hanya saja, mereka berbeda pendapat tentang jenisnya. Ibnu Qudamah dalam kitabnya al-Mughni telah berkata: kaum muslimin telah berkonsensus terhadap legimasi Musyarakah secara global walaupun terdapat perbedaan pendapat dalam beberapa elemen darinya.

Macam- macam Musyarakah

a. Musyarakah Kepemilikan ( Syirkah al amlak )
 1. Syirkah Ikhtiar
Yaitu perserikatan yang muncul akibat tindakan hukum orang
yang berserikat.

Eg : dua orang yang bekerja sama secara sukarela untuk mengelola sebuah warnet, dengan perhitungan laba dibagi dua setelah dikurangi modal.
2. Syirkah Jabr
Yaitu perserikatan yang muncul secara paksa, bukan atas
keinginan orang yang berserikat.

Eg : dua orang yang bekerja sama namun salah satu pihak karena tidak memiliki modal, dia menawarkan jasa untuk menjaga saja warnet tersebut, sehingga dia hanya memperoleh laba 10% dari keuntungan.

b. Musyarakah Akad ( Syirkah Al ‘Aqd )

Musyarakah akad tecipta dengan cara kesepakatan, dimana dua orang atau lebih setuju bahwa tiap orang dari mereka memberikan konstribusi modal musyarakah, mereka pun sepakat berbagi keuntungan dan kerugian. Adapun musyarakah akad sendiri terbagi menjadi 4, diantaranya :

•       Syirkah al ‘Inan
•      Syirkah mufawadlah
•      Syirkah al a’maal
•      Syirkah al wujuh
•      Syirkah al ‘Inan

Adalah kontrak antara dua orang atau lebih, setiap pihak memberikan satu porsi dari keseluruhn modal dan berpartisipasi dalam kerja. Semua pihak berbagi dalam keuntungan dan kerugian sebagaimana disepakati di antara mereka, namun porsi masing-masing pihak ( baik dalam konstribusi modal, kerja atupun bagi hasil ) tidaklah harus sama dan identik, tapi sesuai dengan kesepakatan mereka.

Madzhab Hanafi dan Hambali mengizinkan praktik ini dengan memilih salah satu dari alternatif berikut :
keuntungan yang didapatkan dibagi sesuai dengan kontribusi modal yang diberikan oleh masing-masing pihak
Keuntungan bisa dibagi secara sama, walaupun kontribusi modal masing-masing pihak mungkin berbeda
Keuntungan bisa dibagi tidk sama tapi kontribusi dana yang diberikan sama.
·                Syirkah mufawadhah

Adalah kontrak kerjasama antara dua orang atau lebih, setiap pihak memberikan suatu porsi dari keseluruhan dana dan berpartisipasi dalam kerja. Setip pihak membagi keuntungan dan kerugian secara sama. Dengan demikian, syarat utama dari jenis musyarakah ini adalah kesamaan dana yng diberikan, kerja, tenggungjawab, dan beban hutang di tanggung oleh masing-masing pihak secara sama.

Madzhab Hanafi dan Maliki membolehkan jenis musyarakah ini, tetapi dengan memberikan banyak batasan terhadapnya.

•      Syirkah al a’maal

Adalah kontrak kerjasama dua orang seprofesi untuk menerima pekerjaan secara bersama dan berbagi keuntungan dari pekerjaan itu.
Misalnya :
Kerjasama dua orang arsitek untuk menggarap proyek, atau kerjasama dua orang penjahit untuk menerima order pembuatan seragam kantor.
Madzhab Hanafi, Maliki dan Hambali setuju dan membolehkan praktik musyarakah ini.

•      Syirkah al wujuh    
   
 Adalah kontrak kerjasama antara dua orang atau lebih yang memiliki reputasi dan prestise yang baik serta ahli dalam bisnis. Mereka membeli barang secara kredit dari suatu perusahaan tanpa ada uang cash, dan kemudian menjual barang tersebut secara tunai. Mereka berbagi dalam keuntungan dan kerugian. Jenis musyarakah ini tidak memrlikan modal, karena pembelian barang dilakukan secara kredit dan berdasarkan jaminan orang yang bersekutu.

Rukun Musyarakah

1)      Sighat atau ijab dan qabul
2)      Syarat bagi mitra yang melakukan musyarakah adalah harus kompeten dalam memberikan atau diberikan kekuasaan perwakilan
3)      Modal yang diberikan harus berupa uang tunai, atau juga berupa aset-aset perniagaan. Seperti : barang inventori, properti, perlengkapan dan lainnya.

Madzhab Syafi’i dan Maliki mensyaratkan modal yang disediakan oleh masing-masing mitra harus dicampur supaya tidak terdapat keistimewaan, tetapi Madzhab Hanafi tidak mencantumkan syarat ini jika modal dalam bentuk uang tunai.

Syarat Musyarakah

Syarat secara umum :

1)      Akad syirkah harus bisa menerima mukallah ( perwakilan ), setiap patner merupakan wakil dari yang lain, karena masing-masing mendapatkan izin dari pihak lain untuk menjalankan perannya.
2)      Keuntungan bisa di kuantifikasikan, artinya masing-masing patner mendapatkan bagian yang jelas dari hasil keuntungan bisnis. Bisa dalam bentuk misbah/presentase.
3)      Penentuan pembagian bagi hasil atau keuntungan tidak bisa disebutkan dalam jumlah nominal yang pasti, karena hal ini bertentangn dengan konsep syirkah.

Syarat secara umum :

1)      Akad syirkah harus bisa menerima mukallah ( perwakilan ), setiap patner merupakan wakil dari yang lain, karena masing-masing mendapatkan izin dari pihak lain untuk menjalankan perannya.
2)      Keuntungan bisa di kuantifikasikan, artinya masing-masing patner mendapatkan bagian yang jelas dari hasil keuntungan bisnis. Bisa dalam bentuk misbah/presentase.
3)      Penentuan pembagian bagi hasil atau keuntungan tidak bisa disebutkan dalam jumlah nominal yang pasti, karena hal ini bertentangn dengan konsep syirkah.

Syarat secara khusus :

•      Syirkah al amwal, syaratnya :

1.Ra’sul mal (modal) dalam syirkah harus dihadirkan ketika melakukan kontrak atau akan menjalankan bisnis.
2. Ra’sul mal dalam syirkah berupa uang, bukan berupa komoditas yang mungkin akan berbeda
nilainya.

•      Syirkah mufawadlah, syaratnya :

            1. Bagi mitra yang melakukan kontrak musyarakah harus kompeten   
                     dalam memberikan atau diberikan perwakilan atau pertanggungan (
                     wakallah dan kafallah ).
            2. Mitra memiliki kesamaan kontribusi modal dalam syirkah, baik kadar
                      atau nilainya, dari awal sampai akhir kontrak kerjasama.
            3. Ra’sul mal ( modal ) yang disesarkan masing-masing mitra harus
                      memiliki persamaan, sehingga bisa dimasukkan dalam akad.
            4. Adanya peersamaan dalam pembagian keuntungan untuk masing-
                      masing mitra.
            5. bisnis yang dijalankan oleh mitra merupakan hasil kesepakatan
                     bersama, tidak boleh bisnis itu hanya bisa dilakukan oleh mitra
                     tertentu.

•      Syirkah al a’maal, syaratnya :

Jika syirkah al a;maal dibangun dengan konsep  al mufawadlah, maka harus dipenuhhi syarat-syarat khusus yang disebutkan dalam syirkah al mufawadlah.Jika syirkah al a’maal dibangun dengan dasar al ‘inan, maka syarat dalam syirkah al mufawadlah tidak harus dipenuhi, namun mitra dalam syirkah harus orang yang memiliki kompeten dan ahliyah untuk menjalankan wakalah.

•      Syirkah al wujuh, syaratnya :
Jika syirkah al wujuh dilakukan dengan konsep al mufawadlah, maka mitra yang tergabung harus memiliki kompetensi dan ahliyah untuk menjalankan al kafalah. Keduanya berkewajiban untuk menanggung separo dari harga objek syirkah, begitu juga dengan keuntungan yang didapatkan, harus dibagi secara sama diantara mitra. Jika syirkah dilakuakan dengan dasar al ‘inan, maka tidak diperlukan syarat-syarat sebagaimana disebutkan. Kadar kewajiban dan hak berdasarkan kontribusi yang diberikan.

Hukum

 Akad syirkah adakalanya hukumnya shahih ataupun fasid.

Ø  Syirkah fasid, akad syirkah dimana salah satu syarat yang telah disebutkan tidak dipenuhi.
Ø  Syirkah Shahih, akad syirkah jika semua syaratnya terpenuhi.

Adapun hukum dari :

•       Syirkah ‘inan , Para ulama fiqih sepakat bahwa bentuk perserikatan ini hukumnyaBOLEH.

•        Syirkah mufawadhah , Ulama Hanafiyah dan Zaidiyah,memBOLEHkan syirkah mufawadhah ini, dengan diperkuat oleh hadis berikut ini:

 “jika kamu melaksanakan mufawadhah maka lakukanlah dengan cara yang baik...dan lakukanlah mufawadhah karena akad ini membawa barokah”. (HR. Ibnu Majah).

Namun ulama Syafi’iyah, Hanabilah, dan Malikiyah, tidak sependapat dengan Hanafiyah dan Zaidiyah, mereka menilai bahwa hadis itu lemah dan TIDAK memBOLEHkan perserikatan mufawdhah.

•       Syirkah al a’maal, para ulama memBOLEHkannya. Karena tujuan dari syirkah ini adalah mencari keuntungan dengan modal pekerjaan secara bersama.
•       Syirkah wujuh, menurut Syaifi’iyah, Malikiyah, Zhahiriyah, dan Syiah Imamiyah syirkah semacam ini hukumnya BATHIL, sebab modal dan kerjanya tidak jelas. Adapun menurut ulama Hanafiyah, Hanabilah, dan Zaidiyah hukumnya BOLEH karena masih berbentuk suatu pekerjaan dan masing-masing pihak dapat bertindak sebagai wakil.

Perkara yang membatalkan syirkah

Syirkah merupakan akad yang diperbolehkan dan tidak mengikat ( jaiz ghair lazim ), masing-masing mitra memiliki hak untuk menghentikan kontrak. Selain itu akad syirkah juga bisa batal jika :
•       salah satu mitra meninggal dunia,
•      murtad, atau
•       mengalami gangguan jiwa ( gila)
•       Modal mengalami kerugian
Menurut mazdhab Maliki bahwa “ tiap mitra berhak menghentikan kontrak kapan saja ia inginkan “

1 komentar:


  1. Segenap Manajemen Bolavita Mengucapkan Selamat Merayakan Tahun Baru Imlek 2570

    Kongzili Semoga Di Tahun Babi Tanah Diberikan Rejeki Lebih Banyak
    Dibandingkan Tahun Sebelumnya

    WA : +62812-2222-995

    BalasHapus