Translate

Selasa, 28 Mei 2019

Sholawat Mishbahudz-Dzolam

Sholawat Misbahudz-dzolam yang artinya “sholawat cahaya kegelapan”  Syekh Nuruddin As-Syaawani dalam kitab Afdholus Sholawat 'ala nabi karya Syekh Yusuf An-Nabhani ra. Berikut bacaan sholawanya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ, كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ, وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ, فِى الْعَالَـمِيْنَ إنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. عَدَدَ خَلْقِكَ وَرِضَا نَفْسِكَ وَزِنَةَ عَرْشِكَ وَمِدَدَ كَلِمَاتِكَ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ beserta keluarganya, seperti sholawat kesejahteraan yang telah Engkau berikan kepada  nabi Ibrahim ﷺbeserta keluarganya. Limpahkanlah keberkahan kepada Nabi Muhammad ﷺ  beserta keluarganya seperti keberkahan yang telah Engkau limpahkan kepada Nabi Ibrahim ﷺ, Sesungguhnya Engkaulah Dzat yang maha terpuji lagi Maha Mulia. Limpahan kesejahteraan dan keberkahan sebanyak makhluk-Mu, sebanyak Ridlo-Mu, sebanyak perhiasan (keindahan) Arasy-Mu, sebanyak kalimat-kalimat-Mu, seperti (sebanyak) orang-orang yang mengingat dan berdzikir kepada-Mu, dan sebanyak orang-orang yang lupa mengingat-Mu.

اَللَّهُمَّ صَلِّ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ عَلَى أَفْضَلِ مَخْلُوْقَاتِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّمْ, عَدَدَ مَعْلُوْمَاتِكَ وَمِدَدَ كَلِمَاتِكَ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ.

Ya Alah, limpahkanlah sebaik-baiknya kesejahteraan kepada Nsebaik-baiknya makhluk-Mu, junjungan kami Nabi Muhammad ﷺbeserta keluarga dan para sahabtanya dengan keselamatan yang nyata, sebanyak bilangan ilmu-Mu dan sebanyak kalimat-kalimat-Mum, sebanyak orang-orang yang mengingat-Mu dan sebanyak orang-orang yang lupa berdzikir kepada-Mu.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ, عَدَدَ مَا فِى السَّمَوَاتِ وَمَا فِى اْلأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا, وَأَجْرِ لُطْفَكَ فِى أُمُوْرِنَا وَالْـمُسْلِمِيْنَ أَجْمَعِيْنَ, يَارَبَّ الْعَالَـمِيْنَ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan da keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ sebagai hamba-Mu, utusan-Mu, nabi-Mu, seorang Nabi yang ummy beserta keluarga dan para sahabatnya. Sebanyak apa-apa yang ada di lamngit dan apa-apa yang di bumi dan diantara keduanya. Dasn limpahkanlah kelembutan-Mu terhadap urusan kami dan urusan orang-orang muslim semuanya. Duhai Tuhan sekalian alam. 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ عَدَدَ مَا كَانَ وَعَدَدَ مَا يَكُوْنُ وَعَدَدَ مَا هُوَ كَائِنٌ فِى عِلْمِ اللهِ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ beserta keluarga dan para sahabatnya sebanyak apa-apa yang sudah ada dan apa-apa yang belum ada, sebanyak apa-apa yang nyata di dalam ilmu-Nya Allah.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى رُوْحِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَرْوَاحِ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى جَسَدِهِ فِى اْلأَجْسَادِ, وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى قَبْرِهِ فِى الْقُبُوْرِ, وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى اسْمِهِ فِى اْلأَسْمَآءِ

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ didalam setiap ruh, dan jasadnya dalam setiap jasad, kuburnya disetiap kubur, dan limpahkanlah kesejahteraan serta keselamtaman atas namanya di semua nama yang ada di langit.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ الْعَلَامَةِ وَالْغَمَامَةِ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ pemilik Alamah dan Ghomamah.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِىْ هُوَ أَبْهَى مِنَ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ حَسَنَاتِ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ, وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ نَبَاتِ اْلأَرْضِ وَأَوْرَاقش اَلأَشْجَارِ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ nabi yang lebih terang daripada matahari dan rembulan, Ya dan limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ sebnaya kebaikan Abu bakar dan Umar, Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ sebanyak tumbuhan yang ada di bumi dan sebanyak dedaunan dipepohonan.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ الَّذِىْ جَمَعْتَ بِهِ شَتَاتُ النُّفُوْسِ وَنَبِيِّكَ الَّذِىْ جَلَّيْتَ بِهِ ظَلَامَ الْقُلُوْبِ, وَحَبِيْبِكَ الَّذِىْ اخْتَرْتَهُ عَلَى كُلِّ حَبِيْبٍ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ sebagai hamba-Mu yang telah Engklau satukan dengannya segala nafas dari para nabi-Mu yang telah Engkau muliakan gelapnya hati dengan dirinya, kekasih-Mu yang telah Engkau pilih diantara semua para kekasih.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِىْ جَآءَ بِالْحَقِّ الْـمُبِيْنِ, وَأَرْسَلْتَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَـمِيْنَ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ yang datang denagn kebenaran hyang nyata, dan seorang nabi yang  Engkau utus sebagai rahmat bagi seluruh alam.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْـمَلِيْحِ صَاحِبِ الْـمَقَامِ اْلأَعْلَى وَاللِّسَانِ الْفَصِيْحِ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ yang manis, sang pemilik maqom (kedudukan) yang tertinggi da pelilik lisan yang paling fasih.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا يَنْبَغِى لِشَرَفِ نُبُوَّتِهِ وَلِعَظِيْمِ قَدْرِهِ الْعَظِيْمِ, وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ, وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الرَّسُوْلِ الْكَرِيْمِ الْـمُطَاعِ اْلأَمِيْنِ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ seperti bacaan shsolawat yang pantas bagi kenabiannya, dan bagi keagungannya. Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ kedudukan yang nyata atas pangkatnya yang mulia. Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ seorang Rasul yang mulia yang dapat dipercaya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْحَبِيْبِ وَعَلَى أَبِيْهِ إبْرَاهِيْمَ الْخَلِيْلِ, وَعَلَى أخِيْهِ مُوْسَى الْكَلِيْمِ, وَعَلَى رُوْحِ اللهِ عِيْسَى اْلأَمِيْنِ, وَعَلَى دَاوُدَ وَسُلَيْمَانَ وَزَكَرِيَّا وَيَحْيَى وَعَلَى أَلِهِمْ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ sebagai seorang kekasih, dan juga kepada bapaknya nabi Ibrahim kekasih Allah, juga kepada saudaranya Nabi Musa Kalilummoh (yang berbicara dengan Allah) juga kepada nabi isa Ruhillah yang dipercaya, juga kepada nabi Dawud dan Nabi Sulaiman serta Nabi Yahya beserta keluarga mereka, seperti bacaan sholawatnya orang-orang yang mengingat-Mu dan orang-orang yang lupa dengan-Mu.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى عَيْنِ الْعِنَايَةِ وَزَيْنِ الْقِيَامَةِ وَكَنْزِ الْهِدَايَةِ وَطِرَازِ الْحُلَّةِ وَعَرُوْسِ الْـمَمْلَكَةِ وَلِسَانِ الْحُجَّةِ وَشَفِيْعِ اْلأُمَّةِ وَإِمَامِ الْحَضَرَةِ وَنَبِيِّ الرَّحْمَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آدَمَ وَنُوْحٍ وَإبْرَاهِيْمَ الْخَلِيْلِ وَعَلَى أخِيْهِ مُوْسَى الْكَلِيْمِ وَعَلَى رُوْحِ اللهِ عِيْسَى اْلأَمِيْنِ وَعَلَى دَاوُدَ وَسُلَيْمَانَ وَزَكَرِيَّا وَعَلَى أَلِهِمْ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ           

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ manik mata, perhiasan hari kiamat, gudangnya petunjuk, ikatan yang terlepas, pengantin di singgasana keagungan, lisannya hujjah, penolong umat, pemimpinnya orang-orang yang ada di sisi Allah, nabi yang mmebawa rahmat, junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ dan juga kepada Nabi Adam, nabi Nuh, nabi Ibrahim, nabi Musa, nabi Isa, nabi dawud, nabi Sulaiman, nabi Zakariya, beserta keluarga mereka sebanyak orang-orang yang ingat k\epada-Mu dan orang-orang yang lupa mengingat-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar