Translate

Sabtu, 11 Januari 2020

Legenda Gunung Pamaton Pamoksan Maharaja Suryanata


Gunung Pamaton adalah gunung yang terdapat di kecamatan Aranio, Banjar. Pamaton berasal dari kata 'pamuatan' dalam bahasa Banjar yang artinya tempat memuat penumpang/barang karena gunung tersebut diibaratkan sebagai tempat berlabuh. Memang kebanyakan penamaan tempat di Kalsel berasal dari kosakata atau hal-hal yang berhubungan dengan sungai atau laut. Gunung Pamaton dianggap gunung yang keramat bagi suku Banjar.

Bahkan pada zaman dahulu, masyarakat Banjar yang tinggal di sekitar Gunung Pamaton jika akan menggelar hajatan bisa meminjam piring dan mangkok melamin di Gunung Pamkaton melalui perantara orang pintar yang memiliki akses langsung dengan makhluk dari alam gaib itu. Meski diyakini benda-benda itu masih ada dan tersimpan rapi di kerajaan gaib, namun tradisi meminjam piring dan mangkok melamin itu saat ini sudah tidak ada karena makhluk dari kerajaan gaib di Gunung Pamaton enggan lagi mengeluarkan benda-benda itu ke alam nyata. Padahal bukan hanya piring dan mangkok yang ada di kerajaan gaib tersebut. Bahkan konon tahta Pangeran Surya Ananta dan Puteri Junjung Buih di kerajaan Nagara Dipa, terbuat dari emas murni. Sementara mahkotanya emas bertabur permata mulia seperti zamrud dan intan berlian. Begitu juga dengan keris Naga Runting dan Tipa Salira, dimana gagang dan warangkanya bertatahkan emas dan intan berlian. Benda-benda pusaka dari kejaan gaib tersebut hingga saat ini masih menjadi incaran para pelaku spiritual di Banjar. “Bahkan orang-orang dari luar Banjar juga banyak yang mencoba peruntungan dengan ikut memburu benda pusaka tersebut,” 

Disebutkan bahwa digunung Pamaton terdapat pintu masuk kedunia ghaib yang diberi nama Pintu Gerbang Kerajaan Pamaton, tempat Yang Mulia Sri Paduka Pangeran Suryanata bertahta. Diketahui Kerajaan Pamaton adalah pusat kerajaan ghaib di Kalimantan (Kerajaan Banjar). Sejak zaman dahulu hingga sekarang gunung Pamaton dijadikan tempat tirakat atau bertapa oleh siapapun yang ingin mencari harta, ilmu dan kesaktian/kedikdayaan. Hanya orang yang dikehendaki atau zuriat yang mendapat ridho dari Allah SWT yang dapat melihat kerajaan ghaib ini. Berdasarkan cerita orang-orang yang pernah masuk ke Kerajaan Ghaib ini, kehidupan di Pamaton sangat modern dan ramai sekali.

Yang Mulia Sri Paduka Pangeran Suryanata adalah seorang putera Raja Majapahit, bertahta di Kerajaan Banjar pada abad XIV Masehi. Beliau mempunyai 2 orang putera yaitu Pangeran Surya Gangga Wangsa dan Pangeran Surya Wangsa. 

Pada suatu hari Yang Mulia Pangeran Suryanata bersama permaisuri Puteri Junjung Buih mengadakan kerasmin (acara keramaian) luar biasa serta menjamu semua pejabat kerajaan dan masyarakat. Tatkala semua orang sedang asyik dan ramai, tiba-tiba Yang Mulia Pangeran Suryanata berbicara pada rakyat Negeri Banjar, bahwa Baginda akan kembali pulang ketempat asalnya (kayangan) dan memberi petuah-petuah untuk dilaksanakan dan di indahkan sepeninggalnya nanti, agar rakyat negeri Banjar selalu tenteram, damai dan sejahtera. Setelah berbicara dengan sekejap ghaib lah Baginda beserta Permaisuri. Ketika itu umur Baginda kira-kira 50 tahun.

Selanjutnya Pangeran Surya Gangga Wangsa diangkat menjadi Raja dengan Gelar Maharaja Surya Gangga Wangsa dan Lambung Mangkurat tetap menjadi Mangkubumi. Dari keturunan Yang Mulia Pangeran Suryanata lahir raja-raja banjar selanjutnya hingga sekarang.

Seorang raja akan diangkat harus melalui upacara badudus dengan air yang diambil dari sumber mata air yang diambil diantaranya dari Candi Agung Amuntai, Batu Tiring, Candi Laras dan Gunung Pamaton.

Gunung Pamaton adalah sebuah gunung di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Digunung ini pernah terjadi peristiwa sejarah terkait dengan peristiwa Perang Banjar (1859-1905)

Gunung Pamaton disebut sebagai tanda batas wilayah Kesultanan Banjar dan wilayah kekuasaan Belanda, dalam kontrak perjanjian Kesultanan Banjar dengan Belanda tanggal 04 Mei 1826 (26 Ramadhan 1241).

Gunung Pamaton juga disebut dalam surat wasiat Sultan Adam Al Wasik Billah yang dibuat pada Senin, 12 Shafar 1259. yaitu batas wilayah yang diberikan kepada Pangeran Hidayatullah.

Pada masa Perang Banjar, Gunung Pamaton dijadikan basis pejuang, benteng perlawanan dan tempat pertempuran melawan colonial Belanda. 

Berikut beberapa peristiwa penting dan bersejarah yang berhubungan dengan situs Gunung Pamaton pada masa Perang Banjar.

1. Perang Banjar dimulai tanggal 18 April 1859 ditandai penyerangan benteng Belanda di tambang batubara Oranye Nassau, Pengaron. Serangan dilakukan para pejuang dari Muning Pimpinan Pangeran Antasari yang berbasis disekitar Riam Kiwa dan Gunung Pamaton.

2.  Juni 1861. Pangeran Hidayatullah mengatur rencana serangan umum terhadap Kota Martapura pada tanggal 20 Juni 1861, sayangnya rencana itu bocor, Pasukan Belanda yang di pimpin Mayor Koch melakukan serangan secara besar-besaran sebelum serangan umum ke benteng Gunung Pamaton. Serangan ini dapat digagalkan dan banyak menimbulkan korban dipihak Belanda seperti Letnan TerDwerde, Kopral Grimm dan beberapa serdadu Belanda lainnya.

3.  Agustus 1861, kembali Mayor Koch memimpin pasukan menyerbu Benteng Pamaton, namun sekali lagi usaha menangkap Pangeran Hidayatullah gagal, karena benteng terlebih dahulu dikosongkan.

4.  Benteng Gunung Pamaton dipertahankan oleh para pemimpin perang yang gagah berani, seperti Pangeran Hidayatullah Demang Lehman, Tumenggung Gamar, Kiai Puspa Yuda Negara dan pahlawan wanita Nyai Cakrawati.

Demikian Sedikit Sejarah Mengenai Gunung Pamaton Banjar

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus
  3. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus
  4. Jd 0rg Banjar msh keturunan M0j0pahit ,,,?

    BalasHapus
  5. Izin ya admin..:)
    Mainkan dan menangkan hadiah nya bersama kami di ARENADOMINO beragam permainan POKER menanti anda semua fair play silahkan di add WA +855 96 4967353

    BalasHapus