Translate

Kamis, 28 April 2016

Bunga Kamboja Bukan Sekedar Penghias Kuburan

Kemboja atau yang lebih dikenal dengan kamboja atau semboja merupakan sekelompok tumbuhan dalam marga Plumeria. Pohon dan bunga ini lebih sering dijumpai di pekuburan / pemakaman sehingga sering disebut dengan pohon kuburan atau bunga kuburan. Kamboja memiliki bentuk pohon biasa seperti pohon pada umumnya dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai. Mengenai kenapa jumlah mahkota bunganya berjumlah lima ini tidak kutemukan penjelasan ilmiahnya. Meskipun umumnya bunga kamboja berjumlah mahkota 5 helai, bukan berarti tidak mungkin jika kurang atau lebih dari 5 helai. Bunga dengan empat atau enam helai mahkota oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Begitulah sebagian manusia, sedikit-sedikit dianggap memiliki kekuatan atau tuah.

Meskipun sering disebut dengan bunga kamboja, bunga ini tidak memiliki keterkaitan dengan negara Kamboja. Sebetulnya, nama sebutan bunga ini adalah kemboja (pakai huruf ‘e’). Namun entah mengapa masyarakat lebih familiar dengan kamboja (pakai huruf ‘a’). Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. Disebut dengan nama latin plumeria karena nama Plumeria diberikan untuk menghormati Charles Plumier (1646-1706), pakar botani asal Perancis.

Aku seringkali menyimpan pertanyaan-pertanyaan ‘bodoh’ jika ada informasi tentang asal sebuah tumbuhan. Dalam kasus ini, bagaimana caranya sebuah pohon yang berasal dari Amerika Tengah bisa bermigrasi ke Indonesia. Hehehehe. Apa benar bunga / pohon itu berasal dari Amerika atau karena alasan penemunya menemukannya di Amerika lalu dikatakan berasal dari Amerika saja. Hanya Allah yang Tahu.

Kamboja atau Plumeria Sp. tergolong tanaman yang dapat mencapai usia ratusan tahun seperti halnya kaktus raksasa. Tanaman ini merupakan jenissuculent, yakni tumbuhan yang dapat menyimpan air pada seluruh bagian tubuhnya, dari akar, batang, daun, bunga, sampai buah.

Kamboja memiliki beberapa keluarga dekat, yakniPachypodium, Adenium (Kamboja Jepang), dan Mandevila. Tapi meski satu keluarga, bentuk dan warna bunganya berbeda. Keunggulan dari tanaman tropis yang satu ini adalah berbunga sepanjang tahun, ”tahan banting”, dan mudah beradaptasi dengan berbagai iklim. Di Indonesia, kamboja tumbuh di dataran-dataran rendah sampai ketinggian 700 m dpl dan memiliki segudang nama, di antaranya Kamboja doka, Cempaka mulia, Karassi, Nojha, dan sebagainya.

Jenis kamboja yang sedang bertengger di puncak kepopuleran saat ini adalah Kamboja Jepang atau adenium. Varietas ini pertama kali ditemukan di Aden, Yaman, tapi ironisnya, sekarang nyaris tak ada lagi adenium di sana. Sebaliknya, ia dengan mudah bisa kita temukan di negara-negara pengembang Adenium seperti Jepang, Thailand, dan Taiwan.

Seperti kamboja-kamboja lainnya, kini adenium tak hanya berwarna polos merah atau putih, melainkan sudah berkembang jadi silangan antarspesies dengan variasi warna dan motif yang sangat cantik. Karenanya, tak mengherankan bila jenis ini sangat ”laku” sebagai bunga parsel. Bentuk artistik dan ketahanan hidupnya yang tinggi jadi alasan utama.

Meskipun dikenal secara umum sebagai pohon kuburan, namun hal itu tak berlaku di Bali. Di Bali bunga kamboja ditanam seperti orang menanam bunga mawar, dan bunga lainnya. Dimana-mana ada pohon kamboja, dengan berbagai macam jenis, ada yang berwarna putih, merah dan kuning. Di Bali kemboja ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat.

Seiring dengan bertambahnya peminat, harganya pun kian melesat. Oleh karena itu, tak perlu heran bila ada kamboja dengan tinggi 2-3 meter (siap tanam) berharga Rp 1-1,5 juta, sementara yang tingginya baru 1-2 meter bernilai Rp 200-300 ribu.

Khasiat tanaman

Selain dikenal sebagai pohon kuburan dan kini mulai juga dikenal sebagai pohon bunga hias, kemboja ternyata juga memiliki beberapa khasiat sebagai obat. Batangnya mengandung getah putih yang mengandung damar, sejenis karet, senyawatriterpenoid amytin dan lupeol. Tetapi, hati-hati, kulit batang kamboja mengandung senyawaplumeirid, yakni senyawa glikosida yang bersifat racun.

Karena bersifat racun dan bisa mematikan kuman, getah kamboja dengan dosis yang tepat berguna sebagai obat sakit gigi atau obat luka, sedangkan kulit batangnya sangat efektif untuk menumpas rasa sakit karena bengkak dan dan pecah-pecah pada telapak kaki. Orang di kampungku dulu sering menggunakan getah kemboja ini untuk obat tersebut.

Untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang. Ambillah beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas, kemudian letakkan si kapas di gigi yang sakit. Hati-hati, jangan sampai mengenai gigi yang tidak sakit. Dosisnya 1-2 kali sehari. Namun, pengobatan dengan getah ini hanya bersifat sementara saja, dan tak bisa menyembuhkan secara tuntas.

Kemboja juga bisa untuk obat frambusia. Ambillah kulit batang kamboja sebanyak 3 telapak tangan, kemudian dicuci dan dipotong-potong. Rebus dengan air bersih sebanyak kira-kira 3 liter sampai mendidih, selama 15 menit. Tunggu sampai hangat atau suam-suam kuku. Selanjutnya, manfaatkan air rebusan ini untuk mandi atau berendam.

Arti dari bunga kamboja

Bunga kamboja juga sering digambarkan pada beberapa bentuk karya seni seperti pada lukisan, perhiasan, dsb. Bunga kamboja juga digunakan untuk membuat aroma dan parfum. Bahkan, minyak wangi Frangipani berasal dari nama seorang bangsawan Italia, Marquis Frangipani, yang telah membuat parfum dengan aroma bunga kamboja pada abad keenam belas.

Bunga-bunga ini melambangkan keindahan, pesona, kasih, dan karunia. Bunga kamboja dengan warna yang indah dan wangi melambangkan keindahan alam. Selain itu juga mewakili kehidupan baru, awal yang baru, atau kelahiran.
Bunga kamboja memiliki makna khusus dalam budaya Hawaii karena melambangkan segala sesuatu yang positif. Hal ini digunakan untuk membuat perhiasan di Hawaii.
Hal yang menarik dalam budaya Hindu, bunga kamboja juga memiliki arti yang sangat penting. Bunga kamboja dapat diartikan sebagai lambang dedikasi dan pengabdian.
Di beberapa daerah di India Selatan, karangan bunga kamboja digunakan dalam pernikahan. Terkadang, bunga ini juga dikenakan di rambut pengantin wanita.
Buddha mengasosiasikan plumeria sebagai simbol keabadian. Hal ini karena bunga kamboja masih tetap bisa bertahan dan awet meski tanaman atau pohonnya telah tumbang.
Bunga kamboja juga ditemukan dalam kehidupan suku bangsa Maya kuno. Bunga-bunga ini melambangkan kehidupan dan kelahiran.
Dalam budaya Cina, kamboja dianggap lebih istimewa dari bunga anggrek dan berhubungan dengan cinta. Seseorang biasanya memberikan bunga ini kepada kekasihnya untuk mengungkapkan perasaannya.
Menurut budaya Vietnam, bunga kamboja diyakini sebagai kekuatan penyembuhan. Pada zaman kuno, bunga kamboja digunakan untuk mengobati peradangan pada kulit.
Karena mempunyai arti dan simbolisme, tato kamboja juga sangat populer. Biasanya tato ini dianggap sebagai tato feminin dan dapat dibuat pada setiap bagian tubuh. Bunga-bunga yang indah ini berwarna-warni sehingga membuat sedap dipandang.
Sekarang kita telah melihat arti yang berbeda dari bunga kamboja, mungkin anda dapat mencoba untuk mengembangkan tanaman ini. Berikut adalah penjelasan singkat bagaimana anda bisa merawat tanaman plumeria.

Tanaman ini dapat tumbuh dalam pot atau langsung di tanah. Tanaman plumeria harus terkena sinar matahari setidaknya 6-7 jam setiap hari. Namun, pastikan bahwa tidak terbakar oleh terik matahari yang panas.

Plumeria tidak memerlukan air yang berlebih. Air hanya sebatas untuk membasahi tanah dan menjaga kelembaban. Hindari dari membuatnya selalu basah. Masa mekar tergantung pada usia pohon. Mirip dengan tanaman bunga lainnya, plumeria juga membutuhkan pupuk. Nitrogen atau pupuk berbasis fosfor yang larut dalam air sangat disarankan untuk bunga-bunga ini.

Setelah menanamnya dan berkembang, anda pasti akan suka menonton dan menikmati keindahan tanaman plumeria anda tumbuh dan mekar dengan bunga-bunga yang indah dan harum.
Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda‎

2 komentar: