Translate

Selasa, 12 April 2016

Penjelasan Tentang Rumput Fatimah

Rumput Fatimah Labisia pumila varalata adalah tumbuhan semak yang berasal dari Timur Tengah. Dalam bahasa Arab disebut dengan Kaf Mariyam (telapak tangan Mariyam), orang Barat menyebutnya Mawar Jeriko, orang Malaysia menyebutnya Kacip Fatimah. Beberapa penelitian mengungkapkan di dalam tanaman rumput Fatimah terkandung suatu zat sejenis oksitoksin yang dapat menimbulkan kontraksi dari rahim. Rumput Fatimah berkhasiat juga untuk melancarkan haid, menghilangkan rasa sakit ketika haid, mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan, meningkatkan hormon pada perempuan, melangsingkan tubuh, dan mengobati diare.Maka di sisi lain, rumput Fatimah juga kerap digunakan sebagai obat pelancar haid bagi orang-orang yang ” mendadak” telanjur hamil di luar perencanaan seperti para ibu yang telanjur ber-KB tapi kebobolan atau para gadis yang telanjur hamil namun belum menikah.

Tumbuhan ini umumnya dipakai dengan cara akarnya direndam. Air rendaman inilah yang diminum. Semakin lama direndam, kadar oksitosin yang terlarut pun semakin pekat, dosisnya bisa jadi berlipat-lipat. Sehingga efeknya bisa jadi sangat berbahaya jika salah dalam dosis dan aturan meminumnya. Jika oksitosin dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya yaitu rahim menjadi robek. Pada obat-obat modern, masalah variasi ini tidak terjadi. Semua bahan aktifnya jelas, dosisnya pun terukur. Rumput Fatimah hanya boleh dikonsumsi ketika sudah dekat waktu melahirkan, yakni ketika pembukaan sudah di atas 6, bukan pada saat pecahnya air ketuban. Jika Rumput Fatimah dikonsumsi sebelum pembukaan 6 akan terjadi kontraksi yang abnormal. Dan hal ini bisa jadi sangat berbahaya bagi ibu yang hendak melahirkan. Dampak terburuknya bisa terjadi robekan pada dinding rahim dan perdarahan yang hebat dan tidak bisa terhentikan. Karena itu, meskipun pada beberapa kasus sangat membantu proses persalinan, sebaiknya berhati-hati ketika hendak mengkonsumsinya. Upayakan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang konsumsinya. Jangan heran jika banyak dokter akan melarang penggunaannya karena dikhawatirkan akan berbahaya bagi sang ibu dan buah hati.

Ada beberapa pengertian mengenai thibbun nabawi yang didefinisikan oleh ulama di antaranya,

الطب النبوي هو هو كل ما ذكر في القرآن والأحاديث النبوية الصحيحة فيما يتعلق بالطب سواء كان وقاية أم علاجا

1.Thibbun nabawi adalah segala sesuatu yang disebutkan oleh Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih yang berkaitan dengan kedokteran baik berupa pencegahan (penyakit) atau pengobatan.

الطب النبوي هو مجموع ما ثبت في هدي رسول الله محمد صلى الله عليه وسلم في الطب الذي تطبب به ووصفه لغيره.

2.Thibbun nabawi adalah kumpulan apa shahih dari petunjuk Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kedokteran yang yang beliau berobat dengannya atau untuk mengobati orang lain.

تعريف الطب النبوي: هو طب رسول الله صلى الله عليه وسلم الذي نطق به ، واقره ، او عمل به وهو طب يقيني وليس طب ظني ، يعالج الجسد والروح والحس.

3. Definisi thibbun nabawi adalah (metode) pengobatan Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam yang beliau ucapkan, beliau tetapkan (akui) beliau amalkan, merupakan pengobatan yang pasti bukan sangkaan, bisa mengobati penyakit jasad, ruh dan indera.

-Misalnya yang beliau ucapkan tentang keutamaan habatus sauda,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ هَذِهِ الحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ، إِلَّا مِنَ السَّام

”Sesungguhnya pada habbatussauda’ terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian” (Muttafaqun ‘alaihi)

-Misalnya yang beliau tetapkan (akui) yaitu kisah sahabat Abu Sa’id Al-Khudri yang meruqyah orang yang terkena gigitan racun kalajengking dengan hanya membaca Al-Fatihah saja. Maka orang tersebut langsung sembuh. Sebagaimana dalam hadits

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانُوا فى سَفَرٍ فَمَرُّوا بِحَىٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَاسْتَضَافُوهُمْ فَلَمْ يُضِيفُوهُمْ. فَقَالُوا لَهُمْ هَلْ فِيكُمْ رَاقٍ فَإِنَّ سَيِّدَ الْحَىِّ لَدِيغٌ أَوْ مُصَابٌ. فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ نَعَمْ فَأَتَاهُ فَرَقَاهُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَبَرَأَ الرَّجُلُ فَأُعْطِىَ قَطِيعًا مِنْ غَنَمٍ فَأَبَى أَنْ يَقْبَلَهَا. وَقَالَ حَتَّى أَذْكُرَ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-. فَأَتَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ. فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَاللَّهِ مَا رَقَيْتُ إِلاَّ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ. فَتَبَسَّمَ وَقَالَ « وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ ». ثُمَّ قَالَ « خُذُوا مِنْهُمْ وَاضْرِبُوا لِى بِسَهْمٍ مَعَكُمْ »

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, bahwa ada sekelompok sahabat Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu berada dalam perjalanan safar, lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung tersebut enggan untuk menjamu. Penduduk kampung tersebut lantas berkata pada para  sahabat yang mampir, “Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyahkarena pembesar kampung tersebut tersengat binatang atau terserang demam.” Di antara para sahabat lantas berkata, “Iya ada.” Lalu ia pun mendatangi pembesar tersebut dan ia meruqyahnya dengan membaca surat Al-Fatihah. pembesar tersebutpun sembuh. Lalu yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya -dan disebutkan-, ia mau menerima sampai kisah tadi diceritakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu ia mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallamdan menceritakan kisahnya tadi pada beliau. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al-Fatihah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah?”Beliau pun bersabda, “Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian.”[HR. Bukhari dan Muslim‎]

-misalnya yang beliau amalkan, beliau melakukan hijamah serta menjelaskan beberapa hal berkaitan dengan hijamah.

Dari Ali bin Abi Thalib radhiallaahu ‘anhu :

أن النبي صلى الله عليه وسلم احتجم وأمرني فأعطيت الحجام أجره

“Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam dan menyuruhku untuk memberikan upah kepada ahli bekamnya.”[Mukhtashar Asy-Syamaail Al-Muhammadiyyah, shahih‎]

Salah paham mengenai thibbun nabawi

Sebagian orang salah paham dengan thibbun nabawi. Ada yang sekedar minum habbatus sauda dan minum madu tanpa takaran yang jelas, ia sangka sudah menerapkan thibbun nabawi. Padahal seperti yang sudah dijelaskan bahwa thibun nabawi merupakan suatu metode yang kompleks. Begitu juga dengan sebagian kecil pelaku herbal yang hanya dengan menambahkan madu atau habbatus sauda dalam ramuannya, maka ia klaim bahwa ramuannya adalah thibbun nabawi.

Perlu kita ketahui bahwa konsep thibbun nabawi adalah konsep kedokteran yang kompleks sebagaimana kedokteran yang lain. Dalam thibbun nabawi perlu juga kemampuan mendiagnosa penyakit, meramu bahan dan kadarnya, mengetahui dosis obat dan lain-lain.

Pendangan secara medis

Setahu kami belum ada penelitian yang valid mengenai rumput fatimah (nama lainnya Labisia pumila). Tetapi ada beberap sumber yang menyatakan bahwa ternyata rumput Fatimah mengandung hormon oksitoksin yang bisa merangsang kontraksi rahim.

Tentu ini akan berbahaya jika diminum berlebihan tanpa dosis yang jelas dan arahan dari ahli herbal yang berpengalaman. Beberapa sumbe menyatakan, sebaiknya diminum ketika proses melahirkan, pada pembukaan kelahiran.

Yang salah paham adalah wanita hamil meminumnya dengan tanpa dosis yang jelas dan ketika belum saatnya melahirkan, akibatnya rahim akan kontraksi dan terkadang bisa mengugurkan kandungan. Ini sudah cukup banyak kami temui kasus seperti ini.

Untuk lebih amannya, sebaiknya dikonsultasikan dengan ahli herbal yang sudah berpengalaman. Dan yang paling penting adalah jangan sampai kita beranggapan bahwa ini adalah ajaran atau bagian dari Islam dan menganggapanya thibbun nabawi atau bahkan menganggapnya memiliki barakah.

firman Allah ta’ala,

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

“Janganlah kamu mengikuti apa-apa yang kamu tidak memiliki ilmu tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, itu semua pasti akan dimintai pertanggungjawabannya.” (Qs. al-Isra’: 36)

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أحْدَثَ فيِ أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيْهِ فَهُوَ رَدٌّ.
وفي رواية لمسلم: مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Dari ‘Aisyah radliyallâhu ‘anha dia berkata, Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi Wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengada-ada (memperbuat sesuatu yang baru) di dalam urusan kami ini (agama) sesuatu yang bukan bersumber padanya (tidak disyari’atkan), maka ia tertolak." [HR.Al-Bukhari]

Kandungan Rumput Fatimah

Rumput Fatimah mengandung karbon, oksigen, kalsium, dan mineral lain. Rumput Fatimah mengandung berbagau jenis dan unsur mineral baik pada bagian daun, batang dan akar. Setiap bagian memiliki unsur mineral yang berbeda dan memiliki peran yang penting untuk kesehatan ibu hamil.

Rumput Fatimah digunakan sebagai salah satu obat herbal untuk perempuan baik sebelum hamil maupun saat hamil. Kandungan berbagai senyawa yang bisa mempengaruhi hormon reproduksi menjadi kunci penting dalam mengkonsumsi rumput Fatimah. Berikut ini beberapa manfaat rumput Fatimah.

1. Rumput Fatimah untuk Gangguan Reproduksi Wanita

Rumput Fatimah dipercaya bisa menggantikan produksi hormon estrogen. Hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus wanita setiap bulan. Saat hamil wanita mengalami ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Konsumsi rumput Fatimah bisa meningkatkan jumlah kadar hormon estrogen dalam darah.

2. Rumput Fatimah Melancarkan Proses Persalinan Normal

Bagi ibu hamil yang akan mempersiapkan persalinan normal, maka rumput Fatimah adalah ramuan yang sangat umum. Ketika proses persalinan normal dan ibu hamil mengalami kontraksi normal maka air dari rendaman rumput Fatimah bisa mempercepat proses persalinan. Air rendaman rumput Fatimah akan memicu kontraksi dan mendorong pembukaan yang lebih cepat.

3. Rumput Fatimah untuk Menormalkan Menstruasi

Saat wanita sedang menstruasi biasanya ada beberapa kesulitan yang dialami seperti darah yang tidak lancar. Hal ini akan membuat bagian perut bawah, pinggang dan kaki menjadi sakit, lelah dan kurang nyaman. Minum rendaman rumput Fatimah bisa mengatasi masalah ini. Hal ini disebabkan rumput Fatimah bisa membuat perubahan hormon saat menstruasi menjadi normal sehingga darah mengalir dengan lancar.

4. Rumput Fatimah Mengatasi PMS

PMS adalah hal yang sangat lumrah bagi wanita yang sudah mengalami menstruasi. Berbagai gejala seperti kepala pening, lemah, demam, tekanan emosi dan rasa sakit pada semua bagian tubuh akan menjadi hal yang sangat menganggu. Bahkan tidak sedikit ada wanita yang pinsan karena rasa menstruasi yang terlalu sakit. Untuk mengatasi semua masalah ini maka disarankan untuk air rendaman rumput Fatimah.

5. Rumput Fatimah Membantu Organ Kewanitaan

Salah satu manfaat lain dari rumput Fatimah adalah bisa digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Rumput Fatimah mengandung senyawa alami yang bisa membuat pH di daerah kewanitaan menjadi normal atau sesuai kebutuhan. Masalah ini biasanya disebabkan karena bakteri atau infeksi kuman pada area kewanitaan.

6. Rumput Fatimah Bisa Memulihkan Kondisi Pasca Persalinan

Rumput Fatimah mengandung senyawa oksitosin yang bisa membantu ibu hamil saat melakukan persalinan normal. Ibu yang sudah melahirkan biasanya mengalami beberapa kondisi karena kelelahan dan rasa sakit. Untuk mengatasi hal ini maka bisa minum air rendaman rumput Fatimah yang membuat kondisi fisik ibu cepat pulih.

Berbagai manfaat rumput Fatimah dalam dunia medis memang belum terbukti. Bahkan dari beberapa hasil penelitian yang dikeluarkan dalam jurnal khusus melaporkan bahwa rumput Fatimah bisa meningkatkan resiko kematian saat persalinan. semua jenis zat yang terkandung dalam rumput Fatimah juga belum terbukti secara ilmiah untuk membantu persalinan. Lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai rumput Fatimah saat persalinan.

Resiko Rumput Fatimah

Rumput Fatimah banyak digunakan oleh dunia herbal di kawasan Malaysia, Arab dan beberapa negara lain. Rumput Fatimah dipercaya bisa meningkatkan kelancaraan dalam proses persalinan. Namun rumput Fatimah juga memiliki beberapa resiko. Berikut ini beberapa ancaman atau masalah serius yang disebabkan karena rumput Fatimah.

Rumput Fatimah Menyebabkan Kontraksi Paksa. Saat persalinan normal maka ibu akan mengalami kondisi kontraksi. Kondisi ini yang membuat bayi bisa turun dan mendorong pembukaan pada rahim. Rumput Fatimah mengandung senyawa fitokimia yang sangat mendorong agar kontraksi berjalan dengan cepat. Namun kontraksi paksa yang dilakukan pada janin akan membuat janin menjadi stres dan tidak kuat. Resiko dari kontraksi paksa bisa menyebabkan gagal jantung sehingga janin bisa meninggal dalam rahim.

Rumput Fatimah Bisa Menyebabkan Pendarahan. Kondisi pendarahan menjadi bagian yang sangat ditakuti bagi semua ibu yang melahirkan. Namun masalah pendarahan setelah minum rumput Fatimah akan menjadi hal yang sangat mengerikan. Rumput Fatimah yang direndam dalam waktu lama bisa meningkatkan kadar racun yang bisa diminum oleh janin. Selain menyebabkan kematian pada janin maka kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan yang membahayakan nyawa ibu hamil.

Konsumsi Rumput Fatimah bisa Membuat Ketuban Pecah. Rumput Fatimah bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk melancarkan persalinan. Rumput Fatimah mengandung senyawa yang bisa mendorong kontraksi. Namun kondisi yang tidak tepat bisa menyebabkan ibu hamil mengalami pecah ketuban. Hal ini disebabkan karena kontraksi paksa yang cepat sementara air ketuban pecah dan pembukaan belum sempurna. Dalam kondisi ini maka janin dan ibu hamil bisa mengalami kematian.

Rumput Fatimah Membuat Rahim Sobek. Semua ibu hamil pasti ingin melahirkan secara normal dan nyaman. Namun memakai rumput Fatimah untuk melancarkan persalinan harus dilakukan dengan cara yang tepat. Minum rumput Fatimah saat bayi belum turun dan ibu hamil belum merasakan kontraksi penuh maka bisa menyebabkan janin memiliki resiko yang tinggi. Kontraksi yang terlalu kuat dapat menyebabkan rahim sobek dan pendarahan yang sulit untuk dikendalikan.

Cara Konsumsi Rumput Fatimah

Rumput Fatimah mengandung berbagai senyawa yang penting untuk wanita dan ibu hamil. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam rumput Fatimah adalah seperti oksitosin, fitokimia dan beberapa senyawa karbon. Cara konsumsi yang tidak tepat akan meningkatkan nilai senyawa sehingga membayakan untuk ibu hamil yang akan melahirkan. 

Cara menyiapkan rumput Fatimah adalah sebagai berikut.

Cuci bersih rumput Fatimah dan masukkan dalam gelas atau mangkuk.
Tuang air hangat atau air dingin dan rendam rumput Fatimah sebentar saja.

Bagi ibu yang akan melahirkan secara normal sebaiknya minum rumput Fatimah saat sudah mencapai pembukaan 7. Jika sebelum pembukaan 7 dan ibu minum rumput Fatimah maka bisa menyebabkan pendarahan dan resiko lain.

Rendaman rumput Fatimah tidak boleh terlalu lama dan harus segera diminum untuk mengurangi resiko tingginya kadar oksitosin dari rumput Fatimah.

Jika Anda ingin memakai rumput Fatimah untuk membatu persalinan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang akan menangani untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Kelahiran dengan memakai sistem induksi tidak disarankan untuk memakai rumput Fatimah karena bisa menyebabkan pendaran.

Dengan mengetahui bahaya dan manfaat rumput Fatimah, maka ibu hamil dan ibu yang akan menjalani persalinan bisa memanfaatkan rumput Fatimah. Selain itu ibu hamil juga bisa melindungi diri sendiri dan janin agar tidak mengalami resiko seperti pendarahan, pecah ketuban dan kematian janin karena gagal jantung.

Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda

1 komentar:


  1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4D angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no 082---> 313 ---> 669 ---> 888
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 2750 JUTA , wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..



    KLIK DISINI 4d 5d 6d




    Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI ALIH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
    butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI ALIH DI NO: 082---> 313 ---> 669 ---> 888


    ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


    ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



    ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D





    BalasHapus