Translate

Minggu, 16 September 2018

Ciri Ciri Khowarij

Dari shahabat ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: “Aku mendengar Rasulullah sahallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

سيخرج في آخر الزمان قوم أحداث الأسنان، سفهاء الأحلام، يقولون من خير قول البرية، يقرأون القرآن لا يجاوز حناجرهم، يمرقون من الدين كما يمرق السهم من الرمية، فإذا لقيتموهم فاقتلوهم فإن في قتلهم أجراً لمن قتلهم عند الله يوم القيامة

“Akan keluar pada akhir zaman nanti sekelompok orang yang mereka masih muda-muda umurnya dan pendek akalnya. Mereka mengatakan sebaik-baik perkataan manusia. Mereka membaca Al-Quran, (akan tetapi) tidak melewati kerongkongan mereka. Mereka melesat keluar dari batas-batas agama ini seperti melesatnya anak panah keluar dari tubuh buruannya. Maka apabila kalian mendapati mereka perangilah mereka karena sesungguhnya orang-orang yang memerangi mereka akan mendapat pahala di sisi Allah pada hari kiamat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Kaum Khawarij tidak diketahui oleh kebanyakan manusia karena ahlul bid’ah dengan ciri-ciri mereka yang umum tidak mampu dibedakan oleh kebanyakan manusia kecuali jika mereka (kaum Khawarij tersebut) mempunyai kekuasaan dan kekuatan atau hidup mereka terpisah dengan orang-orang yang menyelisihinya.

Disebut khawaarij, karena mereka keluar dari jama’ah kaum muslimin. Khawaarij generasi awal, mereka keluar dari jama’ah kaum muslimin di bawah pemerintahan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu.

Asy-Syihristaaniy rahimahullah berkata :

كُلُّ مَنْ خَرَجَ على الإمام الحق الذي اتفقت الجماعة عليه يُسمّى خَارِجِياً، سواء كان الخُرُوجُ في أيام الصَّحَابة على الأئمة الرَّاشدين، أو كان بعدهم على التابعين بإحسان، والأئمة في كل زمان

“Setiap orang yang keluar ketaatan terhadap imam yang hak, yang disepakati oleh jama’ah, maka dinamakanKhaarijiy (orang Khawaarij). Sama saja apakah ia keluar terhadap al-imaam ar-raasyidiin pada masa shahabat; atau keluar ketaatan terhadap taabi’iin dan para imam di setiap jaman setelah masa shahabat” [Al-Milal wan-Nihal, 1/114].

Al-Barbaahaariy rahimahullah berkata :

ومن قال الصلاة خلف كل بر وفاجر والجهاد مع كل خليفة ولم ير الخروج على السلطان بالسيف ودعا لهم بالصلاح فقد خرج من قول الخوارج أوله وآخره

“Barangsiapa berkata : ‘(sah) shalat di belakang orang yang baik ataupun jahat, jihad bersama semua khaliifah serta tidak berpendapat bolehnya keluar ketaatan dari sulthaan dengan pedang dan mendoakan mereka dengan kebaikan; sungguh ia telah keluar dari perkataan Khawaarij dari awal hingga akhirnya” [Syarhus-Sunnah, ].

Perkataan Al-Barbahaariy di atas pada intinya mengkonsekuensikan pendefinisian yang serupa dengan Asy-Syihristaaniy.

Pendefinisian yang hanya mencakup keluar ketaatan dari imam yang sah ini terlalu umum dan kurang akurat, karena beberapa shahabat (‘Aaisyah, Thalhah, Az-Zubair, Mu’aawiyyah, dan yang lainnya) pernah terlibat perselisihan dengan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhum yang saat itu menjabat sebagai khalifah dan keluar ketaatan darinya; namun mereka tidak disebut sebagai Khawaarij berdasarkan kesepakatan. Pendefinisian ini merupakan pendefinisian umum secara siyaasiy tentang Khawaarij. Atau gampangnya : Benar, bahwasannya Khawaarij itu kelompok yang (membolehkan) keluar ketaatan dari imam yang sah, namun tidak semua yang keluar ketaatan dari imam yang sah itu disebut Khawaarij.

Ibnu Hazm rahimahullah berkata :

من وافق الخوارج من إنكار التحكيم، وتكفير أصحاب الكبائر، والقول بالخروج على الأئمة الجور، وأن أصحاب الكبائر مُخَلِّدُون في النَّار، وأَنَّ الإمامة جائزةٌ في غير قريش، فهو خارجِيٌّ

“Barangsiapa yang mencocoki Khawaarij dalam permasalahan pengingkaran terhadap tahkiim, pengkafiran para pelaku dosa besar, bolehnya keluar ketaatan terhadap para imam yang jahat/dhalim, para pelaku dosa besar kelak kekal di dalam neraka (bila selama hidupnya belum bertaubat), dan imamah diperbolehkan bagi selain Quraisy; maka ia adalah Khaarijiy (orang Khawaarij)” [Al-Fashl fil-Milal wan-Nihal, 2/270].

Pendefinisian Ibnu Hazm rahimahullah ini memasukkan pengkafiran terhadap pelaku dosa besar.

Ibnul-Jauziy rahimahullah berkata :

وما زالت الخوارج تخرج عَلَى الأمراء ولهم مذاهب مختلفة، وكان أصحاب نافع بْن الأزرق يقولون: نحن مشركون مَا دمنا فِي دار الشرك، فَإِذَا خرجنا فنحن مسلمون قالوا: ومخالفونا فِي المذهب مشركون، ومرتكبوا الكبائر مشركون، والقاعدون عَنْ موافقتنا فِي القتال كفرة، وأباح هؤلاء قتل النساء والصبيان من المسلمين، وحكموا عليهم بالشرك

“Khawaarij senantiasa keluar ketaatan terhadap umaraa’, dan mereka mempunyai beberapa madzhab yang bermacam-macam. Para pengikut Naafi’ bin Azraq berkata : ‘Kami berstatus musyrik selama kami tinggal di negeri syirik (Daarusy-Syirk). Apabila kami keluar darinya, maka status kami adalah muslim’. Mereka juga berkata : ‘Dan orang-orang yang menyelisihi kami dalam madzhab adalah orang-orang musyrik. Para pelaku dosa besar adalah musyrik. Orang-orang yang duduk berdiam diri untuk mendukung kami dalam peperangan, berstatus kafir’. Mereka (Khawaarij) membolehkan membunuh wanita dan anak-anak kaum muslimin, dan menghukumi mereka sebagai orang musyrik” [Talbiis Ibliis, 130-131].

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :

ولهم خاصتان مشهورتان فارقوا بهما جماعة المسلمين وأئمتهم‏:‏
أحدهما‏:‏ خروجهم عن السنة، وجعلهم ما ليس بسيئة سيئة، أو ما ليس بحسنة حسنة، ........‏
الفرق الثاني في الخوارج وأهل البدع‏:‏ أنهم يكفرون بالذنوب والسيئات‏.‏ ويترتب على تكفيرهم بالذنوب استحلال دماء المسلمين وأموالهم، وأن دار الإسلام دار حرب، ودارهم هي دار الإيمان‏.

“Mereka (Khawaarij) mempunyai dua kekhususan/ciri khas masyhur yang membedakan dengannya jama’ah kaum muslimin dan para imam mereka. Pertama, keluarnya mereka dari sunnah, sehingga menjadikan untuk mereka sesuatu yang bukan kejelekan sebagai kejelekan atau yang bukan kebaikan sebagai kebaikan.... Kedua, Khawaarij dan para pelaku bid’ah mengkafirkan seseorang dengan sebab dosa dan kesalahan. Akibat dari pengkafiran mereka dengan sebab dosa tersebut, mereka menghalalkan darah dan harta kaum muslimin. Mereka anggap negeri Islam (Daarul-Islaam) sebagai negeri yang mesti diperangi (Daarul-Harb), dan negeri yang mereka tinggali sebagai negeri iman (Daarul-Iimaan)” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 19/71-73].

Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah berkata :

أجمعت الخوارج على إكفار علي بن أبي طالب - رضى الله عنه - إن حكم وهم مختلفون هل كفره شرك أم لا؟ وأجمعوا على أن كل كبيرة كفر إلا النجدات فإنها لا تقول ذلك

“Khawaarij sepakat tentang kekafiran ‘Aliy bin Abi Thaalibradliyallaahu ‘anhu, ketika ia mengangkat juru runding. Namun mereka berselisih pendapat apakah kekufurannya dikatagorikan syirik atau bukan. Dan mereka sepakat bahwa semua dosa besar mengkonsekuensikan kekafiran, kecuali kelompok An-Najdaat yang tidak berpendapat demikian” [Maqaalatul-Islaamiyyiin, 1/167].

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :

والخوارج هم أول من كفر المسلمين، يكفرون مَنْ خالفهم في بدعتهم، ويستحلون دمه وماله

“Khawaarij adalah kelompok yang pertama kali mengkafirkan kaum muslimin. Mereka mengkafirkan orang yang menyelisihi bid’ah merela dan menghalalkan darah dan hartanya” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 3/349].

Ada beberapa nama lain bagi kelompok Khawaarij ini, di antaranya :

a.     Al-Haruuriyyah.

Mereka dinamakan dengan Al-Haruuriyyah dikarenakan keluarnya mereka pertama kali dari Haruuraa’, satu tempat di dekat Kuufah di negeri ‘Iraaq [Maqaalaatul-Islaamiyyiin 1/207, Al-Farqu Bainal-Firaq hal. 75, dan Syarh Shahiih Muslim lin-Nawawiy 7/170].

Istilah Haruuriyyah bagi Khawaarij banyak terdapat dalam riwayat, di antaranya :

حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ مُعَاذَةَ، قَالَتْ: " سَأَلْتُ عَائِشَةَ، فَقُلْتُ: مَا بَالُ الْحَائِضِ، تَقْضِي الصَّوْمَ، وَلَا تَقْضِي الصَّلَاةَ؟ فَقَالَتْ: أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ؟ قُلْتُ: لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ، وَلَكِنِّي أَسْأَلُ، قَالَتْ: كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ، وَلَا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ "

Telah menceritakan kepada kami ‘Abd bin Humaid : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdurrazzaaq : Telah mengkhabarkan kepada kami Ma’mar, dari ‘Aashim, dari Mu’aadzah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada ‘Aaisyah. Aku katakan : ”Bagaimana dengan wanita haidl, ia mengqadla puasa namun tidak mengqadla shalat?”. Aaisyah menjawab : ”Apakah kamu seorang Haruuriyyah (Khaawarij)?”. Aku menjawab : ”Aku bukan Haruuriyyah, tapi aku sekedar bertanya”. Aisyah berkata : ”Kami pernah mengalami begitu. Lalu kami diperintahkan untuk mengqadla puasa dan kami tidak diperintahkan untuk mengqadla shalat” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 335].

An-Nawawiy rahimahullah berkata :

فمعنى قول عائشة رضي الله عنها أن طائفة من الخوارج يوجبون على الحائض قضاء الصلاة الفائتة في زمن الحيض وهو خلاف إجماع المسلمين،

“Makna perkataan ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa (yaitu : ‘apakah kamu seorang Haruuriyyah ?’ ) bahwasannya satu kelompok dari Khawaarij mewajibkan wanita haidl untuk mengqadlaa’ shalat yang ditinggalkan saat datang haidl. Dan hal itu menyelisihi ijma’ kaum muslimin” [Syarh Shahiih Muslim, 4/27].

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ: سَأَلْتُ أَبِي قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالأَخْسَرِينَ أَعْمَالا هُمْ الْحَرُورِيَّةُ ؟ قَالَ: لَا، هُمْ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى، أَمَّا الْيَهُودُ فَكَذَّبُوا مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَمَّا النَّصَارَى فَكَفَرُوا بِالْجَنَّةِ، وَقَالُوا: لَا طَعَامَ فِيهَا وَلَا شَرَابَ، وَالْحَرُورِيَّةُ الَّذِينَ يَنْقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مِيثَاقِهِ، وَكَانَ سَعْدٌ يُسَمِّيهِمُ الْفَاسِقِينَ "

Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Basysyaar : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari ‘Amru bin Murrah, dari Mush’ab bin Sa’d, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada ayahku (Sa’d bin Abi Waqqaash) tentang ayat : ‘Katakanlah: "Apakah akan kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?’ (QS. Al-Kahfi : 103), apakah mereka itu Haruuriyyah ?. Ia (ayahku) menjawab : “Tidak. Mereka adalah Yahudi dan Nashaaraa. Adapun Yahuudi, mereka mendustakan Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan Nashaaraa mengingkari surga. Mereka berkata : ‘Tidak ada makanan dan minuman padanya (surga)’. Tentang Haruuriyyah, maka itu ada pada ayat : ‘(yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh’ (QS. Al-Baqarah : 27)”. Sa’d menamai mereka sebagai orang-orang fasiq [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 4728].

b.     Al-Maariqah.

Penamaan dan pensiafatan ini bagi mereka terdapat dalam hadits :

يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنَ الرَّمِيَّةِ

“Mereka keluar dari agama seperti keluarnya anak panah dari busurnya”.

Al-Qurthubiy rahimahullah berkata :

وبهذا الفظ سُمُّوا : المارقة

“Dan dengan lafadh ini, mereka dinamakan Al-Maariqah” [lihat : Al-Mufhim 3/109, Al-Istidzkaar 8/82, dan Syarh Shahiih Muslim lil-Qaadliy ‘Iyaadl 3/608].

وَأَخْبَرَنِي يُوسُفُ بْنُ مُوسَى، أَنَّ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ، قِيلَ لَهُ: " أَكَفَرَ الْخَوَارِجُ؟ قَالَ: هُمْ مَارِقَةٌ، قِيلَ: أَكُفَّارٌ هُمْ؟ قَالَ: هُمْ مَارِقَةٌ مَرَقُوا مِنَ الدِّينِ "

Telah mengkhabarkan kepadaku Yuusuf bin Muusaa, bahwasannya Abu ‘Abdillah (Ahmad bin Hanbal) pernah ditanya : “Apakah Khawaarij itu kafir ?”. Ia menjawab : Mereka adalah Al-Maariqah”. Dikatakan kepadanya : “Apakah mereka itu kafir ?”. Ia menjawab : “Mereka adalah maariqah, keluar dari agama” [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah, 1/145 no. 111; hasan].

c.      Al-Mukaffirah.

Dinamakan dengan ini karena mereka mengkafirkan seseorang dengan sebab kemaksiatan dan dosa besar (kabaair), serta mengkafirkan orang yang menyelisihi mereka dari kaum muslimin dan menghukuminya dengan kekekalan di neraka [Al-Farqu bainal-Firaq hal. 73, Al-Milal wan-Nihal 1/114, dan Majmuu’ Al-Fataawaa 19/75].

Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah berkata :

وهم قوم استحلوا بما تأولوا من كتاب الله عز وجل دماء المسلمين، وكفروهم بالذنوب، وحملوا عليهم السيف

“Mereka adalah satu kaum yang menghalalkan darah kaum muslimin dengan pena’wilan mereka terhadap Kitabullah ‘azza wa jalla, dan mengkafirkan mereka (kaum muslimin) dengan sebab dosa dan mengangkat pedang terhadap mereka.....” [Al-Istidzkaar, 8/85].

Dalam hadits diatas terdapat dalil orang-orang Khawaarij akan muncul di akhir jaman.

Yang dimaksud dengan akhir jaman di sini adalah jaman shahabat, karena diketahui munculnya kelompok Khawaarij ini pada jaman shahabat. Atau mungkin juga yang dimaksudkan adalah akhir jaman khilafah Nubuwwah dan khilafah Raasyidah – karena munculnya kelompok Khawaarij ini pada jaman kekhilafan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu.Wallaahu a’lam [Fathul-Baariy, 12/287].

Adapun cikal bakal Khawaarij sendiri telah muncul di jaman Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, saat seorang yang bernama Dzul-Khuwaisirah mendakwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah berlaku dhalim dalam pembagian harta rampasan perang.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا هِشَامٌ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، قَالَ: بَيْنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْسِمُ، جَاءَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ ذِي الْخُوَيْصِرَةِ التَّمِيمِيُّ، فَقَالَ: " اعْدِلْ يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَقَالَ: وَيْلَكَ وَمَنْ يَعْدِلُ إِذَا لَمْ أَعْدِلْ، قَالَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ: دَعْنِي أَضْرِبْ عُنُقَهُ، قَالَ: دَعْهُ فَإِنَّ لَهُ أَصْحَابًا يَحْقِرُ أَحَدُكُمْ صَلَاتَهُ مَعَ صَلَاتِهِ، وَصِيَامَهُ مَعَ صِيَامِهِ، يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنَ الرَّمِيَّةِ......

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam : Telah mengkhabarkan kepada kami Ma’mar, dari Az-Zuhriy, dari Abu Salamah, dari Abu Sa’iid, ia berkata : Ketika Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam sedang membagi (harta rampasan), tiba-tiba ‘Abdullah bin Dzil-Khuwaishirah At-Tamiimiy datang, lalu berkata : “Berbuat adillah wahai Muhammad !”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Celaka engkau. Siapakah yang akan berbuat adil jika aku tak berbuat adil ?". Mendengar itu ‘Umar bin Al-Khaththaab berkata : “Ijinkanlah aku untuk memenggal lehernya !”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Biarkan saja ia, sebab ia mempunyai beberapa teman yang salah seorang diantara kalian akan menganggap remeh shalatnya dibanding dengan shalat orang itu, menganggap remeh puasanya dengan puasa orang itu. (Akan tetapi) mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya....” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6933].

Kemudian muncul di jaman ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu dengan kekuatan dan pendukung untuk melawannya (‘Aliy).

أَخْبَرَنَا أَبُو الْحَسَنِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَعْقُوبَ بْنِ أَحْمَدَ الْفَقِيهُ، بِالطَّابِرَانِ، نَا أَبُو عَلِيٍّ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ بْنِ الصَّوَّافِ، نَا أَبُو يَعْقُوبَ إِسْحَاقُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ مَيْمُونٍ الْحَرْبِيُّ، نَا أَبُو غَسَّانَ، نَا زِيَادٌ الْبَكَّائِيُّ، نَا مُطَرِّفُ بْنُ طَرِيفٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ الْجَهْمِ أَبِي الْجَهْمِ مَوْلَى الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ، قَالَ: " بَعَثَنِي عَلِيُّ إِلَى النَّهَرِ إِلَى الْخَوَارِجِ، فَدَعَوْتُهُمْ ثَلاثًا قَبْلَ أَنْ نُقَاتِلَهُمُ "

Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Hasan bin Muhammad bin Ya’quub bin Ahmad Al-Faqiih di negeri Thaabiraan : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Aliy Muhammad bin Ahmad bin Al-Hasan bin Ash-Shawwaaf : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Ya’quub Ishaaq bin Al-Hasan bin Maimuun Al-Harbiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Ghassaan : Telah mengkhabarkan kepada kami Ziyaad Al-Bakkaa’iy : Telah mengkhabarkan kepada kami Mutharrif bin Thariif, dari Sulaimaan bin Al-Jahm Abul-Jahm maulaa Al-Barraa’ bin ‘Aazib, dari Al-Barraa’ bin ‘Aazib, ia berkata : “’Aliy pernah mengutusku ke Nahrawan menemui orang-orang Khawaarij. Lalu aku menyeru mereka untuk bertaubat sebanyak tiga kali sebelum kami memerangi mereka” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Ash-Shughraano. 3393].

Sanad riwayat ini hasan. Semua perawinya tsiqaat kecuali Ziyaad Al-Bakaa’iy, seorang yang shaduuq.

Orang-orang Khawaarij didominasi orang-orang berusia muda yang tidak kokoh ilmunya.

Ibnu Hajar rahimahullah berkata :

والأسنان جمع سن والمراد به العمر، والمراد أنهم شباب. قوله: "سفهاء الأحلام" جمع حلم بكسر أوله والمراد به العقل، والمعنى أن عقولهم رديئة. وقال النووي: يستفاد منه أن التثبت وقوة البصيرة تكون عند كمال السن وكثرة التجارب وقوة العقل.

“Dan kata al-asnaan (الْأَسْنَانُ) adalah jamak dari katasinn (سِنٌّ) yang berarti usia. Maksudnya, mereka (Khawaarij) itu dalah para pemuda. Dan sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘sufahaa’ul-ahlaam’;ahlaam (أَحْلَامٌ) adalah jamak dari hilm (حِلْمٌ) yang berarti akal. Maknanya adalah : akal mereka rusak. An-Nawawiy berkata : ‘Diambil faedah darinya bahwasannya tatsabbut dan kekuatan bashiirah (pandangan) ada pada kesempurnaan usia, banyaknya pengalaman, dan kuatnya akal” [Fathul-Baariy, 12/287].

حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ حَمْزَةُ بْنُ الْعَبَّاسِ الْعَقَبِيُّ بِبَغْدَادَ، ثنا عَبْدُ الْكَرِيمِ بْنُ هُشَيْمٍ، ثنا نُعَيْمُ بْنُ حَمَّادٍ، وَأَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ الْمَحْبُوبِيُّ بِمَرْوَ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ سَيَّارٍ، ثنا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ، قَالا: ثنا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْمُبَارَكِ، أَنْبَأَ خَالِدُ بْنُ مِهْرَانَ الْحَذَّاءُ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " الْبَرَكَةُ مَعَ أَكَابِرِكُمْ "

Telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad Hamzah bin Al-‘Abbaas Al-‘Aqabiy di Baghdaad : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Kariim bin Husyaim : Telah menceritakan kepada kami Nu’aim bin Hammaad. Dan telah mengkhabarkan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin Ahmad Al-Mahbuubiy di Marwi : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Sayyaar : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Waarits bin ‘Ubaidillah; mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Al-Mubaarak : Telah memberitakan Khaalid bin Mihraan Al-Hadzdzaa’, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Barakah itu bersama dengan orang-orang tua (akaabir) di kalangan kalian” [Diriwayatkan oleh Al-Haakim dalam Al-Mustadrak, 1/62; dan ia berkata : “Shahih sesuai persyaratan Al-Bukhaariy, namun ia tidak meriwayatkannya”].

Orang-orang Khawaarij adalah orang yang gemar membaca Al-Qur’an.

Ibnu Hajar rahimahullah berkata :

وكان يقال لهم القراء لشدة اجتهادهم في التلاوة والعبادة، إلا أنهم كانوا يتأولون القرآن على غير المراد منه ويستبدون برأيهم ويتنطعون في الزهد والخشوع وغير ذلك

“Dan mereka (Khawaarij) disebut qurraa’ dikarenakan besarnya kesungguhan mereka dan membaca Al-Qur’an dan ibadah. Namun, mereka menta’wilkan Al-Qur’an pada sesuatu yang bukan maksudnya, mengutamakan pendapat mereka, berlebih-lebihan dalam zuhd dan khusyu’, dan yang lainnya” [Fathul-Baariy, 12/283].

Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah berkata :

وفي هذا الحديث نص على أنَّ القرآن قد يقرؤه مَنْ لا دين له، ولا خير فيه، ولا يجاوز لسانه

“Dan dalam hadits ini merupakan nash bahwa Al-Qur’an kadang dibaca oleh orang yang tidak mempunyai agama, kebaikan, dan tidak melampaui lisannya (tidak memahami)” [Al-Istidzkaar, 8/90].

حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ مِنْ كِتَابِهِ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ شُرَيْحٍ، سَمِعْتُ شُرَحْبِيلَ بْنَ يَزِيدَ الْمَعَافِرِيَّ، أَنَّهُ سَمِعَ مُحَمَّدَ بْنَ هدَيَّةَ الصَّدَفِيَّ، قَال: سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ العاص، يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " إِنَّ أَكْثَرَ مُنَافِقِي أُمَّتِي قُرَّاؤُهَا "

Telah menceritakan kepada kami Zaid bin Al-Hubaab dari kitabnya : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin Syuraih : Aku mendengar Syurahbiil bin Yaziid Al-Mu’aafiriy, bahwasannya ia mendengar Muhammad bin Hadiyyah Ash-Shadafiy berkata : Aku mendengar ‘Abdullah bin ‘Amru bin Al-‘Aash berkata : Aku mendengar Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya mayoritas orang munafiq di kalangan umatku adalah para qari’-nya” [Diriwayatkan oleh Ahmad 2/175 no. 6633].

Sanad riwayat ini hasan, dan shahih dengan keseluruhan jalannya. Dishahihkan oleh Al-Arna’uth dkk. dalam Takhriij Musnad Al-Imaam Ahmad, 11/209-210, Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1417].

Dalam riwayat lain, selain gemar membaca Al-Qur’an, Khawaarij juga merupakan kaum yang gemar beribadah kepada Allah ta’ala.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَارِثِ التَّيْمِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " يَخْرُجُ فِيكُمْ قَوْمٌ تَحْقِرُونَ صَلَاتَكُمْ مَعَ صَلَاتِهِمْ، وَصِيَامَكُمْ مَعَ صِيَامِهِمْ، وَعَمَلَكُمْ مَعَ عَمَلِهِمْ، وَيَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لَا يُجَاوِزُ حَنَاجِرَهُمْ، يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنَ الرَّمِيَّةِ........

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yuusuf : Telah mengkhabarkan kepada kami Maalik, dari Yahyaa bin Sa’iid, dari Muhammad bin Ibraahiim bin Al-Haarits At-Taimiy, dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan, dari Abu Sa’iid Al-Khudriy radliyallaahu ‘anhu, bahwasannya ia pernah mendengar Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Akan keluar pada kalian satu kaum yang kalian akan anggap remeh shalat kalian dibandingkan shalat mereka, puasa kalian dibandingkan puasa mereka, dan amal kalian dibandingkan amal mereka. Dan mereka membaca Al-Qur’an namun tidak melewati tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama seperti keluarnya anak panah dari busurnya.....” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5058].

عَنْ عِكْرِمَةَ بْنِ عَمَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو زُمَيْلٍ الْحَنَفِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: ......فَدَخَلْتُ عَلَى قَوْمٍ لَمْ أَرَ قَوْمًا قَطُّ أَشَدَّ اجْتِهَادًا مِنْهُمْ، أَيْدِيهِمْ كَأَنَّهَا ثَفِنُ الإِبِلِ، وَوُجُوهُهُمْ مُعَلَّمَةٌ مِنْ آثَارِ السُّجُودِ.....

Dari ‘Ikrimah bin ‘Ammaar, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Zumail Al-Hanafiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “....Lalu aku pun menemui satu kaum yang aku tidak pernah melihat satu kaum yang lebih hebat kesungguhan (ibadahnya) dibandingkan mereka. Tangan-tangan mereka seperti tapak kaki onta, dan wajah-wajah mereka terdapat tanda hitam bekas sujud....” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 10/157-158 no. 18678; shahih].

Banyaknya ibadah yang mereka lakukan tidaklah bermanfaat, karena mereka berlebih-lebihan dalam menjalankannya. Dalam riwayat lain disebutkan :

حَدَّثَنَا يَزِيدُ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى أَبِي سَعِيدٍ، فَقَالَ هَلْ سَمِعْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ فِي الْحَرُورِيَّةِ شَيْئًا؟ قَالَ: " سَمِعْتُهُ يَذْكُرُ قَوْمًا يَتَعَمَّقُونَ فِي الدِّينِ، يَحْقِرُ أَحَدُكُمْ صَلَاتَهُ عِنْدَ صَلَاتِهِمْ، وَصَوْمَهُ عِنْدَ صَوْمِهِمْ، يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنَ الرَّمِيَّةِ......

Telah menceritakan kepada kami Yaziid : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Amru, dari Abu Salamah, ia berkata : Seorang laki-laki mendatangi Abu Sa’iid dan berkata : “Apakah engkau pernah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan sesuatu tentang Haruuriyyah (Khawaarij) ?”. Ia berkata : “Aku pernah mendengar beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan satu kaum yang berlebih-lebihan dalam agama, yang salah seorang di antara kalian akan menganggap remeh shalatnya dibandingkan shalat mereka dan puasanya dibandingkan puasa mereka. Mereka keluar dari agama seperti keluarnya anak panah dari busurnya....” [Diriwayatkan oleh Ahmad, 3/33-34].

Sanad riwayat ini hasan, dan shahih dengan keseluruhan jalannya. Dishahihkan oleh Al-Arna’uth dkk. dalam Takhriij Musnad Al-Imaam Ahmad, 17/393.

An-Nawawiy rahimahullah berkata :

وأنهم يشددون في الدين في غير موضع التشديد

“Dan mereka (Khawaarij) ketat/mempersulit diri dalam agama pada sesuatu yang tidak perlu untuk memperketat/mempersulit diri” [Syarh Shahiih Muslim, 7/172].

Sikap berlebih-lebihan dalam agama hanyalah akan menimbulkan kesulitan dan kebinasaan. Oleh karena itu, Islam melarang sikap berlebih-lebihan dalam agama.

Allah ta’ala berfirman :

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ غَيْرَ الْحَقِّ وَلا تَتَّبِعُوا أَهْوَاءَ قَوْمٍ قَدْ ضَلُّوا مِنْ قَبْلُ وَأَضَلُّوا كَثِيرًا وَضَلُّوا عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ

“Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus” [QS. Al-Maaidah : 77].

حَدَّثَنَا عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ مُطَهَّرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ مَعْنِ بْنِ مُحَمَّدٍ الْغِفَارِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلَّا غَلَبَهُ....

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdus-Salaam bin Muthahhir, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin ‘Aliy, dari Ma’n bin Muhammad Al-Ghifaariy, dari Sa’iid bin Abi Sa’iid Al-Maqburiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Sesungguhnya agama itu mudah. Dan tidaklah ada yang mempersulitnya kecuali agama akan mengalahkannya.....” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 39].

أَخْبَرَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ عُلَيَّةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَوْفٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ حُصَيْنٍ، عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ، قَالَ: قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَدَاةَ الْعَقَبَةِ وَهُوَ عَلَى رَاحِلَتِهِ: " هَاتِ الْقُطْ لِي، فَلَقَطْتُ لَهُ حَصَيَاتٍ هُنَّ حَصَى الْخَذْفِ فَلَمَّا وَضَعْتُهُنَّ فِي يَدِهِ، قَالَ: بِأَمْثَالِ هَؤُلَاءِ وَإِيَّاكُمْ وَالْغُلُوَّ فِي الدِّينِ، فَإِنَّمَا أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمُ الْغُلُوُّ فِي الدِّينِ "

Telah mengkhabarkan kepada kami Ya’quub bin Ibraahiim Ad-Dauraqiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Ulayyah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Auf, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ziyaad bin Hushain, dari Abul-‘Aaliyyah, ia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepadaku pada waktu pagi di hari ‘Aqabah, dan waktu itu beliau berada di atas kendaraannya : “Ambilkanlah kerikil untukku”. Lalu aku pun memungut beberapa kerikil untuk beliau gunakan melempar jumrah. Ketika aku taruh kerikil tersebut dalam genggaman tangannya, beliau bersabda : “Seperti mereka. Berhati-hatilah engkau dari sikap berlebih-lebihan dalam agama. Sesungguhnya kebinasaan orang-orang sebelum kalian hanyalah disebabkan berlebih-lebihan dalam agama” [Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 3057].

Orang-orang Khawaarij sedikit pengetahuannya tentang fiqh, bagus dalam perkataan namun jelek dalam perbuatan.

Mereka berkata-kata dengan sebaik-baik perkataan – yaitu Kitabullah - , hanya saja mereka tidak memahaminya sehingga salah dalam menerapkannya.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ خَيْثَمَةَ، عَنْ سُوَيْدِ بْنِ غَفَلَةَ، قَالَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " يَأْتِي فِي آخِرِ الزَّمَانِ قَوْمٌ حُدَثَاءُ الْأَسْنَانِ، سُفَهَاءُ الْأَحْلَامِ، يَقُولُونَ مِنْ خَيْرِ قَوْلِ الْبَرِيَّةِ، ......

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsiir : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-A’masy, dari Khaitsamah, dari Suwaid bin Ghafalah : Telah berkata ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu : Aku pernah mendengar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Akan datang pada akhir jaman satu kaum yang berusia muda dan lemah akalnya. Mereka mengatakan dengan sebaik-baik perkataan manusia.....” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 3611].

Tentang makna perkataan : ‘sebaik-baik perkataan manusia’ (خَيْرُ قَوْلِ الْبَرِيَّةِ), Ibnu Hajar rahimahullah berkata :

وَأَنَّ الْمُرَاد مِنْ قَوْل خَيْر الْبَرِيَّة وَهُوَ الْقُرْآن . قُلْت : وَيَحْتَمِل أَنْ يَكُون عَلَى ظَاهِره وَالْمُرَاد الْقَوْل الْحَسَن فِي الظَّاهِر وَبَاطِنه عَلَى خِلَاف ذَلِكَ كَقَوْلِهِمْ " لَا حُكْم إِلَّا لِلَّهِ "

“Dan bahwasannya yang dimaksudkan dengan ‘sebaik-baik perkataan manusia’, yaitu : Al-Qur’aan. Aku katakan : Dan kemungkinan maknanya adalah sebagaimana dhahirnya, yaitu maksudnya adalah perkataan yang baik secara dhahir, namun secara bathin menyelisihinya – seperti perkataan mereka (Khawaarij) : ‘tidak ada hukum kecuali milik Allah” [Fathul-Baariy, 12/287].

An-Nawawiy rahimahullah berkata :

مَعْنَاهُ : فِي ظَاهِر الْأَمْر كَقَوْلِهِمْ : لَا حُكْمَ إِلَّا لِلَّهِ ، وَنَظَائِره مِنْ دُعَائِهِمْ إِلَى كِتَاب اللَّه تَعَالَى . وَاَللَّه أَعْلَم

“Maknanya adalah baik secara dhahir, seperti perkataan mereka : ‘tidak ada hukum kecuali milik Allah’, dan yang semisalnya dari ajakan mereka untuk kembali kepada Kitabullah ta’ala. Wallaahu a’lam” [Syarh Shahiih Muslim, 17/175].

حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَاصِمٍ الْأَنْطَاكِيُّ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، وَمُبَشِّرٌ يَعْنِيَ ابْنَ إِسْمَاعِيلَ الْحَلَبِيَّ بِإِسْنَادِهِ، عَنْ أَبِي عَمْرٍو، قَالَ يَعْنِي الْوَلِيدَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَمْرٍو، قَالَ: حَدَّثَنِي قَتَادَةُ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، وَأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: سَيَكُونُ فِي أُمَّتِي اخْتِلَافٌ وَفُرْقَةٌ، قَوْمٌ يُحْسِنُونَ الْقِيلَ وَيُسِيئُونَ الْفِعْلَ، يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لَا يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ، ......

Telah menceritakan kepada kami Nashr bin ‘Aashim Al-Anthaakiy : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid dan Mubasysyir bin Ismaa’iil Al-Halabiy dengan sanadnya dari Abu ‘Amru – Al-Waliid berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Amru - , ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Qataadah, dari Abu Sa’iid Al-Khudriy dan Anas bin Maalik, dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Akan ada di kalangan umatku perselisihan dan perpecahan. Yaitu satu kaum yang bagus dalam perkataannya, namun jelek dalam perbuatannya. Mereka membaca Al-Qur’an namun tidak melewati tenggorokan mereka. .......” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4765].

Ibnu Hajar rahimahullah berkata :

وقال النووي: المراد أنهم ليس لهم فيه حظ إلا مروره على لسانهم لا يصل إلى حلوقهم فضلا عن أن يصل إلى قلوبهم، لأن المطلوب تعقله وتدبره بوقوعه في القلب. قلت: وهو مثل قوله فيهم أيضا: "لا يجاوز إيمانهم حناجرهم" أي ينطقون بالشهادتين ولا يعرفونها بقلوبهم

“An-Nawawiy berkata : Maksud (sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘mereka membaca Al-Qur’an namun melewati tenggorokan mereka’) adalah : mereka tidak mempunyai bagian dari Al-Qur’an, kecuali sekedar melewati lisan mereka, tidak sampai melewati tenggorokan, apalagi sampai pada hati mereka. Padahal yang diminta (dari Al-Qur’an) adalah memikirkan dan mentadaburinya dengan meresapinya di dalam hati’. Aku (Ibnu Hajar) berkata : Hal itu seperti sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang mereka (Khawaarij) : ‘iman mereka tidak sampai melewati pangkal tenggorokan mereka’; yaitu : mereka mengucapkan dua kalimat syahadat, namun mereka tidak mengetahuinya/memahaminya dengan hati mereka” [Fathul-Baariy, 12/293].

Kongkrit penerapan ayat dalam Kitabullah ala Khawaarij adalah seperti yang dikatakan Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa dalam riwayat :

ثنا يونس، ثنا ابن وهب، أخبرني عمرو بن الحارث، أن بكيرا حدثه، أنه سأل نافعا كيف كان رأي ابن عمر في الحرورية ؟ قال: " يراهم شرار خلق الله، انطلقوا إلى آيات في الكفار، فجعلوها في المؤمنين

Telah menceritakan kepada kami Yuunus : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Amru bin Al-Haarits, bahwasannya Bukair menceritakan kepadanya, bahwa ia pernah bertanya kepada Naafi’ bagaimana pendapat Ibnu ‘Umar tentang Haruuriyyah. Ia menjawab : “Ia memandangnya sebagai makhluk Allah yang paling buruk. Mereka membawa ayat-ayat yang berkenaan dengan orang-orang kafir dan mengenakannya pada orang-orang beriman” [Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Tahdziibul-Aatsaar – sebagaimana dinukil Ibnu Hajar dalamTaghliiqut-Ta’liiq 5/259; shahih].

Al-Aajurriy rahimahullah berkata :

ومما يتبع الحرورية من المتشابه قول الله عز وجل : وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ . ويقرؤون معها : ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ فإذا رأوا الإمام يحكم بغير الحق قالوا : قد كفر . ومن كفر عدل بربه ، فقد أشرك ، فهؤلاء الأئمة مشركون ، فيخرجون فيفعلون ما رأيت ، لأنهم يتأولون هذه الآية .

“Dan termasuk di antara syubhat yang diikuti kaum Haruuriyyah (Khawaarij) dalam firman Allah ta’ala : ‘Dan barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa-apa yang diturunkan Allah, maka mereka termasuk orang-orang kafir’ (QS. Al-Maaidah : 44). Mereka membacanya bersama ayat : ‘Namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka’ (QS. Al-An’aam : 1). Apabila mereka melihat seorang imam (penguasa) yang berhukum bukan dengan kebenaran, mereka pun berkata : ‘Sungguh ia telah kafir. Dan barangsiapa yang kafir, maka ia telah mempersekutukan Rabb-nya, dan sungguh ia telah berbuat syirik. Mereka adalah para pemimpin kaum musyrik’. Akhirnya, mereka (Khawaarij) keluar (dari ketaatan) dan melakukan apa-apa yang telah kamu lihat. Hal itu dikarenakan mereka mena’wilkan (secara keliru) ayat ini” [Asy-Syarii’ah, 1/144].

حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ أَبِي سَهْلٍ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ أَبِي غَالِبٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، يَقُولُ: " شَرُّ قَتْلَى قُتِلُوا تَحْتَ أَدِيمِ السَّمَاءِ، وَخَيْرُ قَتْلَى مَنْ قَتَلُوا كِلَابُ أَهْلِ النَّارِ، قَدْ كَانَ هَؤُلَاءِ مُسْلِمِينَ فَصَارُوا كُفَّارًا "، قُلْتُ يَا أَبَا أُمَامَةَ: هَذَا شَيْءٌ تَقُولُهُ، قَالَ: بَلْ سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami Sahl bin Sahl : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan bin ‘Uyainah, dari Abu Ghaalib, dari Abu Umaamah, ia berkata : “Sejelek-jelek orang yang terbunuh di bawah kolong langit dan sebaik-baik orang yang terbunuh adalah orang yang mereka bunuh; mereka itu adalah anjing-anjing penghuni neraka. Sungguh, mereka itu dulunya muslim, namun berubah menjadi kafir”. Aku (Abu Ghaalib) berkata : “Wahai Abu Umaamah, apakah ini sekedar perkataanmu saja ?”. Ia menjawab : “Bahkan, itu adalah yang aku dengar dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 176].

Abu Ghaalib mempunyai mutaba’ah dari Shafwaan bin Sulaim dan Syaddaad bin ‘Abdillah rahimahumullah.

Oleh karena itu, jangan kita tertipu dan silau oleh slogan-slogan ketaqwaan dan kembali kepada syari’at yang dikumandangkan oleh orang-orang Khawaarij.

Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar