Translate

Sabtu, 28 Maret 2015

Sejarah Perjalanan Kyai Ageng Pandan Aran dan Makna Makam Tembayat

Sekitar tahun 1512 Ki Ageng Pandan Aran menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, atas bimbingan sang Guru Kanjeng Sunan Kalijogo beliau uzlah, 
Perjalanan Ke Jabalkat
            
Singkat cerita Ki Ageng Pandan Aran akan pergi ke Jabalkat untuk mencari Sunan Kalijaga. Beliau berpamitan pada kedua istrinya. Baru melangkah beberapa meter, Ki Ageng  menoleh kebelakang. Dan ternyata kedua istrinya sudah mengikutinya dengan membawa tongkat. Tongkat itu diisi dengan emas dan berlian. Ki Ageng sudah tahu kalau istrinya membawa harta, namun Ki Ageng tidak menegurnya.
            
Dalam perjalanan ke Jabalkat Ki Ageng Pandan Aran selalu berjalan di depan istrinya. Istrinya Nyai Ageng Kaliwungu jauh di belakang. Di tengah perjalanan, tepatnya di selatan Semarang Ki Ageng Padang Aran dicegat 2 orang perampok. Kedua perampok itu menyuruh Kyai Ageng untuk menyerahkan hartanya. Namun Kyai Ageng  tidak membawa apa-apa dan menyuruh perampok-perampok itu jika ingin harta untuk mengambil tongkat yang di bawa wanita dibelakang. Di dalamnya terdapat emas dan berlian tapi jangan sekali-kali kalian mencelakainya karena dia istriku. Ambil saja tongkatnya dan segeralah pergi.
            
Tak lama kemudian lewatlah Nyai Ageng dengan membawa tongkat. Dan perampok-perampok itu langsung merebut tongkat tersebut. Nyai Ageng menangis sambil berlari menyusul Ki Ageng. Sedangkan istri yang satunya kembali pulang. Karena sifat perampok itu serakah mereka merasa belum puas dengan hasil rampasannya. Perampok itu meminta bekal yang di bawa Ki Ageng bahkan mengancam kalau tidak di beri akan membunuhnya. Kemudian Ki Ageng Pandan Aran berkata “Wong salah kok iseh tega temen (Bahasa Indonesia: orang sudah salah kok masih tega). Kata-kata salah tega itu kemudian sampai sekarang menjadi nama kota Salatiga.

Kemudian Ki Ageng Pandan Aran berujar “keterlaluan kau ini, tindakanmu mengendus seperti domba saja”. Dan seketika itu kepala dari Sambang Dalan (nama seorang perampok) berubah menjadi kepala domba. Mengetahui kepalanya berubah menjadi domba, Sambang Dalan menangis dan menyesal atas perbuatannya. Dan berjanji akan mengabdi pada Ki Ageng Sejak saat itu Sambang Dalan di juluki Syeh Domba.
            
Sedangkan perampok yang satunya lagi rebah ketakutan (dalam bahasa jawa: ngewel) dan kepalanya berubah menjadi kepala ular. Sejak saat itu dia di juluki Syeh Kewel. Kedua perampok tadi menjadi santri setia Ki Ageng. Dan mengikuti Ki Ageng untuk pergi ke Jabalkat
            
Hari demi hari berlalu, Ki Ageng  terus berjalan ke Selatan untuk menuju Ke Jabalkat. Mereka sudah jauh meninggalkan kota Semarang, namun Ki Ageng Pandan Aran tetap tegap berjalan sedangkan Nyai Ageng sudah lelah dan di ikuti oleh muridnya. Pada suatu hari Ki Ageng Pandan Aran berjalan terus tanpa henti, tanpa menghiraukan istrinya. Nyai Ageng tertinggal jauh di belakang. Lalu Nyai Ageng berkata “Ojo lali ingsun, aku ojo ditinggal terus” (bahasa Indonesia: jangan lupa kamu, istrimu jangan ditinggal terus). Sampai saat ini untuk mengingat hal itu tempat tersebut diberi nama Boyolali.
            
Perjalan mereka telah sampai di sebuah desa yang tidak jauh dari tujuannya. Rombongan Ki Ageng  melihat seorang perempuan tua yang membawa beras. Kemudian Ki Ageng Pandan Aran berkata “Tunggu sebentar Nyai, kami hanya ingin bertanya dimanakah Jabalkat itu?”. Perempuan itu menjawab “Kurang lebih sepuluh kilometer lagi ke Timur”. Kemudian Ki Ageng  bertanya lagi “Apakah yang Nyai bawa itu?”. Karena takut di rampok perempuan itu berbohong dan menjawab bahwa yang dibawanya adalah wedi (bahasa Indonesia: pasir).
            
Setelah rombongan Ki Ageng  berlalu, perempuan tadi merasa beras yang di gendongnya semakin berat. Ternyata setelah di lihat, beras yang dibawanya tadi berubah menjadi wedi (pasir). Perempuan itu menyesal karena sudah berbohong. Dalam hatinya ia bertanya siapakah rombongan tadi dan perempuan itu bertekat tidak akan berbohong lagi. Kemudian desa tempat membuang wedi (pasir) tadi sampai sekarang terkenal dengan nama Wedi, salah satu nama  kecamatan di wilayah Kabupaten Klaten.
            
Singkat cerita, pada suatu hari Ki Ageng  bermalam di salah satu rumah penduduk desa. Orang ini berjualan srabi, namanya Nyai Tasik orangnya galak dan kikir. Disini Ki Ageng ikut berjualan srabi dan mengaku bernama Slamet. Dengan kehadiran Slamet inilah srabi Nyai Tasik laris sekali. Sampai-sampai banyak orang rela berjam-jam antri untuk membeli srabi buatan Nyai Tasik.
            
Suatu hari Nyai Tasik menyuruh Slamet untuk mencari kayu bakar di hutan karena persediaan kayu bakar sudah habis. Namun anehnya Slamet tidak mencari kayu bakar tetapi srabi tetap matang. Ternyata tangan Slamet di masukkan ke dalam tungku untuk memasak srabi. Alangkah terkejutnya Nyai Tasik mengetahui hal itu.
            
Dengan kejadian itu Nyai Tasik takut dan tahu bahwa Slamet bukanlah orang sembarangan. Dengan kejadian itu Ki Ageng Pandan Aran memberi tahu Nyai  Tasik siapa dirinya. Nyai Tasik Pun Bertaubat dan mengikuti ajaran Kyai Ageng. Dan setelah itu Ki Ageng Pandan Aran melanjutkan perjalanan Ke Jabalkat. Beliau melanjutkan perjalanan ke arah timur. Baru melangkah beberapa meter sudah terlihat dari kejauhan Gunung Jabalkat.
            
Tibalah Ki Ageng Pandan Aran di sebuah desa. Di desa ini Ki Ageng  merasa haus sekali. Ki Ageng meminta ketimun pada seorang petani. Namun petani itu berkata bahwa ketimunnya belum berbuah. Tetapi Ki Ageng tahu bahwa ketimunnya sudah berbuah satu. Lalu Ki Ageng Pandan Aran berkata “Iki wes jiwoh” (jiwoh=siji awoh). Maka sampai sekarang desa itu terkenal dengan nama desa Jiwo, terletak di sebelah barat Gunung Jabalkat.
           
Setelah Ki Ageng Pandan Aran meninggalkan desa Jiwo, baru beberapa meter berjalan sudah sampai di kaki Gunung Jabalkat. Kemudian dengan segera Ki Ageng  menaiki gunung tersebut. Setelah sampai di puncak Gunung Jabalkat, Ki Ageng Pandan Aran terdiam lama menunggu Sunan Kalijogo  Kemudian Ki Ageng Pandan Aran meminta petunjuk Alloh dan sesaat kemudian terlihat sosok tubuh yang tak lain adalah Sunan Kalijogo Sang Guru yang sangat dinantikan.
            
Mulai saat itu Kyai Ageng Pandan Aran tinggal di Jabalkat dan merasa mendapat perintah untuk menyiarkan agam islam. Lalu Ki Ageng mendirikan masjid di puncak Gunung Jabalkat. Dan setiap hari Jumat Legi ada sarasehan. Dengan adanya pengajian ini, rakyat di sekitar mengenalnya dengan sebutan Kyai Ageng Pandan Aran yang berarti orang yang memberi pepadang atau penerangan. Dan tempat untuk berkumpul diberi nama Paseban. Sampai sekarang nama Paseban menjadi nama dukuh atau desa.
            
Syeh Domba dan Syeh Kewel diberi tugas oleh Kyai Ageng Pandan Aran untuk mengisi padasan (tempat wudhu) dengan kranjang. Walau tugas itu berat namun tetap mereka jalani. Mereka harus naik turun gunung untuk membawa air tesebut. Mereka tetap tabah dan tawakal. Hingga pada suatu hari Sunan Kalijaga melihat keduanya, kemudian menanyakan kepada Kyai Ageng “Kedua muridmu itu apakah memang domba dan ular?”. Sunan Pandan Aran menjawab sebenarnya juga manusia. Dan seketika itu kepala Syeh Domba dan Syeh Kewel berubah lagi menjadi kepala manusia.
           
Syeh Domba dan Syeh Kewel semakin mantap beguru kepada Sunan Pandan Aran, hingga meninggalnya mereka. Syeh Domba meninggal lebih dahulu. Kyai Ageng Pandan Aran memberi pusaka dan Syeh Domba meninggal karena menabrak pusaka itu. Konon Syeh domba adalah patih Majapahit karena patih Majapahit hanya bisa mati dengan pusaka itu. Syeh Domba di makamkan di Gunung Cakaran. Sedangkan Syeh Kewel di makamkan di Sentana (di desa Penengahan, sebelah tenggara desa Paseban).

Dalam perjalanan uzlahnya dari urusan duniawi beliau mengajarkan ilmu-ilmu agama dengan metode patembayatan yang mempunyai makna kurang lebih musyawaroh. Karena sistim mengajinya dengan metode tersebut beliau oleh Sang Guru (Sunan Kalijaga) mendapat sebutan Sunan Bayat. Dan daerah padhepokannya terkenal dengan daerah Bayat yang terletak kurang lebih 12 km. dari ibukota kabupaten Klaten.

Ki Ageng Sunan Pandan Aran wafat pada tahun 1537 dengan meninggalkan murid-murid yang sangat terkenal antara lain : Syeikh Dombo, Ki Ageng Gribig, Nyai Ageng Tasik, Kyai Sabuk Janur, Kyai Sekar Dlimo, Ki Ageng Semilir, Ki Ageng Majasto, Kyai Kali Datuk, Ki Ageng Konang serta masih banyak yang lainnya.

Ki Ageng Sunan Pandan Aran merupakan wali penutup atau terakhir dalam kumpulan wali sanga. 
Sebagai penghormatan Sultan Hadiwijaya pada tahun 1566 membangun makam beliau 
Dan pada tahun 1633 diperluas oleh Sultan Agung dan diberikan ajaran-ajaran yang tersirat dari tata cara dalam melaksanakan ritual ziarah dan bentuk bangunan yang ada di makam Ki Ageng Sunan Pandan Aran, 
insyaalloh sebagian akan diuraikan dibawah ini.

Sebelum menguraikan ajaran yang tersirat dari ritual dan bentuk bangunan makam alangkah baiknya apabila kita mengenang salah satu ajaran Ki Ageng Sunan Pandanaran sebelum meninggal yaitu :

Syare’at Golo.

Golo terdiri dari dua huruf Jawa Go dan Lo, huruf Go adalah angka 1 dalam angka Jawa dan Lo adalah angka 7, yen sliramu pingin dadi manungsa kang sampurno nyuwuno pituduh, pitutur, pitulungan marang Dzat kang Tunggal kanthi nindakno 17 dawuh-E(Terjemahan bebasnya kalau kamu kepingin menjadi manusia yang sempurna mintalah petunjuk, nasehat dan pertolongan kepada Dzat yang Maha Esa dengan melaksanakan 17 perintah-Nya(Sholat 17 rokaat).

Dan syareat tersebut diabadikan menjadi nama masjid Golo.

Adapun puncak ajaran dari syareat golo ini terlukis dari penamaan puncak Jabalkat. Jabalkat dari kata Jabal Uhud yang merupakan kata dari bahasa Arab dimana Jabal berarti gunung, uhud merupakan kata ganti dari Ahad yang berarti Esa. Artinya Gunung Keesaan (puncak dari tauhid), apabila kita bisa benar-benar melaksanakan sholat wajib 17 rokaat sehari.

Sejarah Masjid Golo
            
Ki Ageng Pandan Aran mendirikan masjid di puncak Gunung Jabalkat. Pada zaman dahulu, sewaktu Ki Ageng Pandan Aran akan sholat Subuh, raja Demak (Raden Fatah) merasa tergangggu dengan suara azdan karena mengganggu tidurnya. Sehingga Raden Fatah menyuruh prajuritnya untuk memperingatkan adzan Ki Ageng Pandan Aran terlalu malam dan menyuruh untuk menurunkan masjid. Namun sebelum utusan dari demak itu sampai di Jabalkat, Ki Ageng Pandan  Aran sudah mengetahuinya. Dalam semalam masjid itu sudah berada di lereng gunung Jabalkat. Sehingga masjid ini disebut juga dengan Masjid Tiban.
            
Sampai sekarang masjid itu diberi nama masjid Golo, yang artinya Go=1 Lo=7 (angka jawa). Artinya 17 rekaat sholat sehari semalam. Maksud Sunan Tembayat yaitu agar manusia melaksankan sholat sehari semalam berjumlah 17 rakaat. Yaitu Isak 4 rakaat, Shubuh 2 rakaat, Dhuhur 4 rakaat, Ashar 4 rakaat, dan Magrib 3 rakaat. Alasan lain penyebab di turunkannya masjid Golo adalah agar masyarakat lebih mudah jika ingin ke masjid untuk melaksanakan sholat.
            
Luas masjid Golo adalah 12x12 m. masjid Golo termasuk masjid purbakala dan berdirinya tahun berapa tidak diketahui. Secara fisik arsitektur masjid Golo bercorak Hindu. Terlihat dari pintu masuk masjid. Masjid Golo terdiri dari empat pilar utama yang berupa stupa (Budha). Tempat imam pun berbeda dengan masjid kebanyakan. Tempat imam diberi pintu dan karpet yang digunakan imam, yang terletak paling depan adalah kloso (tikar) (artinya kloso = ngen nelongso).

Di sebelah utara masjid terdapat sebuah pintu yang namanya adalah pintu Rosul. Di pintu itu yang boleh lewat adalah Rosul. Namun bukan berarti harus Rosul tetapi Habib juga boleh lewat. Di dalam masjid terdapat 2 khutbah dan ada payung juga. Alasannya karena sharo’ (perintah ghaib). Di depan masjid terdapat sebuah gentong. Gentong itulah yang dulu diisi oleh Syeh Domba dan Syeh Kewel.

Sampai sekarang masjid Golo ini masih berdiri kokoh. Yang letaknya sebelum kita memasuki kompleks makam Sunan Pandan Aran. Dari jalan masjid Golo ini sudah kelihatan. Jika kita berziarah kesana kurang lengkap jika tidak ke masjid Golo ini.
          
Jika kita berziarah ke makam Sunan Pandan Aran kurang lengkap kalau tidak membawa pulang oleh-oleh. Oleh-oleh berupa kerajinan maupun makanan dari orang-orang desa. Kerajinan dan makanan ini mempunyai sejarah. Misalnya kendi, maksud dari kendi ini adalah jika kita setelah berziarah pulang dengan membawa air suci dari Sunan Pandan Aran. Karena kendi ini terbuat dari tanah liat dan mudah pecah, maka sebagai lambang kendi ini dibuat untuk kenang-kenangan.
            
Di masa Sunan Pandan Aran Bayat bersama santri-santrinya di masjid Golo ada santri namanya Syeh Bela-belu (Raden Djoko Dhandhun) . Syeh Bela-belu ini selalu berdoa agar keinginannya di kabulkan dengan cara beliau tidak pernah tidur. Jika mengantuk ia makan dan makanan yang di makannya adalah intip (kerak nasi). Dengan hal ini maka intip (kerak nasi ) sangat terkenal di daerah sekitar makam.
            
Setelah berziarah kita wajib menyebarluaskan ajaran dan petuah Sunan Pandan Aran. Maka tak heran jika banyak peziarah yang pulang dengan membawa kenang-kenangan kipas. Kipas itu merupakan simbol dari perlambang penyebarluasan ajaran Sunan Pandan Aran kepada saudara-saudara kita.
            
Gunung Cokro Kembang tempat makam Sunan  Pandan Arang di semayamkan terletak di sebelah timur Gunung Jabalkat. Banyak bangunan yang merupakan petilasan atau peninggalan beliau. Peninggalan-peninggalan itu antara lain :

1.      Gapura Segara Muncar
Gapura Segara Muncar merupakan gapura pertama yang menjadi pintu masuk halaman atau komplek makam Sunan Pandan Aran.

2.      Gapura Dhuha
Gapura Dhuha ini adalah gapura yang di lewati ketika para peziarah menaiki tangga menuju makam Sunan Pandan Aran. ± 250 anak tangga yang harus kita naiki untuk sampai di gerbang masuk bangsal peristirahatan.

3.      Gapura Pangrantungan
Di dalam kompleks makam ini terdapat halaman yang memiliki 2 bangsal yaitu bangsal Nglebet, sebagai tempat peristirahatan dan untuk menerima tamu wanita. Yang satunya bangsal Jawi yaitu sebagai tempat peristirahatan dan untuk menerima tamu pria. Dan diantara tempat itu terdapat tempat untuk menerima tamu yang berziarah di makam Sunan Pandan Aran.

Jika kita memasuki kompleks makam maka kita akan melihat sebuah masjid. Gapura Pangrantungan terdapat di sebelah masjid ini. Setelah melewati Gapura Pangrantungan maka kita akan memasuki gerbang masuk kompleks makam para sahabat Sunan Pandan Aran

 4.      Gapura Panemut
Gapura ini tertera tulisan atau prasasti yang bunyinya “Wisaya Hanata Wisking Ratu”. Sangkala itu menunjukkan tahun pembuatan, artinya Wisaya = 5, Hanata = 5, Wisik = 5, Ratu = 1. Ini berarti gapura ini didirikan tahun 1555 Saka.

5.      Gapura Pamuncar

6.      Gapura Balekencur

7.      Gapura Prabayeksa
Gapura ini merupakan gapura terakhir sebelum ke makam Sunan Pandan Aran. Di dalam kompleks ini terdapat gentong. Gentong ini bernama Gentong Sinaga yang dulu gentong inilah yang di isi oleh murid Sunan Pandan Aran. Air di Gentong Sinaga ini dulu digunakan oleh Sunan Pandan Aran dan para sahabatnya untuk wudhu.

8.      Regol Sinaga
Setelah melewati Regol Sinaga inilah kita sudah berada di makam Sunan Pandan Aran. Makam beliau terketak diantara makam istri dan kerabatnya. Menurut cerita makam-makm itu ialah makam Nyi Ageng Madalem, Pangeran  Winang, Kyai Kali Datuk, Kyai Sabuk Janur, Kyai Banyubiru, Kyai Mlanggati, Kyai Panembahan Sumingit Wetan, Kyai Panembahan Masjid Wetan dan Panembahan Kabul. 
Makam Sunan Pandan Aran tertutup oleh bilik sehingga kita hanya bisa melihat bilik tersebut.

RITUAL DAN BANGUNAN MAKAM YANG PENUH DENGAN AJARAN (YANG MEMBANGUN SULTAN AGUNG ):

Makam Ki Ageng Sunan Pandan Aran terletak diperbukitan, masuk dalam wilayah kalurahan Paseban kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Persisnya 12 km. sebelah selatan ibukota kabupaten Klaten, dan dapat ditempuh melalui kota Klaten dengan menggunakan kendaraan umum (omprengan) maupun Bus antar kecamatan jurusan Klaten-Semin dengan ongkos yang terjangkau.

Dari atas perbukitan tempat makam Ki Ageng Pandan Aran kita dapat melihat pemandangan yang sangat menarik hati. Bukit-bukit disekitarnya sangat indah dipandang.

Memasuki areal pemakaman kita akan melihat bangunan yang sangat artistik modifikasi dari bangunan candi lengkap dengan gapura yang penuh dengan ukiran. Apa yang akan kita lihat ketika ziarah ke makam Sunan Pandan Aran sebetulnya penuh dengan pendidikan ketauhidan yang sangat dalam. Namun karena kita masyarakat awam menganggap bahwa ritual dan bangunan yang ada di makam tersebut penuh dengan tradisi Hindu/Kejawen/Kesepuhan.

Tata cara yang penulis ketahui dan banyak diyakini kebenaranya oleh peziarah antara lain: 
Supaya terkabulnya permintaan peziarah diharapakan membawa bunga, mengitung jumlah tangga naik-turun harus sama, ziarah ke makam kijing wilangan, ketika pulang dianjurkan untuk membawa bunga Kanthil, intip(kerak nasi) dan pisang kepok. Dari bentuk bangunan : Tangga yang dibikin berkelok-kelok , gapura dengan jumlah 11, balai paseban, genthong Sinaga, gedhong inten (Puncak Makam dimana Sunan Pandan Aran dimakamkan). 
Dan masih banyak lagi ritual ataupun bangunan yang lepas dari pengamatan penulis.

Ritual ziarah Makam Sunan Bayat

Filsafat Membawa Bunga

Tujuan dari ziarah kubur pada hakekatnya adalah salah satu sarana belajar untuk mengingat-ingat bahwa kitapun akan dikubur/meninggal. Setelah meninggal apa yang harus kita bawa ?

Marilah kita lihat lagi surat Al-Kahfi ayat : 45-46 yang terjemahan bebasnya kurang lebih :”Dan berilah perumpamaan kepada mereka(manusia), kehidupan dunia adalah seperti air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka tumbuh-tumbuhan menjadi subur karenanya di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu, serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Dari ayat di atas sangatlah jelas apa yang mesti kita bawa ketika menghadap kepada Dzat yang telah menciptakan dan yang akan menanyakan pertanggung jawaban kita takala hidup di dunia ini. Bahkan harta dan anak-anakpun wajib kita pertanggung jawabkan kepada Allah SWT, besok pada hari pembalasan.
Saat kita melakukan ziarah kubur seolah-olah kita wajib membawa bunga. 

Dimakam Ki Ageng Sunan Pandan Aran pun ketika akan naik ke makam kita dianjurkan untuk membawa bunga Mawar, Kenanga, Kanthil, Melati, layaknya orang yang akan melakukan sesajen. Tujuan dari membawakan bunga menurut orang-orang yang mempercayai bahwa arwah setelah meninggal masih berhubungan dengan keluarga yang masih hidup oleh sebab itu merekapun membawakan kiriman berupa bunga. 

Kitapun masyarakat muslim yang menganut faham ahlussunnah juga mempunyai kepercayaan bahwa orang yang telah meninggal masih bisa menerima kiriman do’a, amal perbuatan baik berupa shodaqoh, haji dan amal-amal lainnya. Sedangkan bunga dari kiriman itu bila kita maknai akan berbunyi : Mawarno-warno kaindahaning tindak-tanduke mayit kenengno lan kanthilno ing ati lan tindakno sakbisa-bisamu supoyo ora malati(Berbagai macam kebaikan /jasa almarhum masukan dalam hatimu agar menghujam sampai dalam, kenang dan catat dalam hatimu lan laksanakan sekuat-kuatmu agar kamu tidak mendapat bilahi/tuah).

Dari sini kita bisa memetik pelajaran bahwa bekal kita untuk menghadapi kematian adalah bunga kehidupan/amal perbuatan kita semasa hidup. Bunga kehidupan haruslah berdasarkan tuntunan syari’at yang dibawa oleh Junjungan kita Nabi Muhammad SAW, ke bawah sampai dengan ulama-ulama sekarang karena kita sudah tidak bertemu langsung dengan junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Apabila kita ingat bahwa apa yang akan menjadi bekal ketika kita naik/meninggal tentu kita akan banyak mendekat pada para ulama untuk mendapatkan petunjuk menghadapi kematian dan agar kita tidak salah membawa bekal menghadap kepada Sang Khaliq.

Filsafat Menghitung tangga

Ziarah ke makam Sunan Pandan Aran kita harus menaiki tangga, konon menurut kepercayaan barang siapa yang bisa mengitung jumlah tangga naik turunnya sama maka orang tersebut akan bahagaia atau bakal tercapai apa yang diidamkan.

Tangga adalah salah satu alat untuk memanjat bangunan yang tinggi, sedangkan arwah ketika dicabut diistilahkan dengan diangkatnya roh.
Orang yang telah meninggal tentu akan mengahadapi hari perhitungan. Pada hari itu banyak orang yang sangat menyesal karena, lalai dengan peringatan yang telah didengarnya. Untuk itu sebelum datang hari perhitungan alangkah baiknya apabila kita mau menghitung apa yang telah kita perbuat. Jika hari ini kita melakukan kesalahan cepat-cepat melakukan tobat, mohon ampun kepada Dzat Yang Maha Pengapun dan Maha Penghitung. Ini akan sangat sesuai dengan hadits nabi yang artinya kurang lebih : “Hitung-hitunglah kesalahan dirimu sebelum kalian dihitung dan timbanglah kesalahan dirimu sebelum ditimbang nanti di akhirat.”

Hisab seorang hamba (manusia) terhadap dirinya sendiri adalah dengan bertaubat, menyesali perbuatannya, dan melepaskan seluruh kemaksiatan sebelum meninggal dunia. Disamping itu ia juga menambal kekurangan yang disebabkan oleh sikap sembrono dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban Allah, mengembalikan hak-hak orang lain yang diambil secara dzalim, meminta halal kepada orang-orang yang didzalimi dengan lidah atau tangannya. Sehingga orang tersebut meninggal dunia dengan tanpa membawa dosa kedzaliman kepada orang lain.

Adapun orang yang mati, sedangkan ia membawa dosa-dosa kedzalimannya, maka besok (di akhirat) ia akan dikerumuni oleh mereka yang pernah didzaliminya. Di antara mereka lalu mengatakan: “Inilah dulu orang yang pernah mendzalimiku (di dunia) pada hari ini dan itu.” Yang lain lagi mengatakan:”Inilah orang yang pernah mencaci maki aku.” Yang lain mengatakan: “Inilah orang yang pernah menggunjing kejelekanku, sehingga aku merasa sakit hati.” Yang lain lagi juga mengatakan: “Inilah dia, orang yang pernah menjadi tetanggaku, tetapi dia suka menyakiti hatiku dan tidak pernah memenuhi hak bertetangga.” Masih ada lagi yang mengatakan: “Inilah dulu orang yang aku membeli sesuatu darinya, akan tetapi ia menipuku.”

Inilah kondisi di hari kiamat nanti. Para pelaku kedzaliman akan dipertemukan dengan orang yang pernah didzaliminya. Perbuatuan batil mereka akan dibalas langsung oleh orang-orang yang pernah didzalimi. Ada yang membalas dengan tangannya langsung, ada yang meminta ganti rugi, ada pula yang membalas dengan menyeret kepalanya dan lain sebagainya.

Dalam hal ini Rasululloh SAW pernah bersabda, mendiskripsikan fenomena tersebut dalam sabdanya: “Apakah kalian tahu siapakah orang yang bangkrut itu?” Kami (para sahabat) menjawab: “Orang yang bangkrut adalah orang yang tidak mempunyai dirham, dinar dan kekayaan sama sekali.” Beliau SAW lalu mengatakan: “Orang yang bangkrut dari golongan umatku adalah orang yang di hari kiamat kelak datang dengan membawa pahala amal shalat, puasa dan zakat, akan tetapi ia telah melakukan dosa mencaci maki orang ini, menuduh orang ini, memakan harta orang ini, mengalirkan darah orang ini, memukul orang ini. 

Maka akhirnya, orang-orang tersebut diberikan pahala dari orang yang pernah berbuat dzalim itu. Apabila amal kebaikannya telah habis sebelum diputuskan apa yang akan menimpa padanya, maka dosa-dosa mereka yang pernah didzalimi akan ditimpakan kepadanya. Akhirnya iapun dilempar ke neraka.”
Sangat beruntunglah orang yang bisa menghisap/menghitung apa yang telah diterima dan apa yang telah diberikan-Nya, syukur-syukur bisa sama antara pemberian dan yang telah diterimanya. Dan lebih beruntung lagi orang yang tidak tahu apa yang telah diterima dan yang telah diberikan.

Filsa Kijing wilangan / Mengitung batu-bata dan mengukur makam (ndepani makam* Jawa)

Di sebelah barat makam induk (Gedong inten) terdapat beberapa makam salah satunya makam penderek Ki Ageng Sunan Pandan Aran yang beranama ki Sebata. Makam ini menjadi satu komplek dengan makam Ki Ageng Dampo Awang, kedua makam ini dipercaya oleh masyarakat umum bahwa masing masing mempunyai kekeramatan sendiri-sendiri.

Makam Ki Ageng Sebata dipercaya bahwa apabila kita bisa menghitung jumlah batu bata yang menjadi kijingnya, berulang-ulang dan jumlahnya selalu sama. Maka maksud kita bakal tercapai.

Perlu kita cermati dan perhatikan benar-benar bahwa kata Sebata sepadan (istilah sekarang plesetan) dengan kata sepata dalam bahasa Indonesia berarti Sumpah. 

Sebagai umat Islam kita tentu ingat dalam al-Qur’an surat Al A’raaf ayat 172-174 Allah SWT. telah berfirman yang artinya: “Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikan itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesusngguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan), atau agar kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya orang-orang tua kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu, sedang kami ini adalah anak-anak keturunan yang (datang) sesudah mereka. Maka apakah engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang sesat dahulu?”. Dan demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu, agar mereka kembali (kepada kebenaran).

Juga dalam surat ar-Ra’du: 16 yang artinya :

“Katakanlah: “Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Jawabnya: “Allah” Katakanlah: “Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan dan tidak (pula) kemudharatan bagi mereka sendiri?” Katakanlah: “Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang; apakah mereka menjadikan sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya itu serupa menurut pandangan mereka?” Katakanlah: “Allah adalah pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha perkasa”

Setelah kita lahir dan memasuki usia baligh kita wajib mengucapkan lagi sumpah itu, dan menjadi salah satu rukun dari rukun Islam yang pertama. Sumpah kita kepada Dzat yang Maha Esa yang disebut dengan Syahadat. Kita benar-benar dianggap orang Islam jika telah bersumpah dengan lisan dan membenarkan dengan hati, dimanisfestasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Sudah selayaknya apabila Sultan Agung memberikan ajaran agar orang bisa mengitung sumpahnya itu sudah selaraskah dengan hati dan perbuatannya. Jika lisan, hati dan perbuatan selalu selaras maka akan beruntunglah kita sebagai manusia.
Makam ki Ageng Dampo Awang dipercaya apabila kita akan menjadi mulia apabila kita bisa depani (mengembangkan lengan tangan selebar-lebarnya) dan bisa sampai antara maesan di kepala dan kaki, maka akan cepat terkabul apa yang menjadi cita-cita kita.
Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa ki Dampo Awang adalah salah satu orang kepercayaan Ki Ageng Sunan Pandan Aran yang berasal dari negeri seberang (Cina). Kita sebagai orang ajam (Jawa) tentu sangat asing dengan ajaran Islam yang menggunakan bahasa Arab. Namun apabila kita mau berusaha untuk menghembangkan dada dan mau depani mengukur dengan cara belajar yang sungguh-sungguh maka akan tercapailah apa yang kita idamkan hidup bahagia dunia dan akhirat.
Filsafat Bunga kanthil, Intip/Kerak nasi dan Pisang Kepok
Setelah berdo’a dan menabur bunga di dalam makam induk kita dianjurkan untuk mencari bunga yang telah kita sebar di atas makam dan bunga yang kita cari adalah bunga kanthil.
Maksud dari ritual tersebut, setelah kita mempunyai bekal/bunga kehidupan yang kita tebar di atas dunia ini seyogyanya kita mempunyai satu amalan yang perlu kita istiqomahkan.
Mencari bunga kanthil di makam Ki Ageng Pandan Aran mempunyai pengertian hendaklah kita pelajari apa yang telah ditinggalkan oleh almarhum, dan kita masukan dalam lubuk hati sedalam-dalamnya agar benar-benar kemanthil-manthil. Dan menjadi salah satu amalan kita.
Contoh yang paling mudah adalah pelajaran Syare’at golo yang telah disebutkan diatas. Apabila kita mau renungi ajaran dari syareat golo kita akan benar-benar menjadi seorang muslim. Karena tiang dari agama kita adalah Sholat seperti tersebut dalam hadits nabi Muhammad SAW. Yang artinya kurang lebih : “Sholat adalah tiang agama …….. “
Setelah kita ziarah ketika keluar dari areal makam tersedia buah tangan yang menjadi ciri khas makam Ki Ageng Sunan Pandan Aran berupa intip (kerak nasi) dengan rasa asin maupun manis serta pisang kepok (gedang kepok).
Intip atau kerak nasi adalah nasi yang paling bawah dan paling matang sendiri bahkan sampai hangus mempunyai rasa yang khas apalagi bila dijemur sampai kering kemudian digoreng dengan diberi rasa asin atau manis.
Maksud dari oleh-oleh intip ini adalah belajarlah/membacalah kamu sampai benar-benar paham (mengerak/ngintip) baru kamu boleh pulang dengan membawa ilmu yang benar-benar matang jangan hanya setengah-setengah.
Pisang kepok/gedang kepok mempunyai arti gek ndang kapok. 
Maksudnya setelah kita mengetahui dosa-dosa dan kesalahan-kesalhan kita cepat-cepatlah bertobat, dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama pada kesempatan yang lain.
Dalam surat Ali Imron ayat 133-135 Allah SWT telah berfirman yang artinya kurang lebih :”Dan bersegeralah kalian menuju ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. Yaitu orang-orang yang mau menafkahkan (hartanya) diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang mau menahan amarahnya. Dan memaafkan kesalahan orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan juga orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji(fahisyah) atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah lalu mmemohon ampun atas dosa-dosa mereka. Dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.”
Dan dari sahabat Anas bin Malik r.a, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Allah berfirman: “Wahai ibnu Adam (manusia), sesungguhnya (meskipun) kamu tidak memohon dan mengharap kepada-Ku atas apa yang ada padamu, Aku tidak peduli. Wahai ibnu Adam (manusia), seandainya dosa-dosamu telah memenuhi kolong langit, kemudian kamu mau mohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni. Sesungguhnya jika kamu telah berbuat dosa kepada-Ku seluas bumi, kemudian kamu mendatangi-Ku dengan tidak menyekutukan sesuatupun dengan-Ku, niscaya kamu akan Aku dekati dengan ampunan.
Sesungguhnya pintu-pintu surga tertutup semuanya sampai hari kebangkitan dan penggiringan manusia, kecuali pintu taubat. Ia akan selalu terbuka siang dan malam untuk orang-orang yang mau bertaubat. Kapan saja mereka bertobat, mau kembali dan menghentikan dari sesuatu yang dilarang. Bahkan Tuhan kita yang mempunyai Keagungan dan Kemuliaan akan turun tiap malam pada sepertiga malam yang terakhir seraya memanggil-manggil hamba-Nya: “Apakah ada diantara hamba-Ku yang mau bertaubat, apakah ada diantara hamba-Ku yang mau memohon ampun ‘beristighfar’.
Orang-orang yang mau bertaubat sesungguhnya cukup mendapatkan kemulian dan derajat dari Allah, sebab secacra khusus Allah menegaskan akan kecintaan-Nya kepada mereka, sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an al-Karim:
“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang mau bertaubat dan mencintai orang-orang yang mau mensucikan diri” (QS. Al-Baqoroh: 222)
Allah SWT juga berfirman kepada orang-orang yang bermaksiat:
“Mengapa mereka tidak mau bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya ? Padahal Allah itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang” (QS. Al-Maidah: 74)
Ada suatu riwayat ketika iblis la’natullah dikeluarkan dari surga dan diberi batas tempo, ia berkata: “Ya Tuhanku, demi keluhuran-Mu dan keagungan-Mu, saya tidak akan pernah berhenti untuk membujuk dan menggoda manusia, selagi di dalamnya masih ada ruhya”. Allah pun lalu menjawab: “Demi keluhuran dan keagungan-Ku, Aku tidak akan menghalangi taubatnya selagi ruh masih ada di dalam tubuhnya.
Oleh karena itu kami memohon rahmat-Mu, wahai Tuhan dan Pencipta kami. Dan kami memohon dengan rahmat-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih diantara yang pengasih, agar kami dijaga dari berbagai musibah cobaan (fitnah) ‎

1 komentar: