Translate

Sabtu, 11 Juni 2016

Penjelasan Hukum Memegang Tongkat Saat Khothbah

Salah satu lagi khazanah penting bagi umat islam ialah mengenai TONGKAT. Dalam tamadun Islam memakai tongkat atau bertongkat, adalah salah satu akhlak atau tatacara kehidupan para nabi, orang-orang salih dan ulama-ulama Islam zaman dahulu.

Kita memang seringkali menyaksikan di beberapa masjid, seorang khatib Jum'at memegang tongkat dalam khutbahnya. Praktek demikian itu sebenarnya bukan tanpa dasar. Sebab memang ada hadits yang sampai kepada kita tentang hal itu dari praktek Rasulullah SAW. 
Para ulama berbeda pendapat tentang hukum memegang tongkat saat khuthbah. Jumhur ulama dari kalangan 
Maalikiyyah; Imam Maalik bin Anas rahimahullah berkata:
وَذَلِكَ مِمَّا يُسْتَحَبُّ لِلْأَئِمَّةِ أَصْحَابِ الْمَنَابِرِ أَنْ يَخْطُبُوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَمَعَهُمْ الْعِصِيُّ يَتَوَكَّئُونَ عَلَيْهَا فِي قِيَامِهِمْ وَهُوَ الَّذِي رَأَيْنَا وَسَمِعْنَا
“Dan hal itu termasuk yang disunnahkan oleh para imam yang sering berkhuthbah di mimbar-mimbar, yaitu agar berkhuthbah di hari Jum’at dengan berpegangan pada tongkat saat berdirinya. Itulah pendapat kami dan yang dengar (riwayatnya)” [Al-Mudawwanah Al-Kubraa, 1/231].
Al-Qurthubiy rahimahullah berkata:
والإجماع منعقد على أن الخطيب يخطب متوكئا على سيف أو عصا
“Telah terjadi ijmaa’ bahwa khathiib berkhuthbah dengan bersandar pada pedang atau tongkat” [Al-Jaami’ li-Ahkaamil-Qur’aan, 11/188].
Catatan : Klaim ijmaa’ ini tidak benar. 
Syafi’iyyah; Asy-Syaafi’iy rahimahullah berkata:
وَبَلَغْنَا اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ اِذَا خَطَبَ اِعْتَمَدَ عَلَى عَصًا وَقَدْ قِيْلَ خَطَبَ مُتَعَمِّدًا عَلَى عَنَـزَةٍ وَعَلَى قَوْسٍ وَكُلُّ ذَلِكَ اِعْتِمَادٌ
“Dan telah sampai kepada kami bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila berkhuthbah, beliau bersandar pada tongkat. Dan dikatakan, beliau berkhuthbah dengan bersandar pada ‘anazah (tombak kecil) dan busur panah. Semua hal tersebut dijadikan untuk bersandar” [Al-Umm, 1/272].

Hanaabilah berpendapat sunnah. Ibnu Qudaamah rahimahullah berkata:
وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَعْتَمِدَ عَلَى قَوْسٍ ، أَوْ سَيْفٍ ، أَوْ عَصًا ؛ لِمَا رَوَى الْحَكَمُ بْنُ حَزْنٍ الْكُلَفِيُّ
“Dan disunnahkan untuk bersandar pada busur panah, pedang, atau tongkat berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakam bin Hazm Al-Kulafiy” [Al-Mughniy, 2/154].
Adapun ulama Hanafiyyah ‎memakruhkannya. Dalam Al-Fataawaa Al-Hindiyyah (1/148) disebutkan :
ويكره أن يخطب متكئا على قوس أو عصا , كذا في الخلاصة , وهكذا في المحيط , ويتقلد الخطيب السيف في كل بلدة فتحت بالسيف , كذا في شرح الطحاوي
“Dan dimakruhkan berkhuthbah dengan bersabdar pada busur panah atau tongkat. Begitulah yang terdapat dalam kitab Al-Khulaashah dan Al-Muhiith”.

Diantara alasan ulama yang memakruhkan tongkat, bahwa hadis yang menyebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menggunakan tongkat, itu terjadi sebelum Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki mimbar. Setelah beliau memiliki mimbar, beliau tidak lagi menggunakan tongkat.

Kita simak keterangan Ibnul Qayyim Al-Jauziyah‎

ولم يكن يأخذ بيده سيفاً ولا غيرَه ، وإنما كان يعتَمِد على قوس أو عصاً قبل أن يتَّخذ المنبر ، وكان في الحرب يَعتمد على قوس ، وفي الجمعة يعتمِد على عصا ، ولم يُحفظ عنه أنه اعتمد على سيف… فإنه لا يُحفظ عنه بعد اتخاذ المنبر أنه كان يرقاه بسيف ، ولا قوس ، ولا غيره ، ولا قبل اتخاذه أنه أخذ بيده سيفاً البتة

Beliau tidak pernah berkhutbah dengan memegang pedang atau semacamnya. Namun beliau pernah bersandar dengan busur atau tongkat sebelum beliau menggunakan mimbar. Ketika perang, beliau berkhutbah dengan memegang busur. Ketika jumatan, beliau berkhutbah dengan membawa tongkat (sebelum punya mimbar), dan tidak ada riwayat, beliau khutbah dengan membawa pedang…

Tidak dijumpai riwayat dari beliau setelah memiliki mimbar, beliau naik mimbar dengan membawa pedang, atau busur, atau yang lainnya. Dan sama sekali tidak dijumpai, beliau berkhutbah dengan membawa pedang, sebelum memiliki mimbar. (Zadul Ma’ad, 1/429).‎

Yang raajih dalam hal ini adalah pendapat jumhur yang didasarkan oleh banyak riwayat, diantaranya:
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا شِهَابُ بْنُ خِرَاشٍ، حَدَّثَنِي شُعَيْبُ بْنُ زُرَيْقٍ الطَّائِفِيُّ، قَالَ: جَلَسْتُ إِلَى رَجُلٍ لَهُ صُحْبَةٌ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لَهُ: الْحَكَمُ بْنُ حَزْنٍ الْكُلَفِيُّ فَأَنْشَأَ، يُحَدِّثُنَا، قَالَ: وَفَدْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَابِعَ سَبْعَةٍ، أَوْ تَاسِعَ تِسْعَةٍ، فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ، فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، زُرْنَاكَ فَادْعُ اللَّهَ لَنَا بِخَيْرٍ، فَأَمَرَ بِنَا، أَوْ أَمَرَ لَنَا بِشَيْءٍ مِنَ التَّمْرِ وَالشَّأْنُ إِذْ ذَاكَ دُونٌ فَأَقَمْنَا بِهَا أَيَّامًا شَهِدْنَا فِيهَا الْجُمُعَةَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى عَصًا أَوْ قَوْسٍ، فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ كَلِمَاتٍ خَفِيفَاتٍ طَيِّبَاتٍ مُبَارَكَاتٍ، ثُمَّ قَالَ: أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّكُمْ لَنْ تُطِيقُوا أَوْ لَنْ تَفْعَلُوا كُلَّ مَا أُمِرْتُمْ بِهِ وَلَكِنْ سَدِّدُوا وَأَبْشِرُوا "
Telah menceritakan kepada kami Sa'iid bin Manshuur : Telah menceritakan kepada kami Syihaab bin Khiraasy : Telah menceritakan kepadaku Syu'aib bin Zuraiq Ath-Thaaifiy, ia berkata : Aku pernah duduk di samping seseorang yang punya status kebershahabatan dengan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam. Namanya Al-Hakam bin Hazn Al-Kulafiy. Lalu ia bercerita kepada kami. Ia berkata : "Aku pernah diutus menemui Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersama dengan tujuh atau sembilan orang. Kami masuk menemui beliau. Kami berkata : "Wahai Rasulullah, kami telah mengunjungimu, maka doakanlah kebaikan untuk kami". Maka beliau memerintahkan supaya kami disuguhi kurma. Waktu itu kondisinya paceklik. Kami pun tinggal di Madinah beberapa hari. Kami mengikuti pelaksanaan shalat Jum'at bersama Rasulullah ‎shallallaahu 'alaihi wa sallam. Beliau berdiri dengan bersandar/berpegangan pada tongkat atau busur, lalu beliau memuji Allah dan menyanjung-Nya dengan beberapa kata yang ringkas, baik lagi penuh barakah. Beliau bersabda: "Wahai sekalian manusia, sesungguhnya kalian tidak akan mampu – atau : tidak akan dapat mengerjakan - semua yang diperintahkan kepada kalian. Akan tetapi bertindaklah yang benar dan berilah kabar gembira” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1096].
Diriwayatkan oleh Ahmad 4/212, Ibnu Khuzaimah 2/352 no. 1452, dan Al-Baihaqiy 3/206; semuanya dari jalan Syihaab.
Dari hadits ini, Shan’ani mengatakan;‎

وَفِى الْحَدِيْثِ دَلِيْلٌ عَلَى اَنَّهُ يُنْدَبُ لِلْخَطِيْبِ اْلاِعْتِمَادُ عَلَى سَيْفٍ اَوْنَحْوِهِ وَقْتَ خُطْبَتِهِ (سبل السلام,ج2 ص59)

Hadits tersebut menjelaskan tentang kesunnahan khatib memegang pedang atau semisal (tongkat) pada waktu menyampaikan khutbahnya. (Subul al-Salam, Juz II, hal. 59)
 
عَنْ شُعَيْبِ بْنِ زُرَيْقٍ الطَائِفِيِّ قَالَ شَهِدْناَ فِيْهَا الجُمْعَةَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى عَصَا أَوْقَوْسٍ

Dari Syu'aib bin Zuraidj at-Tha'ifi ia berkata ''Kami menghadiri shalat jum'at pada suatu tempat bersama Rasulullah SAW. Maka  Beliau berdiri berpegangan pada sebuah tongkat atau busur". (Sunan Abi Dawud hal. 824).

As Shan’ani mengomentari hadits terserbut bahwa hadits itu menjelaskan tentang “sunnahnya khatib memegang pedang atan semacamnya pada waktu menyampaikan khutbahnya”. (Subululus Salam, juz II, hal 59)
 

فَإِذَا فَرَغَ المُؤَذِّّنُ قَامَ مُقْبِلاً عَلَى النَّاسِ بِوَجْهِهِ لاَ يَلْتَفِتُ يَمِيْنًا وَلاَشِمَالاً وَيُشْغِلُ يَدَيْهِ بِقَائِمِ السَّيْفِ أَوْ العُنْزَةِ وَالمِنْبَرِ كَيْ لاَ يَعْبَثَ بِهِمَا أَوْ يَضَعَ إِحْدَاهُمَا عَلَى الآخَرِ
Apabila muadzin telah selesai (adzan), maka khatib berdiri menghadap jama' ah dengan wajahnya. Tidak boleh menoleh ke kanan dan ke kiri. Dan kedua tangannya memegang pedang yang ditegakkan atau tongkat pendek serta (tangan yang satunya memegang) mimbar. Supaya dia tidak mempermainkan kedua tangannya. (Kalau tidak begitu) atau dia menyatukan tangan yang satu dengan yang lain". (Ihya' 'Ulum al-Din, juz I, hal 180)

أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الأُوَيْسِيُّ، وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالا: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ لَهِيعَةَ، عَنْ أَبِي الأَسْوَدِ، عَنْ عَامِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ بِمِخْصَرَةٍ فِي يَدِهِ "
Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin ‘Abdillah Al-Ausiy dan Qutaibah bin Sa’iid, mereka berdua berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin Lahii’ah, dari Abul-Aswad, dari ‘Aamir bin ‘Abdillah bin Az-Zubair, dari ayahnya : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa berkhuthbah dengan tongkat pendek ditangannya [Diriwayatkan oleh Ibnu Sa’d dalam Ath-Thabaqaat 1/181].
Sanad riwayat ini hasan. Ibnu Lahii’ah adalah seorang yang shaduuq, namun bercampur hapalannya setelah kitabnya terbakar. Haditsnya yang diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’iid darinya adalah hasan, karena Qutaibah mengambil riwayat dari kitab ‘Abdullah bin Wahb dan kemudian mendengarnya dari Ibnu Lahii’ah. Adapun ‘Abdullah bin Wahb mendengar hadits Ibnu Lahii’ah sebelum kitab-kitabnya terbakar.
Hadits di atas diriwayatkan juga oleh Al-Bazzaar dalam Al-Bahr no. 2211, Abusy-Syaikh dalam Akhlaaqun-Nabiy hal. 128, dan ‎Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah no. 1070; dari beberapa jalan, semuanya dari Ibnu Lahii’ah.
Dalam hadits panjang tentang Jassaasah yang bercerita tentang Dajjal, disebutkan :
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَطَعَنَ بِمِخْصَرَتِهِ فِي الْمِنْبَرِ، هَذِهِ طَيْبَةُ، هَذِهِ طَيْبَةُ، هَذِهِ طَيْبَةُ يَعْنِي الْمَدِينَةَ
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallambersabda sambil menusuk-nusukkan tongkat pendeknya ke mimbar : “Inilah Thaibah, inilah Thaibah – yaitu Madiinah….” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2942].
عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، قَالَ: " رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ يَخْطُبُ، وَفِي يَدِهِ عَصًا "
Dari Ats-Tsauriy, dari Hisyaam bin ‘Urwah, ia berkata : “Aku melihat ‘Abdullah bin Az-Zubair berkhuthbah sementara di tangannya memegang tongkat” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5659; sanadnya shahih].
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ طَلْحَةَ بْنِ يَحْيَى، قَالَ: " سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ عَبْدِ الْعَزِيزِ " يَقْرَأُ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ: وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ، وَفِي يَدِهِ عَصًا "
Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Thalhah bin Yahyaa, ia berkata : Aku mendengar ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz membaca ayat di atas mimbar : ‘Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya’ (QS. Az-Zumar : 54) – sedangkan di tangannya memegang tongkat [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 5274; sanadnya hasan].
عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، قَالَ: قُلْتُ لِعَطَاءٍ: " أَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُومُ إِذَا خَطَبَ عَلَى عَصًا؟ قَالَ: نَعَمْ، كَانَ يَعْتَمِدُ عَلَيْهَا اعْتِمَادًا "
Dari Ibnu Juraij, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada ‘Athaa’ : “Apakah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam jika berkhuthbah beliau berdiri berpegangan tongkat ?”. Ia menjawab : “Ya, beliau memang bersandar kepadanya” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5246].
Riwayat ini mursal, dan shahih hingga ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah. Maknanya, ‘Athaa’ berpendapat bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa memegang tongkat apabila berkhuthbah.

Adapun perkataan sebagian ulama bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah bersandar pada tongkat setelah dibuatkan mimbar untuk beliau, maka ini tidak benar, karena riwayat-riwayat di atas menunjukkan bahwa tetap bersandar pada tongkat atau yang sejenisnya saat berkhuthbah di atas mimbar.
Seandainya tidak ada tongkat, maka apapun yang dapat dijadikan pegangan untuk mengokohkan berdirinya khathiib tetap disyari’atkan (seperti berpegang pada tiang, tembok, atau yang lainnya). Dalilnya adalah:
وحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: شَهِدْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةَ يَوْمَ الْعِيدِ، فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ بِغَيْرِ أَذَانٍ وَلَا إِقَامَةٍ، ثُمَّ قَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى بِلَالٍ.............
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah bin Numair : Telah menceritakan kepada kami ayahku : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin Abi Sulaimaan, dari ‘Athaa’, dari Jaabir bin ‘Abdillah, ia berkata : Aku hadir bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada hari ‘Ied. Beliau memulai shalat sebelum khutbah tanpa adzan dan iqamat. Kemudian beliau berdiri dengan bersandar kepada Bilaal..... “ [Diriwayatkan oleh Muslim no. 885].
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَخِي، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلَالٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي حَفْصُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، يَقُولُ: " كَانَ الْمَسْجِدُ مَسْقُوفًا عَلَى جُذُوعٍ مِنْ نَخْلٍ فَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَطَبَ يَقُومُ إِلَى جِذْعٍ مِنْهَا، فَلَمَّا صُنِعَ لَهُ الْمِنْبَرُ وَكَانَ عَلَيْهِ فَسَمِعْنَا لِذَلِكَ الْجِذْعِ صَوْتًا كَصَوْتِ الْعِشَارِ حَتَّى جَاءَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهَا فَسَكَنَتْ "
Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku saudaraku, dari Sulaimaan bin Bilaal, dari Yahyaa bin Sa’iid, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Hafsh bin ‘Ubaidillah bin Anas bin Maalik, bahwasannya ia mendengar Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhumaa berkata : “Dahulu masjid (Nabawi) tiang-tiangnya dibuat dari batang-batang pohon kurma. Apabila Nabi shallallaahu alaihi wa sallam berkhuthbah, maka beliau berdiri (berpegangan) pada salah satu batangnya. Ketika beliau telah dibuatkan mimbar dan beliau tengah berkhuthbah dengan berdiri di atasnya, maka kami mendengar suara dari batang kayu tersebut (seperti tangisan) bagaikan suara onta yang hampir beranak. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam datang menghampirinya kemudian meletakkan tangan beliau pada batang kayu tersebut hingga akhirnya batang kayu itu diam (berhenti menangis)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 3585].
Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar