Translate

Kamis, 05 Juli 2018

Atsar Ibnu Mas'ud tentang Larangan Dzikir Berjama'ah

Kebanyakan orang yang melarang dzikir jama'ah dan juga melarang menggunakan tasbih berhujjah dgn atsar ibnu mas'ud, padahal atsar tersebut telah ditetapkan sebagai atsar dhaif oleh para Imam (Muhaddis), sebelum saya menjelaskan perkataan para Imam mengenai dhaifnya atsar tersebut, saya akan sebutkan dulu sanad-sanad atsar ini supaya jelas tentang status dan kedudukan atsar yang suka di jadikan sandaran oleh kelompok yang ingkar atas zikir berjamaah dan atas penggunaan tasbih. Mereka telah dengan lantangnya membidahkan zikir berjamaah dgn atsar ini di setiap tempat dan kesempatan, sedangkan mereka mengingkari terhadap orang lain yang bersandar dgn hadis atau atsar dhaif, tetapi ketika hadis dhaif dapat menguatkan pendapat mereka, maka mereka berhujjah dengannya, walaupun atsar dhaif ini bertentangan dgn banyak hadis yang shahih, kita mulai dgn menyebutkan sanad-sanad atsar ini:

Telah meriwayatkan atas atsar ini Imam Abdur rozaq dalam mushanafnya, dan At-thabrani dalam mu'jam al kabiir, berkata Imam At-thabrani:

حدثنا إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق عن جعفر بن سليمان أنا عطاء بن السائب لا أعلمه إلا عن أبي البختري قال بلغ عبد الله بن مسعود : أن قوما يقعدون من المغرب إلى العشاء يسبحون يقولون: قولوا كذا، وقولوا: كذا قال عبد الله: إن قعدوا فآذنوني، فلما جلسوا أتوه، فانطلق فدخل معهم فجلس وعليه برنس، فأخذوا في تسبيحهم فحسر عبد الله عن رأسه البرنس وقال: أنا عبد الله بن مسعود. فسكت القوم فقال: لقد جئتم ببدعة وظلماء، أو لقد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما، فقال رجل من بني تميم: ما جئنا ببدعة ظلماء ولا فضلنا أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما. فقال عمرو بن عتبة بن فرقد أستغفر الله يا بن مسعود وأتوب إليه فأمرهم أن يتفرقوا.

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dari Abdur rozaq dari jafar bin sulaiman, saya ‘Atha’ bin As saib "aku tdk tau kecuali dari Abu al bakhtari, Beliau berkata: ada yang melapor kepada Ibnu Mas’ud "bahwa ada sekelompok orang duduk2 dari maghrib sampai isya, mereka membawa tasbih, dan mereka berkata "ucapkanlah anu, bacalah anu", maka berkata Ibnu mas’ud: kalau mereka duduk berkumpul lagi, maka beritahu aku, ketika kelompok itu mulai duduk berkumpul, maka Ibnu mas’ud pergi ke tempat perkumpulan mereka lalu masuk dan duduk  bersama mereka, dan ada barnas di tempat itu, lalu ibnu mas'ud mengambil tasbih2 mereka, dan Ibnu masud menarik kepala barnas seraya berkata : saya ibnu mas'ud, maka orang2 di tempat itu terdiam, lalu ibnu masud berkata: kalian telah melakukan bid’ah dan kedzaliman atau kalian telah melebihi atas ilmunya para shahabat Rasul saw, maka berkata seorang lelaki dari bani tamim: kami tidak melakukan bid’ah dan kedzaliman atau pun melebihi ilmu sahabat Rasul saw, lalu berkata Umar bin ‘atbah bin farqad: aku memohon ampun kepada Allah wahai ibnu mas’ud dan aku bertaubat kepadaNya,Lalu Ibnu mas’ud menyuruh mereka bubar....!!

Kita cek rowi dalam sanad ini:

1. ishaq bin ibrahim ad-dabari

Ia seorang yg shaduq [jujur], tetapi beliau mendengar atsar   tersebut dari Abdur rozaq setelah ikhtilat [rusak pada hafalan]  Abdur rozaq karena imam abdirrozaq wafat dan umur ad dabari antara 6-7 thn,dan mendengarnya ad dabari dari abdur rozaq pada 2 thn terakhir dari kehidupan abdurrozaq. artinya, ishaq bin ibrahim ad-dabari mendengar atsar ini dari Imam Abdirrazzaq ketika ia  masih berumur 4 atau 5 tahun.

Berkata Al-'allamah Ibrahim bin musa al anbasi dalam as syada alfayah min ulumi ibhu sholah 2/747 :

 قلت وقد وجدت فيما روي عن الطبراني عن إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق أحاديث استنكرتها جداً، فأحلت أمرها على ذلك، فإن سماع الدبري منه متأخر  جداً، قال إبراهيم الحربي مات عبد الرزاق وللدبري ست سنين أو سبع سنين.اهـ

Dan aku menemukan dalam apa yang di riwayatkan dari ath-Thabrani dari ishaq bin ibrahim ad-dabari dari abdur rozaq banyak hadist yang sangat munkar bagiku, karena mendengarnya ad-dabari dari abdur rozaq sangat akhir sekali. Telah berkata Ibrahim al-Harabi: abdur rozaq wafat ketika umur ad-dabari masih 6-7 tahun".

Berkata al alamah al muhaddis as sakhowi dalam fathul mugits 3/337:

 وقال شيخنا – ابن حجر العسقلاني - المناكير الواقعة في حديث الدبري إنما سببها أنه سمع من عبد الرزاق بعد اختلاطه

Telah berkata guru kami syaikh ibnu hajar al asqalani: kemunkaran yang terjadi dalam hadis ad-dabari dikarenakan sesungguhnya beliau mendengar dari abdur rozaq setelah ikhtilat [rusak pada hafalan] nya Abdurrazzaq pada akhir hayatnya. sehingga ingatannya tidak lagi dianggap dhabit. Seperti yang kita ketahui bahwa, Agar Hadits atau Atsar dianggap shahih maka perawi harus dhabit (memiliki ingatan yang kuat) ketika menerima dan menyampaikan hadits ataupun atsar.

 2. Ja'far bin sulaiman adh-dhab'i

beliau mendengar dari atha' bin saib setelah ikhtilat [rusak pada hafalan] nya atha', sebagaimana di tetapkan oleh Adz- Dzahabi dalam al kawakib an-nayyirat hal 61:

  حكموا بتوثيقه – أي عطاء - وصلاحه وباختلاطه، اختلط في آخر عمره قال أحمد بن حنبل ثقة رجل صالح من سمع منه قديما فسماعه صحيح ومن سمع منه حديثا فسماعه ليس بشيء ... وممن سمع منه – أي من عطاء - أيضا بأخرة من البصرين جعفر بن سليمان الضبعي.اهـ

:para muhaddis menghukumi tsiqahnya 'Atha' dan shalehnya, dan juga ikhtilatnya 'atha'. 'Atha' ikhtilat (rusak hafalan) pada akhir hayatnya. berkata imam ahmad bin hambal: Beliau seorang tsiqah yang shaleh, siapa yang mendengar darinya pada masa sebelum ikhtilat, maka berita yang didengar darinya adalah shahih, dan siapa mendengar darinya pada masa lkhtilatnya, maka berita yang didengar darinya tidak ada nilainya, dan di antara yang mendengar darinya pada masa akhir hayatnya [setelah ikhtilat] dari orang Basrah adalah Ja'far bin sulaiman ad dhab'i.

3. Riwayat 'Atha' bin saib dari abi al-bakhtari adalah dhaif.

berkata adz-Dzahabi dalam al-Kawakib an-nayyirat hal 61:

 وقال إسماعيل بن علية: قال لي شعبة: ما حدثك عطاء عن رجاله زاذان وميسرة وأبي البختري فلا تكتبه، وما حدثك عن رجل بعينه فاكتبه. ـ

:berkata ismail bin aliyah: telah berkata syu'bah kepadaku "apa yang di riwayatkan 'atha' kepadamu dari rijal (perawi-perawi) bernama Zadzan dan Maisarah dan Abi al-Bakhtari maka janganlah kamu menulisnya, dan apa yang diceritakan  dari rajul (perawi) yakni dirinya maka tulislah."

Dengan alasan-alasan di atas maka tidak mungkin sanad ini shahih..............!!!

Diriwayatkan ibnu wadhah al-Qurtubi dalam al bid'u wan nahyu anha hal 21:

 قال : أنا أسد عن جرير بن حازم عن الصلت بن بهرام قال : مر ابن مسعود بامرأة معها تسبيح تسبح به فقطعه وألقاه ، ثم مر برجل يسبح بحصى فضربه برجله، ثم قال : لقد سبقتم، ركبتم بدعة ظلماً، أو لقد غلبتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً.


Saya asad dari jarir bin hazim dari Ash Shalat bin Bahram, berkata : Ibnu Mas’ud melihat seorang wanita yang bertasbih dengan menggunakan subhah, kemudian beliau memotong tasbihnya dan membuangnya. Beliau juga melewati seorang laki-laki yang bertasbih menggunakan kerikil, kemudian memukulnya dengan kakinya dan berkata: Kamu telah mendahului (Rasulullah) dengan melakukan bid’ah yang dzalim, dan kamu lebih tahu dari para sahabatnya.

Sanad riwayat ini dhaif karena inqitha' [terputus] antara Ash Shalat bin Bahram dan Ibnu Mas’ud, karena ibnu Mas'ud wafat di madinah thn 32 H, sebagaimana dirajihkan oleh ibnu Hajar dalam kitab al-Ishabah, dan Ash Shalat bin Bahram adalah Tabi' tabi'in [hidup pada masa selepas tabi'in], maka tidak mungkin ia mendapat riwayat dari shahabat yang akhir, apalagi dari ibnu mas'ud yang wafat pada masa khalifah Umar bin khathab RA. Hal ini sebagaimana diceritakan Ibnu Hajar dalam at-Tahdzib 4/432.

Dan atsar ini diriwayatkan pula oleh ibnu Wadhah al-Qurthubi dari jalan Aban bin abi Ayyas. Aban bin abi Ayyas merupakan salah seorang kadzab (pendusta).

Berkata Ibnu Abi Hathim dalam jarh wat ta'dil 1/134:

قال شعبة: لأن أرتكب سبعين كبيرة أحبَّ إليَّ مِنْ أن أحدث عن أبان بن أبى عياش

Berkata syu'bah: seandaimya aku melakukan dosa besar 70 kali maka lebih aku sukai daripada meriwayatkan dari Aban bin Abi Ayyas.

Dan berkata An-Nasai dalam ad-Dhu'afa wal Matrukin 14:

 أبان بن أبي عياش متروك الحديث وهو أبان بن فيروز أبو إسماعيل

Aban bin abi Ayyas adalah matruk [di tinggalkan hadisnya] ia adalah aban bin fairuz abu ismail.

Diriwayatkan pula oleh ibnu wadhah al qurtubi dalam al bid'u wan nahyu anha hal  11:

 قال: أنا أسد عن عبد الله بن رجاء عن عبيد الله بن عمر ، عن يسار أبي الحكم أن عبد الله ابن مسعود حدث : أن أناساً بالكوفة يسبحون بالحصى في المسجد فأتاهم وقد كوم كل رجل منهم بين يديه كومة حصى ، قال : فلم يزل يحصبهم بالحصى حتى أخرجهم من المسجد ، ويقول : لقد أحدثتم بدعة ظلماً ، أو قد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً .

Dari asad dari abdullah bin raja dari ubaidillah bin umar dari Sayyar Abi Al Hakam, bahwasanya Abdullah bin Mas’ud menceritakan tentang orang-orang Kufah yang bertasbih dengan kerikil di dalam masjid. Kemudian beliau mendatanginya dan menaruh kerikil di kantung mereka, dan mereka dikeluarkan dari masjid. Beliau berkata: Kamu telah melakukan bid’ah yang dzalim dan telah melebihi ilmunya para sahabat Nabi.

Sanad ini dhaif juga karena inqitha' antara sayyar abi al hakam dgn abdullah bin mas'ud, karena sayyar adalah tabi' tabi'in, sebagaimana di katakan oleh al hafidz ibnu hajar dalam at tahdzib 4/291.

Meriwayatkan pula ibnu wadhah al qurtubi:  

: حدثني إبراهيم بن محمد، عن حرملة، عن ابن وهب، قال: حدثني ابن سمعان قال: بلغنا عن ابن مسعود أنه رأى أناساً يسبحون بالحصى فقال : على الله تحصون ، سبقتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً ، أو لقد أحدثتم بدعة ظلماً. اهـ

Telah menyebutkan ibrahim bin muhammad dari harmalah dari ibn wahab, beliau berkata : telah menceritakan kepadaku ibn sam'an: telah sampai kepada kami dari ibnu mas"ud bahwa beliau melihat orang-orang bertasbih dgn kerikil, maka berkata ibnu mas'ud: Apakah mereka menyebut-nyebut kebaikannya di hadapan Allah? dengan melakukan bid’ah yang dzalim, dan kamu lebih tahu dari para sahabatnya.

Sanad ini lemah karena dalam sanadnya ada abdullah bin ziyad bin sam'an dia adalah kadzab (pendusta)

Berkata Ibnu abi hatim dalam jarh wat tadil 5/60;

 عن عبد الرحمن بن القاسم قال: سألت مالكاً عن بن سمعان فقال كذَّابٌ ... قال يحيى بن معين: حدثنا الحجاج بن محمد الأعور عن أبى عبيدة يعنى عبد الواحد بن واصل قال: كان عنده بن سمعان ومحمد بن إسحاق فقال بن سمعان: حدثني مجاهدٌ. فقال بن إسحاق: كَذَبَ والله، أنا أكبر منه، وما رأيت مجاهداً.اهـ

Dari abdurrahman aku bertanya kepada malik tentang ibnu sam'an, maka beliau menjawab: ia kadzab, dan berkata yahya bin main: tilah menceritakan kepada kami al hajaj bin muhammad al a'war dari abi ubaidah yakni abdul wahid bin washil berkata bahwa di samping beliau ada ibnu sam"an dan muhammad bin ishaq,lalu ibnu sam'an berkata: telah menceritakan kepadaku mujahid, maka berkata ibnu ishaq: ia berdusta demi Allah, saya lebih tua darinya dan aku tidak pernah melihat mujahid.

Al-Imaam Ad-Daarimiy dalam Sunan-nya (no. 210 – tahqiq : Husain Salim Asad) membawakan riwayat sebagai berikut :

أخبرنا الحكم بن المبارك، أنبأنا عمرو بن يحيى قال : سمعت أبي يحدث، عن أبيه قال : كُنَّا نَجْلِسُ عَلَى بَابِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ - رَضِيَ اللهُ عَنْهُ - قَبْلَ صَلَاةِ الغَدَاةِ، فَإِذَا خَرَجَ، مَشَيْنَا مَعَهُ إِلَى الْمَسْجِدِ، فَجَاءَنَا أَبُوْ مُوْسَى الْأَشْعَرِيُّ - رَضِيَ اللهُ عَنْهُ - فَقَالَ : أَخَرَجَ إِلَيْكُمْ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ قُلْنَا : لَا، بَعْدُ. فَجَلَسَ مَعَنَا حَتَّى خَرَجَ، فَلَمَّا خَرَجَ، قُمْنَا إِلَيْهِ جَمِيْعًا، فَقَالَ لَهُ أَبُو مُوسَى : يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ، إِنَّي رَأَيْتُ فِي الْمَسْجِدِ آنِفًا أَمْرًا أَنْكَرْتُهُ وَلَمْ أَرَ - وَالْحَمْدُ للهِ - إِلَّا خَيْرًا. قَالَ : فَمَا هُوَ ؟ فَقَالَ : إِنْ عِشْتَ فَسَتَرَاهُ. قَالَ : رَأَيْتُ فِي الْمَسْجِدِ قَوْمًا حِلَقًا جُلُوْسًا يَنْتَظِرُوْنَ الصَّلَاةَ فِي كُلِّ حَلَقَةٍ رَجُلٌ، وَفِيْ أَيْدِيْهِمْ حَصًا، فَيَقُوْلُ : كَبِّرُوا مِئَةً، فَيُكَبِّرُوْنَ مِئَةً، فَيَقُوْلُ : هَلِّلُوا مِئَةً، فَيُهَلِّلُونَ مِئَةً، فَيَقُولُ : سَبِّحُوا مِئَةً، فَيُسَبِّحُونَ مِئَةً. قَالَ : فَمَاذَا قُلْتَ لَهُمْ ؟ قَالَ : مَا قُلْتُ لَهُمْ شَيْئًا انْتِظَارَ رَأْيِكَ أَوِ انْتِظَارَ أَمْرِكَ. قَالَ : أَفَلَا أَمَرْتَهُمْ أَنْ يَعُدُّوا سَيِّئَاتِهِمْ، وَضَمِنْتَ لَهُمْ أَنْ لَا يَضِيْعَ مِنْ حَسَنَاتِهِم، ثَمَّ مَضَى وَمَضَيْنَا مَعَهُ حَتَّى أَتَى حَلَقَةً مِنْ تِلْكَ الْحِلَقِ، فَوَقَفَ عَلَيْهِمْ، فَقَالَ : مَا هَذا الَّذِيْ أَرَاكُمْ تَصْنَعُوْنَ ؟ قَالُوا : يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَصًا نَعُدَّ بِهِ التَّكْبِيْرَ والتَّهْلِيلَ وَالتَّسْبِيْحَ. قَالَ : فَعُدُّوا سَيِّئَاتِكُمْ، فَأَنَا ضَامِنٌ أَنْ لَا يَضِيْعَ مِنْ حَسَنَاتِكُمْ شَيْءٌ وَيْحَكُمْ يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ، مَا أَسْرَعَ هَلَكَتكُمْ ! هَؤُلَاءِ صَحَابَةُ نَبِيِّكُمْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَوَافِرُوْنَ، وَهَذِهِ ثِيَابُهُ لَمْ تَبْلَ، وَآنِيَتُهُ لَمْ تُكْسَرْ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، إِنَّكُمْ لَعَلَى مِلَّةٍ هِيَ أَهْدَى مِنْ مِلَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ مُفْتَتِحُو بَابِ ضَلَالَةٍ. قَالُوا : وَاللهِ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ، مَا أَرَدْنَا إِلَّا الْخَيْرَ. قَالَ : وَكَمْ مِنْ مُرِيْدٍ لِلْخَيْرِ لَنْ تُصِيْبَهُ، إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَنَا أَنَّ قَوْمًا يَقْرَؤُونَ الْقُرْآنَ لَا يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ، وَايْمُ اللهِ مَا أَدْرِيْ لَعَلَّ أَكْتَرَهُمْ مِنْكُمْ، ثُمَّ تَوَلَّى عَنْهُمْ. فَقَالَ عَمْرُو بْنُ سَلَمَةَ : رَأَيْنَا عَامَّةَ أُولَئِكَ الْحِلَقِ يُطَاعِنُونَا يَوْمَ النَّهْرَوَانِ مَعَ الْخَوَارِجِ.

“Telah memberi khabar kepada kami Al-Hakam bin Al-Mubaarak : Telah memberitakan kepada kami ‘Amru bin Yahya, ia berkata : Aku mendengar ayahku meriwayatkan hadits dari ayahnya, ia berkata : Sebelum shalat shubuh, kami biasa duduk di depan pintu ‘Abdullah bin Mas’udradliyallaahu ‘anhu. Jika dia sudah keluar rumah, maka kami pun berjalan bersamanya menuju masjid. Tiba-tiba kami didatangi oleh Abu Musa Al-Asy’ariy radliyallaahu ‘anhu, seraya bertanya : “Apakah Abu ‘Abdirrahman (‘Abdullah bin Mas’ud) sudah keluar menemui kalian ?”. Kami menjawab : “Belum”. Lalu dia pun duduk bersama kami hingga ‘Abdullah bin Mas’ud keluar rumah. Setelah dia keluar, kami pun bangkit menemuinya. Abu Musa berkata : “Wahai Abu ‘Abdirrahman, tadi aku melihat kejadian yang aku ingkari di masjid, namun aku menganggap – segala puji bagi Allah – hal itu adalah baik”. Kata Ibnu Mas’ud : “Apakah itu ?”. Abu Musa menjawab : “Jika engkau berumur panjang, engkau akan mengetahui. Ada sekelompok orang di masjid, mereka duduk ber-halaqah sedang menunggu shalat. Setiap kelompok dipimpin oleh seseorang, sedang di tangan mereka terdapat kerikil. Lalu pimpinan halaqah tadi berkata : ‘Bertakbirlah seratus kali’, maka mereka pun bertakbir seratus kali. ‘Bertahlillah seratus kali’, maka mereka pun bertahlil seratus kali. ‘Bertasbihlah seratus kali’, maka mereka pun bertasbih seratus kali”. Ibnu Mas’ud bertanya : “Lalu apa yang engkau katakan kepada mereka ?”. Abu Musa menjawab : “Aku tidak berkata apa-apa hingga aku menunggu apa yang akan engkau katakan atau perintahkan”. Ibnu Mas’ud berkata : “Tidakkah engkau katakan kepada mereka agar mereka menghitung kesalahan mereka dan kamu jamin bahwa kebaikan mereka tidak akan disia-siakan”. Lalu Ibnu Mas’ud berlalu menuju masjid tersebut dan kami pun mengikuti di belakangnya hingga sampai di tempat itu. Ibnu Mas’ud bertanya kepada mereka : “Benda apa yang kalian pergunakan ini ?”. Mereka menjawab : “Kerikil wahai Abu ‘Abdirrahman. Kami bertakbir, bertahlil, dan bertasbih dengan mempergunakannya”. Ibnu Mas’ud berkata : “Hitunglah kesalahan-kesalahan kalian, aku jamin kebaikan-kebaikan kalian tidak akan disia-siakan sedikitpun. Celaka kalian wahai umat Muhammad ! Betapa cepat kebinasaan/penyimpangan yang kalian lakukan. Para shahabat Nabi kalian masih banyak yang hidup. Sementara baju beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga belum lagi usang, bejana beliau belum juga retak. Demi Dzat yang diriku berada di tangan-Nya ! Apakah kalian merasa berada di atas agama yang lebih benar daripada agama Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, ataukah kalian akan menjadi pembuka pintu kesesatan ?”. Mereka menjawab : “Wahai Abu ‘Abdirrahman, kami tidaklah menghendaki kecuali kebaikan”. Ibnu Mas’ud menjawab : “Betapa banyak orang yang menghendaki kebaikan namun ia tidak mendapatkannya. Sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata kepada kami :‘Akan ada segolongan orang yang membaca Al-Qur’an, namun apa yang dibacanya itu tidak melewati kerongkongannya’. Demi Allah, aku tidak tahu, boleh jadi kebanyakan dari mereka adalah sebagian di antara kalian”. ‘Amr bin Salamah berkata : “Kami melihat mayoritas diantara orang-orang yang ikut dalam halaqah itu adalah orang yang menyerang kami dalam Perang Nahrawaan yang bergabung bersama orang-orang Khawarij”

Berikut penjelasan para perawi yang membawakan atsar tersebut :

1. Al-Hakam bin Al-Mubaarak Al-Khaasyitiy Al-Balkhiy, Abu Shaalih.

Ia telah ditsiqahkan oleh Ahmad bin Hanbal, Ibnu Hibbaan, Ibnu Mandah, dan As-Sam’aaniy. Ibnu ‘Adiy saat menyebutkan dalam biografi Ahmad bin ‘Abdirrahman Al-Wahbiy mengatakan ia termasuk orang yang mencuri hadits. Namun dalam hal ini, Ibnu ‘Ady bersendirian dalam penyebutannya. Adz-Dzahabiy mengatakan bahwa ia seorang yang jujur (shaduuq). Di lain tempat, ia (Adz-Dzahabiy) mengatakan tsiqah. Ibnu Hajar mengatakan bahwa ia seorang yang jujur terkadang salah (shaduuq rubamaa wahm).

[Mizaanul-I’tidaal 1/579 no. 2196, Al-Kaasyif 1/345 no. 1189, Tahdziibul-Kamaal 7/131-133 no. 1442,Tahdziibut-Tahdziib 1/469, Taqriibut-Tahdziib hal. 264 no. 1466, Al-Kaamil 1/304, dan Al-Ansaab 5/21].

Yang nampak di sini bahwa Al-Hakam adalah seorang yang tsiqah, sebagaimana pendapat mayoritas ahli hadits. Adapun tuduhan mencuri hadits sebagaimana dikatakan Ibnu ‘Adiy, maka ini tidak benar.

2. ‘Amru bin Yahyaa bin ‘Amr bin Salamah Al-Hamdaaniy.

Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Haditsnya tidak ada nilainya”, sebagaimana dibawakan Adz-Dzahabiy [Miizaanul-I’tidaal 3/293 no. 6474 – dan dari nukilan Ibnu Ma’iin inilah Adz-Dzahabiy menempatkan ‘Amr bin Yahyaa dalam kitab Al-Mughniy fidl-Dlu’afaa’2/156 no. 4730]. Namun dalam Al-Jarh wat-Ta’diil, Ibnu Abi Haatim mengatakan : “Telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdurrahman, ia berkata : Ayahku menyebutkan dari Ishaaq bin Manshuur, dari Yahyaa bin Ma’iin, bahwasannya ia berkata : ‘’Amru bin Yahyaa bin Salamah tsiqah” [6/269 no. 1487].Tarjih atas perkataan Ibnu Ma’iin terhadap ‘Amru bin Yahyaa adalah bahwasannya ia tsiqah, karena ta’dilini dibawakan oleh ulama mutaqaddimiin dengan membawakan sanadnya. Adapun nukilan Adz-Dzahabiy; maka sependek pengetahuan saya tidak terdapat dalam Taariikh Ibnu Ma’iin ataupun sumber-sumber lain yang bersanad sampai Ibnu Ma’iin.

Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat(8/480). Ibnu Khiraasy berkata : “Ia bukan seorang yang diridlai” [Liisaanul-Miizaan 6/232 no. 5852]. Al-Haitsamiy dalam Majma’uz-Zawaaid (3/84) melemahkannya.

Perkataan yang benar tentang diri ‘Amr bin Yahyaa bin ‘Amr adalah ia seorang yang tsiqah. Apalagi tautsiq ini salah satunya diberikan oleh Ibnu Ma’iin yang terkenal sebagai ulama mutasyaddid dalam jarh. Ta’dil lebih didahulukan daripada jarh, kecuali jarhtersebut dijelaskan sebabnya – sebagaimana ma’rufdalam ilmu hadits. Di sini, jarh yang diberikan tidak disebutkan alasannya. Selain itu, Ibnu Abi Haatim juga menyebutkan sekelompok perawi tsiqat telah meriwayatkan darinya sehingga lebih menguatkan lagi pen-tautsiq-an terhadapnya.

3. Yahyaa bin ‘Amr bin Salamah Al-Hamdaaniy.

Al-‘Ijilliy berkata : “Orang Kuffah yang tsiqah” [Ma’rifatuts-Tsiqaat 2/356 no. 1990]. Ibnu Abi Haatim menyebutkannya dalam Al-Jarh wat-Ta’diil (9/176) tanpa menyertakan adanya jarh maupun ta’dil-nya. Sejumlah perawi meriwayatkan darinya di antaranya : Syu’bah, Ats-Tsauriy, Al-Mas’uudiy, Qais bin Ar-Rabii’, dan anaknya (‘Amr bin Yahyaa). Yang menguatkantautsiq atas diri Yahyaa adalah periwayatan Syu’bah darinya (dimana telah dikenal bahwa Syu’bah tidak meriwayatkan dari seseorang melainkan ia adalah tsiqah menurut penilaiannya).

Yahyaa bin ‘Amr ini diikuti oleh Mujaalid bin Sa’iid sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir (9/136). Mujaalid ini seorang perawi dla’iif (dalam hapalan), namun bisa dijadikan i’tibaar.

4. ‘Amru bin Salamah

Al-‘Ijiliiy berkata : “Orang Kuufah, taabi’iy tsiqah” [Ma’rifatuts-Tsiqaat 2/356 no. 1990]. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat (5/172). Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, namun mempunyai sedikit hadits” [Ath-Thabaqaat 6/171]. Ibnu Hajar berkata :“Orang Kufah, tsiqah” [At-Taqriib hal. 737 no. 5076].

Riwayat ini juga tidak shahih, karena dalam sanadnya ada Umar Bin Yahya bin Umar, dan ia telah di dhaifkan oleh muhaddis mutaqaddimin separti imam Ibnu Adi dan Ibnu Main.

Berkata ibnu adi dgn sanadnya ittishal kepada yahya bin main dalam al kamil juz 5 hal 122:

 حدثنا بن أبي عصمة ثنا أحمد بن أبي يحيى قال سمعت يحيى بن معين يقول عمرو بن يحيى بن سلمة ليس بشئ حدثنا أحمد بن علي ثنا الليث بن عبدة قال سمعت يحيى بن معين يقول عمرو بن يحيى بن سلمة سمعت منه ليكن يرضي وعمرو هذا ليس له كثير رواية ولم يحضرني له شئ فأذكره

Telah menceritakan kepada kami Abi Ishmah, telah menceritakan ahmad bin abi yahya, beliau berkata: aku mendengar yahya bin main berkata: Umar Bin Yahya bin salamah "tidak ada nilainya," telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ali, telah menceritakan al-Laits bin Abdah, beliau berkata: aku mendengar yahya bin main berkata: umar Bin Yahya bin salamah aku mendengar darinya, dan Umar yang ini tidaklah banyak riwayat, dan tidak hadir padaku sesuatu untuk kuceritakan.

Di perkuat dengan perkataan para muhaddis mutaakhirin:

1. berkata adz-dzahabi dalam mizan al I’tidal:  (4/378) :

 عمرو بن يحيى بن عمرو بن سلمة، قال يحيى بن معين: ليس حديثه بشيء   وقال بن خراش: ليس بمرضي. ـ

Umar Bin Yahya bin umar bin salmah; berkata yahya bin main: hadisnya (Umar Bin Yahya bin umar bin salmah) tidak bernilai, berkata Ibn kharash: ia tidak di ridhai,

2. Dan berkata ibnu al jauzi dalam ad dhuafa wal matrukin 2/233:

 : عمرو بن يحيى بن عمرو بن سلمة، قال يحيى –ابن معين- : ليس حديثه بشيء وقال مرة لم يكن بمرضي. ـ

"Umar Bin Yahya bin Umar bin salmah, berkata yahya bin main: hadisnya tidak bernilai, dan sesekali berkata ia tidak di ridhai.

Maka jelas perkataan dari muhaddis mutaqodimin dan dgn pendukung dari muhaddis mutaakhirin ITU lebih kuat utk dijadikan sandaran atas lemah dan dhaifnya Umar Bin Yahya bin Umar bin salamah...........!!!

Dalam Atsar tersebut dapat dipahami bahwa yang ditegur oleh Sayyidina Ibnu Mas`ud adalah golongan KHAWARIJ. Maka atsar Sayyidina Ibnu Mas`ud lebih kepada kritikan beliau kepada para pelaku yang tergolong dalam firqah Khawarij. Di mana golongan Khawarij memang terkenal dengan kuat beribadah, kuat sholat, kuat berpuasa, kuat membaca al-Quran, banyak berzikir sehingga mereka merasakan diri mereka lebih baik daripada para sahabat Junjungan s.a.w. Maka kritikan Sayyidina Ibnu Mas`ud ini ditujukan kepada kelompok Khawarij yang mereka itu mengabaikan bahkan mengkafirkan para sahabat karena beranggapan ibadah mereka lebih hebat dari para sahabat.

Dan perhatikan pendapat ahli ilmu tentang atsar ini:

Berkata Al Imam As suyuthi dalam Al hawi lilfatawa 1/379:

 فإن قلت، فقد نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد. قلت: هذا الأثر عن ابن مسعود يحتاج إلى بيان سنده ومن أخرجه من الأئمة الحفاظ في كتبهم وعلى تقدير ثبوته فهو معارض بالأحاديث الكثيرة الثابتة المتقدمة وهي مقدمة عليه عند التعارض، ثم رأيت ما يقتضي إنكار ذلك عن ابن مسعود قال الإمام أحمد بن حنبل في كتاب الزهد ثنا حسين ابن محمد ثنا المسعودي عن عامر بن شقيق عن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه.

Kalau engkau berkata "telah di nuqil dari Ibnu Mas'ud sesungguhnya beliau melihat suatu kaum membaca tahlil dgn mengeraskan suara di dalam masjid, lalu beliau berkata: aku tidak melihat kalian kecuali ahli bid'ah" sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid, aku [as suyuthi] berkata: atsar dari Ibnu Mas'ud ini perlu terhadap penjelasan sanadnya dan siapa saja dari para imam yang mengeluarkan atsar ini dalam kitabnya, dan seandainya atsar ini shahih, maka telah menentang hadis-hadis sebagaimana telah disebutkan, dan hadis-hadis itu mesti didahulukan atasnya ketika terjadi ta'arud (kontradiksi) dan aku telah melihat hal yang membuatku ingkar kepada atsar dari Ibnu Mas'ud itu. telah berkata Al Imam Ahmad bin Hambal dalam kitab Al zuhd "telah menceritakan husain bin muhammad, telah menceritakan al-mas'udi dari amir bin syaqiq dari Abu Wail, beliau berkata: mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu, padahal tidaklah demikian. Ibnu Mas'ud duduk dalam suatu majlis dan beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsb.

Dan berkata imam Ibnu Hajar al haitami dalam al-fatawa al-fiqhiyah al kubra 1/177:

: وأما ما نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد, فلم يصح عنه بل لم يرد; ومن ثم أخرج أحمد عن أبي وائل قال: هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ; ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه, والله سبحانه وتعالى أعلم بالصواب.انتهى

Dan adapun apa yang di nuqil dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid, lalu beliau berkata: tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid, maka atsar ini tidak sah darinya dan malah tidak datang/ada, oleh sebab itu telah mengeluarkan (mendatangkan) Imam Ahmad dari Abi wail, beliau berkata: mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu, padahal tidaklah duduk Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsb (Ibnu Mas’ud duduk dalam majlis tsb untuk ikut berzikir kepada Allah bersama mereka yg ada dalam majlis tersebut).

Dan berkata Al muhaddis Al munawi dalam faidlul qodiir 1/457:

 وأما ما نقل عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما اراكم إلا مبتدعين وأمر بإخراجهم فغير ثابت . وبفرض ثبوته يعارضه ما في كتاب الزهد لأحمد عن شقيق بن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالسته مجلسا قط إلا ذكر الله فيه.اهـ

Dan adapun apa yang di nuqil dari Ibnu Mas'ud baewa beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid, lalu beliau berkata: tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah shgg beliau mengeluarkan mereka dari masjid, maka atsar ini tidak tsabit, dan seandainya tsabit, maka telah menentangnya apa yang ada dalam kitab az-zuhd karya imam Ahmad dari Syaqiq bin Abi wail, beliau berkata: mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu, padahal tidaklah duduk Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsb  (Ibnu Mas’ud duduk dalam majlis tsb untuk ikut berzikir kepada Allah bersama mereka yg ada dalam majlis tersebut).

Berkata Al alamah Al Alusi dalam rauhul maani 6/163:

 وما ذكر في الواقعات عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما اراكم إلا مبتدعين حتى أخرجه من المسجد لا يصح عند الحفاظ من الأئمة المحدثين وعلى فرض صحته هو معارض بما يدل على ثبوت الجهر منه رضي الله تعالى عنه مما رواه غير واحد من الحفاظ أو محمول على الجهر البالغ.

Dan adapun apa di sebutkan dalam peristiwa dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid, lalu beliau berkata: tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid, maka atsar ini tidak shahih menurut para hufadz dan para Imam Muhaddis berkata, dan seandainya shahih, maka ia bertentangan dengan khabar yang menunjukan atas bolehnya dzikir keras (jahar) diriwayatkan oleh lebih dari satu orang dari kalangan hufadh. kemungkinan larangan tsb ditujukan terhadap orang yang SANGAT mengeraskan suara dzikirnya.

Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar