Translate

Kamis, 01 Desember 2016

Hukum Membaca Alqur'an Setelah Fatihah Pada Roka'at Ke 3 Dan Ke 4

Para sahabat ijma (sepakat) bahwa disunnahkan membaca Al-Qur’an setelah Al-Fatihah pada dua rakaat pertama di semua shalat. Ibnu Sirin mengatakan,

لا اعلمهم يختلفون في هذا

“saya tidak mengetahui mereka (para sahabat) berbeda pendapat dalam masalah ini” (dinukil dari Sifat Shalat Nabi, 101).

Diantara dalilnya adalah sabda nabi shallallahu’alaihi wasallam dari sahabat Abu Qatadah,

انَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الأُولَيَيْنِ مِنْ صَلاَةِ الظُّهْرِ بِفَاتِحَةِ الكِتَابِ، وَسُورَتَيْنِ يُطَوِّلُ فِي الأُولَى، وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ وَيُسْمِعُ الآيَةَ أَحْيَانًا، وَكَانَ يَقْرَأُ فِي العَصْرِ بِفَاتِحَةِ الكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ، وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الأُولَى، وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الأُولَى مِنْ صَلاَةِ الصُّبْحِ، وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ

“Nabi shallallahu’alaihi wasallam membaca Al-Fatihah di dua rakaat pertama shalat zhuhur dan juga membaca dua surat yang panjang pada rakaat pertama dan pendek pada rakaat kedua dan terkadang hanya satu ayat. Beliau membaca Al-Fatihah di dua rakaat pertama shalat ashar dan juga membaca dua surat dengan surat yang panjang pada rakaat pertama. Beliau juga biasanya memperpanjang bacaan surat di rakaat pertama shalat subuh dan memperpendeknya di rakaat kedua” (HR Al-Bukhari 759, Muslim 451).

Namun para ulama berbeda pendapat mengenai bacaan Al-Qur’an pada rakaat ketiga atau keempat. Jumhur ulama berpendapat tidak disunnahkan membaca  Al-Qur’an pada rakaat ketiga atau keempat, namun amalan ini tidak terlarang sebagaimana dilakukan oleh para salaf.‎
Imam Muslim rahimahullah telah meriwayatkan dalam Shahih-nya dari haditsnya Abu Sa’id al-Khudri radhiyallaahu ‘anhu, beliau mengatakan bahwa :

النبي صلى الله عليه و سلم كان يقرأ في صلاة الظهر في الركعتين الأوليين في كل ركعة قدر ثلاثين آية وفي الأخريين قدر خمس عشرة آية أو قال نصف ذلك وفي العصر في الركعتين الأوليين في كل ركعة قدر قراءة خمس عشرة آية وفي الأخريين قدر نصف ذلك

“Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam shalat Zhuhur pada dua raka’at pertama sekira 30 ayat, dan pada dua raka’at yang terakhir sekira 15 ayat.”
Atau ia mengatakan : “Setengah dari itu.”
Dan di dalam shalat Ashar, pada dua raka’at yang pertama beliau membaca sekira 15 ayat di setiap raka’atnya, sedangkan pada dua raka’at yang terakhir sekira setengah dari itu.”
(Shahih Muslim 1/334 no.452)

Hadits ini menjadi dalil yang jelas mengenai bolehnya bagi seseorang yang shalat untuk membaca ayat Al-Quran tambahan setelah membaca Al-Fatihah pada raka’at ketiga (dan juga pada raka’at ke-empat).

Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah mengatakan :

وقد تقدم من حديث أبي سعيد الخدري ما يدل على أن النبي ( كان يقرأ في الركعتين الأخريين على قدر نصف قراءته في الأوليين .
وحمله طائفة من أصحابنا وغيرهم على أن هذا كان يفعله أحياناً لبيان الجواز ، فيدل على أنه غير مكروه ، خلافا لمن كرهه . والله أعلم

“Dan juga telah disebutkan sebelumnya dari haditsnya Abu Sa’id al-Khudri radhiyallaahu ‘anhu yang menunjukan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam membaca pada dua raka’at terakhir sekira setengahnya dari bacaan beliau pada dua raka’at pertama.
Sekelompok ulama dari kalangan sahabat2 kami dan yang selainnya membawakan pengertian hadits ini bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam terkadang melakukannya adalah untuk menjelaskan akan kebolehannya.
Dan ini menunjukan bahwa perbuatan itu (yakni membaca surat/ayat lain pada raka’at ke-3 dan ke-4) tidaklah makruh, dan hadits ini menyelisihi orang yang menganggapnya makruh. Wallaahu a'lam. ”
(Fathul-Bari 7/80)

Kemudian, yang menguatkan dan memperjelas akan bolehnya bagi seseorang untuk membaca ayat Al-Quran tambahan setelah membaca Al-Fatihah pada raka’at ketiga (dan juga pada raka’at ke-empat) adalah apa yang pernah diamalkan oleh Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu 'anhu.

Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah mengatakan :

وقد تقدم عن أبي بكر الصديق ، أنه قرأ في الثالثة من المغرب بعد الفاتحة ( رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا ( [ آل عمران : 8 ] .
وقد استحب أحمد ذلك في رواية .

“Telah disebutkan sebelumnya dari Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu ‘anhu bahwa pada raka’at ke-3 shalat Maghrib, setelah Al-Fatihah, beliau membaca : “Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahablanaa min ladunka rahmatan innaka antal-wahhaab.” (Q.S Ali ‘Imran ayat 8)
Dan dalam salah satu riwayatnya, imam Ahmad menyukai akan hal itu.”
(Fathul-Bari 7/80)

Adapun riwayat yang dimaksud oleh Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah dari Abu Bakar radhiyallaahu 'anhu ini, diantaranya sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Malik rahimahullah dalam Al-Muwatha', yaitu :

عن أبي عبيد مولى سليمان بن عبد الملك عن عبادة بن نسي عن قيس بن الحارث عن أبي عبد الله الصنابحي قال قدمت المدينة في خلافة أبي بكر الصديق فصليت وراءه المغرب فقرأ في الركعتين الأوليين بأم القرآن وسورة سورة من قصار المفصل ثم قام في الثالثة فدنوت منه حتى إن ثيابي لتكاد أن تمس ثيابه فسمعته قرأ بأم القرآن وبهذه الآية { ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب } 

Dari Abu ‘Ubaid maula Sulaiman bin ‘Abdul Malik dari ‘Ubadah bin Nusa dari Qais bin Al-Harits dari Abu ‘Abdullah ash-Shunabihi, ia berkata :
“Aku datang ke Madinah pada masa ke-Khalifahan Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu ‘anhu, maka akupun shalat Maghrib di belakang beliau.  Beliau membaca pada dua raka’at pertama dengan Ummul-Quran dan surat2 pendek dari Al-Mufashal. Kemudian beliau berdiri pada raka’at ketiga, dan akupun mendekat kepadanya sampai2 kainku hampir menempel dengan pakaiannya.
Maka aku mendengar beliau membaca Ummul-Quran dan ayat : “Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahablanaa min ladunka rahmatan innaka antal-wahhaab.”
(Al-Muwatha 1/79 Kitab ash-Shalat no.25. -Isnadnya shahih-)‎

Maka, seperti inilah yang kemudian dipilih oleh sebagian ulama, yakni akan bolehnya bagi seseorang untuk membaca ayat Al-Quran tambahan setelah membaca Al-Fatihah pada raka’at ketiga (dan juga pada raka’at ke-empat).

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah pernah mengatakan :

وأحب أن يكون أقل ما يقرأ مع أم القرآن في الركعتين الأوليين قدر أقصر سورة من القرآن مثل إنا أعطيناك الكوثر وما أشببها وفي الأخريين أم القرآن وآية

“Aku suka jika apa yang dibaca bersama dengan Ummul-Quran pada dua raka’at yang pertama, paling sedikit adalah seukuran dengan surat2 yang paling pendek dari Al-Quran, semisal Innaa a’thainaakal-kautsar, atau yang sepertinya. Dan pada dua raka’at yang terakhir membaca Ummul-Quran dan satu ayat.”‎
(Al-Umm 2/250)

Imam Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya mengatakan,

إباحة القراءة في الأخريين من الظهر والعصر بأكثر من فاتحة الكتاب وهذا من اختلاف المباح لا من اختلاف الذي يكون أحدهما محظورا والأخر مباحا فجائز أن يقرأ في الأخريين في كل ركعة بفاتحة فيقتصر من القراءة عليها ومباح أن يزاد في الأخريين على فاتحة الكتاب

Boleh membaca di dua rakaat terahir untuk shalat dzuhur dan asar lebih dari surat al-Fatihah. Ini termasuk perbedaan pendapat ulama yang sifatnya mubah. Bukan perbedaan yang satu hukumnya terlarang dan yang satu mubah. Boleh saja di dua rakaat terakhir, pada masing-masing rakaat seseorang membaca al-Fatihah saja. Boleh juga di dua rakaat terakhir dia tambahi dengan surat lain setelah al-Fatihah. (Shahih Ibnu Khuzaimah, 1/256).

Karena itulah, Abul Hasan al-Laknawi (w. 1304 H) mengingkari pendapat sebagian ulama yang menganjurkan sujud sahwi bagi orang yang membaca surat setelah bacaan al-Fatihah di rakaat ketiga dan keempat.

Dalam kitabnnya at-Ta’liq al-Mumajjad, beliau mengatakan,

وأغرب بعض أصحابنا حيث حكموا على وجوب سجود السهو بقراءة سورة في الأخريين، وقد ردَّه شراح “المنية” – إبراهيم الحلبي وابن أمير حاج الحلبي وغيرهما – بأحسن ردّ ولا أشكُّ في أن من قال بذلك لم يبلغه الحديث، ولو بلغه لم يتفوَّه به

Yang aneh, pendapat sebagian madzhab kami (hanafi) yang mewajibkan sujud sahwi karena membaca surat di dua rakaat terakhir. Pendapat ini telah dibantah dengan bagus oleh para ulama yang mensyarah kitab al-Maniyah, seperti Ibrahim al-Halabi, Ibnu Amir al-Hal al-Halabi, dan ulama lainnya. Kita sangat yakin, orang yang berpendapat demikian, karena belum sampai kepadanya hadis. Andai telah sampai kepadanya hadis, tentu dia tidak akan mengucapkan demikian. (at-Ta’liq al-Mumajjad, 1/440).
Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar