Translate

Jumat, 13 November 2015

Al-Kamah (الكماة) Yang Bermanfaat

Rosululloh Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : 

الكماة من المن وماءها شفاء للعين‎
Kamah termasuk al-mann, airnya menyembuhkan mata. Muttafaqun alaih : Bukhori (5708) dan Muslim (2049).
Isyarat Pengembangan Mikologi‎
1. Jangkauan Islam Mencakup Semua Aspek Kehidupan

Alquran menjelaskan bahwa Islam mengatur semua aspek kehidupan. Dalam hal ini Allah berfirman:

– – – ونزلنا عليك الكتاب تبيا نا لكل شيئ وهدى ورحمة وبشرى للمسلمين (النحل 89)

. . . Dan Kami turunkan kepadamu Alkitab (Alquran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (Q.S. an-Nahl/16:89).

Bersamaan dengan itu Alquran juga menyatakan bahwa tidak ada bagian kehidupan  sekecil apa pun yang liar di luar aturan Islam. Dalam hal ini Allah berfirman:

– – – ما فرطنا فى الكتا ب من شيئ ثم الى ربهم يحشرون (الانعا م: 38)

. . . Tiadalah Kami apakan sesuatu pun di dalam Al-Kitab (Al-Quran), kemudian kepada Tuhanmulah mereka dihimpunkan (Q.S. al-An’am/6:38).

Hanya saja perlu dipahami bahwa hampir seluruh bidang kehidupan sebagaimana dalam Alquran nyatakan tidak dijelaskan secara mendetail, biasanya hanya pada prinsip-prinsip dasar dan pengembangannya diserahkan kepada manusia, selagi hasil pengembangan itu tetap berada dalam lingkup syari’ah.

2. Bidang Keilmuan

Sumber ilmu menurut Alquran adalah Allah. Karena itu salah satu nama diantara nama-nama yang indah bagi Allah (asmaul husna) adalah al-‘Alim(Yang Maha Tahu). Sebagai sumber Ilmu, Allah mengajarkan ilmu kepada manusia melalui budaya tulis menulis – dalam hal ini Allah berfirman: Nun wa al-qalam wa ma yasthurun . . .Nun, Demi qalam dan apa yang ia tulis).

Cara memperoleh ilmu melalui rasionalitas, empirisitas, dan intuisi (al-qalb). Melalui ketiga sarana ini manusia akan menjadi tahu dan giliran selanjutnya ia menjadi berilmu. Implikasinya, semua Ilmu berasal dari Allah. Ilmu hanya satu, yaitu ilmu Islam. Seluruh Ilmu yang kita mungkin tidak bisa menghitung itu sebenarnya hanyalah sub atau bagian dari ilmu Islam itu. Dikhotomi ada ilmu agama dan ilmu umum sebenarnya juga tidak benar. Pembagian itu hanya akal-akalan seorang Orientalis berkebangsaan Belanda bernama Snouck Horgrougne. Ilmu Islam hanya satu mencakup banyak aspek karena kegiatan pengembangan oleh para ilmuwan sehingga sebuah cabang ilmu beranak-pinak ilmu-ilmu yang lebih spesifik.

Salah satu bidang kehidupan ini adalah bidang dunia ilmu. Secara umum ilmu dapat dibagi menjadi tiga bagian karena melihat karakternya, yaitu ilmu-ilmu normatif, ilmu-ilmu spekulatif/teoritis, dan ilmu-ilmu praktis.

Ilmu Normatif adalah ilmu yang membahas tentang norma baik-buruk, boleh atau tidak untuk dilakukan, berakibat pahala atau dosa (reward or phunishment). Ilmu-ilmu agama banyak yang masuk dalam jenis ilmu normatif ini, umpama ilmu fikih menjelaskan tentang hukum perbuatan (hati, perasaan, pikiran, lisan, dan perbuatan anggota badan)  manusia (wajib, haram, makruh, sunnah, dan mubah). Ilmu teoriritis/spekulatif adalah ilmu murni berkaitan dengan teori-teori perilaku manusia. Termasuk dalam ilmu teoritis antara lain: sosiologi, psikologi, dan antropologi. Ilmu praktis adalah ilmu yang baik obyek maupun tujuannya adalah sama dan belum ada (pada tahap sekarang, melainkan sedang dicari). Termasuk dalam ilmu praktis adalah ilmu teknik (antara lain: teknik sipil, teknik, arsitektur, teknik elektro, teknik otomotif, dan teknik lingkungan).

 3. Ilmu Analis Kesehatan

Ilmu analis kesehatan termasuk dalam  rumpun ilmu teknik  karena fokusnya adalah eksperimen-eksperimen. Pada saat eksperimen dilakukan di laboratorium (umpama mikroskup elektron atau secara umum dunia mikroskopik) tujuan maupun obyek ilmu  belum diketemukan, kecuali asumsi bahwa dunia apa saja dalam cakupan ilmu analis kesehatan adalah sebagai sarana memperoleh kesehatan jasmani (manusia maupun binatang yang dikehendaki sebagai kebutuhan yang menunjang kehidupan manusia).

4. Mikologi

Mikologi adalah ilmu tentang seluk-beluk kehidupan jamur (Kamus Besar,l990:582). Definisi yang sangat umum dan longgar ini memberi keluasan  di dalam mengapresiasi tentang ilmu jamur, sehingga menjelaskan ajaran Islam, dalam hal ini sabda Nabi Muhammad saw. termasuk dalam cakupan mikologi, dan justru sabda Nabi berkenaan dengan Jamur menjadi tonggak pertama dalam pengembangan mikologi Islam.

5. Sabda Nabi Tentang Jamur

Sabda-sabda Nabi tentang jamur termuat dalam bab pengobatan. Imam Bukhari meriwayatkan dua kali (Bukhari,VII,[t.th.]:17), Imam Muslim meriwayatkannya 7 kali, dan kitab-kitab yang lainnya lebih banyak lagi. Diantara sabda Nabi itu adalah sebagai berikut:

– – – سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول الكماة من المن وماءها شفاء للعين (رواه مسلم عن سعيد بن زيد)

Artinya:

.. . Aku mendengar Rasulullah bersabda: Kam’at (jenis jamur) adalah bagian dari dunia jamur. Airnya adalah obat penyakit mata (H.R. Muslim dari Sa’id bin Zaid).

Yang dimaksud al-manna adalah tetumbuhan berwarna putih, banyak kandungan lemak, dan termasuk rumpun jamur. Al-Kam’at maupun al-manna adalah sama-sama jenis jamur.

Hadis ini memberi petunjuk bahwa jamur banyak jenisnya. Jamur  tertentu dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Kasus ini mengandung implikasi bahwa kita supaya lebih banyak lagi mempelajari aneka jenis jamur, baik dari segi sarana pengobatan, maupun dari segi pemberantasannya ketika jamur itu membahayakan kesehatan manusia.

Pelaksanaan studi tentang jamur secara terus menerus akan membuahkan hasil dalam dunia akademika yaitu mikologi.

Tentang Jamur 

Jamur merupakan salah satu bahan pangan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi non kolesterol. Dalam budidayanya, jamur dibudidayakan dengan ditanam dengan temperatur dan kelembaban yang terkontrol. Jamur Merang atau banyak yang mengenal dengan jamur kancing yang memang bentuknya seperti kancing banyak mengandung manfaat / khasiatnya. Jamur merang sudah banyak dijual di pasar swalayan atau supermarket.

Jamur merang saat ini menjadi salah satu jenis tanaman yang digemari untuk dikonsumsi di Indonesia. Budidaya yang tergolong sangat mudah mendukung semakin diminatinya tanaman berbentuk bulat yang satu ini. Jika melihat kandungan zatnya maka potensi sebagai tanaman obat tergolong tinggi. Saat ini pengobatan tradisional memang kian diminati masyarakat. Selain harganya relatif murah, terhindarnya dari kandungan kimia menjadi salah satu alasan mengapa lebih menyukai pengobatan dari alam.

Jamur Tiram

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalahjamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.
Karakteristik
Tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: ‎pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus) sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. ‎Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk. ‎Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4cm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat.‎

Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk. Tubuh buah terlihat saling bertumpuk di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau pokok batang pohon yang sudah ditebang karena jamur tiram adalah salah satu jenis jamur kayu. ‎Untuk itu, saat ingin membudidayakan jamur ini,substrat yang dibuat harus memperhatikan habitat alaminya. ‎Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamur tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari penggergajian kayu.

Kandungan gizi

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori,karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, danvitamin C.‎

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kayavitamin dan mineral, rendah karbohidrat,lemak dan kalori. ‎Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. ‎Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.‎

Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 persen lemak, 0.20 mgthiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mgniacin, dan 314.0 mg kalsium. ‎Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh. ‎Serat jamur sangat baik untuk pencernaan. ‎Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet.‎

Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah. ‎Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering. ‎Kandungan proteinnya 10,5-30,4%. ‎Sedangkan beras hanya 7.3%,gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%. ‎Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitulisin, metionin, triptofan, threonin, valin,leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. ‎72%‎

Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.[10]Jamur tiram juga mengandung vitaminpenting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin),niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor,Natrium, Kalsium, dan Magnesium. Mineral utama tertinggi adalah : Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.

Manfaat jamur tiram bagi kesehatan

Pengendali Kolestrol Jahat
Nilai gizi jamur tiram setara dengan daging. Namun, yang membedakannya adalah kandungan kolestrol 0% di dalamnya. Kelebihan jamur tiram dibanding dengan daging adalah jamur tiram dapat memberi asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolestrol jahat pada tubuh. Pada penelitian yang dilakukan oleh United Statates Drugs and Andmiration juga membuktikan bahwa mengonsumsi jamur tiram secara rutin dapat menurunkan kadar koletrol jahat pada tubuh.
Meningkatkan Imunitas Tubuh
Manfaat jamur tiram satu ini sudah dapat dibuktikan oleh para ahli kesehatan. Kandungan vitamin C dalam jamur tiram berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung magnesium yang juga baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut membuat beberapa ahli merekomendasikan mengonsumsi tumbuhan ini secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga.
Membantu Melawan Radikal Bebas
Jamur tiram mengandung senyawa yang cukup penting dan dibutuhkan oleh tubuh yakni riboflamin, niacin dan selenium. Antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.
Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil‎
Bagi wanita hamil yang sedang membutuhkan nutrisi yang lebih, bisa mengkonsumsi jamur tiram. Manfaat jamur tiram untuk ibu hamil yakni sebagai asupan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan dalam sehari-hari agar tumbuh kembang janin semakin baik.
Penghancur Virus Tumor
Zat besi terdapat pada jamur tiram memiliki peranan penting yang membantu pertumbuhan limfosit. Senyawa ini berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tumor atau virus penyakit. Bagi kaum adam, setidaknya harus mengkonsumsi 8 miligram zat besi setiap harinya sedangkan untuk wanita membutuhkan 18 miligram. Satu cangkir jamur tiram memiliki prosentasi 12 persen dari asupan sehari-hari untuk pria dan 6 persen bagi wanita.
Sumber Protein Alternatif
Jamur tiram mengandung asam amino yang sangat lengkap. Karena itulah, protein pada jamur tiram kering dapat mencapai 10.5-30.4% yang berarti lebih tinggi dari beras yang hanya 7.3% dan gandum yaitu 13.2%. bahkan, yang lebih mencengangkan adalah kandungan protein dalam jamur tiram bisa lebih tinggi dari pada susu sapi yang mencapai 25.2%.

Membantu Melindungi Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah
Zat ergosterol pada jamur tiram akan berubah menjadi vitamin D saat terkena sinar ultraviolet. Peran dari vitamin D disini untuk mengataur enzim kekebalan tubuh dan mengatur berbagai gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel di dalam tubuh. Vitamin D pada jamur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.
Pencegah Penyakit Kanker Payudara
Pada jamur terdapat beta-glucan dan asam linoleat. Untuk Beta-glucan sendiri dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Sedangkan asam linoleat memiliki peran untuk menekan timbulnya efek estrogen yang menyebabkan kanker payudara pada kaum hawa setelah menopause.
Anti Bakteri
Pada jamur tiram apabila saat dikonsumsi ternyata memiliki aktivitas antibakteri yang cukup signifikan. Seperti informasi yang diambil dari studi pada tahun 1997 yang diterbitkan oleh “Journal of Agricultural and Food Chemistry.” Mengatakan bahwa, senyawa benzaldehida aktif pada jamur tiram dapat mengurangi tingkat bakteri yang menyebabkan stres.

Mengurangi Resiko Kanker Prostat
Jamur mengandung selenium yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Karena dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2 kali porsi dalam sehari dapat menurunkan resiko kanker prostat.
Dapat Mengatasi Liver
Fungsi utama dari hati  adalah sebagai penawar racun dan jikatidak di jaga dengan baik akan beresiko terkena penyakit liver. Salah satu fungsi jamur tiram sebagai antibakterial dan antitumor yang dapat sebagai penawar racun yang terdapat dalam tubuh.
Dapat Menurunkan Badan
Jamur memiliki kandungan protein yang tinggi akan tetapi memiliki kalori dan kolesterol yang rendah serta memiliki kandungan air yang tinggi hingga 80 %. Jamur juga kaya akan serat sehingga dapat menurunkan berat badan.

Nah, mulai sekarang Anda tidak perlu mempunyai pikiran bahwa jamur itu beracun atau jamur hanya sebagai pilihan camilan yang mengenyangkan. Setelah mengetahui khasiat jamur tiram di atas, Anda dapat menganggap jamur tiram sebagai salah satu makanan yang bergizi.

Selain itu, ternyata manfaat jamur tiram bagus untuk ibu hamil karena mengandung gizi yang cukup tinggi untuk pertumbuhan janin dalam kandungannya. Intinya tumbuhan yang identik dengan warna putih ini berfungsi untuk menekan kolesterol jahat
Kandungan Gizi dan Manfaat Jamur Merang

Dari hasil penelitian, diketahui jamur merang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Protein yang terkandung sebanyak 5.94 %, sedangkan kandungan karbohidrat setinggi 50,59 %, lemak 0,17 %, abu 1,14 %, dan mengandung serat 1,56 %. Selain itu juga kaya akan vitamin dan mineral. Per 100 gram tanaman segar mengandung sebanyak 1,9 mg besi, 17 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg vitamin C. Kandungan dari asam folat juga tergolong cukup tinggi, kalium dan tembaga. Dengan kadungan gizi yang kompleks seperti ini, potensi untuk mengarah ke bahan pangan masa depan tentunya juga tinggi.

Beberapa manfaat jamur merang bagi kesehatan antara lain:

1. Mengandung kolesterol rendah

Jamur merang mengandung banyak protein, tidak mengandung lemak jahat, dan kandungan karbohidrat yang rendah. Selain itu kandungan serat dan enzim pada jamur membantu melancarkan seistem pencernaan. Ditunjang dengan protein yang sehat, maka kandungan protein yang tinggi tersebut dapat membakar kolestrol di dalam sistem pencernaan.

2. Baik bagi penderita diabetes

Jamur mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes, jamur yang rendah lemak dan karbohidrat. Manfaat jamur merang baik untuk fungsi hati, pankreas dan kelenjar endokrinal lainnya sehingga dapat meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Kandungan antibiotik pada jamur baik menghindari infeksi akibat luka diabetes.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Jamur merang membantu menghindari pertumbuhan sel kanker pada payudara dan kanker prostat. Jamur mengandung beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi memiliki efek karsinogenik. Asam linoleat membantu menurunkan efek hormon estrogen. Kandungan hormon estrogen terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Beta-glukan akan menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Kandungan selenium pada jamur efektif menghambat sel kanker.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jamur mengandung ergothioneine yaitu antioksidan yang kuat dalam jamur dan efektif untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan ini akan menghambat infeksi jamur, mikroba dll. Dapat membantu menyembuhkan borok atau luka berbisul. Kandungan yang baik seperti vitamin A, B kompleks dan C yang terdapat dalam jamur bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

5. Baik untuk diet

Manfaat Jamur merang bagi manusia tidak mengandung lemak yang baik untuk program diet, sehingga kandungan protein dalam makanan akan dimanfaat untuk membakar lemak. Serat yang banyak baik untuk pencernaan.

6. Baik untuk Masa Pertumbuhan

Kandungan protein jamur cukup tinggi. Protein digunakan untuk pertumbuhan. Dibandingkan dengan putih telur, jamur merang tidak mengandung lemak apalagi kolestrol sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi jamur merang di masa pertumbuhan akan membantu proses pertumbuhan secara maksimal.

7. Memperkuat tulang‎
 
Jamur mengandung kalsium yang tinggi. Selain kalsium juga ada vitamin D yang bahkan jamur merang ini memiliki kandungan vitamin D terbesar kedua setelah cod liver oil. Oleh sebab itu, kandungan kalsiun dan vitamin D yang tinggi tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang kita.

8. Mencegah Anemia

Kita membutuhkan zat besi untuk bahan pembuatan darah kita. Kekurangan zat besi akan menyebabkan kita kekurangan darah atau istilahnya adalah penyakit anemia. Manfaat jamur merang memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk membantu kita terhindar dari resiko anemia.

9. Baik untuk kesehatan jantung

Jamur merang memiliki kandungan mineral tambahan yang tinggi, salah satunya adalah kalium dan tembaga. Kita tahu bahwa tembaga memiliki sifat anti bakteri yang menjaga organ dalam kita terhindar dari serangan bakteri penyakit. Ditunjang dengan kalium yang tinggi yang ini sangat baik untuk menjaga fungsi pembuluh darah kita. Akibatnya jantung kita akan terjaga fungsi dengan baik.

10. Mengatasi radikal bebas

Selain flavonoid yang dikenal baik untuk mengatasi radikal bebas, selenium pun juga sama. Selenium yang ada di dalam kandungan jamur merang membantu kita untuk mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk seperti dari asap polusi, alkohol, makanan dengan lemak jahat, dan radiasi elektrmagnetik bisa menyebabkan penyakit serius.

11. Baik untuk para vegetarian

Jamur merang sangat baik untuk digunakan oleh para vegetarian yang tetap ingin mendapatkan kandungan seperti protein hewani. Perlu kita ketahui bahwa manfaat jamur merang memiliki kandungan protein yang setara dengan protein hewani. Sehingga sangat cocok bagi para vegetarian yang menghindari konsumsi makanan hewani.
Untuk mengolah jamur, pilihlah secara teliti jamur yang segar dan jangan sampai salah memilih jamur, karena jamur ada yang mengandung racun. Jamur memiliki bentuk dan bau yang hampir mirip jadi pilihlah dengan hati-hati.

Untuk jamur merang, sebelum dimasak bersihkan dari kotoran dan cuci.
Lalu direbus dengan air mendidih sekitar 5 menit.
Setelah keluar buih dan air kecoklatan serta berbau khas, buang airnya.
Bilas jamur dengan air dingin 2-3 kali. Lalu tiriskan.
Masak segera jamur jangan disimpan lama karena jamur akan layu dan busuk. Masak hingga matang.
Demikianlah manfaat jamur merang yang perlu kita ketahui. Jamur pun bisa dimasak dalam berbagai jensi makanan. Baik digoreng atau direbus. Dipadupadankan dengan berbaga sayuran pun tetap enak. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mencoba menu baru dengan memasukkan bahan jamur merang ke dalamnya.‎

Wallohu A'lam Bishshowab ‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar