Translate

Kamis, 12 November 2015

Manfaat Kayu Dan Minyak Cendana

Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa,aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. DiIndonesia, kayu ini banyak ditemukan diNusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.

Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.‎

Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya. Di Indonesia, kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya, dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda.

Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda, dan untuk menghilangkan rasa cemas.
Ciri Khas dari Kayu Cendana

Pada umumnya kayu cendana berwarna kuning belerang, tapi ada juga yang berwarna coklat tua.
Kayu cendana memiliki tekstur yang sangat halus.
Kayu cendana memiliki arah serat beragam. Ada yang lurus, bergelombang, dan ada juga yang berpadu.‎
Kayu cendana dari Indonesia memiliki bobot sedang dengan berat jenis rata-rata sebesar 0,84.
Tingkat keawetan kayu cendana termasuk sedang ( kelas awet II).
Tingkat kekuatan kayu cendana termasuk sedang hingga baik (kelas kuat II-I).
Kayu cendana memiliki kemungkinan susut adalah kecil hingga sedang.
Daya retak kayu cendana adalah rendah hingga sedang.
Tingkat kekerasan kayu kayu cendana adalah termasuk sedang hingga keras.
Sifat pengerjaan kayu cendana agak sulit.‎

Kayu cendana, sepertinya sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Kayu ini merupakan salah satu komoditas yang sangat menjanjikan harganya di pasaran. Dengan tekstur kayu yang kuat dan kokoh, kayu cendana merupakan salah satu jenis kayu yang menjadi pilihan alternatif dari kayu jati sebagai pembuatan furniture.

Tanaman Pohon Cendana

Cendana sendiri sebenarnya merupakan jenis tanaman parasit, yaitu membutuhkan inang untuk dapat tumbuh menjadi besar. Hal ini disebabkan oleh akar dari pohon cendana yang kurang kuat dan tidak sanggup untuk mencukupi kebutuhan kehidupannya. Karena hal inilah, maka pohon cendana tergolong sulit dikembangbiakkan, dan cukup jarang berada di pasaran. Namun tetap banyak diminati karena memiliki kualitas kayu yang sangat menjanjikan.

Pohon cendana, yang memiliki nama latin Santalum Albul Linn ini memiliki 2 jenis, yaitu :

Kayu cendana merah
Kayu cendana putih
Kayu cendana merah merupakan jenis cendana yang mutunya tidak sebaik kayu cendana putih, namun kurang diminati di pasaran. Kayu cendana merah sendiri banyak tumbuh di daerah India, dan Funan. Untuk kayu cendana putih, lebih banyak tumbuh di daerah Nusa tenggara timur.

Walaupun menjadi tumbuhan parasit, namun pohon cendana merupakan pohon yang dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 11 – 15 meter, dan termasuk pohon yang besar, dengan diameter mencatap 25 – 30 cm.

Manfaat Kayu Cendana dalam Berbagai Bidang

Sebagai salah satu komoditi yang dapat menunjang kebutuhan ekspor, pohon cendana memiliki berbagai macam manfaat bagi manusia, dari segi ekonomis dan juga segi kesehatan. Bahkan beberapa juga menganggap bahwa kayu cendana memiliki tuah tersendiri.

Berikut ini beberapa pemanfaatan dari kayu cendana :

1. Bahan baku furniture dan meubel

Bentuk pohon yang kokoh dan besar, serta kualitas kayu yang sangat baik, tidaklah salah apabila kayu cendana merupakan salah satu kayu yang sangat diperhitungkan dalam pembuatan furniture. Banyak sekali furniture yang terbuat dari bahan dasar kayu cendana. Berikut ini adalah beberapa meubel dan furniture yang bisa dibuat dengan menggunakan kayu cendana :

Lemari besar (seperti lemari pajangan, lemari pakaian, dan lemari hiasan)
Meja makan
Kursi dan perlengkapan ruang tamu
Tempat tidur
Bahan kusen dan pintu
2. Bahan baku produk kerajinan tangan

Selain menjadi bahan baku furniture dan meubel,manfaat hutan yang menghasilkan kayu cendana juga sering dibuat menjadi bahan baku kerajinan tangan dan menjadi bahan baku hiasan-hiasan, seperti :

Warangka Keris
Ukiran-ukiran
3. Lambang prestise

Tak dapat dipungkiri, dengan kualitas kayu yang tinggi dan juga proses budidaya yang cukup sulit, harga kayu cendana dipatoj dengan harga yang sangat tinggi. Hal ini tentu akan berdampak kepada peralatan yang dibuat dengan meggunakan kayu cendana. Harga peralatan, kerajinan, atau meubel yang dibuat menggunakan kayu cendana pastinya akan jauh lebih tinggi, karena akan dibuat dengan teliti dan baik. Hal ini membuat barang-barang yang dibuat dari kayu cendana akan memberikan kesan :

Mewah dan mahal
Menaikkan gengsi dan prestise
4. Bahan obat herbal

Salah satu manfaat kayu cendana bagi tubuh kita adalah dapat menjadi obat herbal. Biasanya bagian yang digunakan sebagai obat herbal adalah bagian kulit kayu serta minyak dari pohon cendana. Berikut ini khasiat obat herbal dari pohon cendana :

Anti peradangan
Mencegah disentri dan gangguan pencernaan lain
Dapat menjadi pembersih pada saat menstruasi
Cara mengolah daun cendana untuk Obat Herbal‎
Pengolahan daun cendana cukup mudah. Berikut ini cara mengolah kayu cendana menjadi obat herbal :

Giling atau blender kulit kayu cendana hingga menjadi halus
Seduh hasil gilingan kulit kayu cendana dengan air panas
Tunggu beberapa saat hingga airnya berubah warna, lalu saring
Minumlah air hasil saringan bubuk kulit kayu cendana tersebut.
5. Sebagai bahan parfum dan wangi-wangian

Kayu cendana juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan parfum dan jenis wewangian yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti manfaat lengkuas. Jenis kayu cendana putih merupakan jenis cendana yang memiliki wangi-wangian yang baik dan dimanfaatkan sebagai :

Campuran parfum
Bahan pembuatan dupa
Aromaterapi
Sebagai balsam
6. Mengendalikan stress dan kecemasan

Bagaimana bisa? Ternyata bagian dari pohon cendana yang dapat membantu mengendalikan stress dan kecemasan adalah minyak cendananya. Minyak cendana memiliki efek alami sebagai anti depressant yang dapat mengurangi, bahkan menghilangkan jenis kecemasan, stess dan depresi.

7. Memperlancar buang air kecil

Minyak cendana ternyata juga mampu membantu anda dalam memperlancar buang air kecil. Minyak cendana mampu menekan rasa sakit yang muncul ketika tubuh melakukan proses buang air kecil atau ekskresi. Hal ini dapat berguna bagi orang-orang yang menderita gangguan ketika buang air kecil.

8. Antiseptik dan antimikroba

Minyak cendana memiliki fungsi sebagai zat antiseptik dan zat antimikroba yang berguna bagi ketahanan dan daya tahan tubuh. Hal in membuat tubuh menjadi lebih sulit untuk terinfeksi bakteri, mikroba dan virus-virus yang membawa penyakit berbahaya.‎

9. Manfaat kecantikan

Minyak kayu cendana juga memiliki fungsi yang sangat baik sebagai salah satu zat yang dapat memberikan efek kecantikan bagi tubuh Minyak cendana memiliki banyak kandungan yang berguna untuk :

Menghilangkan noda hitam pada kulit
Mencegah munculnya jerawat
Mengatasi dan menghilangkan minyak pada kulit
Itulah beberapa manfaat kayu cendana dan hasil-hasil lain dari kayu cendana. Ternyata tidak hanya baik sebagai bahan baku produksi perabotan rumah tangga, namun memiliki manfaat yang baik pula bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Minyak Cendana 

Apakah yang disebut dengan minyak esensial cendana?. Minyak Cendana adalah minyak yang diperoleh khusus dari jenis pohon aromatik cendana atau Santalum album. Minyak ini banyak dikenal karena aroma dan sifat obatnya yang menakjubkan, serta juga banyak digunakan untuk meditasi dan ritual.

Minyak cendana memiliki banyak kegunaaan, sehingga telah dikenal secara luas di banyak negara  didunia. Baca tuntas artikel ini Untuk mengetahui top 10 manfaat minyak cendana.

Manfaat Minyak cendana

1 .Mengatasi Peradangan :

Minyak esensial cendana adalah obat anti inflamasi alami, yang memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengatasi peradangan yang parah. Minyak ini juga memiliki kegunaan terbesar untuk menyembuhkan rasa sakit pada sistem saraf (termasuk otak), sistem sirkulasi, sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Jika salah satu dari sistem tubuh kita sakit akibat demam, penggunaan antibiotik, gigitan serangga, bahan beracun, atau cedera, maka minyak ini dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkannya.

2 . Menghentikan Kejang :

Minyak cendana juga dikenal sangat antispasmodic, karena memiliki sifat obat penenang serta sifat merelaksasi otot. Minyak ini bekerja pada serat otot, serabut saraf, dan pembuluh darah untuk membuatnya menjadi rileks, yang pada akhirnya bisa menghentikan kejang parah. Manfaat berikutnya termasuk mengobati batuk, otot berdenyut, kram, dll,  yang disebabkan oleh kontraksi otot akut.

3 . Anti mikroba :

Telah dibuktikan bahwa minyak cendana memiliki unsur disinfektan yang tinggi. Aroma yang berbeda dari minyak ini dapat mengusir hama serta mikroba lainnya. Oleh karena itu, ia juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama produk pengusir serangga, pestisida, dan cairan yang digunakan dalam evaporator untuk desinfektan. Mencampur beberapa tetes minyak cendana dengan body lotion atau air mandi bisa menjaga kulit bebas dari masalah infeksi.

4 . Antiseptik :

Karena memiliki sifat antimikroba, minyak cendana juga digunakan sebagai antiseptik yang efektif. Umumnya digunakan secara topikal untuk cedera, lesi, bisul, jerawat, dll supaya tidak terinfeksi. Selain dari penggunaan luar, minyak esensial ini juga bisa digunakan untuk penggunaan dalam. Tambahkan beberapa tetes minyak kedalam segelas susu yang hangat dan meminumnya. Mengkonsumsi secara teratur campuran ini akan memberikan perlindungan dari ulkus, serta infeksi di tenggorokan, kerongkongan, saluran pencernaan, dan saluran ginjal.

5 . Memfasilitasi Proses buang air kecil :

Minyak cendana sangat membantu untuk mempromosikan buang air kecil. Seperti yang telah Anda ketahui, minyak esensial ini dapat menekan rasa sakit pada sistem ekskresi, serta memberi efek mendinginkan. Akibatnya, buang air kecil menjadi lebih mudah, jumlah urin meningkat, dan frekuensi buang air kecil akan jauh berkurang. Singkatnya, minyak ini bekerja sebagai diuretik dan akan menjaga sistem ginjal menjadi sehat.

6 . Mengendalikan Tekanan Darah :

Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, minyak cendana bisa memberikan banyak keuntungan. Hal ini karena banyak mengandung unsur penurun hipertensi, sehingga dapat mengatur tekanan darah secara efisien bila dikonsumsi dengan cairan seperti air minum atau susu. Jadi, penggunaan secara internal bisa mengurangi risiko hipertensi.

7 . Mengusir Bau Badan :

Aroma cendana yang segar dan harum telah membuat minyak ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari wewangian. Hal ini biasanya dikombinasikan dengan produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, serta deodoran untuk menghilangkan bau badan.

8 . Tonic Kesehatan untuk Anak:

Tidak semua minyak esensial aman untuk anak-anak. Tapi minyak cendana bisa diberikan kepada anak-anak tanpa perlu khawatir dengan keamanannya. Hal ini sudah disebutkan diatas, bahwa minyak ini memiliki efek menenangkan yang sangat baik pada sistem organ dalam. Hasilnya bisa membantu mensingkronkan pergerakan anak dengan baik, serta membuat seluruh sistem tubuh anak berkembang dengan sehat.

9 .  Mengendalikan Stres dan Kecemasan :

Minyak cendana memiliki efek alami yang dapat menenangkan sistem saraf. Hal ini dapat  menghilangkan semua jenis ketegangan, keresahan, ketakutan, agitasi, kecemasan, dll, dengan membuat santai saraf Anda. Dengan demikian kita akan memiliki penglihatan yang lebih baik, meningkatkan fokus, dan memiliki gagasan yang positif.

10 . Membuat kulit cerah, bersih dan sempurna :

Minyak ini sudah lama dikenal akan sifat membersihkan kulitnya yang ramah. Hal ini sebagian besar memberikan manfaat bagi kulit untuk tujuan cicatrisant dan menenangkan kulit. Jika Anda memiliki bekas luka, noda jhitam, bintik-bintik atau eksim pada kulit, maka minyak ini bisa membantu Anda untuk menghilangkannya dengan cepat serta mengurangi kemungkinan kambuh lagi. Orang yang mengalami kulit kering bisa membuat kulit mereka normal kembali dengan bantuan minyak esensial ini.‎

Semoga Bermanfaat ‎

12 komentar:

  1. Kalau misal ambil Tasbih Cendana , berapa harganya ?

    BalasHapus
  2. wah infony sangat bermanfaat, kalau Gelang Kayu Stigi jual juga?

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Gema Parfum
    Tingkatan Keawetan Parfum.

    ----------

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum salam sejahtera warga group📢
    💐 Sy nk mintak tolong viralkan berita baik ni ye📢😉

    1) Ni berkenaan kisah hidup pesakit lutut kronik dan masalah saraf sendi2 dan juga kisah hidup pesakit kanser stage 1 sampai stage 4, pesakit asma kronik dan juga produk yg berpatutan harga nya tapi kesannya setanding ubat harga mahal ribuan ringgit.

    2)Dah ramai yg sembuh dengan penawar herba beliau. Kanser yg sudah merebak ke organ-organ lain pun boleh diubati insya Allah.☺👍🏻

    3)Pengamal perubatan herba ni dah banyak pengalaman berdepan dengan pesakit2 kanser,sakit saraf,sakit lutut dan asma. Ramai yg dh pulih.

    4)Mcm2 kanser blh rawat termasuk leukimia,paru2,limfoma dll.


    5) Puan Rasmani Binti Md Noh psakit lutut kronik yg terpaksa jalan mengesot esot atas lantai dan klau cuba berjalan secara berdiri boleh dengar lutut berbunyi bunyi tulang yg sangat sakit. Hendak masak terpaksa gunakan kerusi sebab xmampu berdiri lama2 dan lepas 6 hari minum dah mampu berjalan lancar dan saraf kaki dah tak tegang dah. Mampu masak berdiri semula. Kesan sangat cepat baru 6 hari minum.

    Sy share melalui pengalaman sy sendiri yg mengikuti perkembangan pejuang2 kanser ni....sy sendiri pun guna produk die (jus herba) dah 5tahun setia walaupun sembuh terus juga minum sebagai supplement.

    Jadi skg ni sy rsa perlu share berita ni buat semua supaya masih ade harapan bg mereka yg tercari2 penawar kanser yg tepat .💪🏼

    ▪Adik Luqman -kanser GIST-Anoerectal Tumor
    Skg sudah sembuh dari kanser.
    ..........................................................................
    ▪️Pn. Hayati Abd Hamid- Pensyarah Kanan UITM, kanser payudara stage 4.
    Skg dh sembuh dn shat walau pon pernah diberitahu oleh doktor yang beliau hanya mampu bertahan 1 tahun saja untuk hidup. Beliau setia dengan jus herba ini selama lebih 6tahun.
    Beliau mengarang sebuah naskah/buku yg mengisahkn pengalaman beliau sepanjang perjuangannya melawan kanser dengan mengambil jus herba ini sebagai salah satu rawatan alternatif (nk buku nti blh order)
    Terkini (2020): Beliau pernah ditemuramah dlm rancangan Selamat Pagi Malaysia di Tv1 menceritakan tentang perjuangan beliau menempuh kanser dari tahap 4 hinggalah sembuh.
    ………………………………………………………………………....
    ▪Adik Izzat b.muhd Ariffin ,kanser Burkit Lymphoma stage 4 sekarang dh sembuh
    Guru nya memberitahu beliau x pernah nampak seperti pengidap kanser tahap 4, kerana sentiasa nampak cergas dengan pengambilan jus yang memberi tenaga dan merawat.Beliau mengambil jus herba ini dr kanser tahap 4 sehingga sembuh.
    ..........................................................................
    ▪Puan Musriharni pesakit asma kronik sejak kecil yang terpaksa menggunakan healer setiap hari. Beliau juga pesakit gastrik kronik(GERDyang menyebabkan berangin satu badan sehingga terasa ke pinggang. Perut membuncit dan mengeras kerana terlampau banyak angin sampai sesak nafas dan anxiety akibat nya menggigil dan seram sejuk.
    Sekarang kesihatan Alhamdulilah semakin baik, gastrik dan anxiety dah takde dan asma pun tak perlu guna healer lagi. Paru2 dah elok semula.
    ..........................................................................
    ▪Puan Rohana Binti Ismail seorang yang cergas dan aktif dalam mendaki gunung termasuk gunung Kinabalu dan lain2 gunung di Malaysia tapi sejak sakit bengkak lutut, segala aktiviti lasak terpaksa dilupakan sehingga nk turun tangga di ofis pun terpaksa turun bagaikan ketam turun tangga sebab lutut bengkak. Setelah minum jus ini, dalam masa 1 minggu saja kaki beliau dah sembuh semula. Bengkak dah surut dan dlm msa 2 mingu saja mampu berjoging kembali, naik bukit dlm 8km jauh nya dah tak sakit2 dah lutut.
    ..........................................................................
    Call order wasap@call- En mohd zuhairi- 0174687570

    BalasHapus