Translate

Selasa, 10 November 2015

Filsafat Dan Manfaat Kelapa

Siapa yg tak mengenal buah kelapa? kalau diIndonesia atau didaerah tropis hampir dipastikan ada pohon kelapa beserta buahnya jadi hampir semua orang mengenalnya, tapi kalau di iklim sub tropis, sedang atau dingin mungkin banyak yg tak mengenalnya, jadi beruntunglah kita tinggal di daerah tropis yang subur karena dianugerahi berbagai macam keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Secara umum struktur buah kelapa terdiri dari empat bagian yaitu: kulit/sabut, tempurung, daging, air. Darikeempat empatnya mewakili perjalanan spiritual kita menuju sang Illahi. Tuhan menciptakan alam semesta ini penuh dengan perumpamaan-perumpamaan, bagi yang pikiran dan hatinya sudah terbuka, maka akan dengan mudah mengetahui hakekat dari wujud benda dan menamainya sesuai dengan rahman dan rahimNya.

KEHIDUPAN itu ibarat buah kelapa;

ada yang tidak sanggup mengupasnya sehingga tertipu ia menyangka intipati buah kelapa itu ya serabutnya saja...., ada yang sudah mau berpayah payah mengupasnya, hanya tidak tuntas sehingga beranggapan bahwa intipati dari buah kelapa adalah "batoknya" (tempurungnya)....,  ada yang mengupasnya tuntas hingga membuka batoknya dan menemukan daging dan airnya...., yang ketiga inilah yang sebenarnya berhasil mengupas intipati dari buah kelapa,

Kehidupan tidak jauh dari buah kelapa,

Ada yang tidak mau mengurai makna kehidupan sehingga ia tertipu oleh "kulit / cangkang"-nya kehidupan,.....

pergerakannya hanya berputar putar diseputar perut (ekonomi), kemaluan (seksual) dan wajah (popularitas).... dari pagi hingga malam (24jam)  ngulibek' (berputar) diseputar itu. Hidup "ananiyyah" (egois) hanya diri dan keluarganya yang diurus dan diperhatikan serta diutamakan dari segala hal.... Inilah HIDUP HISSI....

manusia yang hidup dengan filosofis HIDUP HISSI ...hanya berani jika lapar, Hanya bergerak untuk memuaskan nafsu syahwatnya, hanya beraktifitas untuk mengejar popularitas.... tapi jika ISLAM terjajah,  ia tidak peduli.... jika UMMAT ISLAM terdzalimi, ia acuh tak acuh. Jika program dan amanah kerisalahan terabaikan, ia tidak mau tahu

sama sekali tidak ada agenda JIHAD Fisabilillah... tidak ada jadwal DAKWAH Ilallah

وقالوا ما هي إلا حياتنا الدنيا
نموت ونحيا وما يهلكنا إلا الدهر
وما لهم بذلك من علم إن هم إلا يظنون

Dan mereka berkata: "Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa", dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja. [[QS 45/24 ]]

Hadits Rasulullah SAW: “Siapa yang tidak memperhatikan urusan umat Islam maka bukan termasuk mereka. Dan siapa yang pagi dan siangnya tidak menyampaikan nasihat kepada Allah, Rasul-Nya, kitab-Nya, imam dan umumnya umat Islam maka bukan termasuk mereka” (HR At-Tabrani)

***

ada yang sudah mampu mengupas makna kehidupan dan menemukan intisarinya tetapi tidak tuntas ,... seperti mengupas buah kelapa baru sampai "batok"nya ia sudah berhenti dan mengatakan inilah intinya.

Manusia seperti ini adalah manusia yang sudah ada di dalam sabilillah (Islam) dan sudah melakukan pengabdian (ibadah) hanya sayang tidak totalitas, belum punya kesadaran yang cukup, belum memiliki keyakinan yang kuat dan belum punya tekad yang membaja.

sehingga sering mudah berubah karena "coba" dan "goda"
Masih suka pilih pilih dalam menunaikan Darma bakti
kerap ragu dalam melakukan kebaikan
Selalu perlu motifasi dari orang lain dalam pergerakannya
Kadang suka merekayasa "keadaan" agar diijinkan untuk tidak melakukan tugas
Masih angin anginan, bagaimana kondisi, atawa kumaha "mood"-na, kadang mawa karep sorangan
tidak mau terpimpin dan hidup berbaris

Inilah Hidup Maknawi.... filosofis hidup maknawi.

ومن الناس من يعبد الله على حرف
فإن أصابه خير اطمأن به وإن أصابته فتنة انقلب على وجهه
خسر الدنيا والآخرة ذلك هو الخسران المبين

Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. [[ QS 22/11 ]]

***
ada yang sudah mampu mengupas makna kehidupan dan menemukan intisarinya serta mampu menikmatinya dengan kepuasan, seperti pengupas buah kelapa yang sudah sanggup mengupasnya hingga menemukan daging dan air kelapanya

Manusia seperti ini adalah manusia yang sudah ada Fi Sabilillah (Islam) dan sudah mendarmabaktikan seluruh kehidupannya dalam pengabdian yang totalitas... inilah filosofis hidup Ma'any

Hidupnya sudah dipergunakan untuk melakukan amal bakti sebanyakbanyaknya dan sesempurna sempurnanya

Amal bakti yang timbul dari keyakinan yang kuat dan Iman yang teguh. Amal yang dilakukannya hanya karena mengharapkan Rahmat dan Ridho Allah semata

Orang yang hidup dengan filosofis hidup Ma'any ini sudah tidak mengenal sukar dan sulit, berat dan susah, takut dan was was dan lain lain yang akan mencegah manusia melakukan amal yang sempurna.... tentu filosofis hidup Ma'any ini tidak akan diraih tanpa kemurahan dan karunia Allah

ومن الناس من يشري نفسه ابتغاء مرضات الله
والله رؤوف بالعباد

Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya. [[ QS 2/207 ]]

Kelapa adalah anggota dari keluarga Arecaceae yang merupakan spesies dalam genus Cocos. Pohon kelapa adalah sejenis pohon palem dengan satu batang lurus yang banyak memiliki kegunaan dan fungsi penting sejak zaman prasejarah. Ini adalah salah satu jenis pohon dimana hampir dalam tiap bagiannya memiliki  manfaat, termasuk buah, kayu, akar, dan daunnya. Di banyak tempat, seperti di India Selatan, pohon kelapa banyak dibudidayakan baik di perumahan, maupun diperkebunan-perkebunan.

Seiring berjalannya waktu, pohon kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan, pohon ini dapat menghasilkan berbagai macam produk yang berasal dari berbagai bagian-bagiannya, seperti untuk membangun rumah, dekorasi, dan bahkan obat-obatan.

Berikut ini beberapa manfaat yag bisa kita dapatkan dari kelapa :

A. Akar

Manfaat pohon kelapa dari akar sampai pucuk sudah tidak terelakkan lagi, akar kelapa sangat bermanfaat bagi lingkungan hidup. Kelapa memiliki akar yang menyerupai rambut,  dan memiliki sistem akar berserat. Akar kelapa terdiri dari ribuan akar tipis yang tumbuh keluar permukaan tanah dan hanya beberapa dari akar tersebut yang menembus jauh ke dalam tanah. Pohon kelapa menghasilkan akar dari pangkal batang sepanjang hidupnya secara terus menerus dan jumlah akar yang dihasilkan tergantung pada usia pohon dan lingkungan. Ukuran diameter akar kelapa biasanya memiliki kurang dari 3 inci.

Akar kelapa umumnya digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya :

Minuman dan obat-obatan herbal. Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pewarna, bahan dasar pembuatan sikat gigi, dan bahan dasar untuk alat pencuci mulut. Selain itu, dengan mengkonsumsi air rebusan akar kelapa yang telah disaring, dapat membantu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, disentri, dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini juga dapat mengobati gatal-gatal.

Konstruksi bangunan. Karena memiliki struktur yang cukup kuat, akar pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penyangga bangunan (cakar ayam).
Penangkal banjir. Karena mampu menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak, akar kelapa juga dipercaya mampu mencegah terjadinya banjir. Hal inilah yang mungkin dijadikan sebagai alasan mengapa pohon kelapa banyak ditanam di pemukiman warga.

Bahan aneka kerajinan tangan. Sejak zaman dahulu, akar tumbuhan kelapa juga kerap dimanfaatkan sebagai salah satu bahan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis, misalnya seperti pembuatan gelang, kalung dan lain-lain.

B. Batang

Batang pohon kelapa memiliki butiran yang berserat. Ada tiga warna dasar yang berkaitan dengan kepadatan kayunya, yaitu coklat gelap, cokelat medium,dan emas bercahaya. Batang kelapa umumnya memiliki tinggi mencapai 25 mtr dengan diameter berkisar 300 mm. Kandungan silika dalam batang memberikan efek elastisitas pohon.

Batang kelapa memiliki banyak aplikasi, seperti :

1. Sebagai bahan desain struktur dan interior.

Pemanfaatan batang kelapa untuk desain interior terbagi sesuai dengan kualitas kepadatannya, yaitu :

Batang kelapa yang memiliki kepadatan keras (high-density), cocok untuk struktural umum seperti pilar, gulungan, arung jeram, furniture, jendela, kusen pintu, lantai, decking dan balok lantai.
Batang kelapa kepadatan menengah dapat digunakan untuk dinding, langit-langit, balok, dan kancing horisontal.

Batang kelapa dengan kepadatan rendah digunakan dalam aplikasi bantalan non-beban seperti panel kayu, lis internal dan langit-langit, serta peralatan rumah tangga.
2. Sebagai bahan desain eksterior. Batang kelapa juga dapat digunakan untuk aplikasi eksterior bangunan , seperti pintu masuk atau gerbang, layar, dan pintu.

3. Bahan dasar pembuatan kertas. Batang kelapa dapat juga diekstrak untuk pembuatan bubur kertas.

C. Daun

Kelapa memiliki bagian daun yang merupakan daun tunggal dan menyirip. Berbagai macam kegunaan daun kelapa diantaranya adalah :

Daun kelapa yang masih muda atau biasa disebut dengan janur, dapat dimanfaatkan untuk berbahai macam hal, seperti bahan anyaman untuk dekorasi sebuah upacara adat, sebagai pembungkus makanan, seperti ketupat, dan lemet.

Daun kelapa yang sudah tua, bisa digunakan sebagi banahn anyaman untuk pembuatan atap maupun dinding bangunan.
Daun kelapa yang sudah kering dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan anyaman untuk pembuatan tikar, topi, tas, dan aneka jenis kerajinan tangan lainnya. Selain itu, daun kelapa yang sudah kering dapat juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat kertas setelah diekstrak menjadi bubur.
Batang daun atau biasa disebut lidi, juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat kebersihan, seperti sapu taman.

Dan mungkin yang belum kita ketahui, ternyata daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai alternative pakan ternak. Daun kelapa merupakan makanan favorite bagi para gajah.

D. Buah

Kelapa memiliki buah dengan ukuran yang cukup besar dan berbentuk bulat. Diameter buah kelapa bisa mencapai 10 hingga 20 cm, atau bahkan bisa lebih. Buah ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda, seperti hijau, kuning, maupun coklat. Buah kelapa kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang kuat. Buah ini tersusun atas tiga element, yaitu :

Mesokarp yang berupa serat atau bisa disebut dengan sabut yang bertugas untuk melindungi bagian didalamnya.

Endokarp yang merupakan bagian yang keras atau biasa disebut sebagai batok atau tempurung. Ini memiliki sifat kedap air. Endokarp berfungsi untuk melindungi biji.

Endospermium yaitu berupa cairan yang banyak mengandung enzim. Seiring dengan bertambahnya usia, hal ini akan mengalami fase padat yang nantinya akan mengendapa pada dinding endokarp.
Kandungan Buah Kelapa

Vitamin C
Asam nikotinat
Asam pantotenat
biotin
riboflavin
dan juga asam folat.
Ok.. Selanjutnya mari kita bahas manfaat tersembunyi dari air kelapa yang penting untuk tubuh kita.

Masing-masing dari bagian buah kelapa juga memiliki berbagai manfaat seperti :

A. Air kelapa

Air di dalam buah kelapa yang masih muda dapat bermanfaat untuk kesehatan kita. Ia dapat memberikan hidrasi yang tepat pada tubuh, pembersihan alami ginjal, dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga dipercaya mampu menyembuhkan luka bakar, menghilangkan jerawat maupun bekasnya, membersihkan air ketuban, mencegah uban dan mencegah dehidrasi. Dibeberapa negara, seperti India, Thailand, dan srilanka, air kelapa dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan sup.

Dalam dunia kecantikan, air kelapa juga merupakan bahan yang ideal untuk ditambahkan dalam masker wajah buatan sendiri.

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang sangat diminati di Indonesia, selain rasanya yang segar dan manis, ternyata ia juga menyimpan segudang manfaat yang penting untuk tubuh manusia. Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh memang sangat banyak sekali, Umumnya orang-orang mengetahui air kelapa bermanfaat untuk menceggah dehidrasi.

Memang tidak diragukan lagi, seperti manfaat buah lainnya dan manfaat buah naga, buah kelapa pun banyak mengandung manfaat lainnya. Saat ini banyak produk-produk makanan dan minuman yang memang terbuat dari bahan dasar buah kelapa yang banyak diminati sehingga mempermudah orang-orang untuk meminum air kelapa dan memakan makanan lainnya yang berbahan dasar buah kelapa dalam keseharian mereka.

Manfaat Air Kelapa

Khasiat air kelapa bagi kesehatan serta bagi tubuh lainnya memang sudah tidak terbantahkan lagi sangat berperan dalam menjaga keseimbangan nutrisi tubuh dan kesehatan. Berikut adalah beberapa rinciannya.

1. Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa telah digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian air kelapa setelah olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang.

Manfaat Air kelapa memang dikenal luas untuk menggantikan mineral dan cairan yang kita kehilangan selama kegiatan fisik atau olahraga. Orang-orang yang bekerja secara teratur harus minum banyak air kelapa untuk menjaga keseimbangan ion dalam tubuhnya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air ini bisa kita katakan sebagai air super, ia sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu.

4. Penyakit Batu Ginjal

Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

5. Baik untuk ibu hamil

Air kelapa merupakan minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.

6. Penting untuk kesehatan kulit

Memiliki jerawat ? dan mencegah terjadinya jerawat pada wajah ? air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

7. Baik untuk pencernaan

Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

8. Menurunkan berat badan

Air kelapa terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif. Bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan ? Cobalah minum air kelapa, perut akan terasa terisi full karena sangat mudah diserap tubuh sehingga akan menunda rasa lapar anda.

9. Kontrol diabetes

Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

10. Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

11. Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

12. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa  memiliki kandungan seimpang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Tips Konsumsi Air Kelapa

Walaupun telah banyak studi yang mengatakan bahwa air kelapa memiliki kandungan natrium baik seperti minum minuman olahraga komersial, tentu konsumsi harus dibatasi dan sewajarnya.  Berikut adalah beberapa tips konsumsi air kelapa untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

Konsumsi 1-2 gelas air kelapa dipagi / siang hari untuk dewasa.
Jangan berikan pada bayi/ balita, ikuti saran dokter jika ingin diberikan di bayi dengan dosis tepat.

Jangan konsumsi pada malam hari sebelum tidur karena cairan ini mudah diserap tubuh dikhawatirkan akan mengakibatkan timbunan glukosa.
Air kelapa juga memiliki kandungan kalori, jadi jangan meminum air kelapa setiap hari secara berlebihan.

Manfaat air kelapa akan kita peroleh secara maksimal apabila kita mengalami kekurangan ION atau dehidrasi. Konsumsi air ini akan segera mengembalikan cairan yang keluar dari dalam tubuh kita.


B. Daging buah kelapa
 
Terdapat berbagai macam pemanfaatan daging buah kelapa diantaranya adalah :

Daging yang masih muda dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam berbagai jenis minuman, seperti es buah. Sedangkan daging yang sudah tua dimanfaatkan sebagai santan dalam berbagai jenis olahan makanan.
Daging kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki rasa yang menarik yang unik. Ia dapat digunakan sebagai pengganti mentega dalam banyak resep masakan.
Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih lebih tinggi dibandingkan dengan minyak seperti manfaat minyak zaitunatau Canola. Asam laurat dalam minyak kelapa diyakini sangat baik untuk kesehatan, ia dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat melindunginya dari berbagai macam penyakit (baca : Manfaat minyak kelapa).

Selain itu, minyak kelapa adalah kondisioner yang bagus untuk rambut juga. Penggunaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembut dan halus.
Minyak kelapa juga digunakan untuk memijat bayi. Hal ini diyakini sehat bagi kulit bayi.

C. Cangkang atau tempurung kelapa

Cangkang keras dari buah kelapa dapat dimanfaatkan sebagai :

Arang untuk memasak
Bahan kerajinan seperti ukiran, sendok nasi, gayung, maupun yang lainnya.
Batok kelapa juga dapat diolah sebagai filter rokok
Penyerap gas berbahaya
Memurnikan CO2 hasil fermentasi

D. Sabut kelapa

Pemanfaatan sabut kelapa antara lain adalah :

Sebagai scrubber yang dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk membersihkan piring makan, cangkir dan bahkan lantai.
Sabut kelapa juga digunakan sebagai bahan kerajinan, seperti untuk membuat rambut boneka, jok, bantal, kasur keset, tali dan bahan industri karpet.
Sebagai pupuk organik cair. Caranya adalah dengan merendam sabut kelapa dalam air selama +/- 15 hari atau sampai air rendaman menjadi hitam. Kandungan kalium klorida dalam air rendaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair.
Sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai media tanam organik, yaitu dengan cara digiling halus hingga menjadi serbuk.

E. Bunga

Bunga kelapa mulai mekar ketika kelapa berusia sekitar 4 sampai 6 tahun. Bunga-bunga tersebut memiliki warna kuning dan beraroma manis. Bagian bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. Dimana terdapat bunga jantan yang terletak jauh dari pangkal dan betina yang terletak di pangkal karangan.

Bagian bunga dari kelapa dapat dimanfaatkan sebagai :

Hasil fermentasi dari getah bunga kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alkohol dan cuka.
Sebagai bahan obat-obatan tradisional
Sebagai bahan kerajinan seperti topi, tas, maupun tali sandal.
Manfaat pohon kelapa dari akar hingga pucuk memang sangat banyak dan sudah menjadi rahasia umum bahwa pohon kelapa menjadi salah satu tanaman yang sangat bermanfaat di bumi ini.

Wallohu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar