Translate

Selasa, 10 November 2015

Manfaat Bubur Talbinah


‎Talbinah merupakan obat nabawi, yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkannya. Alangkah baiknya jika dalam kehidupan kita, terdapat bagian dari anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kesehatan badan.

Kebanyakan kita bangga dan cinta dengan sunnah. Namun, dalam pengobatan dan olah raga yang dia lakukan, tidak ada bagian dari sunnah di dalamnya. Sebagai contoh, kita bisa menggantikan sepak bola dengan perlombaan (seperti perlombaan pacuan kuda atau selainnya, sebagaimana terdapat dalam sunnah) dan gulat. Hal ini adalah sunnah nabawi, dimana melakukan dan mempopulerkannya merupakan kebaikan. Demikian juga dengan pengobatan nabawi.

Dalam suatu hadits shahih disebutkan bahwa Talbinah (sejenis makanan) dapat menyejukkan hati orang sakit dan menghilangkan sebagian rasa sedih. Maksudnya bagaimana? Apakah makanan ini ajaib? Sangat berguna bagi orang sakit? Berikut sedikit pembahasannya.

Hadits tentang talbinah

1. Imam Bukhari rahimahullah mengeluarkan hadits dalam kitab Shahih-nya di tiga tempat (5417, 5689, 5690), dan Imam Muslim rahimahullah (2216), dengan sanad keduanya, (yaitu) hadis dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha :

أنها كانت إذا مات الميتُ من أهلِها، فاجتمع لذلك النساءُ، ثم تفرقن إلا أهلَها وخاصتَها، أمرت ببُرمةٍ من تلبينةٍ فطُبختْ، ثم صُنع ثريدٌ فصبَّت التلبينة عليها، ثم قالت : كُلن منها، فإني سمعتُ رسولِ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ يقول :التلبينةُ مُجمةٌ لفؤادِ المريضِ، تذهب ببعضِ الحزنِ

Bahwasanya apabila salah seorang anggota keluarganya meninggal dunia, maka berkumpullah para wanita. Kemudian mereka berpisah, kecuali keluarga dan orang-orang tertentu. Setelah itu, ia (‘Aisyah radhiyallahu ‘anha) menyuruh diambilkan seperiuk talbinah. Lalu dia memasak dan membuat tsariid. Kemudian dia menuangkan bubur talbinah tersebut di atasnya. Setelah itu, ia berkata: “Makanlah bubur ini! Sesungguhnya, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Talbinah dapat menyegarkan hati orang yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian rasa sedih”.

2. hadits dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha juga

وعنها رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا كَانَتْ تَأْمُرُ بِالتَّلْبِينِ لِلْمَرِيضِ وَلِلْمَحْزُونِ عَلَى الْهَالِكِ ، وَكَانَتْ تَقُولُ : إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ ( إِنَّ التَّلْبِينَةَ تُجِمُّ فُؤَادَ الْمَرِيضِ ، وَتَذْهَبُ بِبَعْضِ الْحُزْنِ )

‘Aisyah radhiallahu anha memerintahkan agar membuat talbinah untuk orang sakit dan orang yang ditimpa kesedihan karena ada keluarga yang meninggal, karena talbinnah bisa mengurangi kesedihan. Kemudian ia berkata, Sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Talbinah dapat menyegarkan hati orang yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian rasa sedih”
Apa itu talbinah?

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah menjelaskan,

طعام يتخذ من دقيق أو نخالة ، وربما جُعل فيها عسل ، سميت بذلك لشبهها باللبن في البياض والرقة ، والنافع منه ما كان رقيقاً نضيجاً ، لا غليظاً نيئاً”

“Makanan yang dibuat dari tepung (gandum) atau dedak tepung , terkadang ditambahkan dengan madu. Dinamakan talbinah karena mirip dengan susu, warnanya putih dan lembut. Bermanfaat bagi tubuh dan lembut serta matang, tidak keras lagi mentah.”

Syaikh Salman Alu Masyhur hafidzahullah menjelaskan,

والتلبينة هي حساء من دقيق أو نخالة الدقيق ربما جعل معها عسل، وبعض العلماء يقولون يلحق بالدقيق الشعير، ومغلي الشعير لا حرج فيه، ما لم يكن فيه كحول، وفيه فائدة، والأطباء ينصحون بتحميصه قليلاً حتى تتطاير بعض زيوته، لأنها تسبب السمنة

“Talbinah adalah semacam bubur yang terbuat dari tepung atau dedak tepung,  terkadang ditambahkan dengan madu.. Sebagian ulama mengatakan bahwa gandum juga bisa digolongkan ke dalam tepung Dan gandum rebus, tidak mengapa, selama tidak terdapat alkohol di dalamnya. Dalam hal ini ada sebuah faedah, yaitu para dokter menyarankan supaya (butiran gandum tersebut -pent) dibakar terlebih dahulu, agar keluar sebagian minyaknya, karena hal itu menyebabkan kegemukan.”‎‎

Jadi talbinah adalah semacam bubur dari gandum/tepung atau dedak gandum yang tentu saja untuk tahu lebih teliti bahan dan cara pembuatannya harus merujuk kepada adat dan tradisi orang Arab saat itu. Apa yang dimaksud dengan talbinah yang benar, Bukan sekedar klaim asal-asalan saja.

Makna meyejukkan hati dan menghilangkan kesedihan

Imam An-Nawawi rahimahullah berkata,

أي تريح فؤاده ، وتزيل عنه الهم ، …قالوا : وربما جعل فيها عسل..وفيه استحباب التلبينة للمحزون

“maksudnya adalah menenangkan hati dan menghilangkan kesedihaan/kecemasan dan memberikan semangat… ulama mengatakan, terkadang ditambahkan dengan madu… dalam hadits ini ada anjuran agar memberikan talbinah pada orang yang sedih."

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah menjelaskan,

“وإذا شئتَ أن تعرف فضل التلبينة : فاعرف فضل ماء الشعير ، بل هي ماء الشعير لهم ؛ فإنها حساء متخذ من دقيق الشعير بنخالته ، والفرق بينها وبين ماء الشعير أنه يطبخ صحاحاً ، والتلبينة تطبخ منه مطحوناً ، وهي أنفع منه لخروج خاصية الشعير بالطحن ، وقد تقدم أن للعادات تأثيراً في الانتفاع بالأدوية والأغذية ، وكانت عادة القوم أن يتخذوا ماء الشعير منه مطحوناً لا صحاحاً ، وهو أكثر تغذية ، وأقوى فعلاً ، وأعظم جلاءً …. ”

“Jika engkau ingin mengetahui khasiat talbinah maka lihatlah khasiat bubur tepung/gandung bahkan  ia mirip dengannya. Talbinah semacam bubur yang terbuat dari tepung atau dedak tepung,  perbedaannya adalah bubur  tepung adalah dimasak langsung (dalam bentuk asli tanpa diolah dahulu) sedangkan talbinah digiling dahulu, ini lebih bermanfaat untuk mengeluarkan kandungan khusus gandum dengan gilingan.

Telah dijelaskan bahwa adat kebiasaan masyarakat berpengaruh pada pemanfaatan obat dan makanan. Kebiasaan suatu kaum membuat bubur tepung/gandum dengan digiling dahulu, bukan bentuk aslinya (tidak digiling), hal ini lebih memberikan pengaruh dan lebih memberikan kenyamanan di perut."

Beliau juga berkata,

“Maksud dari menghilangkan sebagian kesedihan adalah –wallhu a’lam- karena kesedihan dan kegundahan bisa menenangkan mood dan meningkatkan (rasa hangat) semangat.. dan bubur ini bisa meningkatkan semangat karena kandungan di dalamnya maka bisa menghilangkan kesedihan dan kegunadahan. Maka dikatakan –menurut pendapat yang paling medekati kebenaran- menghilangkan kesedihan karena ia termasuk makanan khusus yang menyenangkan, karena ada makanan tertentu yang bisa membuat bahagia dengan kandungan khasnya.”‎

Talbina saat ini

Talbina atau tepung gandum kini mulai di kenal oleh masyarakat, di Indonesia talbina dikenal tepung gandum murni (tanpa campuran gilingan daging) yang banyak dijual di pasaran. Biji gandum sendiri memiliki beberapa bagian, yaitu bagian kulit bran. Di dalam kulit terdapat endosperma bagian inilah yang banyak digunakan. Tepung gandum saat ini mulai di kenal manfaatnya untuk mengatasi masalah lambung.

Dalam beberapa literatur memang talbinah mengandung semacam gizi dan zat bermanfaat. Misalnya

1.Mengandung zat betaglucan, yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2.Mengandung Vitamin E yang bisa melemahkan enzim-enzim yang mensintesis kolesterol.

3.Mengandung Potasium, yang berfungsi mengendalikan tekanan darah, karena ia menciptakan keseimbangan antara air dan garam.

4.Mengandung Potasium, Magnesium, anti oksidan dan vitamin B, kekurangan zat-zat ini di dalam tubuh menyebabkan kekurangan mineral. Para ilmuwan modern mengatakan bahwa penyakit-penyakit kejiwaan, depresi, dan sebagainya merupakan akibat kekurangan mineral tertentu.

5.Mengandung Melatonin yang berfungsi : Menurunkan kolesterol, Menurunkan tekanan darah,  Mengobati Parkinson, Meningkatkan kekebalan tubuh, Mengobati gangguan tidur, Mengobati kanker, Mengobati depresi.

6.Mengandung Lysine, yang berfungsi membangun kesehatan tubuh.

7.Mengandung hormon Prostaglofuin, yaitu hormon yang menyebabkan tidur, dengan demikian talbinah mencegah terjadinya insomnia.

Kandungan talbina (tepung gandum)

Selain itu tepung gandum memiliki kandungan gizi yang baik. Nilai gizi per 100 gram: energi 249 kkal, protein 7,9 gram, lemak 1,9 gram, karbohidrat 49,7 gram, kalsium 20 mg, serat pangan 12,2 gram, besi 3,6 mg, magnesium 124 mg, fosfor 332 mg, kalium 340 mg, seng 2,8 mg, tembaga 0,4 mg, mangan 4,1 mg, selenium 70,7 mg, vitamin B1 0,5 mg, vitamin B2 0,1 mg, vitamin B6 0,3 mg, vitamin E 1 mg, niasin 5,7 mg, asam pantotenat 0,9 mg, asam folat 43 mg.

Khasiat Talbina:

Menurut Sahar Musthafa Kamil dalam tesisnya pada Fakultas Pertanian, Universitas Kairo (1997) “Jewawut atau talbinah mengandung berbagai manfaat kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, mengurangi infeksi kanker kolon, dan mengurangi infeksi penyakit jantung”.

Berikuti ini manfaat lain dari talbina:

Melancarkan pencernaan
Biji gandum memiliki banyak serat yang tinggi sehingga khasiat menghaluskan feses manusia. Itulah mengapa biji gandum bermanfaat untuk pencernaan.

Diet
Berobat dengan Talbina, Kandungan serat tinggi yang dimiliki biji gandum akan memberikan sensasi kenyang lebih lama. Maka dalam hal ini biji gandum dapat di manfaatkan untuk membantu melakukan diet.
Baik untuk jantung‎
Berobat dengan Talbina, Kandungan serat gandum sangat baik untuk kesehatan jantung. Untuk kasus jantung koroner, dapat mengkonsumsi oat meal untuk membantu pengobatan. Dalam oat meal yang terbuat dari biji gandum mengandung folic acid yang berguna untuk mengurangi atau bahkan dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner.
Mengurangi kolesterol
Serat yang terkandung dalam biji gandum juga memiliki khasiat untuk mengikat kolesterol, lemak, dan juga asam empedu. Dengan begitu kolesterol dalam darah dapat dikurangi. Apabila kolesterol terkontrol maka akan mencegah timbulnya jantung koroner.
Diabetes‎
Berobat dengan Talbina, Talbina yang berisi resin (baktin) yang melts dengan air dan mengatur aliran gula dalam darah, mencegah peningkatan gula dalam darah, sagat baik untuk penderita diabetes, dan Talbina yang memberikan perlindungan terhadap meningkatnya gula darah.‎
Mengobati stroke dengan Talbina

Stroke, baik jenis penyumbatan ataupun perdarahan, pada dasarnya adalah penyakit sanguin, (menyerang darah/damm), walaupun kadang dijumpai jenis melankolik atau stroke dingin.

Adapun masalah utama penderita stroke ada pada otak, maka diutamakan pemberian herbal

Untuk menjaga fungsi otak dan pemulihan dengan makanan lembut. Salah satu makanan lembut yang dapat diberikan pada penderita stroke adalah talbinah.

Memberikan makanan yang paling lembut kepada pasien yang berpenyakit berat adalah bagian dari kaidah Thibbun Nabawi. Diuraikan oleh Ibnu Qayyim bahwasannya talbinah bermanfaat untuk menguatkan panas tubuh alamiahnya dan melenyapkan duka serta kesedihan.

Untuk mengobati stroke talbina dibuat dengan mengambil 2-3 sendok makan sawiq (tepung gandum), kemudian dimasak bersama 250 ml susu murni ke dalam wajan dengan api sedang. Ketika pemasakan talbinah sebaiknya diaduk perlahan selama kurang lebih 10-15 menit dan setelah matang, yaitu membentuk bubur putih tuang talbinah ke dalam mangkuk dan diamkan hingga hangat.

Diterangkan juga dalam kitab Thibbun Nabawi, untuk memperbaiki rasa sebaiknya ditambahkan madu sesuai selera. Lalu talbinah dapat dimakan. Terkadang dalam proses pemulihan, penderita stroke mengalami demam, apabila demikian pembuatan talbinah tanpa perlu ditambahkan susu.
Kesimpulan:

1.beberapa ulama menjelaskan bahwa dzahir hadist memang talbinah berkhasiat sebagaimana hadits, menyejukkan hati dan menghilnagkan kesedihan. Karena memang kandungannya yang khusus dan cara penyediaan dan olahnya yang sesuai dengan hati manusia.

Akan tetapi harus benar-benar talbinah dengan bahan dan cara olah  yang sesuai dengan adat kebiasaan masyarakat Arab saat itu. Bukan asal-asalan atau variasi atau bukan asli yang dijual karena kepentingan duniawi seperti bisnis dan lain-lain.

2. sebagian ulama mejelasakan bahwa ini terkait dengan adat kebiasaan masyarakat. Dimana ada beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan kebahagiaan dan kelegaan ketika memakan dan meminumnya. Dan ini berbeda-beda setiap daerah dan tempat. (misalnya beberapa orang merasa rileks dan lega ketika meminum kopi, atau memakan bubur sop hangat atau memakan kangkung bagi orang Lombok). Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah.

Jadi ketika ada teman atau keluarga yang sedih dan ditimpa musibah. Bisa dibuatkan makanan yang kira-kira bisa membuat ia rileks dan melegakan, dijamu sambil dihibur.‎

Wallohu A'lam‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar