Translate

Sabtu, 20 Agustus 2016

Kisah Bahrom Al-Majusi Yang Mendapat Ridho Alloh

Si Penyembah Api yang Mendapatkan Ridlo Alloh

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :
السخي قريب من الله قريب من الناس قريب من الجنة بعيد من النار
والبخيل بعيد من الله بعيد من الناس بعيد من الجنة قريب من النار
Rosulullah SAW bersabda : Orang yang dermawan (suka memberi) dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga dan jauh dari neraka. Sedangkan orang yang kikir, jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga, dan dekat dengan neraka.

Hampir semua penduduk Baghdad mengenal kebesaran dan keharuman namanya. Disamping tekun beribadah, beliau dikenal sangat wira’i dan juga sangat dermawan. Ia adalah Abdullah bin Mubarok, seorang ulama besar yang sangat terkenal karena kedalaman ilmunya serta kearifannya.
(حكاية) قال عبد الله بن المبارك حججت سنة من السنين فكنت في حطيم إسماعيل فنمت فرأيت في المنام رسول الله صلى الله عليه وسلم وقال لي إذا رجعت إلى بغداد فادخل محلة كذا وكذا واطلب بهرام المجوسي وأقرئه مني السلام وقل له إن الله تعالى راض عنك فانتبهت فقلت لاحول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم هذه رؤيا من الشيطان فتوضأت وصليت وطفت بالكعبة ما شاء الله فغلبني النوم فرأيت كذلك ثلاثة مرات فلما أتممت بالحج ورجعت إلى بغداد وسألت عن المحلة والدار فوجدت شيخا فقلت أنت بهرام المجوسي قال نعم قلت هل لك عند الله خير قال نعم كان لي أربع بنات وأربع بنين وزوجتهن من أبنائي فقلت هذا حرام هل عندك غير ذلك قال نعم جعلت وليمة للمجوس في وقت تزويج البنات قلت هذا حرام هل عندك غير ذلك قال نعم كانت لي بنت من أجمل الناس ما وجدت لها كفئا فزوجتها من نفسي وجعلت وليمة أول ليلة دخلت بها فكان في تلك الليلة من المجوس أكثر من الألف فقلت هذا حرام أيضا هل عندك غير ذلك قال نعم الليلة التي وطئت فيها ابنتي جائت إمرأة مسلمة من أهل دينك تسرج من سراجي فأوقدت السراج وخرجت فأطفأته ورجعت فدخلت تفعل مثل ذلك ثلاث مرات فقلت في نفسي لعل هذه المرأة جاسوسة اللصوص فخرجت خلفها فلما دخلت هي منزلها على بنات لها قلن لها يا أماه هل جئت لنا بشيئ فإنه لم يبق لنا طاقة وصبر من الجوع فدمعت عيناها وقالت أستحيت من ربي أن أسأل أحدا دونه خصوصا من عدو الله الذي هو مجوسي قال بهرام فلما سمعت كلامها رجعت إلى داري وأخذت طبقا فملأته من كل شيئ وذهبت بنفسي إلى دارها قال عبد الله بن المبارك فقلت له هذا خير ولك البشارة وبشرته برؤيا رسول الله صلى الله عليه وسلم وقصصت عليه الرؤيا فقال أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله وخر من ساعته ميتا فغسلته وكفنته وصليت عليه ودفنته. وكان عبد الله المبارك يقول ياعباد الله إستعملوا السخاء مع خلق الله تعالى فإنه ينقل الأعداء إلى درجةالأحباء

HIKAYAT

Abdulloh Bin Mubarok Berkata : Pada suatu tahun aku melaksanakan ibadah haji , ketika aku berada di Hijr Ismail , aku tertidur dan bermimpi berjumpa dengan Rosulillah SAW.
Rosul SAW berkata padaku : Jika engkau kembali ke baghdad dan memasuki daerah/kampung anu , maka carilah seorang majusi yang bernama "Bahrom", sampaikan salamku padanya dan katakan padanya Allah meridhoimu" 
Aku terbangun dan membaca "Laa Haula Walaa Quwwata illaa Biillahil 'Aliyyil 'Azhiim" menurutku mimpi semacam ini datang dari syetan, kemudian aku merwudhu dan sholat dan aku thowaf di ka'bah, Maa Syaa`Allah ,aku tertidur lagi dan bermimpi dengan mimpi yang sama hingga tiga kali. Dan ketika aku telah selesai melaksanakan ibadah haji, aku kembali pulang ke baghdad, aku mencari dan bertanya tentang keberadaan Bahrom disetiap kampung dan rumah ,hingga aku menemukan seorang tua dan aku bertanya padanya : "Apakah engkau Bahrom al-majusy".
Ia menjawab : " Iya "
Aku bertanya : " Apakah engkau mempunyai amal yang disisi Allah bernilai kebaikan ?" , 
Ia Menjawab : " Ya ,Aku mempunyai empat orang anak perempuan dan empat orang laki-laki, Aku nikahkan empat anak perempuanku pada empat anak laki-laki ku".
Aku berkata : " Ini pekerjaan haram, Apakah ada amalan selain itu ?" 
Ia menjawab : " Ya , Aku membuat pesta untuk Majusi saat menikahkan puteri-puteriku ".
Aku berkata : " Ini pekerjaan haram, Apakah ada amalan selain itu ?"
Ia menjawab : " Ya, Aku mempunyai seorang lagi anak perempuan, dia sangat cantik dan aku tidak menemukan laki-laki yang sekufu` dengannya, maka aku sendiri yang menikahinya/mengawininya, dan aku membuat pesta saat malam pengantin dan hadir pada malam itu lebih dari seribu orang majusi ".
Aku berkata : " Ini pekerjaan haram, Apakah ada amalan selain itu ?"
Ia menjawab : " Ya , di malam pertama dimana aku menyetubuhi anak-ku , datanglah seorang wanita muslimah, beragama sepertimu, ia mencari api untuk menyalakan lampunya,kemudian ia keluar dan mematikan lampunya.kemudian wanita itu kembali dan masuk lagi ke rumahku untuk meminta api untuk menyalakan lampunya,namun ketika ia keluar ia mematikan kembali apinya, ia melakukan hal seperti itu  hingga tiga kali.
Aku berpikir dan curiga bahwa wanita ini mata-mata dari pencuri , maka ketika ia pulang aku membuntutinya dari belakang. Dan ketika ia memasuki rumahnya dan menemui anak-anak perempuannya.
Maka anak-anaknya berkata : " Wahai ibu... Apakah ada makanan yang engkau bawa yang bisa kami makan, kami sudah tidak kuat lagi menahan rasa lapar kami". Aku melihat wanita itu menangis.
Dan wanita itu berkata pada anak-anaknya : " Aku merasa malu pada Allah Tuhanku , untuk meminta sesuatu kepada selain-NYA ,terlebih meminta kepada seorang yang menjadi musuh allah dan beragama majusi ".
Bahrom berkata : ketika aku mendengar ucapan wanita itu dan menyaksikan kejadian tersebut, segera aku bergegas pulang ke rumahku dan aku mengambil wadah besar dan segera aku penuhi dengan makanan dan segala sesuatu yang akan aku berikan pada wanita itu dan anak-anaknya, segera aku kembali ke rumah wanita itu untuk memberikannya ".

Abdullah Bin Mubarok berkata pada Bahrom : " Amalan engkau yang ini merupakan kebaikan, dan aku akan menyampaikan kabar gembira untukmu".
Kemudian Abdullah Bin Mubarok menceritakan tentang mimpinya bertemu Rosulullah SAW ,dan ia menyampaikan salam dari Rosulallah SAW kepada Bahrom dan menyampaikan kabar bahwa Allah telah ridho pada amalan Bahrom.

Seketika itu Bahrom Al-Majusi mengucapkan Dua kalimah syahadat tanda ia masuk agama islam, Sesaat setelah ia mengucapkan syahadat , Bahrom pun terjatuh dan meninggal dunia. Aku (Abdullah Bin Mubarok) memandikannya,mengkafaninya dan mensholatkannya dan kemudian aku memakamkan nya.

Abdullah Bin Mubarok berkata : " Wahai Hamba-hamba Allah , berlakulah dan bersikaplah welas asih kepada sesama makhluq Allah , Maha sesungguhnya dengan sifat welas asih itu Allah memindahkan seorang ( Bahrom) dari asalnya menjadi musuh Allah kepada derajat orang yang dicintai-Nya.
Dari kisah itu dapat diambil sebagai pelajaran, yaitu  pentingnya bersedekah. Sedekah yang ikhlas akan menghapus semua kesalahan atau dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Siapa yang menyangka seorang pendeta seperti Bahram mendapat kemuliaan di sisi Allah. semoga kita semua diberi kekuatan oleh Allah sehingga merasa ringan dan ikhlas memberikan sebagian harta kita kepada orang-orang yang membutuhkannya. Juga mengingatkan kita agar tidak selalu curiga bila saudara-saudara kita yang Kristen atau dari agama lain yang memberikan bantuan kepada umat muslim, yang sering kita curigai propaganda misioneris dan lain-lain.
اللهم اختم لنا بالصالحة والشهادة والمغفرة ، آمين يا تواب

Ya Allah, Ketika ajal kami telah datang, Akhiri hayat kami dengan Amal Sholeh , Syahadah dan Pengampunan-Mu.
Kabulkanlah permohonan kami wahai Dzat Yang Maha Menerima Taubat.

Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar