Translate

Selasa, 02 Agustus 2016

Sejarah Pesantren Balerante Cirebon

Pondok Pesantren Al-Jauhariyah adalah salah satu Pesantren tertua di Cirebon, Jawa Barat. Pesantren tersebut dulunya hanya bernama Pesantren Balerante (Pesantren yang terletak di Desa Balerante).

Sumber informasi secara lisan dari kiai-kiai sepuh diperoleh kesimpulan bahwa pesantren Balerante ada pada masa Sultan Matangaji (Pangeran Syafiuddin) Sultan Sepuh V (menjabat 1774-1784), hal ini disebabkan keberadaan pesantren tak lain atas instruksi sang-Sultan. Dengan demikian  perkiraan pesantren Balerante ada pada tahun antara 1774-1784 ini, adapun pastinya wallahu a'lam. Menurut K.H.R. Anom Kusumajati,  cucu Kiai Jauhar Balerante mengatakan bahwa Sultan Matangaji memerintahkan seorang pejabat keagamaan (ulama besar kesultananan) yang bernama Pangeran Khalifah Raja (Syeikh Khalifah Raja) untuk berdakwah di suatu tempat bernama Jatiragas  yang kemudian bernama Balerante.

Menurut sejarah desa yang ditulis oleh aparat desa, bahwa di jatiragas terdapat kelompok agama Sang-hyang yang dipimpin oleh Ki Geden yang sakti tanpa tanding yang turun temurun memimpin selama berabad-abad sejak agama hindu-budha hidup di tanah sunda sampai beberapa ratus tahun sejak dakwah Sunan Gunung Jati, dan pengaruhnya begitu besar bagi masyarakat, mungkin salah satu alasan dikirim ulama ke daerah tersebut karena ini. Dan dalam  penuturan  buku ini mengatakan bahwa dakwah syeikh Khalifah Raja kurang berhasil. Menurut Kiai Anom Syeikh Khalifah Raja memiliki putra bernama Kiai Idris, tetapi beliau tidak lama tinggal di jatiragas. Menurut buku dari pihak desa kemudian memerintahkan Syeikh Romli sebagai misi dakwah kedua, sosok Syeikh  Romli tidak jauh berbeda dari Syeikh Khalifah Raja, seorang yang alim dan memiliki ilmu dhohir dan bathin. Hal  ini penting dan masuk akal untuk menghadapi dakwah yang berat, kiai Romli kemudian menyamar menjadi orang biasa dan menyampaikan ajaran agama dengan pendekatan yang baik, sampai kemudian masyarakat banyak perpindah mengikuti kiai Romli dan Ki Gedeng merasa terpinggirkan. Kemudian Kiai Romli mendirikan musholla sebagai tempat mengaji dan tempat tinggal. Kita tidak membayangkan keadaan dahulu dengan pesantren di zaman sekarang. Pada zaman dulu keadaannya sangat sederhana, mungkin dapat kita bayangkan seperti padepokan, Syeikh Khalifah Raja kemudian Syeikh Romli mengajarkan ilmu-ilmu syariat, tauhid, al-Qur'an, pancak silat dan kedikjayaan serta Tasawuf/tarekat. Menurut Kiai Anom, pada zaman dahulu dikembangkan jurus-jurus silat oleh Kiai dan santri yang dikenal dengan 'jurus balerante', sehingga sejak zaman dahulu dikenal Pesantren Balerante sebagai Pesantren Kedikjayaan dan Pesantren Tasawuf.

Syeikh Romli bin Kiai Nursijan adalah keturunan ke-6 dari tokoh penyebar Islam di Depok-Cirebon yaitu Syeikh Pasiraga (Pangeran Pasiraga), dan Syeikh Pasiraga adalah cucu dari Syeikh Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati). Dari sini dapat dijelaskan mengapa Syeikh Romli memiliki peranan di Keraton Cirebon. Menurut penuturan Kiai Said Yaman putra Kiai Jauhar, bahwa Syeikh Romli adalah 'orang pelarian' dari kraton Cirebon, hal ini karena pengaruh budaya barat (yang tidak Islami) oleh Belanda ke dalam kraton sudah begitu dalam sehingga beberapa orang 'gerah' dan ingin melarikan diri bahkan melepaskan identitas kebangsawanannya menjadi orang biasa, melanjutkan misi dakwah Sunan Gunung Jati ke daerah-daerah pelosok.  Pada saat bersamaan pihak penguasa sang Sultan dikenal sangat cinta dengan agama, sehingga  pada masa pemerintahan beliau agama benar-benar  digalakkan terutama mengirimkan ulama-ulama untuk dakwah di daerah yang masih belum tersentuh nilai Islami, sehingga keadaan ini menguatkan keadaan Kiai Romli untuk berdakwah di desa Balerante yang dikenal banyak pengikut kejawennya. Alasan lain berkaitan dengan perlawanan terhadap belanda, sehingga peranan pesantren bukan saja pada bidang keagamaan tetapi juga pada perjuangan mengusir penjajahan. Menurut Kiai Ali Fahmi, Syeikh Romli ikut berperan pada perang kedongdong yang terjadi kurang lebih pada tahun 1816-1818.

Walaupun pendiri awal dakwah Islam atau pesantren adalah Syeikh Khalifah Raja, tetapi yang kemudian menurunkan generasi Kiai-kiai berikutnya adalah Syeikh Romli, sehingga Syeikh Romli dikenal sebagai pendiri pertama pesantren Balerante.
Oleh para pendahulunya Pesantren Balerante dijadikan suatu pusat penempaan dalam pendalaman ilmu, baik ilmu lahir maupun bathin. Penempaan ilmu thoriqoh adalah merupakan tujuan akhir setelah para santri diberi pembekalan masalah ilmu syari’at dengan berbagai macam didalamnya.

Pesantren Balerante di dirikan pada tahun 1779 M. oleh KH. Romli atau Ki Buyut Romli, beliau adalah salah seorang keturunan dari Kasultanan Kasepuhan Cirebon.

Gambaran Umum Periode Pesantren Balerante Awal

Tokoh Ulama                                                 Tokoh Yang Dikenal Sejarah

Syeikh Khalifah Raja                                     Sultan Matangaji (1774-1784)

Kiai Idris

Syeikh Romli

K.H. Muhammad Nur bin Romli  dan
K.H. Abdul Majid bin Romli                               Pangeran Syeikh Arifudin Bratawirya                                                                                                      (Guru Tarekat Sattariyah
                                                                             Kiai Abdul Majid) menjabat
                                                                             mursyid Peguron
                                                                             Keprabon Kesultanan Cirebon                                                                                                               1838-1878
                                                                                                     
K.H. Muhammad Jauhar Arifin (1870-1941/1942)
Setelah Kiai Romli wafat pesantren diteruskan oleh kedua putranya, yaitu Kiai Muhammad Nur dan Kiai Abdul Majid. Tidak ada informasi yang lengkap tentang beliau, yang jelas pada masa ini melanjutkan kepemimpinan pesantren. Dari Informasi yang diterima penulis oleh Kiai Anom bahwa guru tarekat Sattariah Kiai Abdul Majid adalah Pangeran Arifuddin dan pangeran Arifuddin dari Pangeran Sofiuddin. Penulis dengan tidak sengaja menemukan kecocokan data ini dari sumber  Peguron Keprabon (Pesantren Kraton Cirebon, sebagai pesantren tertua di cirebon yang didirikan pada tahun 1696 M  oleh Pangeran Raja Adipati Keprabon) berikut sanadnya :
1. Syyaidina Nabi Muhammad SAW
2. Syyaidina Ali Karromallahu bin abi thalib
3. Syyaidina Imam Husein bin Ali RA
4. Syyaid Imam Muhammad Al-baqir
5. Sayyid Imam Ja'far ash Shadiq
6. Syaikh Abu Yazid al bustomi
7. Syaikh Maghrobi
8. Syaikh Arobiyi
9. Syaikh Mudloffar
10.Syaikh Abu Hanail al-harqoni
11.Syaikh khad Koniyi
12.Syaikh Muhammad Asyiq
13.Syaikh Muhammad Arif
14.Syaikh Abdullah As Syyatar
15.Syaikh Imam Qodli Syatari
16.Syaikh Hidayatullah Syaikh Kutubi Modari Haji
17.Syaikh Muhammad Ghaus
18.Syaikh Qudratul Ulama
19.Syaikh Sultonul Arifin
20.Syaikh Ahmad bin Quraisy Asy Syanawi
21.Syaikh Alimur Robbaniyi
22.Syaikh Khotib Qubbatul Islam
23.Syaikh Abdul Wahab
24.Syaikh Imam Tobri al-makki
25.Syaikh Abdullah bin Abdul Qohar
26.Syaikh Haji Muhammad bin Muktasim
27.Syaikh Imam Qodli Hidayat
28.Pangeran Syaikh Muhammad Shofiyyudin Kanoman
29.Pangeran Syaikh Muhammad Arifudin Bratawireja Kaprabonan (menjadi mursyid 1838-1878)
(Pangeran Arifudin Kusumabratawireja)

Diketahui bahwa anak-anak Kiai Muhammad Nur semuanya adalah perempuan, walaupun beliau sebagai pemimpin Pesantren karena anak tertua, beliau menyerahkan pesantren kepada adiknya yaitu Kiai Abdul Majid dan keturunannya.
Putra-putri Kiai Abdul Majid yang penulis catat dan peroleh dari Nyai H. Ruqoyyah binti K.H. Sarqowi adalah : Kiai Jawahir, Haji Dul, Hj. Maemun, Nyai Widah, Nyai Muksinah, K.H. Muhammad Jauharul Arifin dan Nyai Rumilah. Dari semua putra-putri  Kiai Abdul Majid yang paling menonjol dalam segala hal, baik dalam keilmuan, ketokohan dan peranannya adalah Kiai Muhammad Jauharul  Arifin, sehingga masa keemasan pesantren Balerante ini terjadi pada masanya.‎

Sepeninggal KH. Jauharul Arifin kepemimpinan Pesantren dilanjutkan oleh Putra Pertamanya yang bernama KH. Ridhwan Jauhar, sampai tahun 1975 M. dan dilanjutkan oleh adiknya yang bernama KH. Amin Jauhar hingga tahun 1982 M. Kemudian dilanjutkan oleh adiknya yang mempunyai nama asli Husein Al-Habsi sebelum kemudian nama beliau diganti di Makkah dengan nama KH. Abdulah Bafaqih atau lebih dikenal dengan nama KH. Faqih Jauhar hingga tahun 2001 M.   Sepeninggal KH. Faqih Jauhar, pengasuhan Pondok Pesantren Al-Jauhariyah dipimpin oleh putranya yang bernama KH. Muhammad Faqih Jauhar hingga saat ini.

MENGENAL TOKOH UTAMA ULAMA PONDOK PESANTREN BALERANTE (PP. AL-JAUHARIYAH) pada masa setelah Kiai Abdul Majid :

Syeikh Ahmad Masduqi al-Muqri (wafat 1935 M)

al-'Allamah Kiai Masduqi Balerante begitu dikenal pada masanya, karena kealimannya dalam banyak bidang agama. Beliau berasal dari daerah garut, kemudian mengembara mencari ilmu sampai di tanah Hejaz (Makkah-Madinah) dan berguru kepada ulama-ulama besar di sana. Dalam Risalahnya tentang Tajwid Syeikh Muqri diutarakan nama guru-guru beliau, yaitu :

-Syeikh Sayyid Abu Bakar bin Muhammad Syatho (Syeikh Sayyid Bakri), yang dikenal dengan Syeikh Masyayikh (guru besarnya guru besar)

-Syeikh Muhammad Minsyawi al-Misri  disebut Syekh al-Muqri  (guru besar qiraat, terutama qiraat Imam Ashim), syeikh Masduqi mendapat gelar al-Qori, termasuk segelintir orang Jawa atau Indonesia yang mengaji kepada beliau dan mendapat gelar Qori'. 

-Syeikh Nahrowi

dalam Risalahnya pula menyebut  Syeikh Abdul Syukur

Karya Tulis :
-Risalah Tajwid Syeikh al-Muqri, diterbitkan oleh percetakan Ali Aidrus, pasar senen, Batavia (Jakarta)

- Tafsir al-Qur'an (teks ada pada cucu Syeikh Masduqi, dikabarkan terdapat 14 jilid)

Beliau seguru dengan ulama Jawa lainnya yaitu Syeikh Mahfudz al- Tarmasi kepada syeikh Muhammad Minsyawi dan Syeikh Sayyid Bakri  dan disana pernah menjadi guru di Makkah.‎
K.H. MUHAMMAD JAUHARUL ARIFIN (wafat 1941/1942 M)

Kepopuleran Kiai Jauhar disejajarkan dengan tokoh Kiai Besar pada masanya. Ini terbukti bahwa beliau pernah berguru di Tanah Suci Makkah bersama teman-temannya antara lain : Abdul Wahab Hasbullah Jombang, Hasyim Ays’ari Jombang, Bagir Yogjakarta, dan lain-lain. Bersama teman-teman beliau inilah KH. Jauhar Arifin belajar di tanah suci kepada ulama-ulama besar Makkah diantaranya adalah As-Syekh Mahfudz bin Abdillah At-Tarmasi Al-Makki penyusun Kitab Mauhibah Dzil Fadhol dan Manhaj Dzawin Nazhor yang hampir dipelajari oleh setiap santri di seluruh Indonesia, Asia Tenggara dan Negara-negara lain.

Pada masyarakat Cirebon dan sekitarnya melihat sosok Kiai Jauhar lebih banyak pada hal supranatural (Khorikul Adat), setiap kali penulis bertemu dengan ustadz atau kiai yang mengenal dari kakek-kakek mereka atau yang pernah berguru kepada beliau menceritakan keanehan supranatural Kiai Jauhar.

Aktivitas istikomah Kiai Jauhar disamping ibadah, mengajar adalah menulis, tulisannya sangat banyak dan pada generasi berikutnya tidak terawat sehingga hanya tersisa satu Risalah yang berjudul Risalah Sabilil Huda Fi al-Jumuah Wa Fi al-Roddi Ala Man Manaa al-Muadah, dicetak pertama di pekalongan dan kedua di tasikmalaya dan mendapat pengantar (takhqiq) dari Syeikh Mahmud Abdul Jawad, ulama pengajar di Masjid Nabawi Madinah. Tulisan ini ditulis dengan bahasa arab yang berisi hujjah akan muadah (Sholat Dzuhur setelah Sholat Jum’at) jika terjadi terbilangnya (dua atau lebih) masjid sholat jumat dalam satu balad, dan keutamaan hari dan malam jumat. Kepakaran Kiai Jauhar adalah di bidang Ushul Fiqih dan Mantiq (logika).

Nama guru-guru beliau di Makkah dan Madinah sebagaimana diutarakan oleh Kiai Said Yamani adalah:

-   Syeikh Muhammad Amin
-   Syeikh Muhammad Ridwan al-Madani, disebut syeikh Dalail al-Khairat
-   Syeikh Said Ali Al-Yamani
-   Syeikh Mahfudz bin Abdillah al-Tirmasi al-Makki

Nama-nama guru beliau ini dijadikan nama untuk anak-anak beliau.

Murid-murid beliau sangat banyak, terutama para kiai yang sekarang menjadi kiai sepuh di Jawa Barat, diantaranya :

1.       K.H.Amin Sepuh, Babakan Ciwaringin(pernah menjadi lurah santri)
2.       K.H. Hasbullah, Winong Gempol Ciebon
3.       K.H. Habib Syeikh, Jagasatru Kota Cirebon
4.       K.H.Syatori, Arjawinangun Cirebon
5.       K.H. Abdullah, Marageni Tegalgubug Cirebon
6.       KH. Amir, Lumpur Losari Cirebon
7.       KH.Badruzzaman, Mama Biru Tarogong Garut
8.       KH. Muhyiddin, Jambu Dipa Cianjur
9.       KH. Asikin, Malausma Majalengka
10.     KH. Khotib, Ancaran Kuningan 11.  KH. Mama Amilin (H. Abdul Jabbar), Garut

Menurut informasi dari salah satu Kiai Sepuh di Cirebon menceritakan bahwa santri-santri cirebon dan sekitarnya setelah mesantren pada Kiai Cholil Bangkalan Madura, mereka diamanati untuk tetap mengaji kepada Kiai Jauhar Balerante Cirebon, sehingga walaupun mereka sudah menjadi kiai yang alim di daerahnya, mereka tetap ngaji mingguan kepada Kiai Jauhar. Hal ini menunjukkan tingginya keilmuan beliau di antara kiai-kiai Cirebon pada masanya.

K.H Muhammad Kholil Nawawi (Wafat tahun 1955)

Kiai Kholil balerante adalah ulama pejuang yang ikut dalam grilya melawan penjajah Belanda, masuk keluar hutan dan terlibat langsung dengan peperangan. Beliau berasal dari sindang laut Cirebon dan menjadi menantu Kiai Jauhar Arifin dan pada akhir usianya beliau mempropagandakan NU, sehingga beliaulah seorang ulama yang meng NU kan Cirebon sebagai Partai Politik waktu itu.

Guru Beliau :
Syeikh Mahfudz Termas
Syeikh Ahmad Masduqi al-Muqri Balerante, waktu di Makkah dan di Cirebon
Al-Jauhariyah adalah salah satu Nama pesantren tertua di deretan tanah cirebon yang masih tetap bertahan di tengah gempuran era globalisasi zaman yg terletak di wilayah pantura kab.Cirebon Pesantren Al-Jauhariyah ini telah berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka dan sangat berperan dalam syiar islam Dari sekian banyak pondok pesantren yang ada dan mempertahankan ciri khasnya adalah,pondok pesantren Al Jauhariyah Balerante Palimanan Cirebon yang di asuh oleh Kami KH.Muhammad Faqih Jauhar
Pesantren ini didirikan sekitar abad 17,namun sampai skarang Alhamdulillah masih tetap eksis,sepeninggal kake dan ayah handa mendiang KH.Abdulloh Bafaqih dan KH.Jauhar Arifin. Dari keluarga pondok pesantren Al Jauhariyah (KH.Muhammad Faqih Jauhar) yang di beri amanah oleh ayah handa beliau untuk mengembangkan pesantren Al-Jauhariyah ini.‎
Guna memajukan pesantren sengaja membuka akses keberbagai kalangan guna bisa memberi prubahan dan ide ide segar untuk menumbuhkembangkan lembaga pendidikan agar lebih baik Awalnya pondok pesantren Al-Jauhariyah ini dikenal dengan nama pondok pesantren Balerante,namun stelah perang kemerdekaan Kami selaku keluarga dari pondok pesantren Al-Jauhariyah menambahkn nama Jauhariyah yang di ambil dari nama pengasuh generasi ke lima yaitu kake handa KH. Jauhar Arifin dengan tidak bermaksud membuang nama Balerante yang telah melegenda,nama ini tetap Kami mempertahankan hingga kini dikenal dengan nama pondok pesantren Al-Jauhariyah Balerante.‎
Sistem pembelajaran, masih menerapkn sistem klasikal kitab kitab kuning serta tradisi layaknya pesantren lainnya‎
Exstra program pembelajaran di pondok Al-Jauhariyah yang Kami asuh ini adalah pembeljaran Ilmu Hikmah dan Thoriqoh Syathoriyah,agar pondok pesantren Al-Jauhariyah balerante dapat melahirkn alumni alumni yang memiliki moralitas luhur( brakhlakul karimah)sehingga,ketika terjun di masyrakat apapun profesinya tetap mengedepankan akhlaq,itu yang sangat Kami harpkan dari yang Kami asuh

Pengasuh pondok pesantren Al-Jauhariyah
KH Muhammad Faqih Jauhar bin KH.Abdulloh Bafaqih bin KH.Jauhar Arifin bin K. Abdul Majid bin K.Rumli bin P.Nursizan bin P.Pantar bin P.Dasim bin P.Kamal bin P.Masdar bin Ny Jangkep(istri wira adipati Anom) binti Buyut Pasiraga bin P.Amangkurat bin Sulthon Auliya Syaikh Syarif Hidayatulloh bin Syarif Abdulloh(Sulthon Hut mesir)bin Ali Nurul Ilmi bin Imam Jamaluddin Husen bin Ahmad Syat Jalal bin Abdulloh Khon bin Amir Abdul Malik bin Alawy Amm Alfaqih binMuhammad Shohibul Marobath bin Ali Kholi'i Qosim bin Alawi bin Muhammad bin Alawy bin Ubaedillah bin Ahmad Al Muhajir bin Isa Al Bishri bin Muhammad bin Ali arridli bin Ja'far Shodiq bin Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husaen bin Fathimah Azzahra binti Rasulillah Muhammad saw. ‎‎

6 komentar:

  1. Kalau umar sanusi kartawiguna ada yang tahu ga..saya lagi mencari silsilah nasab saya...kakek mad sayyid karta atmaja bin umar sanusi karta wiguna klo ada yg tahu informasinya tolong infonya mohon maaf sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass. wr.wb... Maaf pak Syamsudin,... saya cucu dari bapak Aman karta atmadja bin Umar sanusi Kartawiguna, (buyut saya) Bpk tinggal dimana?

      Hapus
  2. Assalamualaikum maaf sebelumnya saya mau bertanya apakah ada yang tau atau bahkan ada yang kenal dengan silsilah dan kisah daripada guru kami K.H Sanusi Balerante ? Krna sampai saat ini kami masih mencari informasi yg akurat..
    Mohon bantuannya 🙏🏻

    BalasHapus
  3. Perkenalkan saya abdul rasyid sidik dari ds balad, dulu wktu kecil sering di certikan sama kakek, bnyak sodara di balerante, ingin nanti bisa ketemu sama soadara sodara saya di sana supaya tali siturhami terjalin,

    Nasab saya, abdul rasyid sidik bin wahyudin bin h maknun bin h angsar/masduki bin h toyib nama istrinya nyai rumilah,, barangkali ada yg tau infonya, klo h toyib asalnya dari mana, barangkali bisa infokan nasabnya,,
    Supaya doa anak cucunya bisa terus mendoakan

    Salam
    A rasyid sidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyai Rumilah adik dari KH. Jauhar Arifin, nyai Rumilah binti K. Abdul Majid, adapun k. Toyib berasal dari daerah gintung Susukan

      Hapus
  4. Nyai Rumilah adik dari KH. Jauhar Arifin, KH. Toyib berasal dari daerah gintung susukan

    BalasHapus