Translate

Rabu, 31 Agustus 2016

Penjelasan Tentang Kemiripan Anak Dengan Orang Tua-nya

Perkembangan ilmu pengetahuan tidak bisa kita bendung. Sains dan teknologi terus mendominasi dunia. Keberadaan ilmu-ilmu tersebut saling melengkapi satu sama lain. Bahkan kolaborasi yang terjadi bukan hanya di ilmu alam saja tetapi juga perpaduan antara ilmu alam dan agama, lebih tepatnya bagaimana agama melalui al-Quran dan hadist Nabi saw menjawab berbagai pengetahuan dan penemuan. Hadist yang merupakan segala yang berkaitan tentang Nabi saw jauh sebelum ilmu alam ini berkembang dengan pesat. Tetapi banyak hadist yang menceritakan tentang berbagai macam hal tentang sains yang baru akhir-akhir ini dapat dibuktikan oleh hasil penemuan para ilmuan barat.

Hal ini disatu sisi menabjubkan. Kalau kita logikakan bagaimana Nabi saw dengan segala keterbatasan alat dapat mengetahui perihal yang baru masa sekarang dibuktikan? Di sisi lain. Terjadi justifikasi tentang segala penemuan sains bahwa orang Islam mengaku bahwa segala penemuan yang ada sekarang ini sudah ada hadistnya. Hal inilah yang menjadikan penemuan ini terlihat “mencontek” dari Islam. padahal belum tentu kebanyakkan ilmuan Muslim dapat membuktikan hadist-hadist tersebut.

Hadist tentang Penentuan Kemiripan Anak

حَدَّثَنِي حَامِدُ بْنُ عُمَرَ عَنْ بِشْرِ بْنِ الْمُفَضَّلِ حَدَّثَنَا حُمَيْدٌ حَدَّثَنَا أَنَسٌ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ سَلَامٍ بَلَغَهُ مَقْدَمُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ فَأَتَاهُ يَسْأَلُهُ عَنْ أَشْيَاءَ فَقَالَ إِنِّي سَائِلُكَ عَنْ ثَلَاثٍ لَا يَعْلَمُهُنَّ إِلَّا نَبِيٌّ مَا أَوَّلُ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ وَمَا أَوَّلُ طَعَامٍ يَأْكُلُهُ أَهْلُ الْجَنَّةِ وَمَا بَالُ الْوَلَدِ يَنْزِعُ إِلَى أَبِيهِ أَوْ إِلَى أُمِّهِ قَالَ أَخْبَرَنِي بِهِ جِبْرِيلُ آنِفًا قَالَ ابْنُ سَلَامٍ ذَاكَ عَدُوُّ الْيَهُودِ مِنْ الْمَلَائِكَةِ قَالَ أَمَّا أَوَّلُ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ فَنَارٌ تَحْشُرُهُمْ مِنْ الْمَشْرِقِ إِلَى الْمَغْرِبِ وَأَمَّا أَوَّلُ طَعَامٍ يَأْكُلُهُ أَهْلُ الْجَنَّةِ فَزِيَادَةُ كَبِدِ الْحُوتِ وَأَمَّا الْوَلَدُ فَإِذَا سَبَقَ مَاءُ الرَّجُلِ مَاءَ الْمَرْأَةِ نَزَعَ الْوَلَدَ وَإِذَا سَبَقَ مَاءُ الْمَرْأَةِ مَاءَ الرَّجُلِ نَزَعَتْ الْوَلَدَ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّكَ رَسُولُ اللَّهِ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ الْيَهُودَ قَوْمٌ بُهُتٌ فَاسْأَلْهُمْ عَنِّي قَبْلَ أَنْ يَعْلَمُوا بِإِسْلَامِي فَجَاءَتْ الْيَهُودُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ رَجُلٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلَامٍ فِيكُمْ قَالُوا خَيْرُنَا وَابْنُ خَيْرِنَا وَأَفْضَلُنَا وَابْنُ أَفْضَلِنَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَأَيْتُمْ إِنْ أَسْلَمَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلَامٍ قَالُوا أَعَاذَهُ اللَّهُ مِنْ ذَلِكَ فَأَعَادَ عَلَيْهِمْ فَقَالُوا مِثْلَ ذَلِكَ فَخَرَجَ إِلَيْهِمْ عَبْدُ اللَّهِ فَقَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ قَالُوا شَرُّنَا وَابْنُ شَرِّنَا وَتَنَقَّصُوهُ قَالَ هَذَا كُنْتُ أَخَافُ يَا رَسُولَ اللَّهِ.

Artinya: Telah menceritakan kepadaku Hamid bin ‘Umar dari Bisyir bin Al Mufadlal telah menceritakan kepada kami Humaid telah menceritakan kepada kami Anas bahwa telah sampai berita kepada Abdullah bin Salam tentang kedatangan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di Madinah, lalu dia menanyakan beberapa perkara kepada beliau. Katanya; “Aku akan bertanya kepada anda tiga perkara yang tidak akan dapat diketahui kecuali oleh seorang Nabi. Apakah tanda-tanda pertama hari qiyamat?, dan apa makanan pertama yang akan dimakan oleh penghuni surga dan bagaimana seorang anak bisa mirip dengan ayahnya dan bagaimana ia mirip dengan ibunya?. Beliau menjawab: “Jibril baru saja memberitahuku.” Abdullah bin Salam berkata; “Dia adalah malaikat yang menjadi musuh orang-orang Yahudi.” Beliau bersabda: “Adapun tanda pertama hari qiyamat adalah api yang muncul dan akan menggiring orang-orang dari timur menuju barat. Dan makanan pertama penduduk surga adalah hati ikan hiu, sedangkan (miripnya) seorang anak, apabila sang suami mendatangi istrinya dan air maninya mendahului air mani istrinya, berarti akan lahir anak yang menyerupai bapaknya, namun bila air mani istrinya mendahului air mani suaminya, maka akan lahir anak yang mirip dengan ibunya.” Mendengar itu Abdullah bin Salam berkata; “Aku bersaksi tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan engkau adalah Rasulullah.” Kemudian dia berkata; “Wahai Rasulullah, sesungguhnya orang-orang Yahudi adalah kaum yang sangat suka berbohong (menuduh). Untuk itu, tanyalah mereka tentang aku sebelum mereka mengetahui keIslamanku.” Estela itu orang-orang Yahudi datang, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bagaimana pendapat kalian tentang seorang laki-laki yang bernama Abdullah bin Salam?”. Mereka menjawab; “Dia adalah seorang ‘alim kami dan putra dari ‘alim kami dan orang kepercayaan kami dan putra dari orang kepercayaan kami.” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bagaimana pendapat kalian jika Abdullah bin Salam memeluk Islam?.” Mereka menjawab; “Semoga dia dilindungi Allah dari perbuatan itu.” Beliau mengulangi pertanyaannya kepada mereka, Namur mereka tetap menjawab seperti tadi. Lalu Abdullah bin Salam keluar seraya berkata; “Aku bersaksi tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.” Maka mereka berkata; “Dia ini orang yang paling buruk diantara kami dan putra dari orang yang buruk.” Mereka terus saja meremehkan Abdullah bin Salam. Lalu Abdullah bin Salam berkata; “Inilah yang aku khawatirkan tadi, wahai Rasulullah.”

Penjelasan Hadist dan Sains
Hadis di atas menerangkan tentang penentuan kemiripan anak. Dalam hadis di atas diterangkan bahwa dalam proses pertemuan antara sperma dan ovum ini terjadi proses penurunan sifat-sifat fisik maupun sifat-sifat kebiasaan. Dalam ilmu sains dikenal ada istilah genetika. Genetika adalah cabang biologi tentang sifat-sifat yang menurun (hereditas) dan variasinya. Unit-unit hereditas yang dipindahkan dari satu generasi dan generasi berikutnya disebut gen. Gen-gen itu berada dalam suatu molekul panjang yang disebut asam dioksiribonukleat (DNA).

Jumlah kromosom pada manusia adalah 46 kromososm dengan perincian 44 kromosom autosom dan 2 kromosom seks. Pada manusia jenis kelamin jantan dikaitkan dengan pasangan kromosom yang tidak serupa bentuknya (heteromorfis), yang disebut kromosom seks. Suatu pasangan kromosom demikian lazimnya diberi nama X dan Y. Faktor-faktor genetik pada kromosom Y menentukan jenis kelamin jantan. Sedangkan betina mempunyai 2 kromosom X semua kromosom selain kromosom seks disebut kromosom autosom.‎

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengamati seorang anak laki-laki secara fisik mempunyai kemiripan dengan bapaknya sedangkan sifatnya mirip dengan ibunya. Dalam permasalahan sains mencoba menjawabnya dengan menggunakan Hukum Mendel. Hukum mendel ini sangat terkenal dalam masalah penurunan sifat. Beberapa Istilah yang perlu dikenal untuk mempelajari hukum mendel ini.

1.      Alel          

Salah satu dari versi alternatif sebuah gen yang menghasilkan efek fenotip tersendiri. Nama gen berpasangan disingkat dalam bentuk huruf, misalnya gen yang mempengaruhi warna mata biasanya disingkat “B” untuk mata berwarna coklat dan “b” untuk mata berwarna biru, dan gen yang berpengaruh lainnya. Singkatan huruf tersebut menandakan alel yang memiliki pengaruh yang dapat terdeteksi pada individu. Alel tersebut dikatakan dominan (B) terhadap alel biru (b) yang resesif.

2.      Fenotip

Sifat fisik dan fisiologis dari suatu organisme yang ditentukan oleh susunan genetiknya, misalnya mata biru mewakili sifat genotipe “BB” dan “Bb” serta mata coklat mewakili sifat genotipe “bb”. Selain itu, beberapa fenotip ditentukan melalui interaksi gen dengan faktor-faktor lingkungan. Misalnya, tinggi tubuh manusia secara genetik diatur oleh gen, tetapi pertumbuhan yang sebenernya dipengaruhi oleh nutrisi yang mencukupi.

3.      Genotip

Susunan genetik atau perangkat alel, suatu organisme. Genotip dari individu pada gen yang dibawanya atau pada unsur pokok genetik individu tersebut. Untuk satu autosom dengan sepasang alel ada tiga kemungkinan genotip: BB, Bb, dan bb.

Dalam genotip ini kita juga mempunyai istilah di dalamnya.

a.      Homozigot
Persatuan gamet-gamet yang membawa alel-alel identik menghasilkan sebuah genotipe homozigot. Suatu homozigot mengandung alel-alel yang sama pada suatu lokus tunggal dan hanya menghasilkan satu jenis gamet saja. Contoh : BB atau bb.

b.      Galur Murni

Sekelompok individu dengan latar belakang genetik yang sama, seringkali diacu sebagai sebuah garis/galur/varietas. Perkawinan antar individu homozigot sebuah galur murni menghasilkan hanya keturunan homozigot seperti induk-induknya.

c.      Heterozigot

Persatuan gamet-gamet yang membawa alel-alel yang berbeda menghasilkan genotipe heterozigot. Suatu heterozigot mengandung dua alel yang berbeda pada satu lokus tunggal dan menghasilkan jenis-jenis gamet yang berbeda. Contoh : Bb.

4. Hibrida

Adalah sinonim dari heterozigot.

Dalam percobaan yang dilakukan oleh Mendel menggunakan percobaan persilangan monohibrid (persilangan dengan satu tanda beda), menghasilkan hukum Mendel 1. Kemudian hasil dari persilangan Hukum mendel 1 tersebut di silangkan lagi (dihibrid) dan menghasilkan Hukum mendel 2. Hukum Mendel 2 inilah yang digunakan dalam persilangan manusia.

Hukum Mendel I atau hukum segregasi dapat dibuktikan dengan persilangan monohibrid (persilangan dengan satu sifat beda).
Hukum Mendel II atau hukum pengelompokan secara bebas dapat dibuktikan dengan persilangan dihibrid (persilangan dengan dua sifat beda). Hal ini berlaku untuk semua makhluk hidup baik hewan, tumbuhan, maupun manusia.
Contohnya:

Dengan hasil

Dari diagram dan tabel dapat kita lihat perbandingan fenotipe dari F2 adalah = 3 : 1 = bulat keriput.
Sedangkan untuk perbandingan genotipenya F2 dapat kita lihat adalah 1 : 2 : 1 = BB : Bb : bb

Dengan demikian gen faktor bulat (B) adalah dominan terhadap faktor keriput (b) dan Bb adalah individu yang mempunyai fenotipe biji bulat.

Contoh percobaan yang dilakukan Mendel adalah menggunakan tanaman, tetapi bisa juga diterapakan kepada manusia. Contohnya seorang ayah yang berambut lurus dan berkulit coklat (lebih dominan) dari pada ibu yang berambut ikal berkulit putih (resesif). Jadi keturunan pertamanya atau anaknya cenderung berambut luruh dan berkulit coklat. Selain sifat yang diturunkan oleh faktor gen terdapat juga penyakit yang disebabkan karena keturunan seperti hemofilia dan buta warna.

Cacat dan penyakit menurun yang terpaut kromosom seks‎

Hemofilia‎

~Hemofilia adalah penyakit keturunan yang mengakibatkan darah seseorang sukar membeku
~ penderita hemofilia jika terluka darahnya akan membeku sekitar 50 mnt – 2 jam, hal ini akan mengakibatkan penderita mengalami kehilangan banyak darah dan dapat menimbulkan kematian
~ Penyakit ini dikendalikan oleh gen resesif (h) yang terpaut kromosom X.
~ Contoh silsilah penyakit hemofilia adalah pada keluarga kerajaan Eropa. Ratu Victoria dari Inggris menderita hemofilia.

Salah satu contoh gen rangkai X pada manusia adalah gen resesif yang menyebabkan penyakit hemofilia, yaitu gangguan dalam proses pembekuan darah. Sebenarnya, kasus hemofilia telah dijumpai sejak lama di negara-negara Arab ketika beberapa anak laki-laki meninggal akibat perdarahan hebat setelah dikhitan. Namun, waktu itu kematian akibat perdarahan ini hanya dianggap sebagai takdir semata. 

Hemofilia baru menjadi terkenal dan dipelajari pola pewarisannya setelah beberapa anggota keluarga Kerajaan Inggris mengalaminya. Awalnya, salah seorang di antara putra Ratu Victoria menderita hemofilia sementara dua di antara putrinya karier atau heterozigot. Dari kedua putri yang heterozigot ini lahir tiga cucu laki-laki yang menderita hemofilia dan empat cucu wanita yang heterozigot. Melalui dua dari keempat cucu yang heterozigot inilah penyakit hemofilia tersebar di kalangan keluarga Kerajaan Rusia dan Spanyol. Sementara itu, anggota keluarga Kerajaan Inggris saat ini yang merupakan keturunan putra/putri normal Ratu Victoria bebas dari penyakit hemofilia.

Genotip wanita hemofilia:
HH = XHXH = Homozigot dominan = normal
Hh = XHXh = heterozigot = carier = pembawa sifat
Hh = XhXh = homozigot resesif = penderita hemofilia

~ genotip laki-laki hemofilia:
XHY = laki-laki normal
XhY = laki-laki hemofilia

Persilangan dengan pasangan yang membawa sifat Buta warna.

~ Buta warna adalah penyakit keturunan yang menyebabkan seseorang tidak bisa membedakan warna merah dengan biru, atau kuning dengan hijau
~ Disebabkan oleh gen resesif cb (color blind)
~ gen buta warna terpaut pada kromosom X
~ genotip buta warna adalah sebagai berikut:‎

Persilangannya seperti di bawah ini :

Pada diri setiap manusia mempunyai fenotip dan genotip yang dapat diturunkan kepada keturunannya. Dalam istilah sains sering disebut persilangan, jadi keturunan mereka mempunyai kemiripan dari orang tuanya walaupun orang tua mereka melakukan operasi plastik, maka anaknya akan tetap mirip dengan mereka sebelum melakukan operasi plastik.

Dalam zigot ikut tercampur pula di dalamnya kode genetik yang ada di dala sperma suami dengan kode genetik ovum, sehingga janin yang dihasilkanpun memiliki tingkat kemiripan dan perbedaan dengan kedua orang tuanya dan pendahulu mereka (nenek-kakek).

Dengan begitu akan terjadi keragaman terhadap makhluk hidup (manusia), dimana setiap individu anak Adam memiliki kode genetik sendiri yang merekam ciri-ciri pribadinya, menentukan karakter-karakternya, talenta yang dimiliki, dan pembawaan yang membedakannya dengan orang lain.

Setiap sel hidup mempunyai jisim sentral yang disebut “inti sel”, kecuali beberapa jenis sel, seperti sel-sel darah merah. Inti sel memuat kode genetik yang mengandung kromosom dalam jumlah tertentu. satu molekul DNA terdiri atas gulungan-gulungan yang sangat kecil dan tersusun, berbentuk dua rantai yang saling menempel di tengah-tengah, terdiri dari unsur-unsur utama nitrogen, dan molekul-molekul gula pospat. Kedua rantai tersebut melingkari sebuah poros imaginer berbentuk spiral tergulung dengan gulungan sangat keras yang dikenal dengan nama Double Helix DNA Strand (DNA untai ganda).‎

Tiap satu kromosom dibagi dengan sejumlah tanda pembeda (markers) menjadi beberapa unit panjang yang disebut “gen”(pembawa karakter-karakter keturunan). Setiap gen mengontrol beberapa karakter-karakter alamiah, kimia, dan biologi. Setiap gen juga terbagi menjadi beberapa simpul yang sangat kecil dan dikenal dengan nucleotide. Masing-masing nucleotide terdiri dari sepasang unsur-unsur nitrogen (pair of nitrogenous bases). Masing-masing pasang unsur utama nitrogen ini bersandar pada satu molekul gula dan satu molekul fosfat dalam sistem yang sangat kuat. Molekul-molekul fosfat dan gula lebih lanjut membentuk dua dinding yang saling berhadapan, dan diantara keduanya tersebar beberapa pasang unsur utama nitrogen berbentuk anak-anak tangga kayu dengan pola hubungan selang seling yang sangat disiplin disepanjang molekul DNA.‎

Rangkaian nucleotida di dalam gen menentukan rangkaian asam amino yang membentuk molekul protein dan menghubungkannya satu sama lain. Dengan demikian, protein yang dibutuhkan tubuh diproduksi dengan arahan dari gen-gen. Satu hal yang mencengangkan, bahan penyusun bangunan tubuh seluruh organisme ternyata sama, yaitu 20 jenis asam amino yang terbentuk dengan instruksi dari gen-gen di dalam 200.000 jenis lebih protein yang berbeda-beda. Dan atom-atom asam amino yang ada di dalam tubuh seluruh organisme tersusun rapi di lajur kiri, begitu pula atom-ataom asam amino yang berada di dalam molekul-molekul protein. Semua itu terhubung satu sama lain dengan sebuah tali pengikat kimia, yaitu tali phiphtide.

Selain karakter fisik dan karakter tabiat yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya, terdapat juga penyakit yang dapat diturunkan dari salah seorang dari kedua orang tuanya. Penyakit-penyakit ini juga dibawa oleh gen-gen yang diturunkan oleh kedua orang tuanya. Tetapi perlu ditegaskan bahwa tidak semua anak yang orang tuanya mempunyai penyakit turunan mengidap penyakit ini. Contohnya seperti kasus Ratu Viktoria.

Jika kita baca ilmu pengetahuan kontemporer, khususnya di bidang biologi dan kesehatan, akan didapatkan beberapa teori yang mencoba menjawab permasalahan di atas. Namun, tahukah Anda bahwa Allah dan Rasul-Nya shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan jawaban atas pertanyaan di atas ? Saya ajak Anda – para Pembaca budiman – untuk memperhatikan beberapa hadits berikut :

1.        Hadits Tsauban radliyallaahu ‘anhu.

Ada seorang Yahudi yang datang kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk bertanya tentang permasalahan anak. Maka beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab :‎

"ماء الرجل أبيض وماء المرأة أصفر. فإذا اجتمعا، فعلا مني الرجل مني المرأة، أَذْكَرَا بإذن الله. وإذا علا مني المرأة مني الرجل، آنثا بإذن الله"‎

“Air (mani) laki-laki warnanya putih, sedangkan air mani wanita warnanya kekuning-kuningan. Apabila keduanya berkumpul (melalui satu persetubuhan) yang ketika itu air mani laki-laki mengalahkan air mani wanita, maka anak yang akan lahir adalah laki-laki dengan ijin Allah. Namun apabila air mani wanita mengalahkan air mani laki-laki, maka anak yang akan lahir adalah wanita dengan ijin Allah” [HR. Muslim no. 315, Al-Baihaqiy 1/169, Ibnu Khuzaimah no. 232, dan yang lainnya].

2.        Hadits Anas bin Malik radliyallaahu ‘anhu.‎

عن أنس : أن عبد الله بن سلام أتى رسول الله صلى الله عليه وسلم مقدمه المدينة فقال يا رسول الله إني سائلك عن ثلاث خصال لا يعلمهن إلا نبي قال سل قال ما أول أشرط الساعة وما أول ما يأكل منه أهل الجنة ومن أين يشبه الولد أباه وأمه فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم أخبرني بهن جبريل عليه السلام آنفا قال ...... وأما شبه الولد أباه وأمه فإذا سبق ماء الرجل ماء المرأة نزع إليه الولد وإذا سبق ماء المرأة ماء الرجل نزع إليها قال أشهد أن لا اله إلا الله وأنك رسول الله‎

Dari Anas : Bahwasannya ‘Abdullah bin Salaam mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam saat beliau tiba di Madinah. Ia pun bertanya : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku akan bertanya kepada engkau atas tiga permasalahan yang tidak diketahui kecuali oleh seorang Nabi”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab :“Bertanyalah”. ‘Abdullah bin Salaam melanjutkan : “Apakah tanda hari kiamat untuk pertama kali ? Makanan apakah yang pertama kali dimakan oleh penduduk surga ? Dan dari mana datangnya sebab seorang anak menyerupai ayah dan ibunya ?”. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Baru saja Jibril ‘alaihis-salaam mengkhabarkan kepadaku tentang jawaban ketiga hal tersebut”. Beliau melanjutkan : “………….Adapun sebab seorang anak menyerupai ayah dan ibunya : Apabila air mani laki-laki mendahului air mani wanita, maka anak (yang lahir) akan mirip ayahnya. Namun apabila air mani wanita mendahului air mani laki-laki, maka anak (yang lahir) akan mirip ibunya”. ‘Abdullah bin Salaam kemudian berkata : “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan (aku bersaksi) bahwa engkau adalah utusan Allah” [HR. Al-Bukhari no. 3329 , Ahmad 3/108, ‘Abdun bin Humaid no. 1389, Ibnu Abi Syaibah 13/125, dan yang lainnya].

3.        Hadits Ummu Sulaim radliyallaahu ‘anhaa.
أن أم سليم حدثت؛ أنها سألت نبي الله صلى الله عليه وسلم عن المرأة ترى في منامها ما يرى الرجل. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم "إذا رأت ذلك المرأة فلتغتسل" فقالت أم سليم: واستحييت من ذلك. قالت: وهل يكون هذا؟ فقال نبي الله صلى الله عليه وسلم "نعم. فمن أين يكون الشبه. إن ماء الرجل غليظ أبيض. وماء المرأة رقيق أصفر. فمن أيهما علا، أو سبق، يكون منه الشبه".
Bahwasannya Ummu Sulaim pernah menceritakan bahwa ia pernah bertanya kepada Nabiyullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang seorang wanita yang bermimpi sebagaimana mimpi yang dialami oleh laki-laki. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apabila ia melihat yang demikian, hendaklah ia mandi”. Ummu Sulaim berkata (kepada perawi) : “Sebenarnya aku malu menanyakan hal tersebut”. Ia kembali bertanya kepada beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Mungkinkah hal itu terjadi (pada diri seorang wanita) ?”. Nabi ‎shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab :“Ya. (Jika tidak), maka darimana adanya penyerupaan (seorang anak kepada orang tuanya) ?. Sesungguhnya air mani laki-laki kental lagi berwarna putih, sedangkan air mani wanita encer dan berwarna kekuning-kuninganan. Siapa saja di antara keduanya yang mengalahkan atau mendahului dari yang lain, maka akan terjadi penyerupaan (dari si anak) terhadap dirinya” [HR. Muslim no. 311].

4.        Hadits ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa.‎

عن عائشة؛ أن امرأة قالت لرسول الله صلى الله عليه وسلم: هل تغتسل المرأة إذا احتلمت وأبصرت الماء؟ فقال "نعم" فقالت لها عائشة: تربت يداك. وألت. قالت فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم "دعيها. وهل يكون الشبه إلا من قبل ذلك. إذا علا ماؤها ماء الرجل أشبه الولد أخواله. وإذا علا ماء الرجل ماءها أشبه أعمامه".‎

Dari ‘Aisyah : Bahwasannya ada seorang wanita yang bertanya kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Apakah seorang wanita harus mandi jika ia bermimpi dan melihat air ?”. Beliau menjawab : “Ya”. Maka ‘Aisyah berkata kepadanya : “Taribat yadak ! (sebuah kalimat pengingkaran atas pertanyaan wanita tadi‎)”. Rasulullah ‎shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :“Biarkanlah ia. Dari mana datangnya penyerupaan bila tidak berasal dari yang demikian ? Apabila air mani wanita mengalahkan/mengungguli air mani laki-laki, maka anak yang lahir akan menyerupai keluarga ibunya. Apabila air mani laki-laki mengalahkan air mani wanita, maka anak yang lahir akan menyerupai keluarga ayahnya” [HR. Muslim no. 314].‎

Al-Haafidh Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
والمراد بالعلو هنا السبق، لأن كل من سبق فقد علا شأنه فهو علو معنوي، وأما ما وقع عند مسلم من حديث ثوبان رفعه: "ماء الرجل أبيض وماء المرأة أصفر فإذا اجتمعا فعلا مني الرجل مني المرأة أذكرا بإذن الله، وإذا علا مني المرأة مني الرجل أنثا بإذن الله" فهو مشكل من جهة أنه يلزم منه اقتران الشبه للأعمام إذا علا ماء الرجل ويكون ذكرا لا أنثى وعكسه، والمشاهد خلاف ذلك لأنه قد يكون ذكرا ويشبه أخواله لا أعمامه وعكسه، قال القرطبي: يتعين تأويل حديث ثوبان بأن المراد بالعلو السبق. قلت: والذي يظهر ما قدمته وهو تأويل العلو في حديث عائشة وأما حديث ثوبان فيبقى العلو فيه على ظاهره فيكون السبق علامة التذكير والتأنيث والعلو علامة الشبه فيرتفع الإشكال، وكأن المراد بالعلو الذي يكون سبب الشبه بحسب الكثرة بحيث يصير الآخر مغمورا فيه فبذلك يحصل الشبه، وينقسم ذلك ستة أقسام: الأول أن يسبق ماء الرجل ويكون أكثر فيحصل له الذكورة والشبه، والثاني عكسه، والثالث أن يسبق ماء الرجل ويكون ماء المرأة أكثر فتحصل الذكورة والشبه للمرأة، والرابع عكسه، والخامس أن يسبق ماء الرجل ويستويان فيذكر ولا يختص بشبه، والسادس عكسه‎

“Yang dimaksud dengan al-‘ulluw adalah as-sabq (mendahului), karena setiap yang mendahului berarti ia telah mengungguli/mengalahkan dalam arti maknawi. Adapun hadits Tsauban yang diriwayatkan oleh Muslim : ‘Air (mani) laki-laki warnanya putih, sedangkan air mani wanita warnanya kekuning-kuningan. Apabila keduanya berkumpul (melalui satu persetubuhan) yang ketika itu air mani laki-laki mengalahkan air mani wanita, maka anak yang akan lahir adalah laki-laki dengan ijin Allah. Namun apabila air mani wanita mengalahkan air mani laki-laki, maka anak yang akan lahir adalah wanita dengan ijin Allah’ ; maka dalam hadits tersebut terdapat hal yang sulit dipahami (musykil). Karena, apabila air mani laki-laki yang mendahului, maka hal itu berkonsekuensi anak yang terlahir akan menyerupai keluarga suami dan berjenis kelamin laki-laki. Demikian pula jika sebaliknya. Sementara kenyataan yang ada, kadangkala anak laki-laki mirip dengan keluarga dari pihak ibu, bukan dari pihak keluarga ayah. Demikian juga sebaliknya. Al-Qurthubi berkata : “Dengan demikian jelaslah bahwa maksud dari kata al-‘ulluw dalam hadits Tsauban adalah as-sabq (mendahului)”. Aku (Ibnu Hajar) katakan : “Menurutku, demikianlah makna kata al-‘ulluw yang tercantum dalam hadits ‘Aisyah. Adapun hadits Tsaubaan, kataal-‘ulluw tetap ditafsirkan sesuai dengan dhahirnya. Dengan demikian, as-sabq(mendahului) merupakan penentu jenis kelamin laki-laki atau wanita, sedangkan al-‘ulluw(mengalahkan/dominansi) merupakan tanda penyerupaan/kemiripan. Berarti tidak ada lagi kesulitan dalam memahami makna hadits. Seakan-akan maksud al-‘ulluw yang merupakan sebab penyerupaan/kemiripan karena banyaknya air mani yang keluar sehingga membanjiri yang lainnya. Dengan keadaan ini, maka akan tercapailah penyerupaan/kemiripan. Perkara ini ada enam keadaan :

1.        Apabia air mani laki-laki lebih banyak dan keluar mendahului air mani wanita, maka anak yang lahir adalah laki-laki dan serupa dengan ayahnya atau keluarga ayahnya.

2.        Sebaliknya dari yang di atas (yaitu : apabila air mani wanita lebih banyak dan keluar mendahului air mani laki-laki, maka anak yang lahir adalah wanita dan serupa dengan ibunya atau keluarga ibunya).

3.        Apabila air mani laki-laki mendahului air mani wanita, namun air mani wanita lebih banyak; maka anak yang lahir adalah laki-laki dan serupa dengan ibunya atau keluarga ibunya.

4.        Sebaliknya dari yang di atas (yaitu apabila air mani wanita mendahului air mani laki-laki, namun air mani laki-laki lebih banyak; maka anak yang lahir adalah wanita dan serupa dengan ayahnya atau keluarga ayahnya).

5.        Apabila air mani laki-laki mendahului air mani wanita dan dua-duanya sama banyaknya, maka anak yang lahir adalah laki-laki tanpa ada keserupaan secara khusus kepada keduanya.

6.        Sebaliknya (yaitu apabila air mani wanita mendahului air mani laki-laki dan dua-duanya sama banyaknya, maka anak yang lahir adalah wanita tanpa ada keserupaan secara khusus kepada keduanya).

[selesai – Fathul-Baariy, 7/273].

Hadis Hadis di atas adalah hadis yang dikaitkan dengan miripnya seorang anak dengan kedua orang tuanya. Baik dari fisiknya maupun tabiatnya.     Dalam penggalan hadis di atas, kalimat sedangkan (miripnya) seorang anak, apabila sang suami mendatangi istrinya dan air maninya mendahului air mani istrinya, berarti akan lahir anak yang menyerupai bapaknya, namun bila air mani istrinya mendahului air mani suaminya, maka akan lahir anak yang mirip dengan ibunya. Dijelaskan bahwa seorang anak itu akan mirip dengan ayahnya apabila air mani ayahnya itu mendahului dari air mani ibunya ataupun sebaliknya ketika mereka berhubungan. Tetapi hal yang perlu ditekankan dalam penggalan hadis di atas adalah  “air mani yang mendahului”. Maksud yang pemakalah pahami disini adalah “sifat yang mendominasi atau gen yang dibawa yang lebih mendominasi dari pasangannya” seperti penjelasan sains di atas.

Kemiripan seorang anak juga tidak hanya di pengaruhi oleh gen yang dibawa oang tuanya tetapi juga kakek dan nenek atau orang tua dari bapak ibunya. Kasus seperti ini juga sering muncul ketika anak yang terlahir dengan rambut pirang dan ikal padahal kedua orang tuanya berambut kurus dan hitam. Kejadian seperti bisa menimbulkan fitnah diantara mereka dan masyarakat. Tetapi kita juga harus tahu bahwa gen-gen yang diturunkan kepada anak-anak itu masih terpengaruh oleh gen dari kakek dan neneknya.

Seperti contoh tadi bahwa anak yang lahir dengan rambut pirang dan ikal, sedangkan kedua orang tuanya berambut lurus dan hitam. Bisa jadi gen yang turunkan oleh orangtuanya itu terpengaruh oleh gen kakek dan neneknya yang berambut pirang dan ikal. Berarti orang tua dari anak tersebut adalah pembawa sifat fenotif (berambut pirang dan ikal) dari kakek-neneknya. Hal semacam ini sangat mungkin terjadi. Seperti contoh Ratu Viktoria diatas yang mempunyai keturunan yang mengidap penyakit hemofilia.

Ungkapan “air maninya mendahului” tidak hanya berlaku untuk sifat-sifat fisik dan tabiat saja tetapi juga untuk beberapa penyakit turunan, baik itu yang terkait dengan kromosom sek maupun autosom. Penyakit-penyakit itu seperti hemofilia, buta warna, dll. Penyakit-penyakit ini tidak serta merta langsung diturunkan kepada anak-anaknya. Tetapi bisa juga nanti kecucu-cicitnya dan seterusnya. Air mani siapa yang mendahului kita tidak bisa memprekdisikan atau mengaturnya. Jadi hal yang semacam itu tidak bisa kitacegah tetapi kita bisa meminimalisirnya.

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir itu adalah chek-up ke dokter, walaupun cuma setahun sekali, tanya-tanya tentang silsilah keluarga mengenai nenek moyang dan tentang riwayat penyakit. Mungkin hal-hal yang semacam ini sangat sepele, tetapi hal ini cukup efektif untuk meminimalisir segala kemungkinan yang tidak terduga.

MASALAH: BAGAIMANA KALAU TIDAK MIRIP ORANGTUANYA? 

Permasalahan ini sepertinya layak untuk ditambahkan ke dalam pembahasan hadits. Bagaimana jika anak tidak mirip dengan kedua orang tuanya? Tidak mirip bapaknya, demikian juga tidak mirip dengan ibunya?

Di dalam shahih Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,

جَاءَ رَجُلٌ مِنْ بَنِي فَزَارَةَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِنَّ امْرَأَتِي وَلَدَتْ غُلَامًا أَسْوَدَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «هَلْ لَكَ مِنْ إِبِلٍ؟» قَالَ: نَعَمْ، قَالَ: «فَمَا أَلْوَانُهَا؟» قَالَ: حُمْرٌ، قَالَ: «هَلْ فِيهَا مِنْ أَوْرَقَ؟» قَالَ: إِنَّ فِيهَا لَوُرْقًا، قَالَ: «فَأَنَّى أَتَاهَا ذَلِكَ؟» قَالَ: عَسَى أَنْ يَكُونَ نَزَعَهُ عِرْقٌ، قَالَ: «وَهَذَا عَسَى أَنْ يَكُونَ نَزَعَهُ عِرْقٌ»،

“Seorang lelaki dari Bani Fazarah datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Sesungguhnya istriku telah melahirkan seorang anak berkulit hitam.” 

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu bertanya, “Apakah kamu punya unta?” 

Lelaki itu menjawab, “Ya.” 

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya lagi, “Apa warnanya?” 

Lelaki itu menjawab, “Merah”. 

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya, “Apakah ada warna abu-abunya?” 

Lelaki tadi menjawab, “Ya, ada warna abu-abunya.” 

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya, “Dari manakah datangnya warna abu-abu itu?” 

Lelaki itu menjawab, “Mungkin karena faktor keturunan (genetis).” 

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Begitu juga dengan anakmu, mungkin sebab keturunan.” 

Al Imam An Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim menjelaskan,

“Di dalam hadits ini terdapat penjelasan bahwa anak itu tetap diikutikan kepada sang suami meskipun warna kulitnya berbeda. Sampai-sampai walau bapaknya putih dan anaknya hitam atau sebaliknya. Tidak boleh bagi sang bapak untuk menolak sang anak hanya karena perbedaan warna kulit, meskipun kedua suami istri kulitnya putih, tapi anak yang keluar kulitnya hitam, atau sebaliknya. Hal ini dikarenakan si anak mewarisi gen dari leluhur-leluhur bapak dan ibunya.”

Jadi mungkin si anak tidak mirip bapaknya, tidak mirip ibunya, akan tetapi mirip dengan kakek-kakeknya atau nenek-neneknya yang terdahulu.

Dari uraian sedikit tentang rekayasa penentuan kemiripan anak, diketahui bahwa setiap manusia itu membawa sifat dari pendahulunya dan juga memiliki ciri khas dia sebagai individu independen yang berbeda dari pendahulunya. Rangkain gen yang ada di dalam tubuh sebagai pembawa sifat keturunan. Gen ini jumlahnya banyak dan sangat kecil sekali.

Sedikit penjelasan di atas dapt memberikan gambaran kepada kita bahwa sifat-sifat kita dipengaruhi oleh gen-gen dari orang tuan, nenek kakek serta nenek moyang kita. Tidak hanya sifat-sifat fisik dan tabiat saja yang dapat dwariskan, tetapi juga ada beberapa penyakit yang memang berasal dari gen turunan. Hal ini sangatlah mungkin ada.

Ilmu pengetahuan dan agama nampaknya kolaborasi yang di hasilkan membuat pengetahuan itu terlihat menarik. Ini juga memperlihat suatu hubungan pengetahuan lampau dengan pengetahuan yang baru, yang masih aneh dan membingungkan. Bagaimana pengetahuan yang lampau bisa mengetahui ilmu sains dengan begitu banyak.

Apapun alasan yang ada, pengetahuan agama dan sains saling melengkapi satu sama lain yang saling memperkuat. Hadist tentang rekayasa kemiripan anak ini misalnya, hadisnya sudah ada dan marfu dan diperkuat dengan munculnya ilmu sains yang mengatakan tentang adanya sifat turunan yang terjadi baik yang berupa fisik maupun sifat.
Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda‎

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus