Translate

Rabu, 25 Januari 2017

Imam Abu Syuja' Ahmad Al-Ashfahani

Imam Abu Syuja adalah seorang alim, Ahli fikih, Imam dan Syaikh dari Mazhab Syafi'i. Dia adalah pengarang kitab matan fikih yang populer di dalam mazhab Syafi'i yang berjudul Al-Ghayah wa At-Taqrib (Matan Abu Syuja). Namanya adalah Ahmad bin al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani yang dikenal dengan nama Al-Qadhi Abu Syuja' (Bapak para pemberani). Sebutan dan Kunyah Abu Syuja’ disandangkan kepadanya, karena dia adalah seorang ulama yang pemberani dalam menegakkan kebenaran dan tidak takut dengan cacian orang lain di dalam menegakkan keadilan. Ayahnya berasal dari Asfahan, Persia (sekarang Iran) namun dia dilahirkan di Basrah, Irak pada tahun 433 H. Dia belajar dan mengajar fikih Imam asy-Syafi’i di Basrah selama 40 tahun kemudian hijrah ke kota Madinah dan wafat disana pada tahun 593 H dalam usia 156 tahun.

Para ahli sejarah berbeda pendapat tentang tahun kelahiran dan wafat beliau. Salah seorang murid beliau Imam Ahmad bin Muhammad Abu Thahir as-Silafy (w. 576 H) dalam kitabnya Mu`jam Safar menuliskan bahwa beliau pernah menanyakan kepada Abu Syuja` sendiri tentang tahun kelahiran beliau, Abu Syuja` menjawab tahun 434 H di Basrah, sedangkan ayah beliau lahir di `Abbadan dan kakek beliau lahir di Asfihan/Isfahan (kota di Iran yang terletak sekitar 340 km dari ibu kota Iran, Taheran).‎Keterangan tersebut juga dikutip oleh Imam Yaqut bin Abdullah al-Hamawi dalam kitab beliauMu`jam Buldan ketika menerangkan tentang negeri `Abbadan.‎ Dalam kitab tersebut tidak disebutkan tahun wafat beliau.

Sedangkan dalam kitab A`lam karangan Zarkali disebutkan beliau lahir tahun 533 H/1138 M dan wafat pada tahun 593 H/1197 M, ‎maka umur beliau berdasarkan keterangan ini adalah hanya 60 tahun. Hal sangat bertentangan dengan keterangan dalam Kitab Hasyiah al-Bajuri danHasyiah Bujairimi `ala Khatib yang menerangkan bahwa beliau memiliki umur panjang hingga 160 tahun. Dan keterangan ini juga sangat menentang dengan keterangan murid beliau sendiri Imam as-Silafi dalam kitab ‎Mu`jam Safr, dimana beliau menyebutkan bahwa Abu Syuja` sendiri pada tahun 500 H menyebutkan kepadanya bahwa beliau sudah mempelajari fiqih Mazhab Syafi'i selama 40 tahun lamanya, setelah itu Imam as-Silafi menyebutkan bahwa Abu Syuja` masih hidup hingga masa yang tidak beliau ketahui.sehingga Al-Hāfizh As-Silafy mengatakan :
هذا من أفراد الدهر
"Imam Abu Syujā' merupakan orang yang sangat langka di masa ini."
Abu Syujā' diberikan umur yang sangat panjang, ada yang mengatakan Beliau hidup lebih dari 160 tahun. Namun demikian, sekalipun umurnya panjang, Beliau tidak pikun dan anggota tubuhnya tidak sakit atau bermasalah bahkan Beliau tetap sehat dan fungsi anggota tubuhnya normal sampai Beliau wafat.
Ketika ditanya, apa rahasia sehingga Anda memiliki kesehatan yang luar biasa, diberikan kesehatan oleh Allāh yang sangat sempurna?
Beliau menjawab:
ما عصيت الله تعالى بعضو منها في الصغار, فحفظها الله على في الكبار
"Aku tidak menggunakan salah anggota tubuhku ini untuk bermaksiat kepada Allāh ketika aku masih muda (kecil) sehingga Allāh menjaganya ketika aku telah berusia renta (tua)."‎

Ada kemungkinan bahwa keterangan kitab al-A`lam karangan Zarlaki yang dikutip banyak penerbit yang menuliskan biografi Abu Syuja` ketika menerbitkan kitab Matan Taqrib, terjadi kesalahan ketika penulisan, mungkin yang sebenarnya adalah tahun kelahiran beliau 433 H, (hanya selesih setahun dengan keterangan murid abu Syuja` sendiri, Imam as-Silafy) sehingga usia umur beliau tepat 160 sehingga sama dengan keterangan yang disebutkan dalam Bujairimi dan Hasyiah Al-Bajuri. Wallu A`lam bish-Shawab.

Dalam Kitab Kasyfun Dhunun disebutkan tahun wafat beliau adalah 488 H tanpa disebutkan tahun kelahiran.[5] Sedangkan Imam Tajuddin as-Subky dalam kitab Thabaqat Syafi`iyyah Kubra memasukkan beliau dalam golongan para ulama yang wafat pada setelah tahun 500 H.

Para ahli sejarah menulis gelar beliau dengan Syihabuddin, hal ini sesuai dengan kebiasaan ahli sejarah yang memberi gelar Syihabuddin kepada para ulama yang bernama Ahmad dan gelar Syamsuddin kepada para ulama yang bernama Muhammad. Karena itu kita dapati para ahli sejarah menulis nama Imam Ramli Kabir dengan gelar Syihabuddin karena nama beliau adalah Ahmad dan menulis gelar Imam Ramli Shaghir dengan Syamsuddin karena nama beliau adalah Muhammad.

Abu Suja' di kenal sebagai seorang imam ahli ibadah, shalih dan berilmu dan taat dalam agama. Beliau pernah menjabat sebagai qadhi dan kemudian menjadi menteri. Beliau menjabat menteri di umur 47 tahun, dimasa jabatannya tersebut beliau banyak menyematkan keadilan dan ilmu agama, beliau memiliki 10 pembantu yang berkeliling membagikan shadaqah kepada manusia. Masing-masing mereka membagikan 1.120 dinar yang akan di bagikan kepada orang yang berhak.

Kemudian beliau menempuh jalan zuhud meninggalkan kenikmatan duniawi, beliau hijrah ke Madinah dan menetap di Masjid Nabawi sebagai orang yang bertugas merapihkan tikar dan menyalakan lentera dan membersihkan Mesjid Nabawi serta menjadi pengkhadam Hujrah Rasulullah SAW. dan beliau jalankan tugas tersebut sampai akhir hayatnya.

Beliau di karunia umur panjang hingga berusia 160 tahun dan dalam keadaan lanjut usi demikian, tidak ada satupun anggota badan beliau yang cedera. Orang – orang bertanya tentang sebab anggota badan beliau sehat hingga masa tua, beliau menjawabnya:

حفظنا ها فى الصغر فحفظها الله فى الكبر

Kami menjaganya (dari dosa) ketika masih muda maka Allah menjaganya ketika kami tua.

Beliau wafat dan dimakamkan di sebuah ruangan mushallah yang beliau bangun sendiri di dekat Masjid Nabawi di samping pintu Jibril.
Matan Abu Syuja'‎

Kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau yang lebih dikenal sebagai Matan Abu Syuja adalah kitab fikih ringkas milik mazhab Syafi'i yang dikarang oleh Al-Qadhi Abu Syuja. Kitab ini disebut juga Al-Ghayah al-Ikhtishar atau Mukhtashar Abu Syuja. Kitab ini banyak dipelajari dipondok-pondok pesantren di Indonesia, karena kebanyakan mengikuti mazhab fikih Imam asy-Syafi'i.

Latar belakang penulisan kitab

Imam Al-Qadhi Abu Syuja’ menulis kitab ini atas permintaan para muridnya dan teman–temannya dengan tujuan agar orang yang belajar fikih agama dapat mengetahui hukum agama secara singkat dan mudah.

Ruang lingkup pembahasan

Kitab ini membahas fikih dengan sangat ringkas dan mudah dipahami dan ditujukan lebih untuk pemula dan awam. Kitab ini terbagi mejadi beberapa bab, di antaranya: Kitab Thaharah, Kitab Salat, Kitab Zakat, Kitab Puasa, Kitab Haji, Kitab Jual Beli dan ‎Mu’amalat Lainnya, Kitab Nikah, Kitab ‎Jinayat, Kitab Hudud, Kitab Jihad, Kitab Perburuan dan Penyembelihan, dll.

Syarah Kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib

Matan Abu Syuja ini telah diberikan kitab penjelasan (syarah) oleh para ulama, diantaranya adalah‎:‎

Kifayatul Akhyar fil Halli Ghayatil Ikhtishar karya Imam Abu Bakar bin Muhammad al-Husaini Al Hishni (829 H / 1426 M).
Syarh Mukhtashar Abi Syuja’ karya Imam Ahmad Al-Akhshashi (889 H / 1484 M).
An-Nihayah fi Syarh al-Ghayah karya Imam Abu Fadhl Waliyuddinal-Bushair (972 H).
Fathul Qarib al-Mujib atau al-Qaulul Mukhtar fi Syarah Ghayah al-Ikhtishar karya Syaikh Muhammad bin Qasim al-Ghazziy (918 H / 1512 M).
Hasyiyatul Qalyubiy ‘ala Syarhi Abi Syuja’ li Ibni Qasim Al-Ghazziy karya Syaikh Ahmad bin Ahmad al-Qalyubiy (1069 H / 1659 M).
Hasyiyah ‘ala Syarhi Abi Syuja’ li Ibni Qasim Al-Ghazziy karya Syaikh Abdil Baar bin Abdullah bin Muhammad Al-Ujhuriy (1070 H / 1660 M).
Hasyiyatul Fawaid Al-Aziziyah ‘ala Syarhi Abi Syuja’ li Ibnu Qasim al-Ghazziy karya Syaikh ‘Ali bin Ahmad Al-Aziziy (1070 H / 1660 M).
Hasyiyatur Rahmaniy ‘ala Syarhi Abi Syuja’ li Ibnu Qasim al-Ghazziy karya Syaikh Daud bin Sulaiman ar-Rahmaniy (1078 H / 1667 M).
Hasyiyatun ‘ala Syarhi Abi Syuja’ li Ibnu Qasim al-Ghazziy karya Syaikh Abu Dhiya’ Nuruddin Ali Ibnu ‘Ali (1087 H / 1676 M)
Hasyiyatul Birmawiy ‘ala Syarhi Abi Syuja’ li Ibnu Qasim al-Ghazziy karya Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Khalid al-Birmawiy Al-Azhariy (1106 / 1894 M)‎
Dan Hasyiyah yang lainnya.
Al-Iqna’ fi Hall alfazh Abi Syuja’ karya Imam Muhammad bin Muhammad al-Khatib as-Syarbini (977 H / 1570 M).
Fathul Lathif al-Mujib bima Ta’allaq bi Kitabi al-Iqna’ al-Khatib karya Syaikh Abdurrahman al-Ujhuriy (1084 H / 1673 M)
Kifayatul Habib fi Hali Syarhi Abi Syuja’ lil Khatib karya Syaikh Hasan bin ‘Ali bin Ahmad Al-Al-Manthawiy (1170 H / 1756 M)
Tuhfatul Habib ‘ala Syarhi al-Khatib karya Syaikh Sulaiman bin Muhammad bin Umar al-Bujairimiy (1221 H / 1806 M)
Fathul Ghaffar bi Kasyfi Muhabbati Ghayah al-Ikhtishar karya Syaikh Ahmad bin Qasim ash-Shabbaghi al-‘Abbadiy (992 H / 1584 M)
At-Tadzhib fi Adillati Matn al-Ghayah wa at-Taqrib karya Syaikh DR.Musthafa Dib al-Bugha (1398 H).
Nadzmu Mukhtashri Abi Syuja’ karya Syaikh Ahmad bin Isma’il al-Ibsyithiy (883 H / 1489 M).
Nihayatu Tadribi fi Nadzmi Ghayah at-Taqrib karya Syaikh Yahya bin Abi Khairi (989 H / 1581 M).
Al-Kifayatu fi Nadzmi al-Ghayah karya Syaikh Abu Bakar bin Abdullah bin Abdurrahman Ad-Dimasyqi (928 H / 1522 M)
Nadzmu Mukhtashari Abi Syuja’ karya Syaikh Abi Khair Ahmad bin Abdus Salam asy-Syafi’I (931 H / 1525 M)

Selain itu kitab sudah di terjemahkan dalam berbagai bahasa termasuk dalam bahasa bahasa Perancis pada tahun 1895 dan ke bahasa Jerman pada tahun 1987.

kitab Matan Taqrib masih di pakai sampai saat ini, hal ini menunjukkan satu kelebihan bagi kitab tersebut, di mana walaupun kitab tersebut kecil dan telah melewati masa hampir satu abad namun masih di gunakan sebagai pegangan utama bagi pemula dalam belajar fiqh Syafii`yah.

Semoga Allah selalu melimpahkan barakah ilmu Abu Suja` kepada kita semua dan Allah memberikann taufiq dan hidayah kepada kita untuk mengikuti jejak beliau.
Kedudukan kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib

DR. Musthafa Dib al-Bugha (Guru besar Universitas Damaskus, salah seorang pakar fikih mazhab asy-Syafi’i) berkata : “Kitab Matan al-Ghayah wa at-Taqrib adalah salah satu kitab terbaik dalam fiqih Madzhab asy-Syafi’I, baik dari cara pengkajiannya maupun isi kandungannya. Meskipun ukurannya kecil, kitab ini mencakup semua bab fiqih, ketentuan–ketentuan hukum, serta masalah–masalah yang terkait dengan ibadah, muamalah dan lain sebagainya. Kitab ini tersusun dengan bahasa yang mudah, susunan kata–kata yang indah, rangkaian kalimat yang baik, dan klasifikasi bahasa yang sistematis. Semua itu memudahkan orang yang mempelajari ilmu fiqih dalam memahami dan menghayati kandungan nya. Kitab ini begitu istimewa karena dapat diterima oleh masyarakat luas, tentunya atas kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh kerana itu, para pencari ilmu dan ulama sejak dahulu hingga sekarang, mereka selalu mengkaji kitab ini sebagai bahan pelajaran, memahami dan menghafalnya, serta menjelaskan dan menguraikan nya.

Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar