Translate

Rabu, 11 Januari 2017

Imam Ibnu Jarir Dalam Metode Penafsiran Al-Qur'an

Para pengkaji tafsir tentu akrab dengan kitab Tafsir Jami'ul Bayan fi Tafsiril Qur'an atau lebih dikenali sebagai Tafsir at-Thabari. Kitab ini menjadi kitab tafsir terbaik yang dikarang oleh al-Imam al-Hafizh Ibnu Jarir al-Thabari, sang guru besar tafsir. 
Al-Qur’an sebagai kitab suci dan pedoman hidup manusia memiliki karakteristik yang terbuka untuk ditafsirkan, ini dapat dilihat dalam realitas sejarah penafsiran al-Qur’an sebagi respon umat Islam dalam upaya memahaminya. Pemahaman atasnya tidak pernah berhenti, tetapi terus berkembang secara dinamis mengikuti pergeseran zaman dan putaran sejarah. Inilah yang menyebabkan munculnya beragam madzhab dan corak dalam penafsiran al-Qur’an.
Studi atas Al-Quran telah banyak dilakukan oleh para ulama dan sarjana tempo dulu, termasuk para sahabat di zaman Rasulullah saw. Hal itu tidak lepas dari disiplin dan keahlian yang dimiliki oleh mereka masing-masing. Ada yang mencoba mengelaborasi dan melakukan eksplorasi lewat perspektif keimananm historis, bahasa dan sastra, pengkodifikasian, kemu’jizatan penafsiran serta telaah kepada huruf-hurufnya.
Kondisi semacam itu bukan hanya merupakan artikulasi tanggung jawab seorang Muslim untuk memahami bahasa-bahasa agamanya. Tetapi sudah berkembang kepada nuansa lain yang menitikberatkan kepada studi yang bersifat ilmiah yang memberikan kontribusi dalam perkembangan pemikiran dalam dunia Islam. Kalangan sarjana Barat banyak yang melibatkan diri dalam pengkajian Al-Quran, dengan motivasi dan latar belakang kultural maupun intelektual yang berbeda-beda.
Al-Quran sebagai diketahui terdiri dari 114 surat, yang di awali dengan beberapa macam pembukaan (Fawatih Al-Suwar), di antara macam pembuka surat yang tetap aktual pembahasannya hingga sekarang ini huruf muqatha’ah. Menurut Watt, huruf-huruf yang terdiri dari huruf-huruf alphabet (hijaiyah) ini, selain mandiri juga mengadung banyak misterius, karena sampai saat ini belum ada pendapat yang dapat menjelaskan masalah itu secara memuaskan.

Nama lengkap Ath-Thabari adalah Abu Ja'far Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir  bin Ghalib Ath-Thabari, Lahir di Amil Thabaristan yang terletak di pantai selatan laut Thabaritsan pada tahun 225 H/839 M dan meninggal di Baghdad pada tahun 310 H/923 M. Beliau seorang ulama yang sulit dicari bandinganya, banyak meriwayatkan hadits, luas pengetahuanya dalam bidang penukilan, penarjihan riwayat-riwayat, sejarah tokoh masa lalu.
Kaedah yang digunakan dalam tafsir ini yakni tafsir bi al-ma'tsur yang maksudnya menafsir al-Qur'an dengan al-Qur'an, hadist, dan ijtihad sahabat. Dalam kitab karangan al-Thabari, dia menjelaskan tentang aqidah. Misalnya, makna istiwa dalam al-Baqarah ayat 29. Dijelaskan dengan terang bahawa makna istiwa adalah 'ala wa irtafa', yang ertinya 'ketinggian kerajaan dan kekuasaan Allah', bukan berubahnya ketinggian atau berpindahnya 'Arasy. 

Al-Imam As-Suyuthi r.a berkata, "Ia adalah tafsir yang paling baik dan besar, memuatkan pendapat-pendapat ulama, dan sekaligus menguatkan dari pendapat-pendapat itu, dan huraian nahu serta istinbath hukum. Maka dengan kelebihannya, ia menempati kualiti teratas dari kitab-kitab tafsir sebelumnya." [Al-Itqan, 2/190]

Al-Imam An-Nawawi r.a berkata: "Umat Islam sepakat bahawa tidak ada seorang pun yang menulis tafsir sekaliber Tafsir At-Thabari." [Al-Itqan, 2/190]. 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah r.a berkata, "Adapun tafsir-tafsir yang ada di tangan manusia, yang paling baik adalah tafsir Ibnu Jarir Ath-Thabari. Ini kerana ia menyebutkan ucapan-ucapan salaf dengan sanad-sanad yang kukuh, tidak mengandungi kebid’ahan, dan tidak menukil dari orang-orang yang diragukan agamanya…" [Fatawa Ibnu Taimiyyah, 2/192] 

Tafsir Ath-Thabari boleh dikatakan sebagai tafsir pertama dilihat dari masa penulisan dan penyusunan keilmuannya. Kerana kitab tersebut merupakan tafsir pertama yang sampai kepada kita di saat tafsir-tafsir yang mendahuluinya telah lenyap ditelan putaran zaman sehingga tidak sampai ke tangan kita.

Imam al-Thabari mendapat gelaran marja'ul maraji' (induk para ahli tafsir). Selain sebagai mufassir, al-Thabari juga seorang fuqaha. Kitab fiqhnya yakni berjudul Ikhtilaf al-Fuqaha (perbezaan pendapat para ulama).

Di samping itu, Imam al-Thabari juga merupakan ahli hadits dan sejarah. Beliau sering menolak hadits dengan bertapak lemah ataupun jika hadits tersebut tidak sesuai dengan tafsiran ayat yang dia tafsirkan.‎

Dalam bidang sejarah, karyanya diabadikan melalui kitab Tarikhul Umam wal Muluk (Sejarah Umat-Umat dan Para Rajanya) dan Tarikh al-Rasul wa al-Muluk yang dikenali dengan Tarikh al-Thabari. Kitab ini menjadi kitab rujukan kerana mengandungi sejarah peristiwa-peristiwa secara lengkap yang belum pernah ditulis sejarawan lain sebelumnya.

Kitab terkenal ini terdiri atas dua bahagian. Bahagian pertama mengandungi tentang sejarah Arab, Parsi, Rom sebelum Islam. Sedang di bahagian kedua pasca-Islam. Kitab ini memberi inspirasi kepada karya Ibnu Asir, sejarawan besar selepas al-Thabari, berjudul al-Kamil fi al-Tarikh.

Kecerdasan dan kecintaan al-Thabari kepada ilmu sudah kelihatan sejak dia kecil. Dia sudah hafaz Al-Quran ketika usia 7 tahun. Pada usianya 8 tahun, dia diarah menjadi imam bagi orang dewasa di daerah kelahirannya iaitu Thabaristan, Parsi, atau sekarang dikenali dengan Iran. Di usia 9 tahun, dia sudah menulis banyak hadits.

Ayahnya pernah bermimpi bahawa Rasulullah S.a.w menghampiri at-Thabari seraya memegang tangannya dan memberikan segenggam batu-batuan padanya, kemudian mimpi tersebut dita’birkan oleh orang-orang alim sebagai petanda keberjayaan at-Thabari dikemudian hari.

Kemudian at-Thabari memulakan pengembaraannya mencari ilmu. Beliau bermula dari Rayy, Iran. Kemudian ke Baghdad, Iraq, untuk menemui Imam Ahmad bin Hanbal. Namun malangnya, Imam Mazhab Hanbali itu telah wafat sebelum al-Thabari sampai ke bandar tersebut (241 H / 855 M).

Al-Thabari meneruskan perjalanannnya ke Wasit dan Basrah untuk mengikuti beberapa kuliah. Kemudian dia ke Kufah untuk mendalami ilmu hadits. Beliau berguru pada ulama besar hadits, Muhammad bin Humaid ar-Razi. Darinya, al-Thabari mampu menulis lebih dari 100 ribu hadits. Beliau juga menuliskan sejumlah hadits yang sama dari gurunya yang lain, Abu Kuwait.

Al-Thabari kembali ke Baghdad untuk belajar ilmu al-Quran dan fiqh, utamanya fiqh Imam Syafie. Di Baghdad inilah karya-karya besarnya berjaya dimunculkan. Konsisten dan ketekunan al-Thabari akan ilmu membuahkan hasil yang hingga kini dimanfaatkan oleh dunia.

Al Faroghi berkata: "Harun bin Abdul Aziz bercerita kepadaku:" Abu Ja’far At Tabari berkata: "aku memilih Mazhab Imam Syafi'e, dan aku ikuti beliau di Baghdad selama 10 tahun."

Imam Adz-Dzahabi berkata: "Beliau adalah orang Tsiqoh, jujur, hafidz, bapa dalam ilmu tafsir, imam (ikutan) dalam ilmu fiqh, ijma’ serta (hal-hal) yang diperselisihkan, alim tentang sejarah dan harian manusia, tahu tentang ilmu Qiro’at dan bahasa, serta yang lainnya. 

Imam Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawanya mengatakan bahwa Imam Tabari adalah imam Ahlu Sunnah, hal ini beliau katakan ketika membahas mengenai al-Quran Kalamullah. Dan banyak lagi pujian ulama lainnya.

Pada awalnya, at-Thabari bermazhab Syafi'e. Setelah mempelajari  dan meneliti lebih jauh ada ketidak-sesuaian dalam dirinya sehingga dia mendirikan mazhab sendiri, dan pengikutnya memanggilnya Mazhab Jaririyyah. Ianya terjadi setelah sepuluh tahun sekembalinya dari Mesir. Namun, mazhabnya semakin lama semakin kurang pengikutnya kerana ajarannya dianggap bertentangan dengan Mazhab Syafi'e mahupun Hanbali. [Lihat at-Thabari, Tafsir Jami',  hlm. 10]

Meskipun dikenali oleh ramai orang, Thabari tetap hidup berbalut kesederhanaan. Bila musim panas tiba, dia hanya mengambil kurma yang dicampur minyak. Tempat tidurnya pun hanya beralaskan kain tipis. Menjadi kebiasaan al-Thabari, selesai Zuhur dia menulis hingga empat puluh halaman. Hal ini dilakukannya selama 40 tahun. Waktu Ashar dia bergegas menuju masjid untuk solat berjemaah kemudian mengkaji al-Qur'an. Lepas solat Maghrib, dia mengajar hingga menjelang Isya '.

Al-Thabari wafat pada tahun 310 H di Baghdad dalam usia 86 tahun.

·      Guru-guru beliau 
1. Muhammad bin Abdul Malik bin Abi Asy-Syawarib 
2. Ismail Bin Musa As-Sanadi 
3. Muhammad bin Abi Ma'syar 
4. Muhammad bin Hamid Ar-Razi 
5. Abu Kuraib Muhammad Ibnul A'la ‎
6. Muhammad bin Al-Mutsanna, dan selain mereka
·      Murid-murid beliau 
1. Abu Syuaib bin Abdillah bin Al-Hasan bin Al-Harani. 
2. Abul Qasim Ath-Thabrani 
3. Ahmad bin Kamil Al-Qadhi 
4. Abu Bakar Asy-Syafi'i 
6. Mukhallad bin Ja'far Al-Baqrahi 
7. Abu Mammad Ibnu Zaid Al-Qadhi 
8. Ahmad bin Al-Qasim Al-Khasysyab 
9. Abu Amr Muhammad bin Ahmad bin Hamdan 
  
Karya-Karyanya 

1. Jami’ Al-Bayan fi TafsirAl-Qur’an
2. Tarikh al-Umam Wa al-Muluk
3. Ikhtilaf Ulama Al-Amshar Fil Ahkam Syarai Al-Islam, (Ikhtilaf Al-Fuqaha)
4. Lathif Al-Qaul Fi Ahkam Syar'i Al-Islam, fiqih Ibnu Jarir 
5. Basith Al-Qaul Fi Ahkam Al-Islam 
6. Adab Al-Qudhah, dan selainya masih sangat banyak
7. Tarikh Ar-Rijal
8. Tahdib Al-Atsar wa Tafsiilust Tsabit ‘Ani Rasulullah Saw Minal Akhbar. Az-Zahabi ketika mengomentari kitab ini mengatakan bahwa kitab ini termasuk salah satu kitab istimewanya Ibnu jarir, dimulai dengan sanad yang shadiq, lalu bebicara pada Ilal, thuruq dan fiqih hadits, ikhtiklaf ulama serta hujjah mereka, dalam kitab ini juga disebutkan makna-makna asing serta bantahan kepada Mulhiddin, kitab ini menjadi lebih sempurna lagi dengan adanya sanad al-Asyrah, Ahlu al-Bait, al-Mawali dan beberapa sanad dari Ibnu Abbas, dan kitab ini belum selesai pada akhir kematiaannya, lalu ia mengatakan: jika saja kitab ini dkteruskan, niscaya bisa sampai beratus-ratus jilid. 

Karyanya yang paling masyur adalah  Jami' al-Bayan Fi tafsir al-Qur'an atau yang terkenal dengan kitab tafsir tabari. kitab ini berisi fiqih,akidah yang disimpulkan dari alqur'an. ketika beliau menyusun kitab ini, beliau mengumpulkan tafsir bilma'sur ( Al,qur an dengan Al, qur an, Al,qur an dengan hadits ). Dan karena tafsir inilah beliau dijuluki Ulama al-Mufassirun.

SEKILAS TENTANG TAFSIR ATH-THABARI

‎Sejarah Penulisan‎

Semasa hidup al-Tabari, akhir abad 9 hingga pertengahan abad 10 M, kaum muslimin dihadapkan pada pluralitas etnis, relijius, ilmu pengetahuan, pemikiran keagamaan, dan heteroge­nitas kebudayaan dan peradaban. Secara langsung maupun tidak langsung, telah terjadi interaksi kultural dengan ragam muatan­nya, perubahan dan dinamika masyarakat terus bergulir, tentu saja hal ini mewamai cara pandang dan cara pikir kaum muslimin, sebagai sebuah konsekuensi logis yang tak terhindarkan.

Di bidang keilmuan, tafsir telah menjadi disiplin ilmu ke­islaman tersendiri, setelah beberapa saat merupakan bagian inheren studi al-hadis, di samping bidang-bidang keilmuan yang lain. Tafsir telah mengalami perkembangan secara metodologis dan substansial. kemunculan aliran tafsir bi al-ma'sur dan bi al ­ra'yi turut memberikan warna bagi pemikiran muslim. Di sisi yang lain, ada persoalan yang cukup serius di tubuh tafsir bi al-ma'sur, yaitu dengan munculnya varian riwayat, dari riwayat yang sahih/­akurat dan valid-hingga riwayat yang tidak bisa dipertanggung­jawabkan menurut parameter-sanad dan rijal al-hadis- dalam disiplin `Ulumul Hadis. Itulah sebabnya, pada waktu yang ber­samaan tafsir bi al-ma'sur sedang menghadapi masalah serius, karena telah terjadi pembauran berbagai riwayat. Di samping itu, orientasi kajian tafsir yang tidak mono material, tetapi telah berinteraksi dengan disiplin ilmu yang lain seperti fiqh, kalam, balagah, sejarah dan filsafat. Pengaruh unsur-unsur di luar Islam turut mewarnai corak penafsiran, termasuk Israiliyyat.

Al-Tabari ada pada saat hilangnya salah satu aliran, rasional keagamaan Mu'tazilah setelah era al-Mutawakkil, dan munculnya aliran tradisional Asy'ariyah yang belakangan disebut Sunni, belum lagi sekte-sekte yang lain turut menyemarakkan bursa pemikiran di panggung sejarah umat Islam. Kompleksitas yang dilihat dan dialami al-Tabari di negeri sendiri, menggugah sensitivitas keilmu­annya khususnya bidang pemikiran Islam dengan jalan melaku­kan respons dan dialog ilmiah lewat karya tulis. Tentu saja per­gulatan mazhab yang dialami al-Tabari, menyisakan dampak bagi dirinya. Popularitasnya di negeri sendiri dan kota-kota sekitarnya tidak terbantahkan, sampai-sampai pada hal mazhab yang di­ikutinya.

Pada akhir pergulatan pemikirannya, ia lebih dikenal luas sebagai seorang Sunni ketimbang seorang Rafidi-ektremis Ali­ yang pernah hangat diributkan oleh para ulama sezamannya ketika memuncaknya aliran-aliran teologi. Bukti bahwa dia seorang sunni terlihat dalam karya-karyanya di bidang sejarah dan tafsir. Kitab tafsir ini ditulis oleh al-Tabari pada paruh abad III H, dan sempat disosialisasikan di depan para murid-muridnya selama kurang lebih 8 tahun, sekitar 282 hingga 290 H.

Kitab tafsir karya al-Tabari, memiliki nama ganda yang dapat dijumpai di berbagai perpustakaan; pertama, Jami' aI-Bayan An Ta'wil Ay al-Qur'an (Beirut: Dar al-Fikr, 1995 dan 1998), dan kedua bernama Jami' al-Bayan f i Tafsir al- Qur'an (Beirut: Dar al­Kutub al-`Ilmiyyah, 1992), terdiri dari 30 juz/jilid besar. Al-Tabari mencoba mengelaborasi terma takwil dan tafsir menjadi sebuah konstruksi pemahaman yang utuh dan holistik. Baginya kedua istilah itu adalah mutaradif (sinonim). Keduanya merupakan piranti intelektual untuk memahami kitab suci al-Qur'an yang pada umumnya tidak cukup hanya dianalisis melalui kosakatanya, tetapi memerlukan peran aktif logika dan aspek-aspek penting lainnya, seperti munasabah ayat dan atau surat, tema (ma'udu ), asbab al­-nuzul dan sebagainya.

Pada awalnya kitab ini pernah menghilang, tidak jelas keberadaannya; ternyata tafsir ini dapat muncul kembali berupa manuskrip yang tersimpan di maktabah (koleksi pustaka pribadi) seorang Amir (pejabat) Najed, Hammad ibn `Amir `Abd Al Rasyid. Goldziher berpandangan bahwa naskah tersebut dike­temukan lantaran terjadi kebangkitan kembali percetakan pada awal abad 20-an. Menurut al-Subki, bentuk tafsir yang sekarang ini adalah khulasah (resume) dari kitab orisinalnya.
‎Kitabnya tentang tafsir, Jami’ Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur’an, merupakan tafsir yang paling besar dan utama serta menjadi rujukan penting bagi para mufasir bil-ma’sur. Ibnu Jarir memapaarkan tafsri dengan  menyandarkanya kepada sahabat, tabi’in dan tabi’it tabi’in. ia juga mengemukakan berbagai pendapat dan menarjihnya sebagian atas yang lain, Para ulama berkompenten sependapat bahwa belum pernah disusun sebuah kitab tafsir pun yang menyamainya. Nawawi dalam Tahzid-nya mengemukakan, Kitab Ibn Jarir dalam bidang tafsiradalah sebuah kitab yang belum seorangpun pernah menyusun kitab yang menyamainya. Ibn jarir mempunyai keistimewaan tersendiri berupa istinbat yang unggul dan pemberian isyarat terhadap kata-kata yang samar I’rab-nya. Dengan itulah, antara lain, tafsir tersebut berda di atas tafsir-tafsir yang lain. Sehinga Ibn Katsir banyak menukil darinya.   Adapun Sumber Penafsiran kitab tafsir tersebut yaitu.
Ø  Al-Qur’an
Ø  Hadis Nabi saw
Ø  Qaul Sahabat
Ø  Qaul Tabi’in dan Tabi’ Tabi’in
Ø Isra’iliyat

Kitab tafsir Jami’ Al Bayan atau dikenal dengan nama tafsir Al-Thabari ini merupakan tafsir yang boleh dikatakan tafsir terlengkap di antara tafsir-tafsir yang lain hingga saat ini. Hal ini dapat kita pahami dari lengkapnya unsur-unsur yang digunakan dalam penafsiran dengan menyebutkan riwayat dan sanad yang begitu lengkap. Secara garis besar, penafsiran tafsir Ath-Thabari yaitu:
Ø Tafsir ath-Thabari termasuk tafsir bi al-ma’tsur.‎
Ø Mufasir dalam hal ini menafsirkan ayat Al-Quran dengan jelas dan bersandar pada sabda Rasulullah, sahabat dan juga tabi’in disertai sanadnya.
Ø Jika dalam ayat tersebut ada dua pendapat atau lebih, disebutkan satu persatu dengan dalil dan riwayat dari sahabat ataupun tabi’in yang mendukung dari tiap-tiap pendapat kemudian memilih diantara pendapat tersebut yang lebih kuat dari segi dalilnya
Ø Beliau juga menyebutkan segi-segi ir’ab-nya, dan menjelaskan kata-kata sekaligus maknanya (tahlili).‎
Ø Mengali hokum-hukun syari’at jika ayat tersebut berkaitan dengan masalah hukum.
Ø Mufasir juga menjabarkan tentang nasikh wa mansukh.
Ø Menulis kisah-kisah berita-berita, kejadian hari kiamat dan yang lainya. Dan kisah-kisah israliyiat.
Kelengkapan yang dimiliki inilah yang menjadi ciri utama tafsir Al-Thabari. Adapun corak penafsiran yang merupakan ciri khusus tafsir Al-Thabari ini yang mungkin berbeda dengan tafsir lainnya adalah memadukan dua sisi yaitu bi al- ma’tsur dan bi al- ra’yi. Bagi orang-orang yang belum mengkaji secara mendalam.‎

CONTOH PENAFSIRAN DALAM KITAB ATH-THABARI

وَلَا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُ  (الانعم: اية 152)
‘’Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik sehinga sampai dia dewasa’’


القول في تأويل قوله : { ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن حتى يبلغ أشده }
’Beliau berkata di dalam Tafsirnya (Ath-Thabari), tentang firman Allah yang berbunyi : Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik’
قال أبو جعفر: يعني جل ثناؤه بقوله:(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن)، ولا تقربوا ماله إلا بما فيه صلاحه وتثميره
‘’Abu jakfar berkata : Abu Jakfar mengharapkan dari firman Allah :( Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik ), dan janganlah kamu sekalian mendekati karta tersebut kecuali ada kemanfaatan dan kemaslahatan’’

- حدثني المثنى قال، حدثنا الحماني قال، حدثنا شريك، عن ليث، عن مجاهد:(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن)، قال: التجارة فيه.
‘’Telah menceritakan kepadaku musana, Dia Berkata, Hamani Bercerita Kepadaku, Dia Berkata, Syarik Berkata Kepadaku, Dari Mujahid : (Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik), Ath-Thabari menafsirkan, Berdagang Dengan Harta Tersebut’’

- حدثني محمد بن الحسين قال، حدثنا أحمد بن المفضل قال، حدثنا أسباط، عن السدي:(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن)، فليثمر ماله .
‘’Telah Bercerita Kepadaku Muhammad Bin Hassan, Dia Berkata, Menceritakan Ahmmad Bin Mufdol, Dia Berkata, Berkata Asbad, Dari Sudda, ( (Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik),Mengembngkan Harta Tersebut’’‎

- حدثني الحارث قال، حدثنا عبد العزيز قال، حدثنا فضيل بن مرزوق العنزي، عن سليط بن بلال، عن الضحاك بن مزاحم في قوله:(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن)، قال: يبتغي له فيه، ولا يأخذ من ربحه شيئا .
Telah Berkata Kepadaku Haris, Dia Berkata, Menceritakan Abdul Aziz, Dia Berkata, Fudail Bin Marzuq Al-anazi  Dari Sulid Bin Bilal, Dari dohak Bin Mazahim, Didalam Firmanya Allah ; ((Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik). Ath-Thabari menafsirkan didalam kitabnya Boleh saja Mengunakan harta tersebut, Dan tidak Mengambil keuntungan sepeserpun.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TAFSIR ATH-THABARI
·   Kelebihan 
1.Tafsir Al-Thabari mengandung banyak cabang ilmu yang menunjang kelengkapan dan kesempurnaannya, seperti ilmu Bahasa, Nahwu, Riwayat, qira’at dan sebagainya.
2.Dengan kandungan yang begitu lengkap dapat berperan penting bagi pengkajinya dalam menambah wawasan.
3.Disebutkannya berbagai pendapat atau atsar yang mutawatir, baik yang bersumber dari Nabi, para sahabat, tabi’in, tabi’ at tabi’in, serta para ulama sebelumnya menujukkan kehati-hatiannya dalam menafsirkan, sehingga mengecilkan kemungkinan ia berpendapat yang salah.
4.Kelengkapan dan kesempurnaan penjelasan menyebabkan orang yang mengkajinya dapat memahami tafsirnya dengan baik. 
·   Kekurangan 
1.Karena banyaknya riwayat yang dimuatnya, ia pun mengomentarinya, namun terkadang ada juga riwayat yang tidak dikomentarinya, sehingga dibutuhkan lagi penelitian lebih lanjut pada riwayat yang tidak dikomentarinya tersebut.
2.Pada umumnya ia tidak menyertakan penilaian shahih atau dho’if terhadap sanad-sanadnya.
3.Kelengkapan penjelasan yang disajikan menyebabkan dalam mengkaji dan mendalami tafsirnya membutuhkan waktu yang sangat lama, serta membutukan kesabaran.
Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda‎

1 komentar:

  1. Kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T dan terimah kasih kepada AKI BROMO sebelumnya perkenalkan nama saya LINDA ingin menceritakan kepada semua teman2 bahwa saya yg dulunya orang yg palung susah di kampung saya, buat makan pun harus Ngutang dulu sama tetangga itupun kalau ada yg Ngasi kepada saya, semakin saya berusaha semakin susah juga dapat pekerjaan dan selama saya ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg benci sama saya dan cuman di anggap orang Rendah,Miskin, dan tidak punya apa-apa. Maka dari itu saya akhirnya berteka-teki untuk pergi mencari Dukun yg bisa merubah nasib saya di suatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu oleh AKI BROMO dan dia memberikan Nomer AKI BROMO dia juga bilang kepada saya kalau AKI BROMO itu bisa membantu orang yang lagi kesusahan dalam kehidupannya sehari-hari dan saya tidak berfikir panjang lebar lagi, saya langsung saja menghubungi AKI BROMO dengan senang hati AKI BROMO mau membantu saya dengan jalan togel dan ALHAMDULILLAH saya sudah menang togel yang ke 3 kalinya. setelah berhasil ini rencana saya ama ingin membuka usaha demi untuk kebutuhan keluarga saya yang tercinta sekali lagi makasih yaa AKI atas bantuannya jasa AKI tidak akan pernah saya lupakan. bagi teman-teman yang lagi kesusahan ingin merubah nasib Anda seperti saya silahkan hubungi AKI BROMO di Nomor:☎ 085-288-958-758 dan saya sangat bersyukur kepada ALLAH S,W,T karena melalui bantuan AKI BROMO kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, saya janji AKI setiap ada tempat Berkomentar saya akan berkomentar tentang bantuan AKI BROMO kepada saya sekali lagi makasih banyak AKI atas bantuannya dan Hubungi AKI BROMO Di nomor ☎ 085 - 288 - 958 - 758 Atau Silahkan LANGSUNG KLIK DISINI ANGKA 6D 5D 4D 3D 2D BOCORAN HARI INI

    DEMI ALLAH DEMI TUHAN, LANGIT DAN BUMI INI KISAH HIDUP SAYA.



























































































































    AKI SIAP MEMBANTU MENGATASI SEMUA MASALAH ANDA Silahkan Klik Di Bawah Ini:

    *Pesugihan Tanpa Tumbal

    *Butuh Uang

    *Pinjaman Uang Ghaib

    *Dana ghaib

    *Uang Balik

    *Pelaris Usaha

    *Kontrak Macam2 Tuyul

    *Bocoran Togel Hari ini



    INI RESMI SAYA YANG TULIS. UNTUK YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.

    BalasHapus