Translate

Kamis, 12 Januari 2017

Syaikhul Islam Zakaria Al-Anshori Sang Mujaddid

Figure atau sosok dari sang tokoh fenomenal yang telah memberi sumbangsih peradaban merupakan hal yang relevan untuk dikaji sebagai teladan. karena tidak semua ulama’ mempunyai rekam jejak yang mana dengan mudah kita peroleh begitu saja, sulitnya menemukan beberapa jejaknya karena mereka menyembunyikan amal baiknya dari khalayak ramai atau awam. Berangkat dari sebuah kebutuhan, maka perlunya dilakukan riset ilmiah guna membukukan biografi atau sekedar selayang pandang sang tokoh sebagai bahan kajian.
Zakariya Al-Anshori yang masyhur dengan Syaikhul Islam, adalah salah satu ulama yang mempunyai andil didalam kodifikasi ilmu islam. Karya beliau tidak hanya terbatas di satu bidang melainkan di berbagai bidang.

SUNAIKAH, nama sebuah desa yang terletak di ujung timur mesir. Di situlah lahir seorang anak manusia yang kelak akan menjadi mujaddid di ke 9 H. Zakariya, itulah nama yang lahir pada tahun 826 H/1423 M. di tengah-tengah keluarga papa. Menginjak usia remaja, Zakariya pergi ke al-Azhar, kairo untuk belajar ilmu-ilmu agama.
Pernah dengar dari guruku bahwa Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshori mulai belajar secara serius ketika umur 80 tahun.
Saat itu beliau lewat depan universitas al azhar, kemudian ada santri yang memanggil beliau dengan memanggil " wahai syaikul islam ".
sejak saat itulah beliau bersumpah tidak akan keluar dari al azhar sebelum beneran di panggil sebagai " syaikhul islam".

Salah satu guru beliau adalah Al-Hafidz Ibnu Hajar (pengarang kitab fathul bary) dan salah satu murid beliau adalah Ibnu Hajar Al-Haitamy (pengarang kitab tuhfah)
oleh sebab itulah syaikhul islam pernah berkata : " Aku hidup diantara dua ibnu hajar "

Saya nukilkan sedikit dari kitab Tobaqotul Kubro Karangan Syeh Abdul Wahhab As Sya'roni (salah satu murid beliau)

ومنهم شيخ الإسلام الشيخ زكريا الأنصاري الخزرجي
رحمه الله تعالى آمين
أحد أركان الطريقين الفقه، والتصوف، وقد خدمته عشرين سنة فما رأيته قط في غفلة ولا اشتغال بما لا يعني لا ليلا، ولا نهاراً، 

Sebagian waliyulloh yaitu syaikul islam zakariya al anshori al khozroji -semoga Allah merahmatinya- aamiin
Beliau adalah salah satu tiang dua torekoh yaitu fiqh dan tasawuf, aku telah melayaninya selama 20 tahun tidak pernah sama sekali kulihat beliau dalam kelalaian dan tidak pernah sibuk dengan sesuatu yang tidak bermanfaat baik malam maupun siang.

وكان رضي الله عنه مع كبر سنه يصلي سنن الفرائض قائماً، ويقول لا أعود نفسي الكسل، وكان إذا جاءه شخص، وطول في الكلام يقول: بالعجل ضيعت علينا الزمن، 

Adalah beliau -semoga Allah meridhoinya- beserta umurnya ygan sudah lanjut sholat sunnah dan fardhu dalam keadaan berdiri, beliau berkata :
" Aku tidak akan membiasakan diriku malas "
jika ada seseorang yg datang dan berbicara panjang lebar maka beliau berkata :
" cepatlah, kamu telah menyia-nyiakan waktu terhadap kami."

وكنت إذا أصلحت كلمة في الكتاب الذي أقرؤه عليه أسمعه يقول: بخفض صوته الله الله لا يفتر حتى أفرغ، وكنت أتغدى معه كل يوم، فكان لا يأكل إلا من خبز الخانقاه 

Dan aku, ketika aku membenarkan satu kalimat dalam kitab yang aku bacakan atas beliau, aku mendengar beliau berkata dengan suaranya yang lirih "Allah....Allah.." terus menerus sampai aku selesai membaca.
aku setiap hari sarapan bersama beliau dan beliau tidaklah makan kecuali dari roti khonikohnya.

وكنت يوماً أطالع له في شرح البخاري فقال لي: قف اذكر لي ما رأيته في هذه الليلة، وقد كنت رأيت أنني معه في مركب قبعها حرير، وحبالها حرير، وفرشها سندس أخضر، وفيها أرائك، ومتكآت من حرير، والإمام الشافعي رضي الله تعالى عنه جالس فيها، والشيخ زكريا عن يساره فقبلت يد الإمام الشافعي رضي الله عنه.
ولم تزل تلك المركب سائرة بنا حتى أرست على جزيرة من كبد البحر الحلو، 
وإذا فواكهها مدلاة في البحر فطلعت من المركب فوجدت بستاناً من الزعفران كل نوراة منه كالإسباطة العظيمة، وفيه نساء حسان يجنين منه

Suatu hari aku memuutola'ah untuk beliau kitab syarah bukhori, kemudian beliau berkata kepadaku : "Berhentilah, ceritakan kepadaku apa mimpimu tadi malam "
sebelumnya aku mimpi seolah olah aku bersama dengan beliau dalam satu kendaraan, kubbahnya dari sutra, talinya dari sutra, alasnya dari sutra hijau, di dalamnya terdapat dipan dipan dan tempat duduk terbuat dari sutra sedangkan Imam As Syafi'i -semoga Allah meridhoinya- duduk di dalamnya dan syeikh zakariya disebelah kiri imam syafi'i.
Kemudian kucium tangan imam syafi'i -semoga Allah meridhoinya- 
kendaraan terus melaju bersama kami hingga sampai pada pulau ditengah tengah laut yg manis.
tiba tiba buah2an pulau itu menjuntai di laut, kulihat dari kendaraan ternyata kutemukan kebun dari za'faron setiap bunga darinya seperti tandan kurma yang besar, di dalamnya terdapat perempuan-perempuan cantik yang memetik darinya.

فلما حكيت له ذلك قال: إن صح منامك يا فلان، فأنا أدفن بالقرب من الإمام الشافعي رضي الله عنه، فلما مات أرسلوا هيئوا له قبراً في باب النصر فصار الشيخ جمال الدين، والشيخ أبو بكر الظاهري يقولان ما صح منامك يا فلان

ketika mimpi tersebut ku ceritakan kepadanya, beliau berkata :
" jika mimpimu benar maka aku akan di kubur dekat dari imam syafi'i -semoga Allah meridhoinya- "
ketika beliau wafat, mereka menyediakan kuburan untuk beliau di babun nashr, 
syeikh jamaluddin dan syeikh abu bakar Ad dhohiri berkata kepadaku :
" mimpimu tidaklah benar "

فبينما نحن في ذلك، وإذ بقاصد الأمير خير بك نائب السلطنة بمصر يقول: إن ملك الأمراء ضعيف لا يستطيع الركوب إلى هاهنا، وأمر أن تركبوا الشيخ على تابوت، وتحملوه للأمير ليصلي عليه في سبيل المؤمنين بالرميلة، فحملوه، وصلوا عليه، فقال: ادفنوه بالقرافة فدفنوه عند الشيخ نجم الدين الخبوشتاتي تجاه وجه الإمام الشافعي رضي الله عنهما، وذلك في شهر الحجة سنة ست، وعشرين وتسعمائة.

ketika kami sedang seperti itu, tiba tiba utusan khoir bik naib kerajaan di mesir berkata :
" Sesungguhnya rajanya pemimpin sedang lemah dan tidak mampu untuk berkendaraan sampai kesini, dan raja memerintahkan agar kalian semua membawa syaikul islam di atas tabut dan membawanya untuk amir agar disholati di sabilil mukminin di daerah ramlah ."
kemudian mereka membawa jenazah beliau dan menyolatinya.
amir berkata : " kuburkanlah di qorofah "
kemudian beliau di kuburkan disamping syeikh Najmuddin Al Khobusytani berhadapan dengan arahnya imam syafi'i -semoga Allah meridhoi keduanya  itu terjadi pada bulan haji tahun 726 H."

Biografi Syaikul Islam Zakariya Al-Anshori

Zakaria bin Muhammad bin Ahmad bin Zakaria al-Anshari as-Sunaiki (bahasa Arab: زكريا بن محمد بن أحمد بن زكريا الأنصاري السُنَيْكي) (lahir 1420/823 H di Sunaikah, Mesir Timur, wafat 1520/926 H di Kairo, pada usia 100 tahun) adalah seorang Qadi, Ulama mazhab Syafi'i dalam bidang hadis,fikih dan tafsir. Ibunya mengirimnya ke Syaikh ar-Rabi' bin al-Mushthalam as-Sulami di Al-Azhar setelah ayahnya wafat, dan ia menuntut ilmu sejak usia muda.

Putra- putra Syaikh Zakariya al-Anshori
Dari sekian banyak Ulama yang menulis biografi Syaikh Zakariya an-Anshory, tidak ada satupun yang menulis kapan dan dengan siapa beliau menikah. Namun mereka menulis sebagian nama para putra beliau. Disalah satu biografi, pertama kali beliau dikaruniai anak pada tahun 871 H. Ini menunnjukkan bahwa beliau menikah sebelum tahun tersebut. Beliu banyak dikaruniai anak-anak yang sholeh. Diantara putra beliau adalah:
1.   Muhyiddin Abu As-Su’ud Yahya bin Zakariya, yang kelak menjadi kunyah bagi Syaikh Zakariya. Beliau dulu membantu syaikh dalam membaca dan menulis. Beliau wafat pada tahun 897 H karena wabah penyakit Tho’un.
2.   Jamaluddin Yusuf bin Zakariya. Beliau adalah seorang Saikh yang alim, sholih dan berakhlak mulia. Beliau belajar langsung dari Ayahnya. Beliau wafat pada tahun 987 H.
4.   Muhibbuddin Abu Al-Futuh Muhammad bin Zakariya. Beliau lahir pada tahun 861 H, dididik langsung oleh Ayahnya sampai dapat menghafal al-qur’an, kitab al- ‘umdah, as-syatibiyyah, alfiyah hadits dan alfiyah nahwu dan dua kitab minhaj didalam fan fikih dan usul fikih. Tidak ada yang mencatat tanggal kewafatan beliau.
5.   Ibnu Iyyas meriwayatkan dari Syaikh, bahwasannya beliau mempunyai seorang anak dari budak perempuanya yang hitam.

Sekilas Tentang Kehidupan dan Proses Syaikh Zakariya Al-Anshori dalam Menuntut Ilmu

Syaikh Zakariya Al-Anshory hidup dan tumbuh di desa Sukainah. Diusianya yang masih dini beliau belajar di maktab Sunaikah untuk menghafal al-qur’an dan beberapa kitab mukhtashor. Diusia tersebut Ayahnya wafat tanpa meninggalkan harta sedikitpun karena faqir. Beliaupun diasuh oleh Ibunya yang sholehah. Kemudian beliau diserahkan kepada seorang Syaikh yang sholeh untuk memenuhi kebutuhan- kebutuhan beliau, baik pakaian, ataupun makanannya. Menerut Al-Ghuzzi, Syaikh tersebut bernama Robi’ bin Syaikh Al-Mushtholim Abdullah As-Sullami As-Syambari. Akhirnya beliaupun dapat mengkhtamkan al-qu’annya, dan kitab ‘umdatul ahkam, serta kitab- kitab mukhtashor lainnya.
Pada tahun 841 H, beliau pergi ke kota Kairo dan belajar di Al-Azhar. Beliau mendapati kesusahan dan kefakiran dimasa-masa tersebut. Dari Syekh Zakariya sendiri, beliau bercerita, selama ada di al-Azhar, aku sering kelaparan karena tidak punya uang untuk membeli makanan. Akhirnya, aku keluar mencari kulit semangka lalu dicuci dan dimakan. Pada suatu hari, ada seorang waliyullah tinggal bersamaku. Dia bekerja sebagai tukang tumbuk dai sebuah perusahaan tepung. Ia membeli semua yang aku butuhkan, pakaian, makanan, kitab dan lainnya. Ia berkata padaku, “Wahai Zakariya, kau jangan khawatir tentang diriku”. Hal ini terus ia lakukan sampai beberapa tahun.
Pada suatu malam, di saat manusia sedang terlelap tidur, dia mengajakku keluar dan menyuruhku menaiki menara masjid jami’ sampai kepuncaknya, akupun menuruti perintahnya. Setelah sampai di puncaknya, aku turun lalu ia berkata, “ Engkau akan hidup sampai teman-temanmu meninggal. Engkau mempunyai derajat tinggi yang dapat mengalahkan mereka dan kau akan menjadi hakim tertinggi dalam waktu yang agak lama. Santri-santrimu akan menjadi pemimpin-pemimpin Islam dan akhirnya kau akan buta”, “Aku akan buta?” tanyaku terkejut. “kau akan buta,” jawab sang wali. “Sejak peristiwa itu, lelaki yang sangat berjasa kepadaku itu pergi entah kemana dan tidak pernah menemuiku lagi.” Beliau dapat menghafalkan kitab mukhtashor At-Tabrizy, Al-Minhaj, Alfiyah Ibnu Malik, As-Syatibiyyah, Ar-Ro’iyah dan sebagian dari kitab Al-Minhaj al-Ashly, Alfiyah Hadits, At-Tashil.
Kemudian beliau kembali ke daerah asalnya dan menetap disana beberapa saat. Setelah itu beliau kembali lagi ke Kairo unuk yang kedua kalinya untuk menuntut ilmu.
Beliau belajar qiro’at dari An-Nur Al-Balbisy, Imam Masjid Al-Azhar, Az-Zain Ar-Ridhwan, As-Syihab Al-Qoloily As-Sakandary, Az- Zain bin ‘Ayasy dan yang lainnya.
Beliau belajar fikih dari Ali Al-Qoyaty, Al-Balqiny, Sarofuddin As-Subky, Sarofuddin Al-Munawy dan yang lainnya.
Beliau mengambil hadits dari Ibnu Hajar Al-‘Asqolany, Az-Zain Ar-Ridhwan, dan Al-Qoyaty.
Beliau belajar Usul Fikih dan Al-Mantiq dibawah bimbingan Al-Qoyaty, Al-Kafijy, Ibnu Al-Hamam dan lainnya.
Beliau belajar Usuluddin dari ‘Izzuddin Abdussalam Al-Baghdady, As-Syarwany, Muhammad bin Muhammad bin Mahmud yang dikenal dengan Al-Bukhory dan yang lainnya.
Beliau belajar ilmu Nahwu, Shorof dan Balaghoh dari ‘Izzuddin, As-Syarwany, Muhammad Al-Kailany, Al-Kafijy, dan Ibnu Hajar Al-‘Asqolany.
Beliau belajar Tashowwuf pada Abu ‘Abdillah Al-Ghomry, As-Syihab Ahmad Al-Adkawy, dan Muhammad Al-Fawwy.
Beliau belajar ilmu Al-Hai’at, Arsitektur, Miqot, Faro’id, Matematika, Al-Jabar, dan yang lain sebagainya dari As-Syihab Ibnu Al-Majdy.
Beliau belajar ilmu kedokteran dari As-Syarof bin Al-Khosab.‎

Pada tahun 850 H, beliau meninggalkan Mesir menuju ke Hijaz untuk menunaikan Ibadah Haji. Disana beliau bertemu dengan beberapa Ulama dan belajar kepada mereka, khususnya ilmu hadits, dimana beliau mendapatkan ijazah dengan sanad yang ‘aly dan langka. Diantara Ulama yang mengijazahi beliau adalah As-Syarof Abul Fath Al-Maroghy. Beliau juga bertemu dengan Ibnu Fahd dan dua Qodi, Abul Yaman An-Nuwairy dan Abu As-Sa’adat Ibnu Dzohiroh.‎

Syaikh Zakariya Al-Anshory belajar dari banyak Ulama, tidak sedikit juga ulama yang mengijazahkan kepada beliau. Disebutkan di buku ijazah beliau jumlahnya lebih dari 117 (seratus tujuh belas), menurut Al-Ghuzzy, lebih dari 150 (seratus lima puluh).

Ilmu beliau terus bertambah, sehingga beliau mendapatkan kedudukan yang sangat tinggi di masanya. Banyak Ulama yang memberi izin kepada beliau untuk mengajar dan berfatwa, diantaranya Ibnu Hajar Al-Asqolany. Beliau sibuk mengajar, memimpin banyak jabatan di beberapa madrasah, dan mengarang kitab. Beliau memimpin jabatan qodhi agung dalam masa yang cukup lama kurang lebih 20 tahun.   Allah memberikan umur panjang kepada beliau. Beliau masih tetap mengajar dan mengarang kitab dengan dibantu para murid-muridnya sampai akhirnya beliau wafat pada tahun 926 H.
Guru- guru Pembimbing Syaikh Zakariya Al-Anshori
Guru Syaikh Zakariya Al-Anshory sangat banyak sekali sehingga tidak memungkinkan untuk menyebutkan semuanya, apalagi mengetahui biografinya dengan detail. Untuk itu disini akan disebutkan diantara guru-guru beliau yang masyhur saja. Dantaranya adalah:
1.   Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqolany
2.   Al-Imam Jalaluddin Al-Mahally
3.   Al-Qoyaty
4.   Az-Zain Ar-Ridhwan
5.   Al-Kamal bin Al-Hamam
6.   Alam Al-Balqiny
7.    Syarof Al-Munawy
8.   Al-Kafijy
9.   Zainab As-Syubaky
Murid-murid Syaikh Zakariya Al-Anshori

Syaikh Zakariya al-Anshory mumpuni dalam segala bidang. Tidak sedikit dari para pencari ilmu datang ke beliau untuk menuntut ilmu. Mereka datang dari Hijaz Syam dan lain sebagainya. Selain mempunyai guru yang sangat banyak, beliau juga mempunyai murid yang sangat banyak. Diantara murid beliau adalah:
1.   Syihabuddib Ar-Romly
2.   Syihabuddin Umairoh Al-Barlasy
3.   Nashiruddin At-Thoblawy
4.   As-Sya’rony
5.   Ibnu Hajar Al-Haitamy
6.   Al-Khotib As-Syarbiny‎

Pangkat dan Jabatan Syaikh Zakariya Al-Anshori

Syaikh Zakariya Al-Anshory hidup pada masa pemerintahan Al-Mamalik. Selain beliau mumpuni dalam berbagai bidang ilmu, beliau juga berumur panjang. Semasa hidupnya, beliau menduduki banyak pangakat dan jabatan. Adapun pangkat atau jabatan yang beliau duduki selama hidupnya adalah:
1.   Menjadi Syaikh atau pemimpin tashowwuf di masjid Al-‘Alam bin Al-Ji’an.
2.   Menjadi syaikh atau pemimpin tashowwuf di masjid At-Thowasyi.
3.   Menjadi guru pembantu (Asisten Dosen) di Al-Azhar pada masa-masa awal belajarnya.
4.   Menjadi staf pengajar di Turbah Ad-Dzahir Abu Sa’id Khosyqodam, seorang sultan pada saat itu.
5.   Menjadi staf pengajar di Madrasah As-Sabiqiyyah, sebuah madrasah yang dikhususkan untuk ulama syafi’iyyah.
6.   Mengajar di Madrasah As-Sholahiyyah, setelah wafatnya Taqiyyuddin Al-Hushny.
7.   Menjadi Pengawas Badan Perwaqofan Al-Qorofah, dan Masjid Imam Syafi’I.
8.   Menjabat sebagai Qodhil Qudhot, Qodhi Agung dari tahun 886 H- 906 H. Sekitar 20 tahun beliau menduduki jabatan tersebut sampai beliau terkena musibah kebuta’an dan kemudian diturunkan.  Menurut riwayat lain beliau dilengserkan dari jabatan sebab surat yang beliau kirimkan kepada sultan, menyatakan bahwa Ia dzolim.
Kefawatan Syaikh Zakariya Al-Anshori

Syaikh Zakariya Al-Anshory wafat pada bulan Dzul Hijjah tahun 926 H[30] dalam usianya yang lebih dari 102 tahun.Tahun tersebut bertepatan dengan tahun 1520 M.‎

Buah Karya Syaikh Zakariya Al-Anshory

1.   Ihkamuddalalah ‘Ala tahriri Syarh Al-Risalah, kitab syarh Al-Risalah Al-Qusyairiyyah. Sudah tercetak.
2.   Al-Adab, atau Ilmu Adab Al-Bahts
3.   Al-Adab fi Ta’rif Al-Arb
4.   Adab Al-Qhodhy (‘Ala Al-Madzhab Al-Syafi’I).
5.   Asna Al-Matholib fi Syarh Raudh Al-Tholib
6.   As’ilatun Haula Ayatin min Al-Qur’an.
7.   Al-Adhwa’ Al-Bahjah fi Ibrozi Daqo’iq Al-Munfarijah.
8.   I’rob Al-Qur’an.
9.   Al-I’lam bi Ahadits Al-Ahkam
10.               Al-I’lam wa Al-Ihtimam li Jam’I Fatawa Syaikh Al-Islam.
11.               Aqsho Al-Amany fi ‘Ilmi Al-badi’ wa Al-Bayan wa Al-Ma’any
12.               Bulugh Al-Arb bi Syarh Syudzur Al-Dzahab li Ibn Hisyam.
13.               Bahjah Al-Hawy, dalam fan ilmu fikih.
14.               Tahrir Tangqih Al-Lubab, dalam fan fikih.
15.               Tuhfah Al-Bary bi Syarh Shohih Al-Bukhory.
16.               Tuhfah Al-Roghibin fi Bayani Amri Al-Thwa’in.
17.               Tuhfah Al-Thullab bi Syarh Tahrir Tangqih Al-Lubab.
18.               Al-Tuhfah Al-‘Aliyyah fi Al-Khutob Al-Mimbariyyah.
19.               Tuhfah Nujaba Al-‘Ashri fi Ahkam Al-Nun As-Sakinah wa Al-Tanwin wa Al-Mad wa Al-Qoshri.
20.               Ta’rifat Al-Qodhy Zakariya Al-Anshory.
21.               Talkhis Al-Azhiyah fi Ahkam Al-‘Ad’iyah.
22.               Talkhis Taqrib Al-Nasyr, dalam fan ilmu qiro’at.
23.               Tsabat Syuyukh Al-Anshory.
24.               Hasyiah ‘Ala Al-Talwih li Al-Sa’d Al-Taftazany.
25.               Hasyiah ‘Ala Al-Hawasyi Al-Mufhimah fi Syarh Al-Muqoddimah. Yang dimaksud adalah Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah.
26.               Hasyiah ‘Ala Jam’I Al-Jawami’, dalam fan usul fikih.
27.                Khulashoh Al-Fawa’id Al-Muhammadiyah fi Syarh Al-Bahjah Al-Wirdiyah.
28.               Al-Duror Al-Saniyyah fi Syarh Al-Alfiyah. Yang dimaksud adalah Alfiyah Ibnu Malik, dalam fan ilmu nahwu.
29.               Al-Daqo’iq Al-Muhkamah fi Syarh Al-Muqoddimah.
30.               Diwanu syi’rihi, kumpulan syi’ir- syi’ir beliau.
31.               Risalah fi Isthilahat Al-Shufiyah.
32.               Al-Zubdah Al-Ro’iqoh fi Syarh Al-Burdah Al-Fa’iqoh.
33.               Syarh Al-Arba’in Al-Nawawiyyah.
34.               Syarh Isaghujy, dalam fan ilmu mantiq.
35.               Syarh Al-Syamsiyah, dalam fan mantiq juga.
36.               Syarh Shohih Muslim.
37.               Syarh Dhobithoh Al-Asykal Al-Arba’ah.
38.               Syarh Mukhtashor Al-‘Ain fi Al-Fath wa Al-Imalah baina Al-Lafdzoin.
39.               Syarh Mukhtashor Al-Muzany.
40.               Syarh Minhaj li Al-Baidhowy.
41.               Imad Al-Ridho bi Bayani Adab Al-Qodho.
42.               Ghoyah Al-Wushul ila Lubbi Al-Ushul.
43.               Al-Ghuror Al-Bahiyyah fi Syarh Al-Bahjah Al-Wirdiyah.
44.               Fath Al-Ilah Al-Majid bi Idhohi Syarh Al-‘Aqo’id.
45.               Fath Al-Baqy bi Syarh Alfiyah Al-‘Iroqy.
46.               Fath Al-Jalil bi Bayani Khofyi Anwar Al-Tanzil.
47.               Fathu Rob Al-Bariyyah bi Syarh Al-Qoshidah Al-Khozrojiyyah, dalam fan ilmu ‘Arudh.
48.               Fath Al-Rohman bi Syarh Luqothoh Al-‘Ajlaan.
49.               Fath Al-Rohman bi Syarh Risalah Al-Waliy Arsalan.
50.               Fath Al-Rohman bi Kasyfi ma Yaltabisu fi Al-Qur’an, dalam fan tafsir.
51.               Fath Al-‘Alam bi Syarh Ahadits Al-Ahkam.
52.               Fath Al-Mubdi’ fi Syarh Al-Muqni’.
53.               Fath Munazzil Al-Matsany bi Syarh Aqsho Al-Amany fi Al-Bayani wa Al-Badi’ wa Al-Ma’any.
54.               Fath Al-Wahhab bi Syarh Al-Adab.
55.               Fath Al-Wahhab bi Syarh Manhaj Al-Thullab.
56.               Fath Al-Wahhab bi Ma Yajibu Ta’allumuhu ‘Ala Dzawi Al-Albab, dalam fan ilmu kalam.
57.               Al-Fathah Al-Insiyyah li Gholqi Al-Tuhfah Al-Qudsiyyah.
58.               Al-Futuhat Al-Ilahiyyah fi Nafhi Arwah Al-Dzawat Al-Insaniyyah, dalam fan ilmu Tashowwuf.
59.               Lubul Ushul.
60.               Lawaqih Al-Afkar fi Syarh Thowali’ Al-Anwar, fan ilmu kalam.
61.               Al-Lu’lu’ Al-Nadzim fi Roum Al-Ta’allum wa At-Ta’lim.
62.               Mukhtashor Adab Al-Qodho li Al-Ghuzzy.
63.               Mukhtashor Badzl Al-Ma’un.
64.               Muqoddimah fi Al-Kalam ‘Ala Al-Basmalah wa Al-Hamdalah.
65.               Al-Maqshod li Talkhisi Ma fi Al-Mursyid, dalam fan ilmu qiro’at.
66.               Al-Manahij Al-Kafiyah fi Syarh As-Syafiyah, fan Tashowwuf.
67.               Manhaj At-Thullab.
68.               Manhaj Al-Wushul ila Takhrij Al-Fushul, fan ilmu mawarits.
69.               Manhaj Al-Wushul ila Ilmi Al-Fushul, fan ilmu mawarits.
70.               Nihayah Al-Hidayah fi Syarh Al-Kifayah, dalam fan ilmu warits.
71.               Nahj At-Tholib li Asyrof Al-Matholib.
72.               Hidayah Al-Mutanassik wa Kifayah Al-Mutamassik.

Wallohul Waliyyut Taufiq Ila Sabilul Huda‎

2 komentar:

  1. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA
    MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA
    DAN SAYA HIDUP BERSAMA SUAMI YANG SAKIT-SAKITAN DAN 3 BUAH
    HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK
    PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,
    SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG
    UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH
    CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..
    AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK
    PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK
    PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT
    PUTUS ASAH AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
    MEMBERIKAN NOMOR AKI KORO,,SAYA PIKIR TIDAK
    ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI
    MENGHUBUNGI KI KORO DAN AKHIRNYA AKI KORO MEMBERIKAN
    ANKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..
    KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN
    KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,
    DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI KORO SETIAP
    SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN
    BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN CALL | +6285222846347 <>HBG | 085222846347 SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GHOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN...INI KISAH NYATA DARI SAYA,terima kasih........!!!
    KUNJUNGI BLOG AKI KORO SILAKAN

    KLIK RAMALAN TOGEL 4D 5D 6D

    TERSEDIA: +6285222846347
    JUAL TUYUL PESUGIHAN
    PESUGIHAN UANG GAIB
























    SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA
    MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA
    DAN SAYA HIDUP BERSAMA SUAMI YANG SAKIT-SAKITAN DAN 3 BUAH
    HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK
    PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,
    SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG
    UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH
    CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..
    AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK
    PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK
    PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT
    PUTUS ASAH AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
    MEMBERIKAN NOMOR AKI KORO,,SAYA PIKIR TIDAK
    ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI
    MENGHUBUNGI KI KORO DAN AKHIRNYA AKI KORO MEMBERIKAN
    ANKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..
    KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN
    KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,
    DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI KORO SETIAP
    SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN
    BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN CALL | +6285222846347 <>HBG | 085222846347 SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GHOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN...INI KISAH NYATA DARI SAYA,terima kasih........!!!
    KUNJUNGI BLOG AKI KORO SILAKAN

    KLIK RAMALAN TOGEL 4D 5D 6D

    TERSEDIA: +6285222846347
    JUAL TUYUL PESUGIHAN
    PESUGIHAN UANG GAIB

    BalasHapus