Translate

Selasa, 07 Maret 2017

Buah Kluwih Untuk Obat Diabetes

Kluwih terkadang ditulis Keluwih (Ingg: seeded breadfruit, breadnut) adalah nama sejenis pohon tanaman keras yang buahnya memiliki kulit keras dan berduri. Buah kluwih mirip dengan buah sukun te‎tapi buah ini memiliki biji dan kulitnya berduri lebih menonjol. Kluwih memiliki nama lokal dalam Bahasa sunda kulur atau timbul..

Pohon kluwih memiliki Morfologi Tanaman sebagai berikut :

Akar Keluwih
Akar tanaman keluwih akarnya adalah akar tunggang, berkayu, berbentuk bulat, berwarna cokelat kehitam-hitaman. Kulit relatif mudah terkelupas, beraroma spesifik, dan mudah mengeluarkan getah. Akar keluwih yang berasal dari perbanyakan generatif maupun vegetatif membentuk suatu forma perakaran yang kuat menebus dan melekat pada tanah. Oleh karena itu, tanaman keluwih mampu tumbuh ditempat yang kurang ideal, antara lain ditebing-tebing dan sungai.

2. Pohon dan Cabang

Tanaman keluwih berkayu dengan warna kulit hijauke abu-abuan, kulit bertekstur tidak keras dan tidak beraroma spesifik. Tinggi tanaman dapat mencapai 10-20 m. lebar tajuk pohon lebih dari 5 meter. Tanaman keluwih pada umumnya telah membentuk percabangan sejak ketinggian 2 m dari atas tanah. Dahan tumbuh sehingga habitusnya tampak ramping. Pohon keluwih tahan pangkas dan mudah membentuk tunas baru. Bentuknya hamper mirip dengan pohon sukun.

3. Daun

Pada ujung cabang dan ranting tanaman tumbuh tunas pucuk sepanjang 10-20 cm. pucuk tersebut tertutup oleh selaput contong atau seludang. Setelah tunas pucuk mekar, akan muncul daun muda, yang kemudian tumbuh mencapai ukuran maksimal. Daun-daun keluwih terletak pada cabang atau ranting dengan teratur secara spiral, berjarak antara 2-10 cm. tangkai daun ranting dengan panjang antara 3-5 cm. daun tebal seperti belulang, kaku, berwarna hijau tua, mengkilat di bagian atasnya dan berwarna hijau pucat serta kasar karena berbulu di bagian bawahnya. Bulu daun keluwih berwarna putih, terletak di atas dan bawah daun tulang daun. Ukuran daun bermacam-macam berkisar antara (30-60) cm x (20-40) cm, memiliki 7-9 lekuk dalam dengan ujung yang menyempit. Pangkal daun utuh, dengan tulang daun menonjol

4. Bunga

Bunga tanaman keluwih brumah satu.tandan bunga jantan dan bunga betina masing-masing terletak pada ketiak daun, bunga jantan menyerupai busa, panjang mencapai 25 cm atau lebih, berwarna kuning, mirip ekor kucing, terkulai ke bawah. Tandan bunga jantan tersebut terdiri atas kumpulan bunga kecil dengan stamen tunggal. Bunga betina berbentuk bulat atau bulat telur, berukuran (8-10) cm x (5-) cm, berwarna hijua. Bunga betina terletak tegak kaku, pada tangkai tebal, yang memiliki panjang antara 4-8 cm. Bunga betina terdiri dari kumpulan bunga kecil yang terletak pada dasar bunga dengn kelopak berbentuk tabung. Bunga keluwih menyerbuk silang.

5. Buah dan Biji

Buah keluwih merupakan buah majemuk, berbentuk tandan, dengan garis tengah antara 10-20 cm, berduri pendek, dan berwarna hijau. Di dalam buah terdapat biji berbentuk ginjal, panjang 3-5 cm, berwarna cokelat kehitaman, baik buah dan bijinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayur.
Bunga serta daun kluwih sendiri memiliki beberapa senyawa anti-oksidan yakni saponin, polifenol, tanin serta flavonoid. Bunga kluwih biasanya digunakan sebagai obat sakit gigi. Bunga kluwih yang jantan dibakar sampai jadi arang lalu remukan arangnya di buat olesan pada gigi yang sakit. Extract daun kluwing sendiri dapat menurunkan gula darah.

Kandungan Zat dalam Tanaman Keluwih

Adapun kandungan zat yang terdapat dalam tanaman keluwih adalah:

1. Polifenol

Memiliki sifat antioksidan lebih baik dibandingkan vitamin-vitamin dan menjadi obyek yang menarik perhatian para ahli nutrisi , epidemiologi, perusahaan agraria dan konsumen pada dekade terakhir. Keuntungan utama polifenol adalah efek melindungi terhadap berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Polifenol membantu melawan pembentukan radikal bebas dalam tubuh dan karenanya memperlambat penuaan sel.

2. Saponin

Suatu glikosida yang mungkin ada pada banyak macam tanaman. Saponin ada pada seluruh tanaman dengan konsentrasi tinggi pada bagian-bagian tertentu, dan dipengaruhi oleh varietas tanaman dan tahap pertumbuhan. Fungsi dalam tumbuh-tumbuhan tidak diketahui, mungkin sebagai bentuk penyimpanan karbohidrat, atau merupakanwaste product dari metabolisme tumbuh-tumbuhan. Kemungkinan lain adalah sebagai pelindung terhadap serangan serangga. Sifat-sifat Saponin adalah:

1) Mempunyai rasa pahit

2) Dalam larutan air membentuk busa yang stabil

3) Menghemolisa eritrosit

4) Merupakan racun kuat untuk ikan dan amfibi

5) Membentuk persenyawaan dengan kolesterol dan hidroksisteroid lainnya

6) Sulit untuk dimurnikan dan diidentifikasi

7) Berat molekul relatif tinggi, dan analisis hanya menghasilkan formula empiris yang mendekati.

Flavonoida
Antioksidan alami terdapat dalam bagian daun, buah, akar, batang dan biji dari tumbuh-tumbuhan obat. Bagian tersebut umumnya mengandung senyawa fenol dan polifenol. Polifenol dan turunannya telah lama dikenal memiliki aktivitas antibakteri, antimelanogenesis, antioksidan dan antimutagen.

Senyawa-senyawa flavanoid yang umumnya bersifat antioksidan dan banyak yang telah digunakan sebagai salah satu komponen bahan baku obat-obatan. Senyawa-senyawa flavonoid dan turunannya dari tanaman nangka-nangkaan memiliki fungsi fisiologi tertentu. Ada dua kategori fungsi fisiologi senyawa flavonoid tanaman nangka-nangkaan berdasarkan sebarannya di Indonesia. Tanaman nangka-nangkaan yang tumbuh di Indonesia bagian barat, produksi senyawa flavanoid diduga berfungsi sebagai bahan kimia untuk mengatasi serangan penyakit (sebagai antimikroba atau antibakteri) bagi tanaman. Sedangkan yang tumbuh di Indonesia bagian timur, produksi senyawa flavanoid berfungsi sebagai alat pertahanan (antivirus). Dengan menggunakan pendekatan fungsi fisiologi ini, uji biologi artoindonesianin dan kerabatnya dilakukan.‎
Kandungan gizi kluwih muda bahkan juga lebih tinggi digbanding dengan nangka muda. Tersebut nilai gizi kluwih muda per 100 g. kandungan kalori 111 kal, protein 1, 5 g, lemak 0, 3g, karbohidrat 27, 2 g kalsium 28 mg, besi 32 mg, fosfor 0, 9 mg, Vit A 20 Si, Vit B 0, 10 mg serta Vit C 19 mg.

Sedang pada biji kluwih yang sudah tua tak diragukan lagi. Semestinya bila biji kluwih di proses dengan sistem modern dapat jadi alternative pangan nasional. Biji kluwih memiliki kandungan gizi yang setara dengan gandum tetapi saying saat ini kitai temui pohonya juga jarang. Bila anda bertanya adakah kluwih di pasar sayur anda kemungkinan besar akan mendapat jawaban “ tak ada“ Demikianlah kita bila mau jujur kurang pintar memanfaatkan sumber daya yang melimpah di sekitar kita.

Berikut saya paparkan kandungan yang dimiliki biji kluwih supaya anda tergugah serta dapat mengangkat pohon yang telah sulit di cari ini jadi primadona. 
Biji kluwih per 100 g mengandung 247 kal, kandungan air 67 persen, karbohidrat 52 g, lemak 5, 9 g, protein 9. 8 g, serat 2 g, abu 2, 3 g, vit A 26 Si, niasin 4, 4 mg, asam pantotenik 0, 9 mg, vit C 6, 6 mg, riboflavin 0, 3 mg, thiamin 0, 48 mg, kalsium 53 mg, tembaga 0, 75 mg, besi 6, 2 mg, magnesium 100 mg, mangan 0, 45 mg, fosfor 268 mg, potassium 1. 620 mg, sodium 2 mg serta zink 1, 3 mg. 
Nah sangat banyak kan? Belum lagi kandungan asam amino pada biji kluwih. Dari banyak nutrisi yang ada tentunya manfaat kluwih telah dapat ditebak. Mari kita kembalikan sumber daya yang satu ini, coba tanam di pekarangan anda kluwih serta berkreasilah dengan buah serta biji kluwih.
 
Berikut Manfaat Tanaman Kluwih Bagi Kesehatan Dan Kehidupan

Bunga jantan kluwih berkhasiat sebagai obat sakit gigi dan daunnya untuk obat sakit kulit.
Untuk obat sakit gigi dipakai 1 buah bunga jantan kluwih, dibakar sampai rnenjadi arang lalu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan dioleskan pada gusi gigi yang sakit.
Selain itu, di dalam buah kelawi juga terdapat kandungan antioksidan yang sangat penting untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Antioksidan juga akan membuat tubuh lebih sehat karena ia adalah alat yang baik untuk menangkal radikal bebas. Dengan antioksidan, kita akan terbebas dari kanker yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.
Di dalam buah kelawi juga terdapat kandungan serat yang sangat baik untuk tubuh. Serat ini akan membuat diet jadi lebih sukses, dan membuat kita terjauh dari ancaman kanker kolon yang mengerikan.
Biji kluwih belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan produk pangan ataupun nonpangan. Hal ini dikarenakan masih belum diketahuinya karakteristik kimia biji kluwih yaitu adanya kadar air, abu, protein, lemak, serat, karbohidrat,pati, fenol serta sifat fisikokimia dan fungsionalpati biji kluwih.
Biji dapat di jadikan bahan baku pembuatan tempe. berikut cara pembuatannya biji kluwih kemudian di kupas kulit bagian luarnya lalu di cuci hingga bersih. Kemudian biji direbus beberapa menit, jangan terlalu lunak. Setelah direbus, tiriskan dan kupas kulit bagian dalamnya. Potong-potong sesuai selera biji kluwih yang sudah dikupas kulit bagian dalamnya. Biji kluwih yang telah dipotong-potong lemudian diberi laru (ragi). Lalu biji kluwih tersebut dibungkus dalam kemasan daun pisang rapat-rapat dengan ukuran 3-4 sendok makan tiap kemasan. Calon tempe kluwih dalm suatu wadah tertutup selama dua malam satu hari (± 36) jam. Setelah (± 36) jam tempe biji kluwih siap dikeluarkan dari wadah tertutup dan siap diolah.‎

1 komentar:

  1. Rasa biji kluwih sangat gurih,tapi setelah makan 100 grm biji kluwih seharian buang gas/kentut g habis2 jadi nggak nyaman.

    BalasHapus