Translate

Rabu, 08 Maret 2017

Terong Belanda Buah Yang Sangat Besar Manfaatnya

Terung belanda atau terong belanda (Solanum betaceum) adalah jenis tanaman anggota keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941.Di Indonesia terung ini mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang Belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama terung belanda, padahal buah tersebut berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin.

Walaupun memiliki nama terong, namun demikian buah yang satu ini sama sekali tidak memiliki bentuk dan rasa yang sama seperti manfaat terong l‎ainnya yakni terong ungu maupun terong hijau. Namun demikian, sesuai namanya, buah ini disebUt terong belanda karena dibawa dan dikenalkan oleh orang belanda, sehingga masyarakat kala itu mengenal buah ini dengan istilah terong belanda hingga saat ini. Meskipun dikenalkan oleh orang Belanda, nyatanya, buah ini dibawa dari daratan Amazon di benua amerika yang jauh dari negeri belanda.

Karakteristik Terong Belanda

Terung belanda memiliki ciri-ciri bau seperti lembu kutub, panjang tangkai daunnya mencapai 7–10 cm.‎ Bunga terung belanda berada dalam rangkaian kecil di ketiak daun, dekat ujung cabang, berwarna merah jambu sampai biru muda, harum, berdiameter kira-kira 1 cm.‎

Ciri lain dari tanaman terung belanda juga dapat dilihat dari bagian-bagian bunga yang berbilangan lima, daun mahkota berbentuk genta, bercuping lima, benang sari 5 utas, berada di depan daun mahkota, kepala sari tersembunyi dalam runjung yang bertentangan dengan putik, bakal buah beruang dua, dengan banyak bakal biji, dan kepala putik yang kecil. Buah terung belanda berbentuk bulat telur sungsang atau bulat telur, berukuran 3–10 cm x 3–5 cm, meruncing ke dua ujungnya, bergelantungan, bertangkai panjang, daun kelopaknya tidak rontok. Kulit buah tipis, licin, berwarna lembayung kemerah-merahan, merah jingga sampai kekuning-kuningan, daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuning kuningan. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras.
Terong belanda memiliki bentuk seperti buah sawo, berukuran kecil dan biasanya berwarna merah keunguan. Salah satu ciri utama dari buah ini adalah dapat dikenali melalui baunya yang unik dan berbeda dengan buah lainnya. Selain itu terong belanda juga memiliki rasa yang asam, dan biasanya jarang dikonsumsi langsung. Lebih sering diolah menjadi jus ataupun campuran dari es dan sop buah.‎

Terong belanda sendiri, yang memiliki nama latin Solanum Betaceum memiliki banyak manfaat dan khasiat. Khasiat ini diperoleh dari hasil olahan terong belanda yang biasanya diolah menjadi jus buah terong belanda yang menyegarkan. 

Jika di Jawa Tengah khususnya di Wonosobo, buah ini dikenal dengan nama kemar, terung belanda dan sebagainya. Disana sudah banyak produk sari buah terong ini. Permintaan akan buah ini cukup besar terutama dari daerah Wonosobo karena hasil terong belanda dari daerah Wonosobo memiliki kualitas lebih baik dari daerah lain. Dengan rasa manis asam yang lebih dan juga memiliki kandungan yang lebih besar akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Memang sepintas buah ini bentuknya mirip cabai besar namun tidak pedas. Dan jika masih mentah rasa daging buah asam manis dengan isi hampir mirip seperti terong biasa. Berikut ini adalah manfaat terong belanda :

1. Dapat menyegarkan tubuh

Terong belanda memiliki rasa yang asam dan mungkin agak sedikit kecut. Rasa asam ini dapat membantu anda dalam menyegarkan tubuh, sehingga tubuh yang terasa lelah dan mengantuk dapat segar secara instant setelah mengkonsumsi jus buah terong belanda. Apalagi tengan tambahan es batu dan air dingin yang akan menambah kesegarannya.

2. Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh

Khasiat terong belanda sangat baik bagi daya tahan tubuh anda. hal ini disebabkan oleh kandunganmanfaat vitamin C yang terkandung di dalam buah terong belanda itu sendiri. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh. Dengan terjaganya daya tahan tubuh, maka tubuh akan :

Selalu merasa fit
Lebih sulit terserang penyakit
Tidak mudah merasa lelah
3. Mencegah munculnya kanker

Tak dapat dipungkiri, kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh kebanyakan orang karena kemampuannya untuk mengerogoti organ-organ tubuh yang diserang. Nah untuk menghindarkan diri anda dari kanker, maka anda dapat rutin mengkonsumsi jus terong belanda. Terong belanda mengandung zat lycopene (likopen) yang memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab munculnya sel kanker pada tubuh kita.

4. Memperbaiki sel DNA yang rusak

Salah satu manfaat lain yang dapat anda peroleh dari manfaat terong belanda ialah dapat memperbaiki sel-sel DNA yang rusak. Sel-sel DNA dapat diperbaiki dan dapat berfungsi dengan normal lagi dengan bantuan dari terong belanda.

5. Sebagai antioksidan

Selain lycopene yang dapat membantu menangkal radikal bebas, teong belanda juga memiliki kandungan manfaat antioksidan yang tinggi, dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Antioksidan, selain bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, juga sangat baik untuk :

Mencegah penuaan dini
Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh
Mencegah munculnya berbagai maca penyakit
6. Menjaga kesehatan mata

Manfaat berikutnya dari terong belanda ialah mampu menjaga kesehatan mata anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A yang ada pada buah terong belanda. Manfaat terong belanda memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, walaupun tidak setinggi pada manfaat wortel. Namun demikian kandungan vitamin A yang ada pada terong belanda dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A setiap harinya.Manfaat vitamin A sendiri adalah sebagai berikut :

Meningkatkan kualitas penglihatan mata
Mencegah terjadinya gangguan pada mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silindris
Mencegah katarak‎
Menjaga kesehatan mata
7. Menyembuhkan sariawan

Seperti beberapa jenis buah yang bersifat asam lainnya seperti manfaat jeruk dan manfaat apel, kandungan vitamin C yang ada pada terong belanda mampu membantu proses penyembuhan sariawan yang anda alami. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam khasiat terong belanda juga dapat mencegah munculnya sariawan pada rongga mulut.

8. Meredakan panas dalam

Ketika anda mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan terlalu panas, maka anda akan merasakan perih pada bagian tenggorokan. Hal inilah yang disebut dengan kondisi panas dalam. Ketika mengalami panas dalam, anda dapat meminum jus buah terong belanda untuk meredakan panas dalam yang anda alami agar tidak menyiksa anda terus menerus.
9. Menjaga dan melancarkan proses pencernaan

Proses pencernaan yang kurang lancar, seperti sembelit, diare dan gangguan pencernaan lainnya dapat teratasi dan berkurang gejalanya ketika anda mengkonsumsi jus buah terong belanda. Hal ini dikarenakan kandungan serat dari buah terong belanda yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mengurangi resko mengalami penyakit dan gangguan pada bagian pencernaan.

10. Mengobati penyakit maag

Bagi anda yang sering merasakan sakit maag di perut anda, maka jus terong belanda dapat menjadi pilihan yang bijak dalam meredakan sakit maag yang anda alami. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada manfaat terong belanda, sehingga dapat membantu mengurangi gejala sakit maag yang dialami serta mencegah kambuh kembali.

11. Mencegah anemia

Kandungan gizi penting lainnya yang ada pada buah terong belanda ialah kandungan zat besi. Dalam 100 gr buah terong belanda, terdapat kandungan zat besi sebanyak 0.4 – 0.9 mg.Manfaat zat besi ini memiliki peranan penting dalam mencegah anemia, alias kekurangan daraha, yang memiliki gejala seperti :

5L (letih, lesu, lemah, lunglai, lemas)
Tidak bersemangat dalam beraktivitas
Rentan terhadapa penyakit
Itulah beberapa manfaat dari terong belanda. ‎
Jika kita lihat beberapa manfaat penting di atas maka dapat kita ketahui jika Terong Belanda ini sangat baik untuk kesehatan. Tidak sedikit di Indonesia sudah mulai berdiri berbagai industri baik kecil hingga industri besar yang mulai memproduksi terong belanda ini. Permintaan ekspor dari produk terong belanda ini juga cukup besar hal ini dikarenakan manfaat yang dikandung dari buah tersebut sangat baik. Sehingga tak sedikit orang luar negeri banyak yang membutuhkan produk terong belanda ini.‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar