Translate

Rabu, 15 Maret 2017

Manfaat Simbar Menjangan

Tanaman Tanduk Rusa yang memiliki nama latin Paltycerium bifurcatum merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis paku pakuan yang memiliki bentuk yang unik dan juga menarik. Memang tak heran kerna bentuknya yang unik tanaman Tanduk Rusa sering ditemukan dan dipelihara oleh banyak orang di halaman atau pekarangan mereka sebagai tanaman hias karena memang memiliki pesona dari daunnya yang terjuntai dengan indah. Sesuai dengan nama yang disematkan padanya tanaman Tanduk Rusa memang sekilat mirip dengan tanduk hewan rusa. Orang orang di daerah jawa biasa menyebut tanaman Tanduk Rusa ini juga dengan sebutan simbar menjangan. Pada dasarnya tanaman Tanduk Rusa sendiri merupakan tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pook penumpu berupa akar dan rimpang batang berbentunk bunga kol berwarna coklat dan memiliki juntaian daun berwarna hijau. Ternyata tanaman Tanduk Rusa ini telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita.

Paku tanduk rusa adalah sekelompok (sekitar 18 jenis) tumbuhan paku epifit yang semuanya tergabung dalam marga Platycerium'. Tumbuhan ini memiliki penampilan yang khas karena memiliki dua tipe ental dengan fungsi dan bentuk yang jelas berbeda, dengan salah satu tipe entalnya bercabang-cabang berbentuk seperti tanduk rusa. Paku yang juga dikenal sebagai simbar menjangan ini dapat dijumpai tumbuh liar di berbagai penjuru daerah tropika dan subtropika dunia.

Tanduk rusa adalah nama tanaman sejenis paku-pakuan. Jadi tanduk rusa disini bukan nama tanduk dari hewan rusa sejenis menjangan ya.. tapi merupakan nama dari tumbuhan obat yang punya banyak manfaat dan khasiat.

Ciri-ciri Tanaman Tanduk Rusa

Tanduk rusa mempunyai nama lain atau sebutan yang berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Selain disebut dengan daun tanduk rusa, disebut juga dengan nama simbar agung (Indonesia). Kemudian di daerah Jawa dan Bali disebut juga dengan nama simbar menjangan dan paku uncal untuk sebutan tanaman ini di daerah Sunda.

Tanaman tanduk rusa banyak ditemukan dan sering dipelihara sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang menjuntai panjang dan terlihat indah. Tanduk rusa hidup dengan cara menempel pada tanaman induk. Walau hidupnya menempel pada tanaman lain, namun tanduk rusa ini memiliki sifat epifit, yaitu tidak merugikan tanaman inangnya.

Tanaman ini memiliki ciri-ciri permukaan daunnya mirip kulit rusa yaitu kasar, daun tanduk rusa menjuntai ke bawah bercabang-cabang menyerupai tanduk binatang rusa yang terbalik. Pada dasarnya tanduk rusa merupakan tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pokok penumpu berupa akar dan rimpang batang membentuk bungkah kool berwarna coklat dan jutaian helaian daun berwarna hijau. Tempat hidup yang disukai oleh tanduk rusa adalah tempat yang tidak langsung memperoleh sinar matahari. Untuk cara pengembangbiakan tanduk rusa bisa dilakukan dengan cara spora atau dengan memindahkan akar rimpangnya.

Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias yang biasa dipelihara orang di pekarangan rumah, ditempel di pohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada taman. Beberapa jenisnya menghasilkan anakan yang dapat dipisahkan dari induknya secara hati-hati dan ditempelkan pada tempat lain.
Selain itu Daun berkhasiat sebagai obat gondok, obat tetes telinga dan obat kudis.‎
Kandungan Nutrisi
saponin,flavonoida dan polifenol

Manfaat Medis dan cara pembuatan
Selamat Tinggal Kanker ovarium (obat dasyat)

ambil setangkai simbar menangan bersihkan daun dengan cara disikat kemudian di cuci (tak perlu menggunakan sabun)keringkan sampai kering sekali potong kecil-kecil(bentuk akhir menyerupai daun teh pada umumnya lalu seduh dengan segelas air panas ukuran sedang 250ml biarkan hingga dingin lalu minum satu kali pengambilan bisa untuk dua kali minum  

Menyuburkan Kandungan 
1/4 lembar daun simbar menjangan dan kunyit sebesar ibu jari ditumbuk halus di beri air matang 1/2 cangkir di peras dan di saring tambahkan asam kawak dan gula jawa secukupnya lalu minum ramuan sehari sekali 

RESEP OBAT TRADISIONAL MENGGUNAKAN PAKU TANDUK RUSA

Berikut adalah beberapa resep obat tradisional menggunakan tanaman paku tanduk rusa (simbar menjangan)
Menyuburkan kandungan.‎
1/4 lembar daun simbar menjangan dan kunyit sebesar ibu jari , ditumbuk halus.
Diberi air matang 1/2 cangkir diperas dan disaring, Tambahkan asam kawak dan gulu jawa secukupnya lalu diminum.
Gondok / kelenjar ludah / bengkak
3 lembar daun simbar menjangan ditumbuk halus, diberi sedikit air dan garam.‎
Untuk mengolesi, atau dioleskan disekeliling gondoknya.
Demam pada wanita setelah melahirkan.
Selembar daun simbar menjangan ditumbuk diberi garam sedikit dan air 1 cangkir, kemudian disaring dan Diminum sehari 2x.
Haid tidak teratur.
Daun simbar menjangan 2 lembar ditumbuh halus, diberi garam sedikit dan air 1 cangkir.
Kemudian disaring dan diminum.‎

1 komentar: