Translate

Senin, 06 Maret 2017

Kluwek Buah Beracun Yang Bermanfaat

Pucung atau sering disebut juga Kepayang, kluwek, keluwek, keluak, adalah tumbuan suku dari Achariaceae, (dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae). Di berbagai daerah sering terjadi perbedaan nama. Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu pula sebagian orang Jawa Tengah) dan di Toraja disebut pamarrasan, pohon lunglai atau kalawak dalam Banjar. Orang Eropa menyebut tanaman ini dengan Durian, False Durian, Football fruit, Raual. Dalam istilah latin tanaman ini memiliki nama Pangium Edule. Orang Eropa menyebut kluwek dengan sebutan durian atau false durian lantaran baunya yang menyengat sehingga mereka salah mengartikan kluwek sebagai durian. Bau yang menyengat ini dihasilkan oleh hydrocyanic acid yang terkandung dalam buahnya. Disebut Football Fruit karena buah tanaman ini berbentuk seperti bola rugby atau american football.

Pohon pucung, kepayang atau kluwek mempunyai batang lurus yang tingginya bisa mencapai 60 meter dengan diameter batang mencapai 120 cm. Percabangannya tidak terlalu rapat. Daunnya berbentuk jantung, dengan lebar 15 cm. dan panjang 20 cm. berwarna hijau gelap dan mengkilap di bagian atas, sementara bagian bawahnya agak keputihan dan sedikit berbulu.

Tanaman ini tumbuh di hutan hujan tropika basah dan merupakan tanaman asli yang tumbuh mulai dari Asia Tenggara hingga Pasifik Barat, termasuk di Indonesia. Pucung atau Kepayang bisa mampu tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.500 m dpl.

Pohon kluwek memiliki batang lurus dengan tinggi 60 meter dengan lebar pohon 120 cm. Daunnya memiliki bentuk yang lonjong dengan lebar 15 cm dan memiliki panjang 20 cm. Daunnya berwarna hijau gelap mengilap di bagian atasnya dan berwarna agak keputihan dan berbulu di bagian bawahnya. Bunganya berada di pucuk ranting dan berwarna putih kehijauan seperti bunga pepaya. Bentuk buahnya lonjong dengan bagian ujung dan pangkal meruncing, berwarna kecokelatan dengan permukaan berbulu. Ukuran buahnya kurang lebih panjang 30 cm dengan lebar 20 cm. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur lunak. Bijinya bertempurung cokelat kehitaman berbentuk asimetris dengan ukuran 3-4 cm. Itulah bentuk fisik dari tanaman kluwek. Lalu apa saja kandungan yang dimilikinya? Tanaman kluwek memiliki banyak kandungan, diantaranya :

Asam sianida konsentrasi tinggi. Inilah mengapa muncul istilah mabuk kepayang. Karena tanaman ini mengandung asam sianida konsentrasi tinggi yang memabukan. Maka dari itu sebelum dimanfaatkan biasanya direndam dulu selama 10-14 hari untuk menghilangkan racun ini.
Ion besi
Vitamin C
Betakaroten
Asam Hidnokarpat
Asam khaulmograt
Asam glorat
Tanin

Itulah beberapa kandungan yang berada dalam kluwek. Walaupun kluwek memabukkan karena mengandung asam sianida, ternyata banyak juga kandungan lainnya dari kluwek yang bermanfaat. Maka dari itu dengan menghilangkan asam sianida yang terkandung maka kita bisa mendapatkan manfaat dari kluwek. 

Apa saja manfaat kluwek? Berikut akan dijabarkan beberapa manfaat kluwek. Manfaat kluwek antara lain :‎
 
Kayunya digunakan untuk batang korek api. Bukan hanya buah dan biji kluwek yang bisa dimanfaatkan, ternyata batangnya pun digunakan untuk membuat batang korek api. Batang kluwek dirasa cocok untuk dijadikan batang korek api, sehingga banyak batang pohon kluwek digunakan sebagai batang korek api.
Daunnya sebagai obat cacing. Ternyata daun pohon kluwak bisa digunakan sebagai obat cacing. Jadi anda tidak perlu repot lagi mencari obat cacing, cukup gunakan daun pohon kluwek untuk mengobati cacingan.
Bijinya dimanfaatkan sebagai antiseptik. Biji kluwek bisa digunakan sebagai antiseptik alami, jadi anda bisa menggunakannya jika anda tidak suka menggunakan antiseptik yang kimiawi.
Bijinya jika dihaluskan, dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada rambut. Bagi anda yang bermasalah dengan kutu, maka manfaatkan kluwek sebagai obat pengusir kutu.
Dapat dijadikan minyak sebagai pengganti minyak kelapa. Ternyata kluwek mampu dimanfaatkan sebagai pengganti minyak kelapa. Jadi jika di tempat anda terdapat kluwek, maka manfaatkanlah sebagai pengganti minyak.
Berkhasiat sebagai desinfektan
Tanaman kluwek bermanfaat untuk membersihkan koreng pada kulit. Anda bermasalah dengan koreng? Manfaatkanlah tanaman kluwek sebagai pembersih koreng pada kulit anda.
Mengobati rematik
Berguna untuk penyakit kulit (gatal – gatal)
Mengobati sakit kudis
Sebagai obat tidur
Digunakan untuk memperlancar haid
Digunakan untuk mengatasi lepra
Dapat digunakan sebagai bumbu masakan yang nikmat rasanya. Masakan seperti rawon, sayur bronkos, dan sup konro merupakan contoh masakan lezat yang memanfaatkan kluwek sebagai bumbunya. Jadi kluwek selain membawa manfaat untuk kesehatan, kluwek juga untuk memberi kenikmatan.
Mengatasi kolesterol tinggi.
Dapat dijadikan bahan pengawet ikan karena mengandung tannin. Bagaimana caranya? Setiap 50 kg ikan, sediakanlah biji kluwek yang sudah dicacah dan dicampur garam. Ukuran campuran garam dan kluwek adalah 1 kg banding 1 kg. dicampurkan dan lumuri ikan dengan ramuan tersebut lalu masukkan ke dalam ember plastik dan tutup rapat. Ramuan ini akan mampu mengawetkan ikan selama 6 hari. Dan untuk membuat racun sianidanya cukup buka ember selama 5 menit setiap harinya untuk mengeluarkan uap sianida.‎

Itulah beberapa manfaat dari kluwek. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita petik dari tanaman yang memabukkan satu ini. Ya walaupun beracun, namun jika kita menghilangkan racun, kita bisa mendapat banyak manfaat dari tanaman ini. Mulai dari kesehatan, kebersihan, kenikmatan dan bahan pengawet alami. Jadi tunggu apalagi, manfaatkanlah kluwek. Demikian tulisan mengenai manfaat kluwek, semoga bermanfaat dan terima kasih.‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar