Translate

Kamis, 09 Maret 2017

Daun Dandang Gula Buat Penyakit Gula

Daun dandang gendis bagi orang Jawa mungkin sudah tidak asing lagi karena sangat banyak ditemui di pekarangan. Dan tanaman ini lebih bersifat seperti tanaman pagar yang cukup mudah dijumpai di desa-desa. Dilihat dari namanya gendis yang berarti gula atau rasa manis, justru sangat ampuh untuk mengobati penyakit seperti gula darah.

Nama ilmiahnya Clinacanthus nutans Lindau  sinonim  C. burmani Nees, Beloperone futgina Hassk. Tanaman itu merupakan tumbuhan perdu tahunan. Tingginya bias 2,5 meter. Berakar tunggang berwarna putih kotor. Daunnya lanset, tunggal berhadapan, ujungnya runcing, pangkal membulat, pinggiran atau tepi bergerigi atau berlekuk lekuk seperti mata gergaji. Panjang daun 8 – 12 cm dan lebarnya 4 – 6 cm. Tulang daun menyirip warnanya hijau. Batangnya berkayu lunak, tegak, silindris, beruas, berwarna hijau. Tanaman tumbuhnya cenderung meninggi. Sampai ketinggian tertentu lebih dari semeter belum menampakkan bunganya.

Tapi selain untuk mengobati gula darah yang terlalu tinggi juga bisa dijadikan obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit lainnya. Hal ini dikarenakan kandngan yang ada di dalamnya memang memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Dan setidaknya mampu mencegah timbulnya penyakit. Dan berikut ini beberapa kandungan yang dimiliki daun tersebut.

Kandungan daun dandang gendis ;

Minyak atsiri
Saponin
Alkaloid
Flavonoid
Dan senyawa aktif lainnya

Untuk mengolah daun dan gendis agar bisa dijadikan sebagai obat herbal juga seperti daun-daun lainnya, seperti daun ceri, daun salam, daun insulin, dan lain-lain. Yang mana dari daun-daun tersebut memang terbukti sangat mujarab untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Cara membuat obat herbal dari daun dandang gendis ;

Pilihlah daun dandan gendis pada bagian ujung dahannya terutama yang masih segar dan masih muda
Ambil beberapa lembar daun untuk sekali minum setidaknya 7 hingga 10 lembar daun
Kemudian cuci hingga bersih daun tersebut
Lalu siapkan 3 hingga 5 gelas air putih dan masukan ke dalam panci pemanas
Kemudian masukan juga daun yang sudah kamu bersihkan
Rebuslah air dan juga daunnya hingga benar-benar mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas air saja
Jika sudah maka tuangkan air rebusan ke dalam gelas
Kamu bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya sesuai dengan selera dan juga tepat untuk mengobati penyakit yang kamu derita
Setidaknya minum sekali sehari untuk mencegah serta mengobati penyakit

Dalam mengkonsumsi daun dandan gendis bisa sekali dalam sehari atau bisa juga kamu konsultasi terlebih dahulu dengan pakar herbal agar mendapatkan petunjuk yang tepat. Meskipun daun ini sangat minim akan efek sampingnya akan tetapi bagi yang belum pernah meminum obat herbal biasa akan terasa mual.

Dan berikut ini ada beberapa penyakit yang bisa diobati menggunakan ramuan dari daun dandan gendis. Jadi sebaiknya mengikuti aturan konsumsinya atau setidaknya sekali saja dalam sehari untuk proses penyembuhan penyakit.

1. Mengobati diabetes

Kandungan yang ada di dalam daun dandang gendis akan menekan tingginya kadar gula darah. Dan akan membantu produksi insulin alami di dalam tubuh. Konsumsilah ekstrak dari daun tersebut setidaknya sekali hingga dua kali dalam sehari agar kadar gula darah kamu semakin normal.

2. Melancarkan pencernaan

Jika kamu mengalami kesulitan BAB dan terasa seperti sembelit, sebaiknya mengkonsumsi air rebusan daun dandang gendis. Manfaat dari daun ini akan membantu memperlancar BAB, dan kamu bisa meminumnya di malam hari ketika menjelang tidur, agar paginya menjadi siklus rutin BAB.

3. Melancarkan buang air kecil

Cukup banyak penyebabnya untuk masalah seperti kesusahan buang air kecil, misalnya seperti gangguan ginjal atau adanya gangguan pada kandung kemih. Dengan meminum secara teratur air rebusan dari daun dandang gendis maka akan membantu memperlancar buang air kecil.

4. Meningkatkan sistem imun

Sistem kekbalan tubuh itu sangat penting untuk ditingkatkan, karena dengan meningkatkan kekebalan tubuh maka tubuh kita tidak mudah terserang penyakit, atau terlalu gampang sakit. Dan hal ini bisa kamu lakukan hanya dengan meminum air reusan dandang gendis untuk meningkatkan imunitas tubuh kamu.

5. Mengobati disentri

Tidak hanya sekedar melancarkan BAB saja, akan tetapi manfaat dan khasiat daun dandang gendis juga akan menyembuhkan penyakit disentri. Kandungan yang ada di dalamnya akan menghentikan pendarahan yang terjadi pada usus besar yang biasanya diakibatkan oleh adanya bakteri.

6. Sebagai anti inflamasi

Dengan meminum air rebusan daun dandang gendis secara teratur maka kamu tidak akan menglami seperti kelelahan dan rasa nyeri di sebagaian atau seluruh tubuh kamu. Karena kandungan yang ada di dalamnya memiliki sifat anti inflamasi yang bisa meredakan rasa nyeri pada otot.

7. Mengobati rematik

Daun dandang gendis memang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang dewasa atau yang sudah berumur. Karena dengan mengkonsumsi daun tersebut maka akan mengobati rasa nyeri pada persendian yang biasanya sering diderita oleh orang yang sudah berumur di atas 50 an tahun.

8. Sebagai anti racun

Khasiat yang cukup hebat dari daun ini adalah sebagai anti racun. Jadi jika ada seseorang yang menglami keracunan baik dari makanan atau minuman bisa juga diobati dengan ekstrak daun dandan gendis. Minumllah satu hingga dua gelas setiap harinya untuk menetralkan racun yang ada di dalam tubuh.

9. Meningkatkan stamina

Jika kamu merasa kelelahan setelah seharian bekerja atau setelah berolahraga kamu bisa mengkonsumsi air rebusan daun dandang gendis untuk mengembalikan stamina atau tenaga kamu yang terkuras. Bisa kamu minum ketika hangat maupun setelah dingin.

10. Menurunkan demam

Daun dandang gendis memiliki sifat antipiretik yang memang bermanfaatkan untuk menurunkan suhu panas atau demam. Dan untuk anak-anak juga bisa kamu minumkan air rebusan daun ini untuk menurunkan demam.

11. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yang salah satunya bisa dikarenakan polusi udara yang setiap hari kita hirup bisa merusak sel-sel yang ada di dalam tubuh kita. Jadi kita sangat perlu nutrisi yang ada di dalam daun dandang gendis sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

12. Menyehatkan kelenjar tubuh

Dengan semakin rutin kita mengkonsumsi daun dandang gendis maka akan menyehatkan kembali fungsi kelenjar di dalam tubuh. Setidaknya sehari sekali sudah cukup untuk mengembalikan kesehatan kelenjar dalam tubuh.

13. Mengobati batu ginjal

Salah satu yang menghambat buang air kecil adlah adanya gangguan pada ginjal yakni batu ginjal. Dan ini bisa dihancurkan hanya dengan mengkonsumsi daun dandang gendis. Akan tetapi lebih baik lagi jika kamu campur dengan daun kumis kucing yang memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai penghancur batu yang mengendap di ginjal.

14. Mencegah kanker

Salah satu penyebab timbulnya kanker di dalam tubuh adalah radikal bebas, dan jika tubuh kita tidak memiliki benteng untuk menangkal radikal bebas. Maka akan besar kemungkinan sel kanker itu akan berkembang di dalam tubuh kita. Jadi manfaat dari daun dandang gendis ini akan mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

15. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh maka akan sangat membahayakan, dan akan menimbulkan beragam penyakit. Jadi dengan mengkonsumsi daun dandang gendis secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Daun dandang gendis meskipun hanya sebagai tanaman pagar di pekarangan akan tetapi memiliki manfaat yang sangat luar biasanya. Jika kamu memiliki penyakit seperti di atas maka tidak ada salahnya untuk mencobanya, karena daun ini juga sangat minim akan efek sampingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar