Translate

Selasa, 07 Maret 2017

Mengenal Daun Insulin Untuk Obati Deabetes

Tanaman ini menjadi Trend pengobatan diabetes melitus secara alami di Indonesia, selain berkembangnya kesadaran masyarakat untuk mengobati penyakit secara herbal / back to nature khasiat daun ini dalam membantu mengontrol gula darah penderita diabetes juga membuat daun ini makin terkenal.

Daun Insulin memiliki nama latin ‎Smallanthus sonchifolius atau sinonim nya: Polymnia edulis, P. sonchifolia. daun insulin dikenal juga dengan nama daun yakon merupakan tanaman tahunan tradisional yang tumbuh di Andes utara dan tengah dari Kolumbia ke Argentina utara. Secara tradisional, akar yacon ditanam oleh petani di midelevations di lereng timur Andes turun menuju Amazon. 

Ciri - ciri tanamannya memiliki sedikit manis, resin, dan bunga (mirip dengan violet), mungkin karena adanya inulin, yang menghasilkan rasa manis dari akar dari Elecampane, juga. rimpang berkembang hanya di bawah permukaan tanah dan terus menghasilkan tunas antena. 

Umbi mengandung fructooligosaccharide, suatu polisakarida dicerna terdiri dari fruktosa. Fructooligosaccharides memiliki rasa manis dan memiliki efek prebiotik. Tanaman Yacon dapat tumbuh lebih dari 2 m tinggi dan menghasilkan bunga kuning mencolok pada akhir musim tanam. 

Walaupun bukan tanaman asli Indonesia namun tanaman ini sudah banyak di budidayakan di Indonesia. Kesamaan Iklim membuat tanaman yakon ini tumbuh subur di Indonesia.
Penelitian Daun Insulin

Menurut pakar penelitian tanaman yakon, Michael Hermann dari Research Project leader of the Andean roots and tubers, mengungkapkan Yakon kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat. Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Yakon kaya dengan insulin dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat di fermentasi oleh usus besar.

Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah. maka dari itu yakon digunakan untuk penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya.‎

Manfaat Daun Insulin Untuk Kesehatan Anda

Tanaman ini memiliki berbagai manfaat yang berguna bila dikonsumsi dengan tepat untuk meningkat kan kesehatan tubuh kita atau melawan penyakit yang ada.
Berikut ini beberapa khasiat nya :

1. Mengobati Diabetes

Manfaat daun insulin yang pertama adalah untuk mengobati penyakit diabetes, nah bagi para penderita diabetes, anda bisa mengobati penyakit anda dengan meramu herbal daun insulin. Mengenai caranya akan kita uraikan dibagian akhir.
2. Mengobati Penyakit Hati

Manfaat daun insulin yang kedua adalah untuk mengatasi masalah atau gangguan hati, juga dapat menguatkan hati dari berbagai penyakit. Konsumsilah ramuan daun insulin secara teratur sehingga bisa terhindar dari penyakit yang menyerang hati.
3. Kaya Antioksidan

Daun ini juga memiliki antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Mengonsumsi daun insulin secara teratur bisa menjadi alternatif menghasilkan antioksidan bagi tubuh.
4. Menyehatkan Ginjal

Selain dapat mengobati gangguan hati, daun insulin juga bermanfaat untuk menyehatkan ginjal kita secara alami. Ginjal bisa kapan saja terserang kuman serta virus yang bisa membuat fungsi kedua organ tersebut terganggu. Untuk mencegah organ tersebut terkena kuman serta virus jahat cegahlah dengan obat tradisional daun insulin.
5. Menyehatkan Kandung Kemih

Kandung kemih bisa kapan saja terserang kuman serta virus yang bisa membuat fungsi kedua organ tersebut terganggu. Untuk mencegah organ tersebut terkena kuman serta virus jahat cegahlah dengan obat tradisional daun insulin.
6. Mengobati Penyakit Liver

Masalah liver juga bisa diatasi dengan meramu herbal daun insulin Daun insulin setelah diteliti ternyata mengandung zat yang baik untuk mengatasi masalah penyakit liver.
7. Mengobati Penyakit Tenggorokan

Selain itu juga manfaat daun insulin selanjutnya yaitu sebagai obat tenggorokan. Kandungan zat dalam daun insulin mampu mengatasi masalah tenggorokan.
8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, pohon insulin sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi sampai 5-10%, maka dari itu, sangatlah bijak jika Anda mengambil manfaat daun insulin sebagai salah satu tanaman obat yang efektif untuk mengatasi hipertensi.

Cukup dengan merebus lima lembar daun insulin yang masih segar atau yang sudah kering dengan empat gelas air hingga air rebusannya tersisa sebanyak tiga gelas saja, dinginkan dan minum air rebusan tersebut setelah disaring sebelumnya. Minumlah air rebusan tersebut setiap hari sebanyak satu gelas, di saat pagi, siang dan juga malam hari.
9. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Kadar gula dalam darah yang tinggi bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti darah tinggi. Untuk itu kadar gula dalam darah harus sesuai. Jika kadar gula dalam darah tinggi coba turunkan menggunakan ramuan daun insulin. Daun insulin diyakini mampu menurunkan kadar gula dalam darah.
10. Antibakteri atau Anti mikroba

Dengan mengonsumsi daun insulin secara teratur dapat mencegah perkembangan bakteri dan kuman yang berbahaya yang berada di kandung kemih dan ginjal.
11. Memiliki Efek Prebiotik

Manfaat daun insulin yang terakhir adalah daun ini memiliki efek prebiotik. Hal ini dikarekan daun insulin mengandung Fructooligosaccharides yaitu suatu fuktoasi yang sangat baik untuk bakteri yang berada di usus. Jadi dengan mengonsumsi tanaman ini dapat menjaga kesehatan pencernaan kamu.
Setelah Kita mengetahui berbagai manfaat daun insulin
Lalu Bagaimana cara agar kita bisa mendapatkan manfaat nya ?

Ada beberapa cara untuk dapat mengonsumsi daun insulin, berikut ini kami bahas satu per satu cara konsumsi nya:

1) Merebus Daun Insulin Segar / Kering
Anda Dapat mendapatkan manfaat daun insulin langsung dari daun nya ‎

Siapkan 15 lembar daun insulin baik yang sudah kering maupun yang masih basah,
Cuci bersih daun insulin tersebut kemudian direbus dengan air sebanyak 5 gelas ( 1 gelas sekitar 200 ml ),
Biarkan sampai air rebusan tersebut tersisa 3 gelas lalu angkat dan saring. Minumlah ramuan daun insulin tersebut 2 atau 3 kali sehari secara teratur. 

Untuk mengkonsumsi daun insulin baik direbus ataupun diseduh setidaknya kamu meminumnya sehari sekali. Dan daun ini bisa dibilang sangat rendah akan efek sampingnya jika dibandingkan harus mengkonsumsi obat-obatan generik.‎

1 komentar: