Translate

Senin, 06 Maret 2017

Manfaat Kayu Manis Buat Kesehatan

Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil ‎rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur p‎anas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ‎ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab ‎Perjanjian Lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi,kulit, jantung, dan perut kembung.

Manfaat kayu manis telah digunakan sebagai rempah bumbu masakan. Rempah ini memang sangat unik karena mempergunakan bagian kulit dari batang pohon kayu manis tersebut. Berbagai macam kuliner Indonesia banyak menggunakan kayu manis untuk bumbu masakannya seperti semur daging. Pohon kayu manis banyak terdapat pada wilayah Indonesia tepatnya di pulau Sumatera. Rempah-rempahan sepertinya selain sebagai bumbu masakan seperti manfaat kemiri ju‎ga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit.

Penelitian modern menunjukkan bahwa rempah-rempah ini mungkin memiliki beberapa sifat yang sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa diantaranya:

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengatur gula darah, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk penderita diabetes dan hypoglycemica. Dan merupakan kabar baik bagi siapa saja yang ingin meningkatkan energi agar lebih stabil.
Mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL juga dikenal sebagai kolesterol berbahaya. Mengurangi kolesterol LDL dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.
Memiliki senyawa anti infeksi alami yang ditemukan dalam studi. Kayu manis efektif terhadap H. pylori yaitu bakteri penyebab borok atau bisul dan patogen lainnya.
Mengurangi rasa sakit terkait dengan arthritis, yang telah ditunjukkan dalam studi di Departemen of Internal Medicine, Rumah Sakit Kangnam Korea. Kayu manis digunakan untuk mengurangi sitokin terkait dengan nyeri rematik.
Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker dan untuk pencegahan kanker.
Mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan meskipun dalam jumlah yang kecil untuk dosis khas bubuk kayu manis.
Kayu manis mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, yang menurut penelitian meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesuburan.
Kayu manis menawarkan perawatan terhadap berbagai penyakit neurodegenerative, termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis, menurut penelitian di Laboratorium Penelitian sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas. Penelitian mereka menunjukkan bahwa kayu manis mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis ini.
Penelitian tanaman obat India mengungkapkan bahwa kayu manis dapat berpotensi efektif terhadap HIV4. Menurut penulis penelitian, “ekstrak yang paling efektif terhadap HIV-1 dan HIV-2 masing-masing adalah kayu manis (kulit kayu) dan Cardiospermum helicacabum.
Mencegah penyakit jantung. Dengan berkurangnya LDL, otomatis akan menyehatkan jantung.
Menyehatkan pembuluh darah. Kolesterol LDL dalam tubuh membuat pembuluh darah akan tersumbat, kayu manis dapat mengurangi hal tersebut.
Mengurangi peradangan kronis
Mencegah Parkinson
Mengobati alzheimer
Mengobati tumor otak
Mengobati meningitis

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Untuk Asam Urat 
Kayu manis sebagai obat asam urat bisa anda lakukan dengan menyiapkan bahan, 1 ibu jari kayu manis,  4 lembar sosor bebek, 5 gram biji pala, 5 butir cengkih, 3 gelas air (600 ml), 15 gram jahe merah, 5 butir kapulaga. Pembuatan obat asam urat sebagai manfaat kayu manis adalah rebus semua bahan hingga menjadi 300 ml. Saring, minum dua kali sehari sebanyak 150 ml masing-masingnya.

2. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Hernia
Kayu manis dalam membuat obat hernia adalah rebus 1 ibu jari kayu manis, 5 gram adas, 1 jari pulasari, 15 gram jahe merah dan 5 butir kapulaga ke dalam 800 ml hingga tersisa 400 ml. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.   

3. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Diare 
Dalam memanfaatkan kayu manis sebagai obat diare melakukan berbagai kombinasi atau ramuan-ramuan yaitu dengan menyediakan 5 gram kayu manis, 3 gelas air (600 ml), dan 5 lembar daun jambu biji. Cara membuat manfaat kayu manis sebagai obat diare adalah rebus semua bahan hingga tersari 300 ml. Saring, tambahkan gula, dan minum dua kali sehari yang masing-masing 150 ml.

4. Manfaat Kayu Manis Untuk Diabetes (Kencing Manis) 
Diabetes atau kencing manis bagi penderita maupun yang bukan penderita, tentu ingin terhindar dari penyakit dan menyembuhkan penyakit diabetes atau diabetes militus yang sampai saat ini menjadi momok bagi seluruh masyarakat disegala kalangan usia akibat gula darah yang tinggi dan manfaat kayu manis untuk gula darah dapat mengatasi hal tersebut.‎

Manfaat kayu manis buat penderita diabetes untuk topik ini sangat dimudahkan karena dalam pembuatan obat diabetes pemanfaatan kayu manis sangatlah mudah yakni hanya dengan menyiapkan 2 batang kayu manis (panjang 5 cm), dan 200 air panas. Cara pembuatan obat diabetes tidaklah ribet, cukup srieduh kayu manis kedalam air panas lalu minum ramuan dua kali sehari sebanyak 1 gelas.

5. Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Manfaat kayu manis terkhusus bagi wanita dan sebagian pria tentu menjadi hal yang menarik, karena ternyata kayu manis berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat kayu manis untuk kulit dapat terjadi karena kandungan antioksidan yang berperan dalam memperbaiki kerusakan organ dan menjaga kulit.

6. Manfaat Kayu Manis Untuk Diet
Kayu manis buat diet sangatlah bermanfaat bagi kecantikan tubuh anda apalagi wanita yang sangat memperhatikan masalah hal ini dan juga sekarang ini juga bagi pria. Manfaat kayu manis untuk menurunkan berat badan atau khasiatnya buat diet dapat terjadi karena kandungan eugenol yang notabene memperlancar sirkulasi dan proses metabolisme dimana hal ini tentu saja bermanfaat dan berkhasiat sebagai resep herbal yaitu manfaat kayu manis untuk menurunkan berat badan anda.

Tidak hanya eugenol, kandungan serat dan kalsium dalam manfaat kayu manis untuk diet atau menurunkan berat badan dimana serat dan kalsium ini dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga membuat bentuk tubuh anda tidak berlemak dan menjadi sehat.  

7. Manfaat Kayu Manis Untuk Penyembuhan Luka
Kayu manis dengan kandungan Cinnamaldehid ‎dengan peran yang sangat penting dalam mengobati berbagai macam luka-luka dengan cara mencegah pembekuan trombosit sebagai penyebab terhentinya aliran darah
8. Manfaat Kayu Manis Untuk Penderita Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 
Manfaat kayu manis dalam mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, memanfaatkan banyak bahan atau ramuan-ramuan yang perlu anda sediakan. Bagi anda tentu bukanlah menjadi suatu masalah besar, karena manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan anda. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 jari kayu manis, 10 gram kencur, 500 ml air, 10 gram asam trengguli, 20 gram daun saga dan 15 gram daun sena. Cara membuatnya pun sangatlah mudah yaitu dengan rebus semua bahan dan air hingga menjadi 200 ml. Saring dan minum saat hangat sebanyak 2 kali sehari sebanyak 1 gelas. (Dapat direbus ulang).

9. Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Maag
Kayu manis berkhasiat dan bermanfaat dalam menyembuhkan maag anda atau manfaat kayu manis untuk asam lambung. Maag yang banyak diderita oleh pelajar karena makan yang tidak teratur apalagi mahasiswa yah, penyakit ini sebenarnya dapat pula dikatakan identitas pelajar, akan tetapi penyakit ini sangat mengganggu dan juga berefek pada masalah pelajaran, maka kayu manis yang terjangkau dan mudah didapatkan tentu sangat mudah mendapatkan manfaat dan khasiat kayu manis untuk asam lambung anda. Bahan yang perlu anda siapkan adalah 10 gram kayu manis, 200 ml air (1 gelas). Cara membuat khasiat kayu manis untuk asam lambung adalah rebus hingga 100 ml, saring dan minumlah airnya selagi hangat, dua kali sehari masing-masing sebanyak 100 ml (ramuan bisa direbus ulang).‎

10. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Muntah-Muntah 
Cara membuat obat ini sangatlah mudah yaitu rebus 1 jari kayu manis, 10 gram temu kunci, dan 3 utir kapulaga dengan 800 ml air hingga 400 ml. Saring, lalu minum dua kali sehari masing-masing 200 ml. 

11. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Penyakit Jantung
Kayu manis dengan sifat anti-inflamasi sangat efektif menjaga jantung dan arteri dari kerusakan dan infeksi. Begitu juga dengan khasiat kayu manis sebagaimana paparan diatas bahwa kayu manis bermanfaat dalam melawan kolesterol buruk. Adapun ramuan-ramuan dalam penyembuhan atau pencegahan penyakit jantung yang teruraikan dalam buku 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya (2013:153) yang resepnya adalah 13 gram daun dewa, bubuk halus 3 gram kayu manis cina, lalu seduh dengan secangkir panas. Minum selagi hangat, dan lakukan satu kali sehari.

12. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Kanker
Khasiat dan manfaat kayu manis lagi-lagi sangat ekstrim, selain bermanfaat untuk diabetes, diet, asam urat, asam lambung, jantung, kini manfaat ekstrim yang dimaksud adalah dapat mencegah penyakit kanker dimana penelitian University of Texas, bahwa kayu manis dapat mengurangi ‎proliferasi sel kanker dan mengurangi peningkatan sel-sel kanker dalam tubuh bilamana dikonsumsi secara teratur.  

13. Manfaat Kayu Manis Untuk Mengurangi Risiko Kanker Usus
Kandungan serat, kalsium dan mangan mineral bermanfaat dalam meningkatkan fungsi usus besar yang mampu mengurangi risiko kanker usus dan diare serta sembelit.‎

14. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Penuaan Dini
Kayu manis yang mampu meningkatkan sirkulasi darah tentulah dapat mencegah penuaan dini sehingga wajah atau bentuk tubuh kita atau kulit kita terasa kencang dan lebih muda, hal ini karena senyawa caumarin yang memiliki sifat pengencer darah.

15. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Tuberkulosis (TBC)
TBC merupakan penyakit yang banyak dialami oleh lansia dan juga anak muda yang menggunakan produk-prduk yang dapat mengakibatkan TBC seperti rokok dll. Mengapa manfaat kayu manis dapat menembuhkan TBC itu karena menarik dalam buku Sehat & Cantik Alami Berkat Khasiat Bumbu Dapur (2010:98) yang telah menguraikan dan menyajikan resep dalam membuat obat tuberkulosis dengan ramuan-ramuan yang begitu beragam, namun untuk masalah penyembuhan penyakit tuberkulosis (TBC) tentu bukanlah masalah yang besar apalagi bahan yang mudah dan murah.

Bahan dan caranya adalah menyiapkan 3 lembar daun sirih, 7 biji kapulaga, 1 ibu jari manis, 7 biji kemukus, dan 7 biji cengkih. Cara membuatnya adalah rebus semua ke dalam 4 gelas air hingga menyisahkan 2 gelas air. Dinginkan, saring dan minum 3 kali 1/4 gelas dalam setiap harinya.

16. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Rematik 
Menurut Rismunandan dan Paimin dalam studinya menyatakan bahwa bagian kulit batang, daun, dan akar kayu manis dapat bermanfaat sebagai obat antirematik, istomachica (meningkatkan nafsu makan), peluruh kentut (karminatif), menghilangkan sakit (analgesik), dan peluruh keringat (diaphoretik).
  
17. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Jerawat 
Ternyata kayu manis dapat digunakan sebagai resep kecantikan wajah anda yang mampu mengobati jerawat,. Manfaat kayu manis untuk jerawat sangat mudah didapatkan yaitu menyediakan batang kayu secukupnya dan madu secukupnya. Cara membuat manfaat kayu manis untuk wajah jerawat adalah haluskan batang kayu manis hingga menjadi bubuk, campur dengan madu lalu oleskan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat pada waktu malam hari. Hingga keesokan harinya wajah dapat dibersihkan.  

18. Manfaat Kayu Manis dan Campuran Jeruk 
Kayu manis dan campuran jeruk atau lemon, jadi apakah ini atau bermanfaatkah ramuan ini ?.. Aroma dan kekhasan rasa dari kayu manis, dapat dimanfaatkan untuk dicampurkan dengan jus jeruk, atau lemon yang kaya akan vitamin C. Jadi, akan membuat segelas toddy (minuman keras berbumbu) panas yang nikmat, tambahkan sebatang kayu manis ke dalam segelas jus jeruk segar.

19. Manfaat Kayu Manis dan Campuran Madu
Kayu manis dan campuran madu sangat nikmat dengan dituangkan air panas dan madu sebagai pemanis, sungguh bermanfaat dan berkhasiat dalam melawan infeksi dan dinginnya musim dingin.

20. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah, Mengobati dan Membersihkan Gigi 
Penelitian Amal Munirah bahwa ekstrak kayu manis bermanfaat menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans pada rongga mulut sehingga jika disimpulkan penelitian Amal Munirah, tentu manfaat ada pada rongga mulut dan tentu saja menjaga mulut dari jamur yang pada intinya mencegah kerusakan gigi. 
Kembali Ke Kandungan Kayu Manis Dalam Minyak Asiri

Berdasarkan hasil penelitian bahwa kandungan minyak C. burmanii, C. Zeylanicum, dan C. cassia masing- masing sebesar 1,75%; 2%. Minyak kayu manis diambil dari bagian kulitnya yang terdapat pada baang, dahan, dan ranting. Selain kulitnya, daun kayu manis dsuling menjadi minyak daun kayu manis atau yang biasa dikenal dengan ‎cinnamon leaf oil. Hasil dari penyulingan jenisC.cassiavera dibagian kulit batang, kulit dahan, daun dan kulit ranting memberikan kadar berturut-turut 3,45%, 2,38%, 0,12% dan 1,95%.

Kandungan minyak daun C. zeylanicum mengandung eugenol sebagai komponen utamanya sebanyak 80-90%. Sementara itu, kandungan utama minyak daun C. burmanii dan C. cassia sama dengan kandungan minyak yang disuling dari kulitnya seperti sinnaldehida dengan kandungan minyak 80% dan sineol hanya terdapat dibagian daunnya.‎

Efek samping Kayu Manis
Kayu Manis biasanya tidak menimbulkan efek samping, namun penggunaan kayu manis dapat mengiritasi mulut dan bibir dan menyebabkan luka. Pada beberapa orang, hal itu dapat menyebabkan reaksi alergi. Jika diaplikasikan pada kulit, hal itu dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.
Risiko konsumsi kayu manis yang berlebihan kemungkinan akan beracun, terutama pada orang dengan gangguan hati. Bahan dalam beberapa produk kayu manis misalnya coumarin, dapat menyebabkan masalah hati. Selain itu, karena kayu manis dapat menurunkan gula darah, sehingga bagi penderita diabetes mungkin perlu menyesuaikan pengobatan mereka jika mereka menggunakan suplemen kayu manis.
Mengingat kurangnya bukti tentang keamanannya kayu manis sebagai pengobatan, hal initidak dianjurkan untuk anak-anak atau bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui. Jika sedang mengkonsumsi obat apapun secara teratur, berbicara dengan dokter sebelum menggunakan suplemen kayu manis. Karena kayu manis bisa berinteraksi dengan antibiotik, obat diabetes, pengencer darah, obat-obatan jantung, dan lain-lain.

Mengenal Tanaman Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang berasal dari cabang-cabang pohon liar yang termasuk dalam genus “Cinnamomum”. Tanaman asli Karibia, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara ini ada dua jenis utama yaitu :

Cinnamon Ceylon, Kayu manis yang paling umum digunakan di dunia Barat
Cinnamomum aromaticum, Kayu manis Cina yang berasal dari Cina selatan, biasanya lebih murah daripada Ceylon cinnamon.
Kayu Manis telah dikonsumsi sejak tahun 2000 SM di Mesir Kuno, di mana rempah ini sangat sangat berharga (hampir dianggap obat mujarab). Pada abad pertengahan dokter menggunakan kayu manis untuk mengobati kondisi seperti batuk, radang sendi, dan sakit tenggorokan. 

Di Indinesia sendiri, berbagai macam tanaman rempah seperti kayu manis ini digunakan bersamaan dengan bahan-bahan lain seperti manfaat kunyit dan manfaat jahu untuk dijadikan jamu. Hal ini dikarenakan kandungan alami yang kaya di dalamnya seperti minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar dan zat penyamak. Penelitian dari Amerika telah membuktikan dan telah dipublikasikan oleh Dr. Joanna Hlebowicz bahwa batang kulit kayu manis mengandung insulin yang bisa membantu memperlancar proses metabolisme glukosa sehingga bisa membantu menormalisasikan kadar gula dalam darah. Maka dari itu dapat dimanfaatkan untuk pengobatan gejala penyakit diabetes.‎

1 komentar: