Translate

Kamis, 23 Maret 2017

MANFAAT TIDUR TANPA BANTAL


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

وَمِنْ ءَايَاتِهِ مَنَامُكُم بِالَّليْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لأَيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”. [Ar Rum: 23]

Syaikh Abdur Rahman Bin Nashir As Sa’di berkata ketika menafsirkan ayat di atas, “Tidur merupakan satu bentuk dari rahmat Allah sebagaimana yang Ia firmankan.

وَمِن رَّحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur”. [Al Qashahs: 73].

Maka berdasarkan konsekwensi dari kesempurnaan hikmahNya, Ia menjadikan seluruh aktivitas makhluk berhenti pada suatu waktu (yakni pada malam hari) agar mereka beristirahat pada waktu tersebut, dan kemudian mereka berpencar pada waktu yang lain (yakni pada siang hari) untuk berusaha mendapatkan kemashlatan dunia dan akhirat. Hal yang demikian itu tidak akan sempurna berlangsung kecuali dengan adanya pergantian siang dan malam. Dan Dzat Yang Maha Kuasa mengatur semua itu tanpa bantuan siapapun, Dialah yang berhak disembah”

Jadi tidak hanya sebagai rutintas semata, tidur juga merupakan satu wujud dari rahmatNya nan luas dan kemahakuasanNya yang sempurna. Padanya tersimpan hikmah dan kemashlahatan bagi para makhluk. Tidur juga merupakan satu simbol akan kekuasaanNya untuk membangkitkan makhluk setelah Ia mematikan mereka.

Tidur sudah merupakan salah satu insting alami yang dimiliki oleh makhluk hidup, tak terkecuali bagi manusia. Biasanya, secara natural manusia tidur pada malam hari setelah beraktivitaa selama seharian yang menguras tenaga. Tidur bermanfaat untuk mengisi kembali energi hari ini yang telah terkuras habis ketika beraktivitas seharian.

Saat tertidur, maka manusia dan makhluk hidup lainya akan mengalami relaksasi dan masuk dalam alam bawah sadar mereka. Ini menjelaskan mengapa terkadang orang bisa mengiggau dan bermimpi ketika sedang terlelap dalam tidur.

Posisi tidur yang baik

Pada dasarnya, tidak ada aturan yang diakui secara luas tentang bagaimana seseorang harus tertidur. Biasanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan posisi tidur, yaitu :

Posisi tidur yang rileks dan nyaman.Tidak menindih bagian tubuh lainnya.Tidur dengan menggunakan penutup mata.Tidur menggunakan kasur yang tidak keras.

Biasanya, ketika akan tidur kita secara otomatis akan menggunakan bantal dan guling sebagai bahan sandaran untuk tubuh kita. Namun demikian, ternyata untuk mencapai kualitas tidur yang lebih baik disarankan untuk tidur tanpa menggunakan bantal.

Mengapa disarankan untuk tidur tanpa menggunakan bantal? Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada banyak manfaat tidur tanpa bantal yang bisa kita peroleh. Lalu apa saja manfaat dari tidur tanpa menggunakan bantal? Berikut ini adalah penjelasan dari manfaat tidur tanpa bantal:

1. Tampak awet muda

Tidur tanpa menggunakan bantal dapat membuat Anda terlihat lebih awet muda, mengapa demikian? hal ini disebabkan oleh banyak hal yang terjadi ketika Anda tidur tanpa menggunakan bantal, antara lain:

Kualitas tidur yang lebih baik, sehinggga anda tetap tersa segar.Mencegah munculnya kerutan di wajah.

Dengan tidur tanpa menggunakan bantal, secara rutin, maka Anda akan memperoleh manfaat ini dan menjaga agar tubuh Anda tetap terlihat awet mudah.

2. Baik untuk kesehatan tulang

Bagi yang sering merasakan sakit pada bagian tulang setelah tidur, mungkin dapat mencoba untuk tidur tanpa menggunakan bantal. Dengan tidur tanpa menggunakan bantal ini, maka kesehatan tulang akan tetap terjaga, dan dapat juga terhindar dari rasa sakit pada bagian tulang. Dengan kesehatan tulang yang terjaga ini, maka dapat terhindar dari berbagai macam gangguan pada bagian tulang, seperti osteoporosis.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur tanpa menggunakan bantal telah diteliti secara medis oleh para peneliti, sebab mampu untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. Dengan tidur tanpa bantal ini, seseorang akan tidur lebih nyenyak dan dapat rileks ketika tidur tanpa adanya beban. Hal ini berpengaruh pada kualitas tidur, yang dapat mencegah munculnya:

Insomnia.Terbangun pada tengah malam.Sulit tidur.Mimpi buruk.Rasa sakit dan pegal pada saat tidur dan bangun tidur.

4. Meluruskan tulang

Tidur tanpa menggunakan bantal juga diyakini secara pasti dapat membantu meluruskan dan juga menormalkan struktur tulang yang Anda miliki. Hal ini berhubungan dengan kondisi tulang yang menjadi lebih bungkuk ataupun lebih miring, sehingga berpengaruh pada penampilan, dan juga berpengaruh pada kondisi kesehatan tulang secara medis.

Dengan tidur tanpa menggunakan bantal, maka hal ini dapat diminimalisir, sehingga tubuh dapat memilki struktur yang tidak baik dapat teratasi dengan metode tidur yang tidak menggunakan bantal.

5. Mencegah sakit pada leher

Banyak orang yang mengeluhkan ras sakit pada leher mereka ketika tidur dan juga bangun tidur keesokan harinya. Hal ini banyak diduga karena adanya:

Kerusakan syaraf tubuh.Posisi tidur yang salah.Kondisi kualitas tidur yang tidak baik.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda tidak perlu repot membeli alat khusus ataupun pergi ke dokter ahli syaraf. Hanya cukup tidur tanpa menggunakan bantal saja secara rutin, maka akan sedikit mengurangi rasa pegal pada leher. Hal ini akan menyebabkan kondisi tubuh dan tulang berada pada posisi yang optimal dan seperti semula, serta dapat mencegah munculnya rasa sakit dan nyeri pada leher pada saat bangun tidur.

6. Mencegah kerutan pada wajah

Biasanya ketika tidur dengan menggunakan bantal, wajah kita akan bergerak kesana kemari dan berseggolan dengan bantal. Hal ini dapat membuat wajah memiliki kerutan-kerutan yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata. Dengan menghilangkan bantal, dan tidur tanpa menggunakan bantal, maka hal ini dapat dicegah.

7. Bangun pagi menjadi lebih segar dan fit

Dengan meningkatnya kualitas tidur yang dimiliki seseorang, terutama karena tidur tanpa menggunakan bantal, maka hal ini akan bermanfaat dan berpengaruh pada kondisi badan ketika bangun pada pagi hari. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi lebih segar dan fit ketika bangun pada pagi hari, karena kualitas tidur yang bertambah. Bagi anda yang memiliki keluhan pegal – pegal dan lelah setelah tidur semalaman, mungkin anda dapat mencoba untuk tidur tanpa menggunakan bantal.

8. Tidak mudah mengantuk keesokan harinya

Efek dan manfaat lainnya dari tidur tanpa menggunakan bantal, yang dapat meningkatkan kualitas tidur kita adalah mencegah kemungkinan mengantuk pada keesokan harinya. Hal ini disebabkan oleh kondisi dari kualitas tidur yang baik dan nyaman, sehingga tubuh akan benar-benar beristirahat secara penuh ketika tertidur. Tentu saja pada saat bangun dari tidur, tubuh akan terasa lebih segar dan fit, serta akan mencegah rasa kantuk menyerang saat di siang hari.

9. Mencegah stress

Terkadang, stress juga dapat tejadi karena adanya posisi tidur yang salah. Hal ini dapat menyebabkan kualitas tidur kita menjadi sangat buruk yang dapat menambah beban pikiran dan bukan merelaksasikan tubuh. Tentu saja hal ini akan mengganggu kita, krena itu cobalah untuk tidur tanpa menggunakan bantal, karena efeknya mampu untuk mencegah munculnya stress dan tekanan-tekanan ketika saat sedang tidur.

10. Mencegah insomnia

Tidur tanpa menggunakan bantal juga dapat membantu Anda untuk mencegah insomnia dan kesulitan tidur saat dimalam hari. Hal ini disebabkan oleh kualitas tidur yang menjadi jauh lebih baik, dan menyebabkan tidur menjadi merasa lebih rileks. Ini nantinya disebabkan dengan mencegahAanda terbangun pada saat tengah malam dan juga mencegah munculnya gejala-gejala insomnia yang terkadang sangat mengganggu.

Itulah beberapa manfaat dari tidur tanpa menggunakan bantal. Perlu diingat, untuk mengoptimalkan manfaat dari tidur tanpa menggunakan bantal ini, Anda dapat melakukan tips seperti berikut :

Tidur dalam jangka waktu 6 – 8 jam sehari.Jangan langsung tidur setelah makan.Jangan menggunakan obat tidur dan antidepressant.Usahakan tidur pada bidangyang empuk dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar