Translate

Rabu, 08 Maret 2017

Manfaat Buah Mentega Bagi Kesehatan

Apakah anda sudah pernah mendengar nama buah ini? mungkin bagi telinga anda jenis buah mentega ini cukup asing ya, namun sebenarnya merupakan nama lain dari buah bisbul. Buah mentega merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kerabat dengan buah kesemek. Selain disebut dengan nama buah bisbul, buah mentega juga sering dikenal dengan nama buah lemak, kamagong, velvet apple, dan juga marit.

Bentuknya bulat pipih dengan warna merah sedikit kusam, melihat penampilannya sekilas mirip seperti buah apel, namum kulit buahnya memiliki bulu-bulu halus seperti beludru. Buah bisbul atau biasa disebut dengan buah mentega, merupakan salah satu buah yang tergolong cukup langka keberadaannya. Buah ini jarang ditemui di pasaran, maka tidak heran jika banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan buah yang satu ini.

Bisbul merupakan pohon yang sedang tingginya, 10-30 m, meskipun umumnya hanya sekitar 15 m atau kurang. Berbatang lurus, dengan pepagan berwarna hitam atau kehitaman, diameter hingga 50 cm atau lebih di pangkal batang, bercabang kurang lebih mendatar dan bertingkat, dengan tajuk keseluruhan berbentuk ‎kerucut yang lebat dan rapat daun-daunnya sehingga gelap di bagian dalamnya.

Daun-daun tersusun berseling, berbentuk lonjong, 2,5-12 × 8-30 cm, bertepi rata, dengan pangkal membundar dan ujung meruncing, bertangkai sekitar 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, seperti kulit; sisi bawah berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda sampai merah jambu.

Berumah dua, bunga-bunga jantan tersusun dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan terletak di ketiak daun.

Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 cm, berbulu halus seperti beludru, coklat kemerahan kemudian merah terang dan lalu agak kusam apabila masak, dengan “topi” dari kelopak bunga yang tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju dan durian, bagi sebagian orang terasa memualkan, bahkan ada pula yang menyebutkan baunya mirip dengan kotoran kucing. Biji hingga 10 butir, berkulit kecoklatan, berbentuk baji agak mirip keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 cm (di bagian tebalnya).

Klasifikasi ilmiah dari buah mentega :

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Ericales
Famili : Ebenaceae
Genus : Diospyros
Spesies : D. blancoi
Pohon dari buah mentega sendiri memiliki manfaat yang penting untuk kepentingan manusia, yaitu sebagai salah satu pohon peneduh, yang sering ditemui di pinggir jalan raya ataupun di daerah taman-taman. Buah mentega ini memiliki ukuran diameter sebesar 12 cm, dengan kulit buah yang berbulu halus dan berwarna merah. Daging buahnya sendiri memiliki warna putih, dan juga cenderung kering dengan tekstur yang agak keras.

Kandungan gizi dari buah mentega

Manfaat buah mentega sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi, seperti ciri khas buah-buahan lainnya yang sering dikonsumsi. Berikut ini adalah kandungan gizi dari buah mentega :

Protein
Lemak
Karbohidrat
Serat
Kalsium
Fosfor
Zat besi
Vitamin A
Vitamin C
Tiamin
Riboflavin
Buah mentega sendiri ternyata memiliki banyak manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari buah mentega? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai campuran dalam rujak yang menyegarkan

Buah mentega seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu campuran dari rujak. Dengan mencampur buah mentega ke dalam rujak, maka akan diperoleh rujak yang lezat dan nikmat dan juga dapat menyegarkan tubuh, karena buah mentega juga memiliki rasa asam yang dapat menyegarkan tubuh kita.

2. Supplai energi bagi tubuh

Manfaat buah mentega lainnya yang penting bagi tubuh kita adalah dapat berfungsi sebagai salah satu buah-buahan yang menyuplai energi tubuh kita. Buah mentega memiliki kandungan kalori sebanyak 11.8 gram per 100 gr buahnya. Adanyamanfaat karbohidrat pada buah mentega, maka karbohidrat tersebut dapat memberikan energi lebih bagi tubuh kita dalam bentuk kalori. Hal ini dapat membantu kita agar tidak kehilangan energi untuk beraktivitas seperti biasa.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat penting lainnya dari buah mentega adalah sebagai salah satu buah yang dapat menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini diperoleh dari kandungan vitamin yang berada pada buah mentega seperti manfaat vitamin C, vitamin A dan berbagai mineral lainnya yang mampu membantu menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh dengan baik, maka hal ini akan sangat baik untuk mencegah munculnya penyakit yang disebabkan oleh menurunnya daya tahan tubuh, seperti influenza, dan juga penyakit demam dan panas.

4. Baik untuk kesehatan pencernaan

Buah mentega memiliki kandungan manfaat seratyang cukup tinggi. Seperti kita ketahui, kandungan serat ini, yang terkandung pada buah mentega memilki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Dengan terjaganya kesehatan pencernaan, maka kita dapat terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan. Seperti diare, sembelit, susah buang air besar, radang pada usus dan lambung, serta gangguan lainnya, seperti wasir atau ambeIen.

5. Dapat mencegah anemia

Salah satu manfaat buah mentega lainnya adalah dapat membantu mencegah terjadinya gejala-gejala anemia alias gejala kekurangan darah. Kandungan zat besi yang terkandung pada b mini memiliki peranan penting untuk membantu mencegah munculnya anemia pada tubuh anda. Biasanya anemia dapat terjadi karena tubuh kekurangan darah, yang menimbulkan gejala seperti rasa pusing, mudah merasa letih dan juga lelah, dan juga tubuh yang terasa lemas.

6. Memperlancar peredaran darah

Selain dapat membantu mencegah terjadinya gejala anemia, manfaat zat besi yang terkandung pada buah mentega juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah, maka hal ini dapat membantu mengoptimalkan suplai darah dan juga mineral lainnya ke dalam organ-organ tubuh yang membutuhkan. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah, yang bisa berakibat pada serangan jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

7. Dapat menjaga kesehatan mata

Buah mentega ternyata juga memiliki kandungan vitamin A. Sudah tahu apa saja manfaat penting dari vitamin A? ya, vitamin A memiliki manfaat dan juga peranan penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.Manfaat vitamin A ‎dapat membantu anda terhindar dari gangguan kesehatan pada mata, seperti mata minus, silindris dan juga gejala lainnya seperti katarak.

8. Baik untuk kesehatan dan juga pertumbuhan tulang

Manfaat kalsium dan juga fosfor yang terkandung pada buah mentega juga memiliki manfaat yang sangat penting dan juga baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis, pengapuran dan juga dapat membantu memperkuat struktur tulang. Bagi mereka yang berada pada masa pertumbuhan manfaabt uah mentega juga baik untuk dikonsumsi. Hal ini dapat menjaga pertumbuhan tulang dan juga dapat mengoptimalkan tinggi badan, pada masa pertumbuhan.

9. Menjaga dan merawat kesehatan kulit

Buah mentega juga memiliki manfaat yang ternyata sangat penting untuk merawat kulit. Ya, hal ini disebabkan oleh kandungan berbagai vitamin di dalam buah mentega, yang dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan juga membantu menutrisi kulit secara optimal. Hal ini dapat membantu menghaluskan dan juga mencerahkan kulit, serta baik untuk mencegah penuaan dini. Hal ini akan mencegah munculnya kulit kering dan juga dapat membantu menjaga elastisitas kulit anda.

10. Baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak

Protein yang terkandung di dalam buah mentega juga memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan sel-sel di dalam tubuh. Manfaat protein yang penting dalam melakukan regenarasi dan juga memperbagi sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan

Buah mentega merupakan jenis buah yang hidup subur pada negara dan juga daerah yang beriklim tropis, salah satunya adalah Indonesia. Salah satu kota di Indonesia yang merupakan penghasil dari buah mentega adalah Kota Hujan, yaitu Kota Bogor. Itulah beberapa informasi tentang buah mentega yang perlu anda ketahui. Semoga artikel mengenai manfaat dari buah mentega ini dapat menambah wawasan anda sekalian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar